5 Strategi Digital Marketing Terbaik 2021
> Artikel ini membahas mengenai strategi digital marketing yang dapat kamu terapkan pada bisnismu. Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar digital marketing? Apakah sesuatu yang rumit? Atau hal-hal yang selalu berhubungan dengan data yang kompleks? Tenang guys, artikel ini tidak akan mebawamu sampai ke arah sana. Khusus buat kamu, kali ini kita akan membahas strategi digital marketing dengan sederhana dan tentunya dapat kamu terapkan langsung pada bisnismu.
Sederhananya digital marketing adalah jenis pemasaran yang mempromosikan, menjual produk dan layanan dengan memanfaatkan media digital seperti, media sosial, google, dan email. Lalu apa yang membuat digital marketing ini penting?
Pertama, dengan menggunakan digital marketing kamu dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini karena banyaknya orang yang sudah terhubung dengan internet. Kedua, biaya yang dibutuhkan tidak sebesar marketing tradisional seperti iklan di tv/majalah. Ketiga, kamu dapat membuat materi pemasaran dengan berbagai bentuk (video, gambar, tulisan) dan memiliki banyak pilihan media yang mudah diakses.
Namun hal tersebut tidak dapat berjalan secara otomatis. Perlu berbagai proses agar membuat bisnismu berkembang dengan baik. Salah satunya yaitu menggunakan strategi digital marketing berikut.
1. Menerapkan SEO
Search Engine Optimization atau SEO adalah metode yang digunakan untuk membuat situs website atau blog kamu berada di posisi pertama mesin pencari seperti Google.
SEO ini bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas atau orang menuju ke situs web kamu. Salah satu hal dasar pada praktik SEO adalah mengoptimalkan penggunaan keyword dan pembaruan website.
Misalnya, ketika orang memasukan kata “beli pet food” di Google pencarian, maka dengan menggunakan SEO, website kamu dapat berada pada posisi pertama sehingga kemungkinan untuk diklik orang semakin banyak dan dapat membuat penjualan produk kamu juga semakin meningkat.
Biasanya mesin pencari seperti Google menggunakan kata kunci, frasa, algoritma, pembaruan situs web, dan kejelasan bahasa untuk menentukan peringkat situs web pada halaman pertama. Maka dari itu kamu perlu memahami penerapan SEO dalam penggunaannya pada website bisnis mu.
Bagi kamu yang ingin menggunakan strategi SEO, berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu coba terapkan pada website bisnismu,
* Penggunaan keyword khusus (paling banyak dicari) pada halaman website atau konten di blog
* Memasukkan link dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu website (internal link)
* Membhat link yang menuju website-mu terdapat di website lain (backlink)
* Menggunakan tools bantuan seperti Google Analytics dan Google Search Console untuk menganalisis traffic website-mu
Selain itu, kamu juga bisa mempelajari membaca data dari tools google tersebut seperti, jumlah pengakses baru dan jumlah klik pada setiap halaman website kamu.
Pada penerapan strategi ini, kamu sebenarnya bisa mempelajarinya sehingga dapat mengurangi biaya. Namun, jika bisnismu sedang berkembang pesat dan memiliki dana yang cukup, kamu dapat membentuk tim khusus yang menangani SEO pada website dan blog.
2. Menggunakan pay-per-click advertising
Pay-per-click atau PPC adalah model pemasaran internet di mana pengiklan membayar biaya setiap kali iklan mereka diklik. Biasanya iklan tersebut terdapat pada halaman pencarian google dengan menggunakan layanan Google Ads. Kamu dapat melihat gambar di bawah ini.
Pay-per-click atau PPC ini bertujuan untuk menjangkau lebih orang-orang yang melakukan pencarian di google dengan sebuah keyword. Misalnya, “beli sepatu”. Maka pada halaman pencarian google akan muncul iklan dari website-mu.
Bagi kamu yang baru memulai menggunakan pemasaran digital, PPC adalah strategi pemasaran online yang sangat berguna. Ini mendorong website-mu ke bagian atas pada hasil pencarian, yang dapat juga membantu kamu mendapatkan pelanggan secara langsung. Tapi, jika sama-sama menempatkan website posisi atas pencarian Google, lalu apa bedanya deng
Komentar
Posting Komentar