6 Tips Sukses Facebook Ads

 5 min / Tips Digital Marketing / Yuda Pramudyatama Ada banyak media sosial yang dapat kamu gunakan untuk beriklan (mempromosikan bisnis), namun dari sekian banyak media sosial yang ada, “Facebook” menjadi salah satu pilihan yang tepat dan efektif. Facebook juga menyediakan layanan Ads atau biasa kita kenal “Facebook Ads”.


Facebook menempati posisi ketiga sebagai media sosial terbanyak yang digunakan di Indonesia. Berdasarkan data yang dirilis KataData pada tahun 2020, 82% penduduk Indonesia aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Kamu bisa lihat datanya pada gambar dibawah:


Sumber: KataData


Sebagai pemilik bisnis, apa yang terlintas dalam pikiran kamu ketika melihat banyaknya orang Indonesia yang menggunakan Facebook? Ya, benar. Kamu bisa memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan bisnis kamu. Kamu bisa menjangkau hampir seluruh penduduk Indonesia menggunakan satu platform saja.


Beriklan menggunakan Facebook Ads memang memberikan keuntungan yang besar bagi bisnis kamu. Banyak bisnis yang telah sukses setelah melakukannya, namun banyak juga yang gagal beriklan di Facebook Ads.


Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi pada bisnis kamu kan? Maka dari itu, kamu perlu mengetahui 4 tips sukses beriklan di Facebook Ads:


1. Tentukan Tujuan Iklan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum membuat iklan yaitu menentukan satu tujuan kenapa kamu membuat iklan tersebut. Ketika mendaftar pada Facebook Ads, kamu juga akan diminta untuk memasukkan tujuan iklan yang telah disediakan.


Facebook Ads menyediakan tujuan iklan dalam tiga kategori, yakni Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi, dan masing-masing kategori tersebut juga memiliki bagian-bagian yang lebih spesifik.


Kamu bisa lihat pada gambar berikut:


Tinggal pilih salah satu tujuan iklan yang ingin kamu capai. Misalnya tujuan iklan kamu yaitu ingin “meningkatkan jumlah kunjungan website”, maka kamu bisa memilih kategori pertimbangan dan klik “lalu lintas kunjungan”.


2. Tentukan Target Audiens yang tepat

Salah satu kelebihan Facebook Ads yaitu dapat menawarkan produk atau jasa kepada orang yang lebih tertarget.


Misalnya kamu menjual pakaian olahraga wanita dewasa, dan toko kamu berada di Pekanbaru dan Bali, berarti target audiens (buyer persona) yang tepat misalnya:


* Usia: 25 – 45 tahun.

* Gender: Perempuan.

* Lokasi: Pekanbaru dan Bali.

* Interest: Olahraga

* Jenis olahraga: Renang dan Lari.

* Ukuran badan: all size.

* Behaviour: pengguna mobile, yang memakai smartphone berbasis IOS saja.

* Dan lain-lain


Buyer persona tidak hanya terbatas untuk 7 poin di atas, kamu bisa membuat buyer persona yang lebih spesifik, karena semakin spesifik kamu memahami setiap aspek dari target audiens kamu, maka semakin baik pula targeting yang akan kamu lakukan


Untuk membantu kamu menentukan target audiens yang tepat, ada 3 cara yang bisa kamu lakukan:


Mungkin sekarang kamu bingung, apa itu persona research? Bagaimana cara melakukannya? Dan apa itu Facebook Pixel? Kamu bisa baca kembali artikel sebelumnya mengenai 3 cara menentukan target audiens ketika melakukan Facebook Ads.


3. Buat Konten Iklan yang Menarik

Konten menjadi salah satu faktor sukses atau tidaknya iklan yang kamu buat. Konten juga menjadi penentu bagi audiens untuk melakukan action like, komentar, share, hingga melakukan pembelian.


Maka dari itu kamu harus mampu menciptakan konten yang menarik perhatian audiens agar menggunakan jasa/produk yang kamu tawarkan. Bagaimana cara membuat konten yang menarik untuk Facebook Ads? Berikut tipsnya:


a. Buat Konten yang Visual

Audiens lebih menyukai konten visual (foto atau video) dibandingkan teks, karena konten visual lebih mudah dibagikan, mudah diingat, dan tentunya akan lebih menarik dibandingkan konten tertulis.


Berikut salah satu contoh konten visual yang cukup menarik.


Setelah melihat iklan di atas, kira-kira audiens akan lebih mengingat bisnis kamu atau tidak? Tentu iya, apalagi penggunaan gambar dan warna yang melambangkan keceriaan (warna kuning).


b. Perhatikan Relev

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page