8 Kesalahan Digital Marketing yang Sering Dilakukan

 Seiring bersama pandemi virus Covid-19 di seluruh dunia membuat ada perpindahan dari bisnis konvensional ke didalam bisnis online. Bahkan, sebelum saat virus corona menerjang seluruh negara, tren bisnis online tidak dipungkiri sudah jadi tidak benar satu tren yang bakal konsisten berkembang dan maju sebab revolusi industri besar-besaran.


Dengan bertambahnya tren bisnis online di tanah air dan termasuk dunia international membuat kami seluruh berkenan tidak berkenan perlu sanggup adaptif dan mengikuti pertumbuhan zaman, guys. Merambahnya bisnis ke online dan termasuk pertalian di dunia digital bersama para kastemer membuat seluruh pengusaha dituntut untuk melaksanakan bisnis secara online. Maka dari itu mutlak banget untuk mempelajari digital marketing.


Digital marketing pun nggak lumayan nih jikalau hanya mengandalkan web site dan sosial tempat untuk bisnis di dunia online tanpa mengoptimalkannya secara lanjut. Hal ini nggak bakalan mendongkrak sales dan merk awareness nantinya.


Kalau berpikir bahwa digital marketing itu susah, jawabannya nggak kok. Sama aja kayak bisnis konvensional. Website dan sosial tempat ini hanya etalase saja untuk menata produk-produk kamu. Soal urusan penjualan dan suksesnya bisnis balik kembali bagaimana langkah kamu memasarkan produk kamu, nih. Terutama sekarang, marketing atau pemasaran sudah dilakukan secara online. Mungkin bikin yang baru di dunia pemasaran online atau biasa lebih kami kenal bersama digital marketing bakal bingung apa aja sih yang perlu dilakukan dan termasuk apa yang sebaiknya jangan dilakukan.


Kesalahan-kesalahan ini secara nggak segera sanggup mengganggu tujuan dan keberhasilan bisnis loh. Kesalahan marketing online ini terlampau halangi kamu untuk melaksanakan penjualan dan terhubung bersama tujuan pasar, lho.


Makanya, sadar sebagian problem yang dihadapi oleh pemasar di dunia digital, Exabytes sudah meringkas nih apa aja lebih kurang kekeliruan yang perlu kamu jauhi didalam digital marketing. Sebelum scroll lebih lanjut, ada baiknya nih kamu cek makna digital marketing yang perlu kamu ketahui agar kamu termasuk lebih paham.


Berikut adalah daftar kekeliruan umum digital marketing yang perlu sebaiknya kamu hindari. Langsung aja yuk simak di bawah ini!


Tidak Memahami Target Audience

Salah satu kekeliruan yang paling kerap terjadi dan terlampau fatal adalah tidak sadar tujuan audience bisnis sendiri. Perlu diingat ya, produk yang kamu menjual nggak tetap sanggup diterima didalam berbagai kalangan. Banyak perusahaan yang tetap coba menargetkan audiens yang terlampau luas. Mereka mengidamkan menjangkau lebih banyak orang, jadi mereka coba menargetkan siapa saja dan seluruh orang, tapi akhirnya putus asa dikala banyak orang tidak belanja produk atau manfaatkan layanan mereka sebab sebenarnya nggak sesuai bersama buying behavior mereka.


Tips : Alih-alih coba menjual produk dan layanan kamu ke orang secara acak, lebih baik kamu fokus terhadap sekelompok orang tertentu yang terlampau membutuhkan produk kamu. Ini yang kamu sebut tujuan audiens bisnis kamu.


Mempelajari tujuan pasar ini adalah tidak benar satu siasat paling utama bagi kamu untuk menghasilkan banyak keuntungan yang nggak hanya penjualan aja! Pastikan bisnismu ataupun tim research plus development kamu terlampau sadar didalam meneliti tujuan audiens bisnis ya! Seperti demografinya, umurnya, preferensinya. Untuk sadar tujuan audiens, kamu sanggup mempelajari termasuk tingkah laku kastemer (consumer behavior) agar lebih sadar audiens yang mengidamkan dituju.


Kalau kamu nggak mengenal tujuan audiens kamu bersama sadar dan menargetkan kepada orang secara luas, maka dipastikan kampanye pemasaran yang nantinya digunakan nggak berhasil bersama prima dan bahkan gagal sampai membuat bisnis rugi lho. Makanya, pikir kembali apa saja faktor-faktor untuk membidik sasaran bersama tepat.


Nah, masih berhubungan serupa poin pertama diatas, jikalau kamu sudah menemukan tujuan audiens kamu maka fokuslah kepada mereka. Hal ini berupaya untuk jauhi menyingkirkan waktu. Kebanyakan pengusaha baru yang manfaatkan sosial tempat nggak lumayan kompeten dan kurang aktif didalam mengoptimalkan manfaatkan sosial media. Hanya memposting konten dan produk nggak bakalan lumayan membuat bisnis kamu berhasil di sosial media. Padahal sosial tempat jadi platform efektif untuk memasarkan secara online lho.


Tips : Cari sadar nih sosial tempat mana yang banyak digunakan serupa tujuan audiens kamu. Lalu manfaatkan sosial tempat ini secara kerap dan fokus untuk promosikan produk kamu secara optimal. Pastiin termasuk ya bisnis kamu miliki siasat marketing sosial tempat yang solid untuk membangun otoritas merk kamu.


Misalnya, jikalau tujuan audiensmu berusia remaja, kamu sanggup manfaatkan TikTok sebagai siasat marketing. Jika targetmu adalah dewasa, kamu sanggup manfaatkan Facebook atau Instagram,


Nah, tidak benar satu kekeliruan yang kerap terjadi termasuk adalah kurangnya effort untuk mempromosikan website. Atau malah belum miliki website? It’s a big no!


Orang nggak bakalan sadar perihal bisnismu atau produk yang kamu tawarkan andaikan belum miliki website. Dan jikalau kamu nggak promosiin, orang pun enggan mampir ke web site sebab sanggup aja mereka mikir kamu nggak miliki website. Sayang banget jikalau begitu.


Coba bayangin jikalau kamu nggak mempromosikan web site kamu, nggak kemungkinan ada traffic ke web site kamu dan nggak bakalan ada prospek penjualan.


Tips : Mulai untuk miliki web site sendiri sebab web site berperan mutlak untuk bisnis online lho. Kalau belum punya, kamu sanggup manfaatkan layanan dari Exabytes untuk membuat web site lho.


Dan rajinlah untuk mempromosikan web site kamu sebab ini sanggup menaikkan ranking web site lho. Dengan website, kamu sanggup menjangkau pelanggan baru dan juga menaikkan merk awareness terhadap merk kamu.


Banyak langkah untuk mempromosikan web site kamu yakni tidak benar satunya sanggup manfaatkan sosial tempat atau Google Adsense lho.


Tidak Merencanakan Tujuan Marketing

Ini adalah tidak benar satu dari beribu alasan kenapa digital marketing kamu nggak berhasil. Padahal sudah berupaya memasarkan secara efektif dan besar-besaran tapi kok rasanya nggak mencapai apapun ya? Yep! Itu sebab kamu nggak sadar merencanakan long term dan short term goals yang realistis nih, teman-teman Exabytes!


Kamu nggak bakal merasa achieve something sebab kamu nggak miliki tujuan dari merk kamu sendiri. Sasaran yang sifatnya nggak realistis termasuk nggak bermanfaat sebab kamu nggak bakalan mencapainya. Jadi, nggak hiraukan langkah dan siasat pemasaran apa yang kamu sudah manfaatkan dan bakal kamu manfaatkan jikalau kamu aja nggak sadar goalsnya apa.


Tips : mutlak banget untuk membuat siasat marketing khususnya kamu mengidamkan memulai memasarkan secara digital. Buatlah catatan perihal apa yang bisnis kamu sasar dan goals dari strategimu. Dengan memutuskan ekspektasi yang tepat memudahkan kamu nih untuk fokus terhadap strategimu.


Ada sebagian contoh tujuan digital marketing contohnya layaknya menaikkan penjualan dan pendapatan, menaikkan selanjutnya lintas (traffic) web, menaikkan merk awareness bisnismu secara online dan masih banyak kembali Kamu sanggup manfaatkan contoh ini sebagai tujuan dari bisnis kamu nih.


Desain Website Tidak Menarik

Salah satu kekeliruan digital marketing paling umum yang dilakukan perusahaan adalah meniadakan website. Percuma kamu sudah ada web site dan sudah promosi tapi web site kamu nggak optimal, loading page lama, nggak informatif dan pastinya nggak menarik.


Kata menarik disini bukan artinya kamu perlu desain sebagus mungkin. Tapi lebih ke arah gimana caranya membuat web site kamu menarik banyak orang agar betah berlama-lama di web site kamu. Kalau web site kamu nggak optimal dan tidak memberikan pengalaman positif ke pengguna atau calon pembeli, bisnis kamu sudah mundur selangkah alias tertinggal dari pesaing, nih. Nggak berkenan dong jikalau begini?


Tips : Coba kamu pindah atau rombak kembali desain websitemu. Sebaiknya bikin web site yang minimalis tapi tetap informatif bersama uraian dan foto produk bisnismu. Maksimalkan fitur dan pastikan button di websitemu bermanfaat dan diarahkan ke halaman yang tepat. Selain itu, pastikan termasuk web site kamu device-friendly yang artinya sanggup dibuka bersama enteng dan sedap diamati di perangkat apapun layaknya di handphone dan tablet.


Mengabaikan Penggunaan SEO

SEO atau Search Engine Optimization ini adalah langkah calon pelanggan menemukan bisnis kamu di search engine. Salah satu kekeliruan marketing terbesar yang dilakukan perusahaan adalah meniadakan penggunaan SEO. Padahal perihal ini krusial sekali.


Kalau perusahaan kamu belum memasukkan SEO ke didalam siasat marketing digital, orang tidak bakal menemukan web site kamu di hasil penelusuran. Jadi say goodbye terhadap prospek, kesempatan dan goals-goals lainnya yang mengidamkan kamu mencapai didalam bisnis kamu. Wah, kacau kan padahal hanya sebab satu hal?


Selain itu, jikalau bicara perihal kekeliruan lainnya didalam SEO, banyak perusahaan yang nggak sabaran dan malah melaksanakan kekeliruan bersama nggak memberikan lumayan selagi agar SEO sanggup berkembang. Padahal, SEO termasuk perlu selagi bikin berkembang, jadi kamu perlu tetap bersabar, ya.


Tips : Optimalkan penggunaan SEO untuk websitemu. Jika kamu masih pemula sebaiknya pelajari SEO merasa sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar kok. Dan kunci lainnya adalah bersabar. Biarkan SEO kamu berkembang dan lambat laun bakal menaikkan organic traffic websitemu.


Menggunakan Terlalu Banyak Strategi

Sesuai bersama namanya, kekeliruan lainnya adalah pengambilan dan implementasi siasat yang terlampau banyak. Padahal, langkah ini nggak bakal memberikan hasil paling baik sebab more bukan artinya tetap better ya, gengs.


Hal ini lagi-lagi sanggup menyingkirkan waktumu dan effort yang kamu kerjakan. Bisa jadi strategimu ini tidak menghasilkan hasil.


Tips : Jangan tetap berpatok terhadap more = better ya teman-teman, tetap evaluasi kembali siasat mana yang sesuai untuk tujuan market bisnis kamu.


Balik kembali layaknya yang ditunjuk diatas, seluruh siasat pemasaran kembali kembali terhadap pertanyaan “apa sih tujuan dari pemasaran kamu?” , “apa yang perusahaan kamu mengidamkan capai?”. Menggunakan hanya dua siasat pemasaran yang sesuai bersama tujuan merk kamu bakalan lebih berhasil dibandingkan manfaatkan puluhan siasat tapi nggak sadar apa tujuannya.


Hanya Berfokus Pada Fitur

Orang nggak hiraukan bersama produk dan jasa yang kamu tawarkan, tapi mereka hiraukan perihal bagaimana produk dan jasa bisnis kamu sanggup membuat hidup mereka lebih baik dan selesaikan persoalan mereka. Berhenti dan stop hanya fokus mengupas fitur produk aja ya, teman-teman Exabytes.


Tips : Dalam siasat digital marketing kamu, gambarkan bagaimana produk kamu sanggup membuat perubahan pelanggan dan membantu mereka. Hindari perihal keistimewaan atau fitur saja.


Pembeli nggak hanya belanja produk atau layanan; mereka belanja transformasi. Sebagian besar bisnis yang gagal sebab mereka hanya fokus bersama fitur unggulan saja selagi memulai atau selagi memasuki pasar baru. Padahal produk atau jasa bukan hanya soal itu tapi sanggup menjawab, memenuhi keperluan dan memberikan solusi kepada si calon pembeli.


So, guys perlu dicatat ya, jelaskan lebih detail perihal fitur produk dan termasuk apa yang sanggup mereka dapatkan dari fitur produk ini. Entah efisiensi maupun perihal lainnya.


Human make mistakes sometimes, belajar dari pengalaman adalah perihal yang paling efektif dan cepat untuk sadar apa siasat digital marketing yang andaikan sesuai dan nggak bikin bisnis kamu khususnya untuk kamu yang baru masuk ke didalam dunia pemasaran digital. Manusia itu nggak bakalan luput dari membuat kesalahan, tapi pasti perlu belajar dari kekeliruan tersebut dan perbaiki kekeliruan tersebut.


Dengan ini Exabytes menghendaki kamu sanggup mendapatkan insight dari kekeliruan diatas dan belajar mencegahnya, sebab menahan jauh lebih baik, kan?


Sekian artikel kali ini, semoga artikel kali ini sanggup bermanfaat bikin kalian seluruh ya yang baru belajar digital marketing maupun sudah profesional didalam bidang ini.


See you on another article ya, teman-teman Exabytes! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page