Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

 Sejak mengudara terhadap th. 2004, Facebook menjelma bukan cuma social media semata. Platform garapan Mark Zuckerberg berikut tak cuma jadi area berinteraksi antar penggunananya. Kini Facebook bahkan telah digunakan sebagai sarana memasarkan product yang efektif. Singkat kata, Facebook jadi area beriklan yang bisa diandalkan. Salah satu fitur andalan Facebook adalah facebook Ads. Platform periklanan yang amat powerful. Tak heran sekarang banyak sekali praktisi digital marketing yang menganjurkan untuk mengawali facebook ads. Hanya saja sebelum memulainya, Anda wajib sadar langkah memicu facebook ads. Sahabat IDwebhost, berikut tutorial lengkap langkah memicu facebook ads.


Facebook Ads. Apa Itu?

Facebook Ads adalah platform periklanan besutan Facebook untuk menjawab tantangan pemasaran di jaman modern. Dengan kuantitas pengguna menggapai 2,3 milyar orang di seluruh dunia, penggunan Facebook adalah audiens yang amat potensial. Dan bersama dengan tahukah Anda, bahwa berdasarkan riset KataData, Indonesia adalah negara pengguna Facebook terbesar keempat di dunia.


Terdapat lebih dari satu type iklan yang yang disajikan oleh Facebook Ads. Mulai dari iklan video dan iklan berupa gambar. Iklan berikut akan keluar di teras atau terhadap sidebar. Dengan kuantitas pengguna aktif yang besar dan akan jadi jadi tambah memicu Facebook Ads mempunyai banyak keunggulan.


Keunggulan Facebook Ads

Setelah sadar secara singkat apa itu Facebook Ads, sekarang saatnya Anda sadar kelebihan memanfaatkan Facebook Ads. Berikut lebih dari satu kelebihan memanfaatkan Facebook Ads:


Facebook Ads Ramah Pengguna Mobile

Perangkat seluler adalah jaman depan teknologi. Banyak orang orang mengakses internet memanfaatkan telepon genggam mereka. Dan diantaranya, mayoritas terinstal aplikasi Facebook. Tak heran karena itul facebook adalah aplikasi mobile terbesar yang sedang eksis hari ini. Facebook Ads akan membawa bisnis Anda lebih dekat ke pengguna potensial. Semuanya karena perangkat mobile yang hampir digunakan setiap hari.


Real Time

Keunggulan lain memanfaatkan Facebook Ads adalah real time. Secara real time Anda bisa mmantau kampanye yang pas ini sedang berjalan. Apabila mulai kurang suka bersama dengan hasilnya, Anda bisa jalankan penyesuaian sesegera mungkin. Sesuatau yang tak akan Anda temui di platform iklan tradisional.


Facebook Ads Bisa Meningkatkan Brand Awareness

Facebook Ads bisa secara signifikan tingkatkan merek awareness. Ini amat bagus, karena memicu calon pelanggan potensial untuk melirik apa yang Anda tawarkan. Semakin familiar orang bersama dengan merek Anda, jadi besar mungkin mereka belanja product Anda pas menyita keputusan pembelian.


Pengguna Aktif yang Besar

Facebook mempunyai pengguna yang amat besar. Tak cuma berjumlah besar, mereka terhitung amat aktif. Di Indonesia sendiri Facebook mempunyai pengguna aktif sebesar 130 juta akun. Atau kurang lebih hampir menggapai 60% populasi masyarakat Indonesia.


Demografi Pengguna yang Beragam

Tak cuma mempunyai pengguna aktif bersama dengan kuantitas yang amat besar. Demografi pengguna Facebook terhitung amat luas. Tentu ini bisa jadi modal Anda sebagai pemilik bisnis untuk memilih target audiens. Dengan sekian banyak pengguna serta demografi yang beragam, Anda bisa memilih target iklan lebih spesifik. Anda bisa mempersempit target iklan berdasarkan usia, lokasi, type kelamin, hingga minat dan hobi.


Facebook Ads Lebih Murah

Dibandingkan bersama dengan platform iklan lainnya, Facebook Ads bisa dkatakan mempunyai ongkos yang murah. Hanya bersama dengan 10 ribu Rupiah, Anda telah bisa beriklan di Facebook. Terkait ongkos beriklan sendiri seluruh bisa disesuaikan jangakauan iklan yang diinginkan.


Membuat Halaman Facebook

Langkah pertama yang wajib Anda jalankan pas mempelajari langkah memicu Facebook Ads adalah memnuat halaman Facebook terutama dahulu. Berikut langkah memicu halaman di Facebook:


Buka Facebook Pages

Langkah pertama, membuka Facebook Pages. Kemudian memilih type halaman yang menggambarkan bisnis Anda.


Pilih Kategori

Setelah memilih halaman yang dambakan dibuat, sesudah itu Anda wajib memilih kategori yang diinginkan. Pilih kategori dan masukkan nama perusahaan Anda, sesudah itu klik tombol Memulai.


Lengkapi Informasi

Silakan isi alamat dan no telepon. Anda pun bisa sesuaikan untuk tidak menampilkan informasi alamat dan no telepon.


Unggah Foto Profil dan Sampul Halaman

Masukkan foto profil untuk halaman Facebook Anda. Tak lupa terhitung untuk mengimbuhkan sampul halaman. Anda bisa menjadikan product atau jasa yang dijual sebagai sampul halaman Facebook.


Cara Membuat Iklan di Facebook Ads

Setelah selesai memicu halaman di Facebook, kini Anda telah bisa memicu iklan di Facebook Ads. Berikut ini langkah memicu iklan di Facebook Ads:


Buka Facebook Ads

Buka halama Facebook Ads Manager. Sebelum itu pastikan Anda telah login kea kun Facebook yang Anda memanfaatkan untuk memicu halaman.


Buat Iklan

Kemudian membuka menu Kampanye dan klik “Buat Iklan”. Facebook akan member dua pilihan memicu iklan. Yaitu pembuatan iklan terpadu dna pembuatan iklan cepat.


Menentukan Tujuan Iklan

Setelah memilih type iklan, Anda wajib memilih target iklan yang dambakan dicapai. Facebook sendiri sedia kan target iklan di dalam tiga kategori, yaitu Kesadaran/Awareness, Pertimbangan/Consideration, dan Konversi/Conversion.


Kesadaran/Awareness

Kesadaran mempunyai target untuk menumbuhkan minat terhadap product atau layanan:


* Meningkatkan postingan Anda

* Mempromosikan halaman

* Jangkau orang-orang di kira-kira bisnis Anda

* Meningkatkan kesadaran merek

* Meningkatkan jangkauan


Pertimbangan/Consideration

Tujuan iklan ini berniat memicu orang mulai mengayalkan bisnis Anda dan mencari sadar informasi tentangnya:


* Lalu lintas kunjungan

* Interaksi

* Pemasangan aplikasi

* Penayangan video

* Pembuatan prospek


Konversi

Konversi bertujuan untuk mendorong orang yang tertari bersama dengan bisnis Anda untuk memicu keputusan pembelian atau memanfaatkan sarana Anda:


* Konversi

* Penjualan katalog Produk

* Kunjungan Toko


Memilih Audiens dan Menentukan Anggaran

Langkah seterusnya adalah memilih target audiens Anda. Untuk mendukung mempersempit focus Anda, memilih criteria penargetan facebook disertai oleh ukuran definisi audiens. Tools ini terdapat di sebelah kanan bidang penargetan audiens. Pertimbangkan seluruh property yang Anda memilih untuk membuahkan jangkauan yang potensial. Berikut opsi target pirsawan yang disajikan Facebook:


* Pemirsa Khusus. Anda bisa sesuaikan iklan sehingga menjangkau orang yang pernah berhubungan bersama dengan Anda secara offline maupun online.

* Facebook Ads amat mungkin Anda memasukkan wilayah tertentu sebagai target iklan Anda. Anda bisa memasukkan kota, provinsi, pulau, bahkan negara untuk menampilkan iklan.

* Jika sarana Anda digunakan oleh umur tertentu, Anda bisa memicu penargetan iklan berdasarkan usia, dan sesuaikan umur pirsawan atau calon pelanggan.

* Jenis Kelamin. Anda bisa menargetkan type kelamin tertentu jika sarana Anda sebenarnya dimaksudkan pada, misalnya pakaian pria, Anda bisa memilih pria sebagai target iklan Anda.

* Penargetan iklan berdasarkan bhs sehari-hari yang digunakan.

* Pilihan ini berfaedah jika Anda dambakan menampilkan iklan terhadap orang-orang yang telah mengakses ke halaman, aplikasi, atau acara Anda. Ini amat bagus karena mempersemit jangkauan bersama dengan menyertakan orang-orang yang mempunyai jangkauan tertentu tersebut.


Selanjutnya yang wajib Anda jalankan adalah memilih budget iklan. Anda bebas memilih ongkos iklan di Facebook Ads. Biaya iklan ini erat kaitannya bersama dengan type iklan yang dipilih. Berikut ini lebih dari satu type iklan Facebook:


CPC adalah type pembayaran iklan berdasarkan banyaknya klik yang dijalankan oleh pengguna facebook terhadap iklan Anda. Anda yang dambakan peningkatan trafik, CPC adalah type yang paling sesuai. Karena setiap iklan yang diklik otomatis akan mengarahkan pengunjung ke web site Anda.


Dengan CPM, biayanya akan dihitung berdasarkan per 1000 penayangan. Berbeda bersama dengan CPC, iklan CPM tak langsung mengajak pirsawan mendatangi web site Anda.


Iklan CPV amat sesuai jika iklan Anda berformat video. Perlu dicatata seluruh informasi wajib sadar karena biayanya akan dihitung setiap penayangan berdurasi 10 detik.


Penghitungan CPA berdasarkan transaksi yang terjadi. Tidak wajib berupa pembelian. Bisa berlangganan bulletin, download ebook, ataupun registrasi keanggotaan.


CPL adalah type perhitungan ongkos iklan berdasarkan banyaknya like terhadap halaman Facebook Anda.


Memberi Nama Iklan dan Memilih Tujuan Trafik

Anda bisa menuliskan nama iklan sehingga bisa memantau performa iklan di Facebook Ads. Lalu pilihlah target trafik yang dambakan Anda arahkan. Anda bisa mengarahkan trafik ke website, ataupun ke chat WhatsApp.


Menentukan Penempatan Iklan

Untuk memilih penempatan ikaln, Facebook menganjurkan Penempatan Iklan Otomatis. Ini adalah pilihan yang baik karena secara otomatis Facebook akan menampilkan iklan di tempat-tempat yang mempunyai kinerja paling bagus.


Pilih Jadwal Penayangan

Anda bisa memilih berapa lama iklan akan tayang. Tentu seluruh ini wajib disesuaikan bersama dengan ongkos yang telah Anda anggarkan.


Memilih Format Iklan

Ada lima pilihan format iklan yang bisa Anda pilih, yaitu sebagai berikut:


Tampilan iklan bersama dengan 2 atau lebih gambar atau video yang bisa digeser. Ukuran gambar 1.080 x 1.080 pixels (maks 30MB). Rasio gambar yang digunakan 1:1 (persegi).


Tampilan iklan bersama dengan cuma 1 gambar saja. Ukuran gambarnya 1.200 x 628 pixels. Untuk facebook dan Instagram Stories 1.080 x 1.920 pixels. Untuk rasio gambar 9:16 to 16:9.


Iklan berupa video tunggal. Formatnya bisa .mp4, .mov, dan .gif. Aspek rasionya 9:16 to 16:9. Resolusi minimalnya 600 pixels width. Ukuran file maksimal 4GB. Durasinnya dari 1 hingga 240 detik.


Iklan bersama dengan gambar atau video slide maksimal 10 gambar.


Iklan yang bisa paduan video dan gambar.


Tulis Deskripsi yang Menarik dan Singkat

Buatlah deskripsi yang menarik dan singkat sehingga pirsawan Anda bisa langsung sadar akan pesan yang tampil terhadap iklan Anda. Kemudian memilih gambar yang sesuai bersama dengan deskripsi iklan Anda. Tambahkan judul iklan sehingga menarik perhatian pirsawan target Anda. Jangan lupa masukkan tautan ke target yang Anda inginkan.


Cara Membayar Iklan Facebook

Cara pembayaran memicu iklan Facebook ads ada dua. Bisa memanfaatkan kartu kredit ataupun kartu debit. Setelah pembayaran dilakukan, Facebook akan mereview iklan Anda. Dan akan menayangkannya jika telah mencukupi seluruh syarat dan ketetuan yang berlaku.


Kesimpulan

Beriklan memanfaatkan Facebook jadi salah satu sejata paling efektif pas ini. Masifnya pengguna memicu banyak merek memanfaatkan Facebook sebagai media iklan. Cara memicu Facebook Ads mudah dipelajari, bahkan misalnya Anda tetap awam bersama dengan dunia digital marketing. Demikian artikel mengenai langkah memicu Facebook Ads lengkap. Bila tetap mempunyai pertanyaan seputar digital marketing, jangan curiga tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar. Sahabat IDwebhost, semoga artikel ini bermanfaat.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Web Developer Pengertian Jenis Dan Tips

Tutorial Google Adwords Google Ads Lengkap Untuk Pemula

Yuk Kita Belajar Seo On