Cara Membuat Facebook Ads Tepat Sasaran
Sebagai jejaring sosial terbesar di dunia maya, facebook memiliki suatu fitur penempatan iklan yang biasa kita kenal dengan nama facebook ads. Fitur iklan ini memang memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh Google Adwords.
Selain harganya yang relatif lebih murah, facebook ads memiliki bank data dari demografi yang sangat besar sehingga Anda bisa mengirimkan iklan tersebut kepada orang-orang yang memiliki suatu ketertarikan tertentu.
Maka tidak heran apabila banyak orang berlomba-lomba mempelajari penggunaan facebook ads ini.
Dengan pemasang iklan yang semakin banyak setiap harinya, tentu Anda perlu sebuah pembeda agar iklan Anda lebih dilirik dan bisa mendatangkan keuntungan lebih banyak. Untuk itulah artikel ini dibuat dan artikel ini akan membahas cara-cara menggunakan facebook ads dengan seefisien mungkin.
Beberapa cara mungkin terlihat sedikit merepotkan. Tetapi apakah Anda tidak tertarik mencoba strategi-strategi yang telah terbukti efektif ini?
Mari kita mulai dari cara pertama.
Pusat aktivitas Anda memang di facebook, namun itu bukan berarti Anda hanya perlu menggunakan facebook semata untuk mengoptimalkan iklan facebook Anda. Diluar facebook banyak sekali alat bantu yang bisa membantu kegiatan digital marketing Anda. Google Analytics salah satunya.
Google Analytics merupakan suatu tool milik Google yang bisa membantu Anda mengetahui secara detil siapa saja user yang mengunjungi laman facebook perusahaan Anda. Cukup masukkan alamat URL lengkap yang menuju ke profil facebook perusahaan Anda, maka beragam jenis data akan segera muncul dihadapan Anda.
Img src: neilpatel
Pertama misalnya Anda bisa melihat klasifikasi pengunjung laman Anda berdasarkan umur mereka. Berapa persen pengunjung yang berusia tahun, tahun, dan seterusnya hingga lebih dari 65 tahun.
Anda juga bisa melihat berapa persentase perbandingan jumlah laki-laki dan perempuan yang mengunjungi laman facebook perusahaan Anda. Apakah pengunjung laki-laki yang lebih banyak ataukah justru perempuan bisa Anda ketahui secara mudah dengan Google Analytics ini.
Lebih jauh Anda juga bisa melihat lokasi asal para pengunjung laman facebook perusahaan Anda beserta jenis perangkat yang mereka gunakan (apakah PC, Android, atau iPhone misalnya). Minat para user yang mampir ke laman Anda juga bisa diketahui lewat alat bantu yang satu ini.
Dari data-data tersebut pastinya Anda akan mendapatkan gambaran tentang seperti apa latar belakang orang-orang yang telah mengunjungi laman facebook perusahaan Anda. Dengan pengetahuan inilah Anda bisa mulai merancang iklan yang lebih tepat sasaran.
Semisal ketika pengunjung mayoritas ke halaman Anda berasal dari kelompok usia tahun dengan mayoritasnya adalah laki-laki. Maka bentuk iklannya tentu harus memiliki desain yang cukup kekinian disamping penggunaan warna yang lebih maskulin seperti hitam, merah dan biru.
Sebaliknya apabila mayoritas pengunjung Anda berasal dari kelompok usia tahun dengan didominasi oleh perempuan, maka Anda perlu desain yang lebih keibuan dengan warna-warna feminism yang lebih cerah dan menarik bagi para wanita dewasa.
Tetapi bagaimanapun hal-hal tersebut tetap harus Anda sesuaikan dengan sasaran utama bisnis Anda. Jangan sampai hasil dari Google Analytics malah membuat sasaran bisnis Anda malah mengalami banyak perubahan. Cukup gunakan tool tersebut untuk membantu Anda merancang iklan yang benar-benar tepat sasaran.
Img src: vectorparks.com
Facebook memang secara terang-terangan menyarankan agar Anda memilih satu faktor pendekatan saja saat hendak memposting suatu iklan. Nyatanya penggunaan lebih dari satu faktor pendekatan juga tidak dilarang dan beberapa ahli digital marketing sepakat kalau cara ini bisa memberikan hasil yang lebih optimal.
Sekarang cobalah buka Facebook Business Manager pada akun perusahaan Anda. Pilih menu “Assets” dan “Audiences” hingga terlihat 3 jenis pilihan (Custom Audiences, Lookalike Audiences, dan Saved Audiences). Secara penempatan facebook memang mengarahkan kit
Komentar
Posting Komentar