Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page
Artikel ini dapat mengantarkan Anda untuk studi SEO on page. Mempelajari search engine optimization (SEO) memang menarik. Ilmu ini memang penuh misteri sekaligus penuh tantangan.
Sebelum mempelajari SEO on page ini lebih lanjut, Anda kudu selalu ingat bahwa dalam suasana ideal, Google pasti dapat membangun algoritmanya di sekitar faktor-faktor yang tidak ringan dikontrol (dimanipulasi) oleh siapapun. Mau pemula atau master pun serupa saja, dan ingat google tidak mengenal orang dalam, yang ada kemungkinan hanya kekuatan “uang”.
Walaupun demikianlah kita mampu meraba beberapa faktor yang mampu dianggap penting. Faktor-faktor ini mampu ada di dalam laman artikel Anda (on page) atau di luar artikel (off page).
Kali ini aku dapat mengajak Anda untuk studi SEO on page dulu. Perlu diingat bahwa kita sama-sama tidak tahu rahasia algoritma google. Jadi kita sama-sama studi yah….
Mari kita memandang dan mempelajari beberapa faktor yang kita anggap perlu di dalam optimasi on page. Setelah memandang faktor-faktor ini kemungkinan kita mampu melaksanakan optimasi pada faktor mana saja yang kita anggap penting.
Faktor-Faktor Yang menentukan SEO On Page
Konten Berkualitas (Quality Content)
Google dapat selalu mencari konten yang berkwalitas tinggi dan relevan bersama keinginan pencarian. Mesin Google dapat memandang bhs yang digunakan di halaman, dan untuk kata dan frasa yang perihal bersama kueri penelusuran.
Halaman yang lebih panjang cenderung lebih baik. Penyertaan foto dan atau video juga mampu jadi nilai tambah. Selain itu, gambar dan video juga mendukung menjaga minat pengunjung.
Google juga memandang desain halaman, dan apa yang dapat diamati pengunjung “paro atas” halaman. Pengalaman pengguna yang baik itu penting. Jika pengunjung yang mendarat di halaman Anda, lantas memandang terlampau banyak iklan dan terlampau sedikit Info yang dibutuhkan, maka Anda pun mampu menilai sendiri bagaimana Google dapat menilai halaman itu.
Tidak ada yang suka tunggu kemunculan halaman yang dituju. Jika keunculan laman website Anda butuh waktu lima detik atau lebih, kemungkinan besar pengunjung dapat lari dan mencari yang lain.
Pengunjung hanya senang bertahan beberapa detik saja untuk tunggu laman website terlihat bersama sempurna. Jadi, perlu agar halaman Anda mampu tampil bersama cepat secara sempurna.
Waktu muat halaman yang lambat cenderung tidak dihukum secara langsung oleh Google, ini lebih pada bagaimana pengunjung bereaksi. Jika pencari berasal berasal dari Google, halaman loading yang lambat dapat membuat pengunjung tidak suka dan apalagi mengklik tombol kembali ke Google.
Google memandang tingkat “pentalan” dan “keluar” sebagai negatif untuk halaman Anda. Pengunjung yang tidak suka bersama Google berarti Google juga tidak bahagia. Makanya waktu ini kemungkinan Google lebih suka pada laman AMP (Accelerated Mobile Pages) sebab beberapa besar pengguna internet waktu ini gunakan perangkat mobile.
Jika Anda memandang website website layaknya Wikipedia, Anda dapat memandang banyak tautan internal di halaman tersebut. Tautan internal bergeser berasal dari satu halaman di website website ke halaman lain di website yang sama.
Tautan internal tahu tidak serupa bersama tautan eksternal. Tautan Eksternal mengarah ke website website yang berbeda.
Tautan internal berfungsi untuk mendukung pengunjung menavigasi dan selalu berada di sekitar halaman website website Anda. Saat seseorang membaca halaman di Wikipedia, mereka kemungkinan menemukan kata atau frasa yang tidak mereka pahami, atau hanya ingin tahu lebih banyak. Dengan “secara internal” menghubungkan kata kunci atau frase ke halaman lain di Wikipedia, pengunjung mampu menavigasi website bersama lebih ringan dan menemukan Info yang mereka cari bersama cepat. Tautan internal juga mendukung Google mengindeks website website Anda sepenuhnya.
Rasio Pentalan (Bounce Rates)
Bounce adalah saat pengunjung yang mengklik link di SERPs dan lantas kembali ke Google. Semakin cepat kembali, semakin buruk halaman Anda sebab Google berikan tahu bahwa pengunjung tidak puas.
Misalnya, seorang pengunjung di Google menelusuri “pembelajaran interaktif” dan berkunjung ke laman di ranking pertama di SERP. Karena tidak menemukan apa yang mereka inginkan, mereka lantas mengklik tombol kembali di browser untuk kembali ke Google. Mereka lantas mereka melanjutkan bersama mengklik website lain di anggota bawah SERP untuk memandang apakah itu mampu mengimbuhkan apa yang mereka cari.
Jadi, kalau pengunjung tidak menemukan Info yang mereka ingin di halaman ranking, Google dapat tahu hal ini sebab mereka kembali ke hasil pencarian dan mengulang (atau memperbaiki) pencarian mereka.
Jika banyak orang di semua dunia mencari frasa tertentu, dan kandungan pantulan yang tinggi. Maka, terlampau masuk akal bahwa hal itu dapat menurunkan halaman itu di SERP, sebab banyak orang tidak menganggapnya relevan bersama kueri penelusuran mereka.
Rasio pentalan bersamaan bersama maksud pencari. Jika pengunjung menemukan halaman yang relevan, mereka dapat bertahan di halaman lebih lama. Mereka apalagi mampu menjelajahi halaman lain di website tersebut. Jadi mereka tidak dapat langsung kembali. Ini berikan tahu Google bahwa pengunjung suka bersama panduan itu, dan Google suka bersama hal ini.
Waktu Pengunjung Bertahan di Halaman / Situs Anda (Time a Visitor Stays)
Google memantau waktu yang dihabiskan pengunjung di halaman web. Salah satu caranya adalah lewat platform Google Analytics.
Google Analytics adalah layanan pemikiran website freemium untuk pemilik situs. Apa yang dilakukannya adalah mencari dan melaporkan selanjutnya lintas website website Anda.
Karena gratis, banyak webmaster menginstalnya di website mereka. Ini berikan Google kekuatan untuk mencari pengunjung website secara akurat.
Googgle dapat bersama ringan mencari banyak variabel juga hal-hal layaknya waktu yang dihabiskan di situs, rute yang diambil pengunjung website Anda, berapa banyak halaman yang mereka kunjungi, proses operasi apa yang mereka gunakan, resolusi layar, perangkat yang mereka gunakan, dan sebagainya.
Meskipun website tidak menginstal Analytics, Google selalu saja mampu memantau tingkah laku pengunjung lewat browser website Chrome yang populer. Mungkin hal ini jadi salah satu faktor tersulit bagi pemula untuk studi SEO on page.
Meminimalisir bounce rates juga butuh konten yang lengkap. Karena tidak kemungkinan website kita mampu membangun sebuah jaringan artikel tanpa konten yang mencukupi. Jadi kalau Anda seorang pemula layaknya aku maka trik terbaiknya adalah memperbanyak konten bersama nice spesifik agar pengunjung mampu betah menelusuri laman website kita.
Kepercayaan dan Otoritas
Walaupun ini terlampau perihal bersama faktor off-page, tapi langkah awal dalam membangun keyakinan dan otoritas ini tergantung pada kualitas properti di dalam situs.
Faktor keyakinan & otoritas yang tinggi saat ini terlampau perlu untuk peringkat dalam ceruk kesegaran dan keuangan, ceruk lainnya tentuunya dapat langsung menyusul. Pada dasarnya, kalau sebuah website mampu mengimbuhkan value berkenaan kesegaran atau kesejahteraan finansial kepada Anda bersama Info atau produk yang tersedia, itu dapat butuh lebih banyak keyakinan sebelum saat Google berikan peringkat pada halamannya. Google memantau faktor-faktor ini tergantung pada apa yang dikatakan website dan orang lain berkenaan Anda dan website Anda.
Jadi, perlu untuk fokus pada tautan berkwalitas tinggi, tautan relevan, dan mempunyai otoritas tinggi, daripada tautan dalam kuantitas tinggi kuantitas). Kualitas lebih perlu daripada kuantitas.
Demikianlah enam faktor utama dalam optimasi SOE on page yang digunakan oleh Google dalam menentukan algoritma peringkatnya. Kecuali faktor terakhir, beberapa besar faktor SEO on page berada dalam kendali Anda.
Bahkan rasio pentalan dan waktu kunjungan berada dalam kendali Anda, hingga batas tertentu. Jika Anda mampu mengolah konten berkwalitas dan kaya pengalaman yang diminta pengunjung waktu ini, Anda dapat beroleh rasio pentalan yang lebih rendah sambil menjaga pengunjung di website Anda lebih lama.
Nah, hingga di sini memang modal basic Anda untuk studi SEO on page sejatinya telah cukup baik. Namun, masih ada hal-hal lain yang dapat aku bahas nanti secara gradual. Oh ya, ada baiknya Anda tahu lebih dalam berkenaan bagaimana langkah kerja search engine.
Sampai di sini pernah bahasan kita berkenaan studi SEO on page, hingga ketemu di materi studi menerapkan SEO off page dan materi-materi SEO lainnya. Selamat belajar, mohon masukan dan semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar