21 Strategi Marketing untuk Start up

 Marketing telah ada sejak peradaban kuno. Artinya, marketing telah sejak lama menjadi bagian yang tak terlepaskan di dalam kehidupan manusia. Aktivitas yang terjadi di dalam kegiatan marketing melibatkan unsur-unsur yang sama, baik di jaman peradaban kuno sampai sekarang, di mana pemasaran merupakan sistem penciptaan, mengomunikasikan dan mengemukakan nilai yang ditawarkan ke konsumen. Namun semakin modern kehidupan manusia, bauran pemasaran yang terlibat di dalamnya semakin luas.


25 tahun yang lalu, kami – terutama Indonesia belum mengenal erat yang namanya pemasaran online via internet. Sehingga internet belum dianggap sebagai unsur mutlak di dalam mengomunikasikan sebuah nilai di dalam produk ataupun jasa. Kini, lebih dari satu besar perusahaan yang menjajakan produk telah secara aktif mengfungsikan internet sebagai tidak benar satu fasilitas pemasaran, bahkan tak sedikit yang fokus di pasar dunia maya ini ketimbang berbaur di pasar konvensional.


Di awal 2000-an kami terasa mengenal pula istilah Startup yang didefinisikan sebagai perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi dan menjalankan bisnisnya mengfungsikan piranti lunak berbasis mobile ataupun desktop dan website.


Seperti bisnis terhadap umumnya, startup memerlukan pelanggan, memerlukan konversi untuk tetap bertahan. Artinya, tidak cuman bagian produksi, ada termasuk bantuan berasal dari bagian pemasaran atau marketing yang tugasnya tak jauh berbeda bersama dengan pemasar bisnis konvensional. Maka kemudian muncullah pendekatan baru di dalam dunia marketing yang secara tertentu dinilai paling pas untuk mendorong traksi sebuah startup.


Berikut kami rangkumkan 21 langkah marketing yang efisien untuk startup Anda.


Merancang program referral merupakan sebuah keputusan yang pas untuk mendorong traksi startup Anda. Ini merupakan langkah yang berangkat berasal dari pendekatan sederhana, bahwa lebih berasal dari 90% orang lebih mempercayai petunjuk yang datang berasal dari orang lain ketimbang berasal dari perusahaan penjual produk.


Namun membangun program referal berasal dari nol termasuk bukan perkara mudah. Untuk membantu mempercepat eksekusi, Anda dapat menggandeng tools berasal dari perusahaan pihak ketiga yang secara tertentu bergerak di bidang tersebut. Dengan demikian, Anda dapat lebih fokus ke penciptaan produk dan pemasaran.


Konten pemasaran sementara ini merupakan tidak benar satu langkah ringan yang terbukti berhasil menjangkau lebih banyak konsumen, untuk itu pastikan disaat produk telah siap diluncurkan, buatlah konten pemasaran yang masif dan edukatif. Tentukan layaknya apa konten pemasaran yang pas untuk produk Anda dan siapa pasar yang menghendaki dibidik.


Yang tidak kalah mutlak adalah pilihan atau opsi untuk masuk (opt-in) atau pilihan untuk nampak (opt-out) mesti tetap ada di web atau konten pemasaran dan e mail yang ada sebarkan. Jangan sampai customer terasa terganggu dan terhadap akhirnya menjadi antipati bersama dengan produk Anda sebab tidak lengkapnya ke-2 pilihan tersebut. Buatlah langkah yang benar dan cerdas terhadap sementara melancarkan gerakan mengakuisisi pelanggan lewat e mail dan konten pemasaran.


1. Kegiatan offline (komunitas)


Saat ini telah banyak komunitas yang secara tertentu dapat Anda bidik sesuai bersama dengan produk yang ditawarkan, untuk itu coba menggelar atau mengikuti ragam kegiatan offline yang ada. Kebanyakan customer yang berpotensi, investor partner sampai karyawan gemar untuk berkumpul atau menghabiskan ‘quality time’ di beragam kegiatan.


Pastikan merek Anda telah tampil di kegiatan tersebut, berasal dari 10 customer baru yang berhasil Anda dapatkan paling tidak merupakan langkah positif yang dapat Anda menggapai tidak cuman mengandalkan testimoni atau komentar yang ada di situs.


Menggelar kompetisi atau kontes lewat fasilitas sosial termasuk tidak benar satu langkah marketing yang efisien untuk startup yang dapat Anda melaksanakan secara berkala. Dengan melaksanakan kegiatan ini, dapat mengakuisisi lebih banyak pelanggan, menambah awarness merek Anda dan tentu saja dapat mempromosikan produk bersama dengan menambahkan giveaway atau hadiah berupa produk yang Anda jual. Sangat disarankan untuk semua startup mengadakan kegiatan ini secara rutin, yang terbukti berhasil dan dapat menambah jumlah customer lebih banyak.


Strategi marketing untuk startup tipe ini memerlukan kedisiplinan dan dedikasi pemasar di dalam menciptakan konten yang fokus terhadap apa yang pelanggan butuhkan, bukan semata-mata menjajakan dan menjual. Konten yang dapat menjawab keperluan customer dapat menjadi jembatan bagi perusahaan untuk menciptakan rasa percaya, ketergantungan dan kedekatan ketimbang sebuah iklan banner atau televisi. Ketika ketiga unsur ini telah tercipta, akan ringan bagi customer untuk mengakibatkan keputusan pembelian.


Merupakan bagian berasal dari pembawaan alami manusia, bahwa kami cenderung menghendaki apa yang tidak dapat kami dapatkan. Memanfaatkan pembawaan ini, Anda dapat merancang tahapan sebelum meluncurkan startup Anda, bila bersama dengan menerapkan sistem undangan eksklusif ke orang-orang tertentu. Atau bila bersama dengan mengfungsikan skema first in get first, siapa yang daftar duluan akan diprioritaskan. Strategi ini berhasil diadopsi oleh PayPal dan Pinterest sementara debut pertama kali ke publik.


1. Ikuti Pameran atau Event yang Tepat


Kendati berlabel sebagai perusahaan startup, jangan kuatir untuk sesekali nampak berasal dari zona bersama dengan mengikuti event-event offline. Tentu akan terlampau baik kecuali event yang diikuti tetap mengenai bersama dengan industri yang startup Anda geluti.


Pilih pasar yang paling pas untuk startup Anda, jangan mengupayakan menjangkau semua orang yang justru tak akan membawa Anda ke mana-mana. Mulailah berasal dari perihal yang kecil, kemudian kembangkan sayap secara perlahan disaat bahan bakar Anda telah lumayan baik. Facebook dulunya cuma ditawarkan ke mahasiswa di kampus tertentu, dan memandang apa yang terjadi sekarang.


1. Membangun Image Sebagai Branding


Kebanyakan startup yang berhasil justru diawali oleh tim yang kecil. Bahkan tak jarang cuma digawangi oleh satu founder. Kunci paling mutlak di dalam memulai startup sementara punyai tim yang terbatas layaknya itu adalah tidak sungkan untuk menjadi pemain utama di dalamnya. Ketika Anda dapat mewakili startup bersama dengan baik, maka daya positif tersebut akan menjadi branding yang positif pula bagi startup Anda.


Apa yang dikerjakan oleh Adam D’angelo, founder Quore dapat menjadi contoh. Bahwa disaat startup-nya tetap berumur muda, ia menjadi pengguna paling aktif di dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan berasal dari pengguna lainnya.


Strategi pemasaran untuk startup ini dapat menjadi tidak benar satu jalan pintas untuk mendapatkan traffic dan termasuk branding di dalam jumlah yang besar dan bersama dengan sementara yang relatif singkat. Jenis-jenis kontes yang dapat menjadi pertimbangan bila kontes blog, kontes artikel, kontes SEO atau kontes yang melibatkan pengguna fasilitas sosial.


Tak ada yang mengatakan, bakar duwit itu haram. Atau bakar duwit itu dilarang oleh undang-undang. Tetapi, Anda dapat melaksanakan bersama dengan langkah yang berbeda. Jika terhadap kebanyakan perusahaan membakar duwit untuk membayar spot iklan selanjutnya berharap mendapatkan customer berasal dari kampanye tersebut. Seringkali feedback yang didapatkan tak sesuai harapan. Lalu, mengapa tidak coba menambahkan duwit tersebut secara langsung ke customer bersama dengan jaminan yang lebih pasti? Caranya bersama dengan menjanjikan bonus nominal tertentu disaat pengguna mendaftarkan akun di layanan Anda.


Strategi marketing ini berhasil dikerjakan oleh PayPal yang sementara itu tawarkan $10 untuk tiap tiap pelanggan baru dan ekstra $10 untuk tiap tiap referral. Anda pun boleh menerapkan langkah layaknya ini. PayPal termasuk kerap tawarkan cashback bersama dengan nominal tertentu untuk transaksi di merchant-merchant tertentu.


Tak tetap terjadi sendiri itu menyenangkan. Dalam konteks memulai startup, kecuali Anda tidak punyai bahan bakar yang besar, Anda dapat menggandeng perusahaan atau startup lain yang telah lebih pernah mapan. Kolaborasi semacam ini telah banyak dilakukan, tidak benar satunya oleh Google yang menggandeng KitKat untuk mempopulerkan Android 4.4. KitKat terbantu oleh branding Android, dan sebaliknya pecinta KitKat termasuk terdorong untuk menjajal Android ketimbang iOS.


Interaksi langsung bersama dengan pelanggan dan calon pelanggan lewat fasilitas sosial adalah tidak benar satu teknik yang paling efisien sementara ini, tak kecuali untuk startup yang baru saja injak gas. Metode pemasaran tipe ini relatif murah dan bahkan bersama dengan teknik tertentu dapat dinikmati secara cuma-cuma. Di Indonesia sendiri, 90% lebih pengguna internetnya adalah pengguna aktif fasilitas sosial.


Tercatat, menurut We are Social via Okezone setidaknya kini ada sekira 130 juta masyarakat Indonesia yang aktif di beragam fasilitas sosial, terasa berasal dari Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Total masyarakat Indonesia sejumlah 265,4 juta penduduk. Sedangkan penetrasi pemanfaatan internet menggapai 132,7 juta pengguna.


Situs Digital Marketing Agency HeroSoftmedia menggambarkan definisi yang benar berasal dari remarketing yakni adalah suatu fitur advance di Google AdWords terutama untuk Google Display Network. Bila digunakan bersama dengan benar fitur ini terlampau dahsyat untuk menambah konversi penjualan. Karena fitur remarketing ini akan menampilkan iklan Google AdWords terhadap mereka yang pernah mengunjungi situs. Remarketing merupakan langkah paling dasar yang mesti dikerjakan untuk menambah awareness, traffic dan terhadap akhirnya penjualan.


Salah satu langkah yang termasuk dapat digunakan untuk langkah marketing efisien adalah bersama dengan meng-install Facebook custom audience pixel. Hal ini mutlak agar Anda dapat menargetkan customer yang telah mengerti produk Anda lewat iklan di Facebook. Caranya pun terbilang mudah, Anda lumayan mengunggah daftar e mail dan juga nomor ponsel sekurang-kurangnya 20 orang, kemudian secara otomatis custom audience akan mengirimkan iklan tersebut. Anda termasuk dapat menjangkau lebih banyak customer bersama dengan langkah mengfungsikan jumlah pengunjung yang memandang web dan aplikasi mobile.


1. Search Engine Optimization (SEO)


Website dan fasilitas sosial menjadi medium digital yang paling efisien untuk konten marketing, tapi agar visibilitas konten lebih baik –mengingat telah terlampau banyak konten yang ada di internet—perlu melaksanakan pendekatan SEO. Pendekatan SEO dikerjakan untuk menegaskan konten yang dibikin punyai ranking yang bagus sementara dicari di mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu, sesuai bersama dengan masalah yang dicari pengguna.


1. Pendekatan Konten “Customer Journey”


Konsumen digital kebanyakan tidak melacak atau mengkonsumsi informasi di dalam saluran tunggal. Satu orang dapat mengakses banyak platform bersama dengan karakteristik yang berbeda. Tidak semua orang tetap membaca blog tiap tiap hari, pun tidak semua memandang video YouTube tiap tiap hari. Ini adalah sebuah perjalanan digital konsumen, yang mesti diperhatikan, bagaimana pemasar dapat menghasilkan konten yang relevan di beragam kanal, agar terhadap sementara customer datang di kanal tertentu, mereka akan mendapati informasi yang tepat, baik secara substansi materi ataupun waktu.


1. Jangan Memaksakan Konten Promosi


Saat ini model-model iklan yang menonjolkan penjualan (hard-selling) mendapatkan stigma negatif di kalangan customer digital. Pemasaran mesti lebih kreatif di dalam menghasilkan suatu konten pemasaran. Untuk mengatasinya, Anda dapat kembali merujuk terhadap poin nomor 5.


Metode pemasaran ini adalah langkah yang paling personal untuk mengakses bersama dengan calon konsumen. Namun untuk membangun list yang potensial dan loyal, Anda mesti merancang terutama dahulu bagaimana mendatangkan lead agar orang-orang bersama dengan puas hati mendaftarkan diri. Etika berperan besar di dalam memilih keberhasilan e mail marketing Anda, menjadi jangan sesekali mengirimkan e mail penawaran ke alamat e mail yang tidak secara sukarela mendaftarkan diri di di dalam formulir Anda.


Inbound Marketing merupakan langkah marketing untuk startup yang kuat tapi memerlukan pengorbanan, kedisiplinan dan waktu. Metode ini efisien untuk membangun jalinan yang memiliki kualitas dan tahan lama bersama dengan pelanggan potensial.


Alih-alih menjalankan iklan di televisi atau mengfungsikan kampanye iklan PPC, metode ini mengfungsikan pendekatan lebih high tech bila bersama dengan mengakibatkan e mail listing, mempublikasikan konten gratis lewat platform blog atau media, membangun image dan presensi yang kuat di platform fasilitas sosial dan bahkan berharap izin calon customer terutama dahulu sebelum menghubungi mereka.


Strategi marketing untuk startup yang paling akhir ini lebih banyak dikenal bersama dengan sebutan endorse marketing, di mana pemasar menyaring sejumlah orang yang punyai pengaruh dan terkenal untuk membantu memperkenalkan startupnya. Untuk lebih dari satu kasus, langkah pemasaran ini tetap efekfit, walaupun semakin ke sini semakin banyak pengguna yang aware dan terasa menyeleksi apakah petunjuk berasal dari influencer tersebut murni testimoni atau berdasarkan pesanan.


Jika blogging fokus terhadap konten yang dihantarkan lewat sisi visual, Podcast menjadi pelengkapnya sebab fasilitas ini lebih fokus terhadap sisi audio. Dalam konteks marketing, pemilik startup dan pemasar terasa mengfungsikan Podcast untuk mengomunikasikan produknya. Menyampaikan podcast yang bermanfaat dan informatif membantu membentuk image perusahaan sebagai sumber pakar di dalam industri tertentu yang dapat bermanfaat untuk menumbuhkan merek awareness.


> *Beberapa konten artikel diambil dari:

Konten Pemasaran untuk Startup

Lima Langkah Strategis Pemasaran Startup


Sumber gambar header Pixabay. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page