23 Strategi Digital Marketing untuk UMKM
Apakah Anda tetap bingung didalam menentukan langkah marketing yang sesuai? Bagi pemilik bisnis, terkandung langkah digital marketing UMKM dan start up yang mampu ditunaikan dan diterapkan untuk membantu kemajuan usaha sampai peningkatan penjual.
Memang, sebagian langkah perlu waktu lebih lama. Namun, tersedia banyak langkah yang mampu Anda cobalah sampai mendapatkan langkah yang sesuai untuk mempromosikan produk. Bagi start up sebenarnya digital marketing menjadi pilihan utama, tetapi belum banyak UMKM yang berpikir demikian.
Hal mutlak yang perlu Anda acuhkan didalam menggerakkan usaha adalah untuk selamanya mampu mengikuti perkembangannya waktu ini. Oleh karena itu, jangan amat nyaman bersama dengan langkah tradisional dan kumpulkan keberanian untuk mendalami digital marketing.
Strategi Digital Marketing UMKM dan start up
Saat ini langkah digital marketing tengah gencar ditunaikan oleh bisnis. Beberapa langkah digital marketing UMKM dan start up yang mampu Anda melakukan untuk mencapai obyek bisnis, yaitu:
1. Hyper Targeted Audience
Hyper Targeted Advertising merupakan salah satu langkah beriklan yang mungkin akan menjadi trend digital marketing di tahun 2020 ini. Apakah Anda pernah menyaksikan iklan yang serupa sekali tidak perihal bersama dengan diri Anda? Seperti iklan Binomo yang sempat viral misalnya? Anda mampu menyaksikan iklan digital sebuah product yang berkali-kali muncul di beranda sosial media atau platform lain.
Namun, langkah Iklan digital seperti ini mungkin akan diabaikan oleh orang-orang. Tentu saja, karena iklan itu tidak relevan bersama dengan audience. Berdasarkan riset dari Majalah Forbes, pesatnya pemasaran digital yang luar biasa, menyebabkan iklan dari banyak product membombardir berbagai audience yang tidak relevan bersama dengan product mereka. Tentunya langkah ini tidak cukup tepat. Sebab dari riset yang ditunaikan bahwa biasanya orang lebih menyukai konten yang bagus.
Ketika Anda menentukan untuk melakukan langkah ini, maka tersedia pertaruhan besar disini. Apakah iklan Anda akan diabaikan seperti angin selanjutnya oleh para audience, atau ini menjadi ladang baru Anda untuk meraup profit bersama dengan menjangkau audience baru.
2. Chatbots
Aplikasi Chatbots sudah terasa banyak digunakan oleh pelaku usaha online. Bahkan, chatbots juga sudah banyak diterapkan oleh marketplace di Indonesia. Chatbots sendiri merupakan sebuah program yang akan secara otomatis berinteraksi bersama dengan konsumen di situs web.
Chatbots akan amat membantu untuk usaha kita. Chatbots akan mampu menjawab berbagai macam pertanyaan dari pengguna melalui teks atau suara secara real time. Di samping itu, pemakaian sistem ini juga akan kurangi pengeluaran perusahaan karena akan kurangi keperluan konsumen pelayanan untuk menjawab pertanyaan pengunjung.
Namun, kami perlu waspada didalam mengimplementasikan chatbots. Jangan sampai pemakaian chatbots justru menjadi bumerang untuk usaha Anda. Jika Anda ingin menggunakan chatbots, pastikan Anda menerapkan 3 Aturan Sederhana Menggunakan AI Chatbot. Karena bagaimanapun, robot tidak akan mampu menjadi manusia. Kalau Anda butuh Customer Service yang sudah mempunyai pengalaman dan punyai keterampilan baik, Anda mampu menjadi Partner kami bersama dengan memberdayakan Customer Service.
3. Voice-Powered Search
“Oke Google!” Pernah berbicara seperti itu ke smartphone Anda? Ya, Voice-Powered Search adalah sebuah teknologi di mana kami mampu melakukan pencarian tidak menggunakan teks tetapi menggunakan suara. Fitur pencarian melalui suara ini andaikan pada Google Assistant. Dengan fitur tersebut, kami mampu mencari berbagai hal atau menerjemahkan kalimat hanya bersama dengan berbicara bersama dengan smartphone kita.
Menanggapi teknologi ini, para pebisnis direkomendasi menyebabkan bersama dengan detail info produk, agar membantu bersama dengan teknologi tersebut.
> Baca juga: 7 Strategi Marketing Untuk Generasi Milenial Yang Efektif
4. Merencanakan konten pemasaran
Saat ini konten pemasaran menjadi salah satu langkah ringan yang mampu menjangkau konsumen lebih luas. Saat product sudah siap untuk diluncurkan, bikin konten pemasaran lebih-lebih dahulu yang edukatif dan masif.
Anda perlu mampu menentukan konten pemasaran yang sesuai untuk product dan siapa pasar yang ingin dituju.
5. Melakukan persaingan online
Siapa kira bahwa menggelar kontes online mampu menjadi langkah digital marketing yang efektif ditunaikan secara berkala. Kegiatan ini mampu menambah brand awareness, mengakuisisi banyak pelanggan, dan mempromosikan product melalui giveaway.
Cara ini amat direkomendasi untuk ditunaikan secara rutin.
6. Membuat konten marketing
Untuk UMKM dan start up, langkah marketing yang dibutuhkan adalah konten yang berfokus bersama dengan keperluan pelanggan bukan hanya konten yang menjual.
Konten yang mampu menjawab keperluan dari konsumen mampu menjadi jembatan bagi perusahaan didalam menciptakan kedekatan dan rasa percaya konsumen dibandingkan iklan televisi maupun banner.
Saat konsumen terasa percaya dan dekat maka konsumen lebih ringan untuk menyebabkan ketentuan pembelian.
7. Merancang program referral
Strategi program referral ini amat sesuai ditunaikan oleh start up. Hal berikut karena orang lebih mempercayai saran yang diberikan oleh orang lain dibandingkan perusahaan penjual produk.
Untuk mempercepat pelaksanaan, Anda perlu menggandeng tools dari perusahaan pihak ketiga yang sebenarnya bergerak di bidang tersebut.
8. Mengikuti pameran atau event
Walaupun melakukan digital marketing, tetapi aktivitas secara offline juga tidak boleh ditinggalkan. Umumnya, tersedia banyak event yang diadakan untuk mengenalkan bisnis-bisnis baru.
UMKM dan start up mampu mengikuti event berikut sebagai langkah mempromosikan usaha dan mengenalkannya kepada orang-orang yang tertarik.
9. Eksklusif beta
Siapa yang tidak mengenal Pinterest atau PayPal? Ketika pertama kali muncul di publik, keduanya menerapkan langkah eksklusif beta. Caranya, Anda mampu mengundang orang-orang spesifik atau kenakan skema siapa yang daftar duluan akan meraih keuntungan.
10. Membangun image untuk branding
Perlu Anda ketahui bahwa sudah banyak start up yang berhasil dari tim kecil, lebih-lebih tersedia yang hanya di mulai dari founder saja. Kunci pentingnya adalah pebisnis tidak malu untuk menjadi pemain utama.
Saat Anda mampu mewakili start up atau UMKM maka energi positif yang Anda berikan mampu menjadi branding yang positif juga bagi usaha tersebut.
> Baca juga: Cara Membuat Video Marketing
11. Fokus bisnis
Saat Anda menyebabkan suatu produk, pasti tidak semua orang perlu atau menginginkannya. Oleh karena itu, Anda perlu mampu menentukan pasar yang tepat untuk bisnis. Mulai dari hal-hal yang kecil dan kembangkan pasar secara perlahan.
12. Bakar uang
Strategi digital marketing start up yang sudah lazim ditunaikan adalah bakar uang. Biasanya bakar duit ini ditunaikan untuk membayar spot iklan bersama dengan harapan mampu meraih banyak konsumen.
Namun, kalau hanya mengandalkan iklan hasil yang didapatkan kerap tidak sesuai. Cara yang lebih efektif adalah bersama dengan tawarkan bonus nominal spesifik andaikan pengguna mendaftar akun.
13. Menyelenggarakan kontes
Zaman yang serba digital ini menyebabkan langkah marketing seperti menggelar kontes menjadi langkah yang mampu ditunaikan untuk branding.
Kontes yang mampu ditunaikan juga amat berhubungan bersama dengan dunia digital, andaikan kontes artikel, kontes SEO, kontes blog, atau kontes yang melibatkan pemakai media sosial.
Hari ini siapa yang tidak kenakan media sosial? Hampir mayoritas orang punyai media sosial, lebih-lebih remaja atau dewasa muda. Teknik berinteraksi secara segera antara pelanggan dan calon pelanggan mampu menjadi langkah yang efektif.
Selain itu, langkah digital marketing 2021 ini cukup tidak mahal lebih-lebih bersama dengan langkah spesifik mampu menjadi tidak tersedia biaya yang perlu dikeluarkan.
Banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan media sosial menjadi kesempatan besar bagi UMKM dan start up untuk berkembang melalui social media marketing.
15. Bekerja serupa bersama dengan brand lain
Bagi usaha baru, bekerja serupa bersama dengan brand lain yang sudah lebih tenar mampu menjadi kesempatan menguntungkan. Anda juga mampu mencoba melakukan pendekatan dan tawarkan kerja serupa untuk membantu usaha Anda agar mampu lebih dikenal oleh banyak orang.
16. SEO (Search Engine Optimization)
Supaya konten mampu dilihat dan muncul di pencarian maka konten yang dibikin perlu diberi pendekatan SEO. Pendekatan SEO ini ditunaikan untuk meyakinkan bahwa konten punyai ranking yang baik waktu dicari berdasarkan kata kunci tertentu.
> Baca juga: Strategi Marketing Di YouTube
Remarketing merupakan suatu fitur advance yang terkandung di Google AdWords lebih-lebih Google Display Network. Apabila fitur ini digunakan bersama dengan benar maka konversi penjualan mampu meningkat secara signifikan.
Remarketing menjadi langkah basic yang perlu ditunaikan untuk menambah traffic, awareness, sampai penjualan.
18. Jangan memaksakan konten kepada pengguna
Saat ini type iklan hard selling atau yang menonjolkan penjualan meraih stigma negatif di mata konsumen digital. Sehingga, pemasaran perlu ditunaikan bersama dengan langkah yang lebih kreatif.
19. Email marketing
Untuk menyebabkan list email yang potensial, Anda perlu mampu merencanakan langkah bagaimana mendatangkan lead agar orang ingin mendaftarkan diri.
Karena metode ini berbentuk paling personal, jangan sampai Anda mengirimkan email penawaran ke alamat yang tidak mendaftarkan diri secara sukarela.
20. Pendekatan bersama dengan konten “customer journey”
Umumnya, konsumen digital akan terhubung banyak platform untuk meraih informasi. Hal ini menjadi sebuah perjalanan digital konsumen yang perlu Anda pikirkan.
Bagaimana caranya pemasar mampu menyebabkan konten yang relevan untuk tiap tiap channel? Sehingga, konsumen mampu meraih informasi yang tepat.
21. Influencer marketing
Saat ini sudah banyak usaha yang menggunakan endorse marketing. Mulai dari usaha rumahan, UMKM, maupun usaha besar mempercayakan produknya pada influencer. Dalam sebagian kasus, langkah ini tetap efektif dan tetap layak untuk dicoba.
> Baca juga: Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis di TikTok
22. Podcast marketing
Media podcast mampu dipakai untuk mengkomunikasikan produk. Pemasar mampu menyampaikan podcast yang informatif yang mampu membangun image perusahaan bersama dengan lebih baik.
23. Inbound marketing
Inbound marketing adalah langkah digital marketing yang kuat tetapi perlu waktu, konsistensi, dan pengorbanan. Metode ini melakukan pendekatan berbentuk mempublikasikan konten gratis, menyebabkan email listing, dan menciptakan image yang kuat di media sosial.
Ternyata, tersedia banyak langkah digital marketing UMKM dan start up yang mampu Anda lakukan. Dari cara-cara berikut harapannya Anda mampu mengembangkan usaha agar lebih maju dan besar.
Walaupun digital marketing menjadi langkah yang efektif, Anda juga selamanya mampu menggabungkannya bersama dengan langkah marketing offline agar pasar yang terjangkau mampu lebih luas.
Komentar
Posting Komentar