10 Tips Merancang Website SEO Friendly
Sembari berselancar, Anda tentu sering mendengar arti web site SEO friendly. Namun, apa sih sebetulnya makna berasal dari arti tersebut? Lalu apa untungnya bagi bisnis untuk punya web site SEO friendly? Yuk review ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai web site SEO friendly, keuntungannya bagi bisnis, dan kiat-kiat optimasinya.
Apa Itu Website SEO Friendly?
Melansir Backlinko, secara simpel web site yang berbentuk SEO friendly adalah website-website yang mampu bersama enteng dibuka dan diindeks oleh mesin pencari. Untuk mempermudah proses pengaksesan dan pengindeksan ini, Anda wajib merancang web site sedemikian rupa. Sehingga, siasat SEO yang efisien idealnya jadi anggota yang mutlak di dalam proses perancangan website.
Mengapa Website SEO Friendly Penting?
Menurut hasil riset The Manifest di PR Newswire, 70% pemilik UMKM di Amerika lebih-lebih tidak mengetahui dan tidak punya siasat SEO. Hal ini tentu berdampak segera pada performa web site mereka di laman hasil pencarian mesin pencari. Secara lebih spesifik, kita menjabarkan alasan pentingnya punya web site yang SEO friendly sebagai berikut
1. Meningkatkan peringkat web site di laman hasil pencarian (SERP)
Banyak pemilik bisnis yang belum mengetahui krusialnya peran SEO di dalam mengoptimalkan performa web site dan menambah peringkatnya di SERP. Padahal, 88% pembelian bermula berasal dari pencarian di mesin pencari. Tentu saja website-website yang keluar di halaman pertama laman hasil pencarian akan lebih enteng ditemukan dan dibuka oleh calon pembeli.
2. Meningkatkan traffic organik
Website yang SEO friendly termasuk merupakan keliru satu cara menambah traffic web site yang patut Anda coba. Hal ini sudah pasti tetap mengenai erat bersama peringkat website. Faktanya, web site yang ditampilkan di halaman pertama SERP berpotensi mendapat trafik lebih banyak daripada pesaingnya yang berperingkat lebih rendah. Semakin tinggi jumlah traffic yang web site Anda dapatkan, tentu semakin besar termasuk merk awareness yang bisnis Anda dapatkan.
3. Menarik perhatian audience dan menurunkan bounce rate
Website yang SEO friendly tidak hanya utamakan desain semata, tetapi termasuk berisi konten-konten yang berguna dan menarik perhatian audience. Begitu audience mendapatkan nilai malah berasal dari konten Anda dan memperoleh relevansinya bersama obyek pencariannya, audience bersama sendirinya akan berinteraksi dan tinggal lebih lama di web site Anda, sehingga berpotensi menurunkan bounce rate.
4. Membuat web site lebih user friendly
Penerapan siasat SEO tidak melulu hanya untuk mengoptimalkan peringkat web site di laman hasil pencarian, loh! Idealnya, Anda termasuk wajib menerapkan UI (user interface) dan UX (user experience) yang baik dan menarik untuk mengoptimalkan web site Anda sebagai web site yang SEO friendly. Dengan demikian, web site Anda pun akan jadi lebih enteng dipakai dengan kata lain lebih user friendly dan membawa dampak audience betah berlama-lama di sana.
5. Meningkatkan kredibilitas brand
Dengan algoritmanya yang tetap berkembang, mesin pencari semakin pakar di dalam menilai kredibilitas website. Memiliki peringkat yang baik menunjukkan bahwa web site Anda dinilai kredibel oleh mesin pencari, sehingga termasuk membantu memberikan nilai malah bagi kredibilitas merk Anda.
6. Meningkatkan potensi konversi
Konversi tentu saja merupakan keliru satu obyek pembuatan web site yang utama. Website yang SEO friendly yang Anda padukan bersama praktek UI dan UX yang optimal akan membantu menambah konversi bersama cara menyajikan pengalaman berselancar yang menarik dan lancar berasal dari audience pertama berinteraksi bersama konten hingga memutuskan untuk bertransaksi. Setiap interaksi pengunjung bersama web site Anda termasuk akan memberikan insights untuk optimasi lebih lanjut.
Karakteristik Website SEO Friendly
Nah, hingga di sini Anda telah mengetahui pentingnya punya web site SEO friendly. Tapi, bagaimana caranya kita mengenali web site yang SEO friendly? Secara umum, web site SEO friendly punya karakteristik yang enteng dikenali. Berikut beberapa karakteristik yang mampu anda perhatikan untuk mampu mengenali web site SEO friendly.
1. Konten berisi keywords yang berkualitas
Pembuatan konten (content creation) merupakan anggota yang mutlak berasal dari suatu website. Hal berikut gara-gara konten yang akan mendatangkan traffic ke web site Anda. Yang wajib Anda ingat adalah untuk selamanya mengawali proses pembuatan konten Anda bersama menentukan topik yang relevan bersama isikan web site Anda. Nah, di dalam proses pemilihan topik ini lah Anda wajib menentukan kata kunci dan frase yang tepat. Keyword ini lah yang akan memberikan “sinyal” ke mesin pencari untuk menampilkan web site Anda disaat ada pencarian yang relevan.
Memiliki title tags dan meta description yang tepat termasuk mampu membantu Anda punya web site yang lebih SEO friendly.
Penggunaan Title Tags dan Meta Description | Sumber: Google.com Gambar di atas merupakan umpama pemanfaatan title tag di web site IKEA. Title tag pada gambar di atas adalah judul laman yang keluar di anggota paling atas listing di SERP, pada umpama berikut yaitu “Kitchen Appliances – IKEA”. Sedangkan gambaran singkat di bawah title tag merupakan anggota yang kita sebut sebagai meta description. Title tag dan meta description ini termasuk wajib Anda isikan bersama kata kunci dan frase yang tepat, sesuai bersama yang telah Anda dapatkan berasal dari poin nomor 1.
3. Mendaftarkan sitemap ke Google Search Console
Membuat dan memperbarui sitemap merupakan keliru satu hal yang sering terlewat oleh pemilik website. Bagi algoritma mesin pencari, sitemap merupakan cara enteng untuk mengakses informasi mengenai susunan web site Anda dan laman-laman yang dicantumkan di dalamnya. Selain itu, sitemap termasuk sedia kan informasi, seperti seberapa sering suatu lamanwebsite Anda perbarui dan sementara paling akhir web site Anda ganti. Jangan lupa daftar sitemap Anda di Google Search Console sehingga laman-laman di web site Anda mampu diindeks oleh mesin pencari.
4. Mencantumkan kontak yang lengkap
Kontak adalah hal lain yang sering terlewat, padahal cukup berperan di dalam membantu menjadikan web site SEO friendly. Anda wajib memberikan kata kunci dan key phrase pada anggota kontak untuk mengoptimasi performa SEO web site Anda. Selain itu, jangan lupa melampirkan informasi-informasi penting, seperti nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, e mail formal perusahaan. Jangan lupa melampirkan termasuk contact form di web site Anda.
5. Memiliki susunan URL yang sesuai bersama standar SEO
Bukan hanya web site Anda yang wajib memenuhi kaidah SEO friendly, URL berasal dari konten-konten di dalamnya pun wajib turut SEO friendly. URL yang SEO friendly membantu mesin pencari mengetahui isikan dan obyek konten. Idealnya, URL yang SEO friendly tidak terdiri berasal dari sangat banyak cii-ciri dan berfokus mencantumkan kata kunci yang Anda targetkan.
6. Waktu loading web site yang singkat
Loading time seringkali terlewatkan di dalam perancangan web site SEO friendly. Padahal, menurut Google, 53% pengguna akan meninggalkan suatu web site jika loading time yang diperlukan untuk menampilkan konten lebih berasal dari 3 detik. Anda mampu mempersingkat loading time web site bersama beberapa cara, jika bersama desain web site yang responsif dan ukuran konten yang dikompres bersama baik.
7. Memiliki konten yang unik
Pastikan konten yang Anda membuat unik. Ada beberapa alasan Anda wajib membawa dampak konten yang unik. Pertama, tentu saja sehingga Anda mampu memberikan nilai malah untuk para pembaca yang tidak mampu mereka temukan di web site lain. Selain itu, mesin pencari termasuk mampu membedakan web site konten-konten yang unik berasal dari web site yang berisi konten-konten duplikat.
8. Layout web site yang user friendly
Layout yang user friendly mampu mempermudah pengunjung untuk mengakses web site Anda. Selain itu, pengunjung termasuk mampu memperoleh informasi yang mereka cari bersama mudah. Selain itu, web site bersama layout yang user friendly termasuk akan membawa dampak pengunjung betah berlama-lama di sebuah website. Hasilnya, bounce rate web site Anda pun akan berkurang.
9. Layout web site yang responsif
Selain user friendly, pastikan termasuk web site Anda punya layout yang responsif. Supaya konten Anda mampu dibuka secara optimal oleh pengguna berasal dari perangkat mobile maupun desktop.
10. Menggunakan konten visual yang sesuai
Konten visual seperti gambar dan video yang relevan mampu membantu pengunjung untuk lebih mengetahui konten yang tengah mereka baca. Jangan lupa optimasi konten visual yang Anda cantumkan sehingga mesin pencari mampu membaca dan mengindeks konten tersebut.
Yang tidak boleh Anda lupakan adalah optimasi wajib Anda lakukan secara berkala sehingga performa web site selamanya prima dan memperoleh peringkat yang tinggi di SERP. Selain itu, rajin-rajinlah menganalisa dan studi berasal dari siasat SEO kompetitor, sehingga Anda mampu memperoleh insights dan kiat-kiat baru untuk tetap memaksimalkan performa website. Yuk, menjadi terapkan kiat-kiat di atas sehingga web site Anda semakin SEO friendly dan mendapat peringkat yang baik di mesin pencari. Selamat mencoba!
Alamat e mail Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *
Komentar
Posting Komentar