Cara Memanfaatkan Facebook Ads

 Untuk jadi beriklan di Facebook, kamu harus sesuaikan akun Business Manager. Melalui Business Manager, kamu sanggup membuka Halaman, iklan, dan beri tambahan akses kepada orang lain untuk mengelola akunmu.


Berikut adalah cara didalam Menyiapkan akun Business Manager :


1. Pergi Ke business.facebook.com

2. Klik Buat Akun

3. Masukkan nama untuk bisnis Anda, memilih Halaman Facebook utama untuk akun, dan berikan nama dan alamat e mail kantor kamu


Selanjutnya, siapkan akses iklan melalui Business Manager:


1. Buka Pengaturan Business Manager

2. Di bawah Orang dan Aset, klik “Akun Iklan”

3. Pilih “Tambahkan Akun Iklan Baru” dan klik “Buat Akun Iklan Baru”


Setelah sesuaikan metode pembayaran dan informasi penagihan, kamu siap menavigasi ke Pengelola Iklan.


Langkah 2 : Navigasi Facebook Ads Manager

Pengelola Iklan Facebook adalah “markas besar” iklan kamu. Pangkalan rumah ini termasuk fungsionalitas yang sangat mungkin kamu untuk:


1. Siapkan ad campaign, ad sets, dan ads

2. Mengelola dan Memodifikasi cost iklan

3. Menargetkan Custom Audience

4. Monitoring metrik kinerja kampanye Facebook ads anda


Setelah sebabkan akun Business Manager, kamu sanggup membuka menu Pengelola Iklan bersama dengan mengklik panah drop-down di sudut kanan atas halaman Facebook kamu dan memilih “Pengelola Iklan.”


Dasbor Pengelola Iklan muncul layaknya ini:


Langkah 3 : Pilih Tujuan Iklan

Setelah membuka Pengelola Iklan, memilih tombol hijau “Buat Iklan” di sudut kanan atas halaman. Kamu dapat diminta untuk memilih target kampanye, bersama dengan kata lain, apa yang selanjutnya dambakan kamu menggapai bersama dengan iklan ini: Awareness, Consideration, atau Conversion.


* Awareness : menghasilkan ilmu dan minat terhadap product atau sarana kamu.


* Consideration : sangat mungkin orang untuk terlibat bersama dengan bisnis kamu, klik terhadap tautan tertentu untuk keterangan lebih lanjut, dan jaga agar product atau sarana kamu tetap diperhatikan


* Conversion : mengarahkan penonton ke Tombol Call to Action (Contoh, Klik untuk membeli, mendaftar untuk promosi).


Berikut adalah gambar untuk target kampanye iklan :


Setelah kamu memilih pilihan, menentukan nama kampanye iklan & selamat, Iklan sukses dibuat


Langkah 4 : Tentukan Target Audience atau Pemirsa

Penargetan audiens facebook sangat luas, bersama dengan banyaknya informasi demografis yang disimpan pengguna facebook di semua dunia. sangat barangkali untuk memperoleh informasi yang sangat tahu tentang siapa yang mendorong iklan kamu.


Berikut ini beberapa cara untuk memfilter audiens kamu :


* Lokasi : Negara, Wilayah, Kota, Kode pos, atau didalam jarak radius

* Umur & Jenis kelamin

* Bahasa yang digunakan

* Tingkat pendidikan : Sekolah, Bidang studi, th. kelulusan

* Ketertarikan atau hobi : Page (halaman) yang mereka sukai, ketertarikan dapat suatu hal (contoh Entertainment, Games, Fitness, Makanan & Minuman)

* Tingkah Laku : aktifitas digital

* Tingkat kekayaan / asset


Mungkin keliru satu fitur terbaik yang ditawarkan di Pengelola Iklan Facebook adalah kebolehan untuk sebabkan “Lookalike Audience”.


Lookalike Audience (Pemirsa Serupa) adalah pengguna Facebook yang memiliki mutu yang serupa bersama dengan grup lain yang dikenal (yaitu pelanggan, pecinta Facebook kamu, atau loyalis merk yang dikenal).


Saat kamu sebabkan Lookalike audience (Pemirsa Serupa), kamu sanggup mengidentifikasi syarat-syarat awal berdasarkan permintaan sendiri atau mengunggah daftar Custom Audience dan Facebook dapat mengidentifikasi mutu lazim orang-orang (berdasarkan informasi demografis, lokasi, atau minat) dan mendapatkan orang-orang yang serupa ( atau mirip) kepada mereka.


Pada dasarnya, fitur ini sangat mungkin iklan untuk menyita daftar pelanggan yang tersedia di tim marketing dan memperluas jangkauan iklan kamu.


Untuk memastikan mutu Lookalike Audience Anda, Facebook memberi saran agar Kamu mengunggah daftar audiens pada 1.000-50.000 orang untuk hasil penargetan yang lebih baik.


Langkah 5 : Tentukan Budget atau Biaya Iklan


Facebook sangat mungkin kamu untuk mengontrol berapa banyak cost yang dambakan kamu keluarkan untuk tiap-tiap iklan.


Saat ini tersedia dua cara utama untuk mengalokasikan pengeluaran tempat Facebook Ads :


* Daily Media Spend (Jumlah Rata-rata cost yang dapat Anda belanjakan per hari nya untuk sebuah iklan)


* Lifetime Media Spend (Banyak nya cost yang kamu keluarkan berdasarkan durasi pas yang kamu menentukan untuk sebuah iklan)


Meskipun Facebook memberi saran anggaran harian $ 20 / Rp. 300.000 secara default, Kamu tetap sanggup sesuaikan anggaran yang kamu dambakan pas kampanye berjalan bersama dengan keliru satu opsi diatas.


Contoh kecilnya, Disarankan kamu menghabiskan setidaknya Rp.100.000 per hari untuk iklan.


Selain itu, biarkan iklan kamu berjalan setidaknya sepanjang tujuh hari agar kamu sanggup memantau progress iklan sepanjang minggu gara-gara penelitian menunjukkan orang condong bereaksi berbeda terhadap iklan bergantung terhadap hari tertentu didalam seminggu.


Dalam kurung pas tersebut, barangkali kamu harus mengeluarkan biasa sekitar 700 ribu untuk penayangan iklan didalam seminggu.


Saat sesuaikan pengeluaran media, perlu termasuk untuk mencatat perbedaan pada Cost Per Impression (CPM) dan Cost Per Click (CPC).


CPM adalah cost per tiap-tiap 1.000 tayangan (atau tiap-tiap 1000 kali iklan kamu ditampilkan) pas CPC bermakna kamu cuma membayar tiap-tiap kali seseorang mengklik anggota berasal dari iklan kamu yang lalu mereka menuju ke situs atau aplikasi anda.


Menurut Facebook , Cost Per Impression (CPM) barangkali menjadi pilihan yang baik jika kamu dambakan membangun kesadaran merk (awareness) audience terhadap merk kamu sambil membayar Cost Per Click (CPC) mendorong mereka untuk berkunjung ke Website atau aplikasi bisnis.


Perlu diingat bahwa kamu memiliki control / otoritas penuh atas semua segi Pengelola Iklan di Facebook, menjadi cari tahu bagaimana pengeluaran iklan kamu pengaruhi kinerja kampanye – semakin kamu bereksperimen, semakin banyak pembelajaran yang dapat kamu peroleh untuk kampanye di era mendatang.


Langkah 6 : Tentukan dimana dimana harus mobilisasi Iklan


Jika kamu memakai Facebook, kamu dapat menyaksikan Pop up Message di Newsfeed Smartphone, newsfeed desktop, dan di segi kanan layar. Selain itu, bersama dengan akuisisi Facebook atas Instagram, sangat mungkin kamu sanggup sebabkan iklan di Facebook Ads Manager untuk Instagram.


Dibawah ini adalah gambar visual Bagaimana iklan kamu ditempatkan


Newsfeed terhadap Desktop & Mobile : Iklan dapat muncul didalam newsfeed pengguna (di samping pos berasal dari kawan dan keluarga). Ini adalah opsi yang baik bagi siapa saja yang dambakan membangun kesadaran merk dan memperoleh Engagement.


Catatan: jika kamu mengarahkan pengguna ke Landing Page berasal dari iklan newsfeed, pastikan Website kamu memiliki desain responsif smartphone agar pengguna smartphone memiliki pengalaman baik kala diarahkan ke Landing Page anda.


Right Hand Column : Seperti namanya, opsi ini memasang iklan kamu di kolom kanan Facebook dan merupakan iklan bergaya “spanduk” yang paling tradisional.


Jenis Ini cuma tersedia untuk pengguna desktop dan cocok untuk iklan yang mendorong pengguna untuk membeli barang atau mempelajari lebih lanjut tentang product kamu.


Facebook Audience Network : Jaringan aplikasi seluler Website yang bermitra bersama dengan Facebook untuk menampilkan iklan. Ini adalah opsi yang baik jika kamu dambakan memaksimalkan pemaparan dan menampilkan iklan kamu di depan orang-orang yang tersedia di beraneka aplikasi atau situs web. Penempatan ini termasuk efisien didalam mengoptimalkan tayangan video.


Instagram : Terbaik untuk memaksimalkan jangkauan dan membangun kesadaran merk kepada target audience kamu di Instagram


Langkah 7 : Buat Iklan

Sekarang setelah kamu sesuaikan kampanye, audience, dan penempatan iklan, sekarang saatnya untuk kamu memasukkan materi iklan.


Pertama, memilih bagaimana kamu dambakan kreasi iklan ditampilkan :


Ada 5 format berbeda:


* Carousel: Iklan bersama dengan dua sampai sepuluh gambar atau video yang sanggup digulir. Format iklan carousel melibatkan pengguna gara-gara mereka sanggup menggulir sampai sepuluh gambar atau video sekaligus.

* Single Image: Iklan bersama dengan sampai enam variasi iklan Anda menampilkan satu gambar terhadap satu waktu. Iklan single image adalah keliru satu iklan paling serbaguna dan merupakan daerah yang bagus untuk memulai bagi mereka yang baru mengenal Facebook Ads Manager.

* Single Video : Iklan bersama dengan satu video. Iklan Video Tunggal sangat mungkin kamu untuk menceritakan kisah menarik kepada target audience.

* Slideshow: Looping iklan video bersama dengan sampai sepuluh gambar. Format iklan ini sangat mungkin kamu untuk sebabkan cerita visual yang kohesif. Jika dijalankan bersama dengan baik, hampir sanggup muncul layaknya GIF

* Collection: Iklan yang mengkombinasikan gambar dan video yang ditampilkan sebagai penampilan layar penuh. Ini adalah opsi yang bagus untuk menaikkan tingkat interaktivitas bersama dengan pengguna.


Langkah 8 : Tempatkan Pesanan

Setelah kamu sebabkan iklan Facebook Anda, klik tombol “Place Order” berwarna hijau. Iklan kamu dapat diputar untuk memastikan tidak melanggar Kebijakan Periklanan Facebook sebelum saat disetujui dan ditayangkan.


Langkah 9 : Pantau Kinerja Iklan Anda

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda memiliki transparansi penuh didalam Pengelola Iklan terhadap ROI (laba atas investasi) iklan Anda. Beberapa metrik yang harus diperhatikan adalah:


* Click : berapa kali seseorang mengklik iklan kamu

* Impression : berapa kali iklan kamu dilihat

* Convertion Ratio: berapa % orang yang mengklik iklan Anda untuk menjadi prospek atau melakukan pembelian


Setel pengingat terhadap pas yang serupa tiap-tiap hari untuk memeriksa kinerja iklan kamu. Jika kamu tidak mengalami kemajuan, cobalah melakukan sedikit variasi terhadap materi iklan, penargetan kembali audience, atau Biaya periklanan kamu


Sumber : impactbnd.com 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page