Mengapa Harus Menggunakan Google Ads
Exabytes Friends, channel didalam melaksanakan marketing tidak cuman ada yang organik seperti SEO dan e-mail marketing ada terhitung yang berbayar, tidak benar satunya adalah Google Ads. Pada artikel ini kami akan mengupas apa itu Google Ads dan kegunaannya.
Khususnya untuk kamu yang membawa bisnis, Google Ads mampu mendukung menjangkau siapa saja yang memanfaatkan Google untuk menelusuri informasi, produk, dan layanannya secara online. Diketahui, terjadi pencarian sebanyak 3.5 miliar didalam sehari di mesin pencarian Google.
Jadi, kecuali saat ini kamu tidak mempunyai akun Google Ads untuk bisnis atau tidak memanfaatkan akun Google Ads secara maksimal, maka mampu saja kamu melepaskan keuntungan yang akan didapat berasal dari platform Ads ini.
Apa Itu Google Ads?
Mari Mengenal Google Ads, tidak benar satu platform iklan yang paling banyak digunakan. Google Ads adalah platform periklanan online yang berbayar berasal dari Google. Awalnya, Google Ads ini bernama Google AdWords sebelum akan kelanjutannya bergeser pada 2018.
Meski begitu, sarana yang di tawarkan selalu sama yakni pengiklan membayar per klik (CPC) atau membayar per tayangan/impresi (CPM) yang didapatkan berasal dari iklan.
Iklan yang ditayangkan tidak cuma di mesin pencarian google, namun sekali memasang iklan dengan Google Ads, iklanmu akan tayang di halaman hasil mesin pencarian (SERP), Youtube, Blog, sampai Google Display Network.
Google Ads merupakan cara yang efektif bagi bisnis untuk mendatangkan trafik yang berkwalitas ke web atau landing page produk/layanan sampai meraih pelanggan yang cocok dengan produk/layanan yang kamu tawarkan.
Google Ads terhitung mampu mendukung kamu mendapat pelanggan yang cocok sebab tidak semua iklan ditampilkan ke semua orang. Google Ads membawa fitur yang mampu mendukung kamu menargetkan iklan ke audiens yang tepat, cocok dengan budget yang kamu miliki.
Perbedaan Google Ads dengan Google AdSense
Apa itu perbedaan Google Ads dan Google AdSense? Sama-sama mampu memberikanmu keuntungan, lantas apa bedanya Google Ads dengan Google AdSense yang selama ini kemungkinan terhitung kamu ketahui?
Perbedaan Google Ads dengan Google AdSense adalah Google Ads amat mungkin bisnis untuk dengan enteng mengiklankan diri mereka sendiri di sarana dan produk Google. Sebaliknya, Google AdSense amat mungkin orang yang mempunyai platform seperti blog, website, sampai YouTube untuk memonetisasi atau meraih duit lewat iklan yang disematkan didalam platform mereka.
Google memanfaatkan fitur Google Ads Auction untuk pilih iklan mana yang ditampilkan lewat AdSense, dan pengiklan di Google Ads kemungkinan kudu sesuaikan iklan mereka supaya terjadi lebih baik di Google Ads Auction.
Jenis Campaign di Google Ads
Google Ads sedia kan jenis campaign yang mampu kamu pilih untuk beriklan dengan sesuaikan copy iklan baik itu video, gambar, toko online, aplikasi dan lain-lain. Kamu mampu pilih tidak benar satu berasal dari jenis campaign Google Ads ini.
1. Search Network Campaign
Search network campaign adalah iklan yang muncul di halaman hasil pencarian baik itu di Google search, YouTube, Maps, sampai Google Shopping saat pengguna mengetikkan kata kunci untuk mencari. Biasanya ada penanda dengan tulisan ‘Ad’ yang tebal berwarna hitam untuk membedakan antara SERP iklan dan yang bukan.
Contoh search network campaign yang mampu ditemukan oleh pengguna. Pada perumpamaan di atas, kecuali kamu mengetikkan kata kunci ‘adidas’ maka disaat muncul halaman hasil pencarian, pada peringkat atas ada web toko Adidas Indonesia dan baru peringkat dua web Adidas Official. Hal ini untuk menarik orang didalam suatu cakupan lokasi yang inginkan belanja produk Adidas, dengan membelinya di toko Adidas Indonesia.
Jenis campaign iklan lainnya berasal dari Google Ads ialah shopping campaign. Iklan yang ditampilkan di halaman hasil pencarian tidak ulang sekadar teks atau link yang merujuk ke landing page, namun terhitung mampu menyertakan Info produk detil seperti harga dan juga rating produk dan terhitung di Google Shopping.
Shopping campaign merupakan tidak benar satu jenis campaign yang bermanfaat didalam menampilkan detil produk. Kamu mampu menjalankan shopping campaign lewat Google Merchant Center. Google akan memanfaatkan knowledge Info produk kamu, bukan berdasarkan kata kunci yang diketik user, untuk pilih bagaimana dan di mana untuk menampilkan iklan tersebut.
Display Network Campaign
Google mempunyai jaringan web daerah berbagai industri dan dengan serangkaian audiens pilih untuk menampilkan Google Ads, yang dikenal sebagai Google Display Network.
Melalui campaign ini, kamu mampu menayangkan iklan visual dan menempatkannya pada orang-orang yang mengunjungi web orang lain, Gmail, dan YouTube. Iklannya sendiri terhitung fleksibel didalam perihal gaya. Iklan ini mampu didalam wujud multimedia bersifat gif, teks, video, atau gambar.
Contoh display network campaign di web Detik.com. Manfaat bagi pemilik web adalah mereka dibayar per klik atau tayangan pada iklan. Manfaat bagi pengiklan adalah mereka mampu menampilkan konten mereka di depan audiens yang serasi dengan tujuan pasar dan persona.
Beberapa fungsi memanfaatkan display network ads adalah jangkauannya. Google bermitra dengan lebih berasal dari dua juta web dan menjangkau lebih berasal dari 90% berasal dari semua pengguna Internet untuk mendukung memastikan iklan tampil di depan orang sebanyak mungkin.
Namun, ada kemungkinan iklan kamu akan muncul di web yang tidak kamu inginkan atau di depan video yang tidak kamu inginkan untuk dikaitkan dengan merekmu. Jika kamu waspada didalam memasang iklan, display network campaign mampu jadi daerah yang pas untuk mengumpulkan leads.
Video Campaign
Jenis campaign Google Ads lainnya ada pula yang bersifat video. Iklan video ini ditampilkan sebelum, di tengah, apalagi setelah tayangan video YouTube selesai diputar.
Contoh iklan video campaign di YouTube. Selain didalam video, video campaign terhitung muncul disaat pengguna mengetikkan kata kunci di pencarian YouTube sampai lantas mampu menarik perhatian pengguna.
Melalui video campaign, perusahaan atau bisnis kamu akan dipromosikan lewat video iklan yang ditampilkan di YouTube dan terhitung properti Google Display Network lainnya.
Apps Campaign
Google Ads apps campaign mampu mempromosikan aplikasi mobile kamu yang mampu diunduh di smartphone atau tablet lewat iklan yang ditampilkan di hasil pencarian Google, YouTube, Google Play, Google Display Network, dan tetap banyak lagi.
Beberapa perumpamaan apps campaign di hasil pencarian Google. Dengan apps campaign kamu mampu menjalankan iklan yang mendorong audiens untuk mengunduh aplikasi mobile. Namun kecuali mereka sudah menggunakannya, iklan ini mempunyai tujuan untuk mengambil tindakan spesifik didalam aplikasi seperti mendaftar atau membeli.
Apps campaign di Google Play. Tidak seperti jenis iklan lainnya, kamu tidak mendesain iklan apps campaign. Sebagai gantinya, tinggal berikan saja Info dan tujuan audiens aplikasi mobile kamu kepada Google, lantas ajukan penawaran/bid. Google akan melaksanakan sisanya untukmu dan menampilkan aplikasi dihadapan audiens yang tepat.
Cara Kerja Google Ads
Sebelum memanfaatkan Google Ads, ada baiknya untuk sadar cara kerjanya. (Sumber: Adobe Stock) Nah, sekarang kamu sudah sadar Google Ads dan kegunaannya sampai jenis campaign yang mampu kamu iklankan di Google Ads. Sekarang mari memandang bagaimana cara kerja Google Ads. Yuk, lihat di bawah!
Pengiklan Menentukan Tujuan
Sebelum beriklan, kamu diminta Google untuk pilih tujuan atau hasil yang kamu inginkan berasal dari penayangan iklan di antaranya seperti meningkatkan panggilan ke bisnis kamu, mengarahkan lebih banyak pengunjung ke toko online, atau memandu orang mengunjungi web atau landing page spesifik produk/layanan.
Pengiklan Menentukan Opsi Bid
Dengan Google Ads kamu terhitung mampu pilih opsi bid atau opsi pembayaran yang seperti apa, yaitu:
* Cost-per-click (CPC). Membayar sejumlah berapa banyak pengguna yang mengklik iklan.
* Cost-per-mille (CPM). Membayar sejumlah per 1000 impresi berasal dari iklan atau 1000 kali iklan selanjutnya dilihat.
* Cost-per-engagement (CPE). Membayar sejumlah banyaknya pengguna yang melaksanakan aksi yang kamu inginkan seumpama mendaftar akun sampai saksikan video.
Pengiklan Melakukan Bid pada Keyword
Jadi, pengiklan terutama dahulu menawar/melakukan bid pada kata kunci atau kata kunci. Dan tidak cuma ada satu orang yang melaksanakan bid pada satu kata kunci yang sama, supaya kudu terhitung bersaing dengan penawar lainnya.
Tawaran yang kamu membuat adalah tawaran maksimum yang artinya kuantitas harga yang kamu akan bayarkan untuk menampilkan sebuah iklan di berbagai platform oleh Google.
Pemenang berasal dari penawaran/bid ditaruh di anggota atas halaman hasil mesin pencarian (SERP), di video Youtube, atau web yang relevan terkait pada jenis campaign iklan yang dipilih.
Harga Ditentukan oleh Quality Score
Bid yang sudah kamu membuat lantas dibawa oleh Google didalam sistem assessment pada iklan yang nantinya akan beri tambahan nilai quality score. Menurut Google, quality score adalah estimasi berasal dari mutu iklan, keyword/kata kunci, dan landing page kamu.
Iklan yang mempunyai mutu tinggi mampu membuahkan harga pembayaran yang lebih rendah dan posisi iklan lebih baik. Hasil quality score berkisar berasal dari 1-10. Semakin tinggi maka semakin sedikit kamu membayar dan semakin baik posisi penempatan iklan.
Penentuan Posisi Iklan oleh Ad Rank
Quality score kamu dikombinasikan dengan kuantitas bid pada kata kunci yang lantas menciptakan Ad Rank atau peringkat iklan.
Ad Rank ini pilih posisi iklan kamu yang akan muncul di halaman hasil pencarian. Dan disaat pengguna memandang iklan dan mengkliknya, pengiklan membayar sedikit biaya untuk klik itu (dengan opsi bayar per klik atau CPC).
Posisi iklan berpengaruh pada hasil yang akan dicapai. Semakin banyak pengguna mengklik iklan, semakin besar kemungkinan mereka akan mencapai tujuan iklan (misalnya jadi leads sampai melaksanakan pembelian).
Cara Menggunakan Google Ads Terbaik
Google Ads kudu digunakan dengan pas supaya posisi Ads baik dan maksimal. (Sumber: Adobe Stock) Nah, kini kamu sudah sadar cara kerja Google Ads. Berikut lebih dari satu tips yang pas dan juga jitu didalam memanfaatkan Google Ads supaya kamu mampu meraih hasil yang maksimal disaat beriklan, di antaranya:
Hindari Broad Keyword
Salah satu bagian mutlak Google Ads ialah melaksanakan penawaran pada kata kunci dan beri tambahan harga yang mampu kamu bayar untuk kata kunci tersebut.
Jadi, kata kunci sangatlah mutlak demi kesuksesan campaign kamu di Google Ads. Pemilihan kata kunci selanjutnya kudu lewat sistem riset kata kunci baik memanfaatkan kata kunci research tools atau Google Keyword Planner.
Jangan memakai kata kunci yang sifatnya benar-benar luas atau broad keywords seumpama “sepatu”, “buku”, sebab tidak cuman persaingan yang tinggi kamu terhitung tidak sadar apa niat berasal dari user dengan kata kunci tersebut.
Kamu mampu meninjau kata kunci apa yang paling pas dan mampu sebabkan konversi dan juga mendatangkan pelanggan ke bisnismu disaat melaksanakan riset kata kunci terutama dahulu.
Iklan Harus Relevan dengan Search Intent
Pada sistem awal direkomendasi untuk menghindari broad kata kunci atau kata kunci yang benar-benar luas seperti “sepatu” dan “buku”, sebab tidak diketahui dengan sadar apakah niat pengguna selanjutnya cuma sudi melacak Info mengenai sepatu atau hendak membelinya.
Jika search intent seseorang didalam mengetikkan sepatu cuma untuk sadar “apa itu sepatu”, maka tidak cocok kamu meletakkan iklan dengan bid kata sepatu sebab pengguna tidak akan mengklik iklan tersebut.
Nah sebaiknya, di sini kamu mampu melaksanakan penawaran pada kata kunci yang mempunyai kata ‘beli’ sebab sudah sadar pengguna yang mengetikkan kata kunci selanjutnya di mesin pencarian mampu mendatangkan konversi dan jadi pelanggan kecuali iklan kamu dirasa jadi solusi yang pas bagi mereka.
Membuat Headline Iklan Terbaik
Teks pada iklan mampu jadi pembeda antara iklan kamu dengan iklan pesaing. Teks iklan selanjutnya kudu cocok dengan search intent, serasi dengan kata kunci yang ditarget, dan mengatasi persoalan dengan solusi yang jelas.
Kalau kamu pilih search campaign Google Ads, maka judul jadi yang terpenting. Judul adalah perihal pertama yang dilihat para pengguna mesin pencari sampai calon pelanggan kamu. Headline iklan kudu menonjol di antara hasil lainnya di halaman pertama Google. Karena itu, kudu untuk memastikan bahwa iklanmu mempunyai judul yang tepat.
Jangan sebab terpacu sebabkan judul yang mencolok berasal dari yang lainnya, kamu melaksanakan perihal nyeleneh. Hindari clickbait. Tidak cuma akan sebabkan pengguna tidak menyukainya, namun terhitung mampu menghilangkan reputasi merek bisnismu.
Optimalkan Landing Page
Cara memanfaatkan Google Ads supaya meraih hasil yang maksimal yakni jangan lupa untuk mengoptimalkan landing page..
Ciptakan UX (User experience) yang baik di landing page. Kamu tidak sudi kan terjadi bounce dan pengguna cuma memandang landing page atau web kamu setelah terarahkan oleh iklan tanpa melaksanakan apapun?
Maka berasal dari itu ciptakan user experience yang prima baik untuk di landing page atau halaman website. Optimalkan landing page untuk mampu membuahkan konversi seumpama sebabkan akun, menngunduh aplikasi, sampai belanja produk.
Gunakan call-to-action button yang sadar supaya jangan sampai sebabkan pengguna bingung dan mempunyai pengalaman jelek saat mengunjungi halaman websiite, ya!
Keuntungan Menggunakan Google Ads
Google Ads dan kegunaannya tidak cuma hanyalah menampilkan iklan dan peluang banyak dilihat orang pada platform Google seperti Google search, YouTube, Blogger sampai Display Network. Berikut Google Ads dan kegunaannya yang mampu beri tambahan kamu keuntungan.
Meningkatkan Leads dan Customer
Salah satu Google Ads dan kegunaannya ialah meningkatkan leads/data calon pelanggan dan lantas jadi jadi pelanggan loyal.
Google Ads adalah tidak benar satu alat terbaik untuk membuahkan prospek/leads/calon customer. Jika campaign Google Ads dilaksanakan dengan benar maka berpotensi meraih leads yang merupakan tujuan bisnis kamu untuk menuju ke website, isi formulir keikutsertaan, atau yang lainnya.
Fitur di Google Ads mampu amat mungkin kamu untuk mempersempit ruang lingkup penayangan iklan cuma ke orang-orang yang amat mungkin dan cocok untuk jadi pelanggan supaya kamu tidak benar-benar banyak mengeluarkan biaya.
Mendapatkan ROI yang Tinggi
Google Ads dan kegunaannya beri tambahan ROI yang tinggi. (Sumber: Adobe Stock) ROI atau Return On Investment adalah ukuran kinerja yang digunakan untuk mengevaluasi efisiensi atau profitabilitas investasi dan juga memperbandingkan efisiensi sejumlah investasi yang berbeda. ROI mencoba mengukur secara segera kuantitas pengembalian investasi tertentu, relatif pada biaya investasi.
Hal lain berasal dari Google Ads dan kegunaannya ialah kamu mampu meraih ROI atau pemikiran efisiensi suatu investasi yang membuahkan laba lebih tinggi. Karena fitur Google yang cuma sebabkan kamu membayar untuk iklan yang diklik orang ketimbang menyebar iklan di manapun secara lazim yang belum tentu dilihat orang yang tertarik.
Tentunya perihal ini perlu waktu. Kamu kudu melacak sadar pendekatan seperti apa yang cocok dengan bisnismu, menguji tiap tiap campaign berasal dari memandang hasil pemikiran campaign Google Ads yang transparan.
Hasil yang Cepat dan Transparan
Pada poin di awalnya dijabarkan tidak benar satu perihal berasal dari Google Ads dan kegunaanya ialah hasilnya yang cepat dan knowledge transparan.
Misalnya sebelum akan kamu menjalankan campaign dengan Google Ads, terutama dahulu kamu mendapat Info terkait campaign yakni iklan yang diklik, kata kunci yang biasa dimasukkan pengguna sampai biaya yang kudu kamu bayar.
Meski kamu kudu merogoh kocek dengan channel marketing ini, namun hasil yang didapatkan akan instan juga.
Selain itu, Google Ads terhitung amat mungkin kamu mampu dengan cepat mengidentifikasi dan menganalisis campaign yang sudah dilaksanakan dengan Google Analytics. Apakah terjadi sukses atau tidak membuahkan apa-apa. Biasanya sebab orang tidak tertarik atau beranggap isi iklan tidak cocok dengan landing page.
Beriklan di Platform yang Traffic Tinggi dan Berkualitas
Alasan lainnya kenapa kudu memanfaatkan Google Ads adalah sebab Google merupakan platform yang membawa trafik atau lantas lintas tinggi dan juga mendominasi di pasar.
Google dengan bangga selalu menayangkan iklan yang relevan dengan kontennya, menjadikan Google terus berkembang dan meningkatkan algoritma mesin pencariannya untuk membuahkan iklan berasal dari hasil pencarian yang paling relevan.
Maka berasal dari itu, kecuali sebuah bisnis mempunyai biaya lebih untuk berinvestasi iklan di Google Ads, maka Google mampu mendatangkan trafik tinggi dan juga pelanggan potensial ke bisnis berasal dari penayangan iklan di platformnya yang banyak dipakai orang tiap tiap harinya.
Leads ataupun pembeli yang kamu mampu lewat iklan selanjutnya lebih cenderung jadi pelanggan dan melaksanakan perihal yang kamu inginkan seumpama mendaftar akun, mengunduh aplikasi, sampai isi formulir keikutsertaan, ketimbang yang berkunjung berasal dari sumber lain.
Mengenal Lebih Dalam Target Pasar
Google Ads dan kegunaannya mampu mendukung sadar tujuan pasar bisnismu. (Sumber: Adobe Stock) Tentunya kamu sudi dong sadar lebih didalam mengenai tujuan pasar bisnis kamu. Salah satu berasal dari Google Ads dan kegunaannya yang lain mampu mewujudkan perihal ini, lho!
Google Ads membuahkan Info mengenai formalitas pelanggan dan syarat-syarat untuk mampu kamu pelajari. Beberapa knowledge yang kemungkinan dilaporkan Google ke kamu ialah termasuk kata kunci yang mereka memanfaatkan untuk menemukan website, lokasi mereka, perangkat yang mereka gunakan, dan juga saat dan hari mereka melaksanakan penelusuran.
Kamu mampu memanfaatkan Info ini untuk meningkatkan produk dan layanan, dan juga untuk menyempurnakan usaha pemasaran sampai pembuatan campaign selanjutnya di Google Ads. Berkat Info ini, kamu tidak membuang-buang duit untuk beriklan kepada orang yang tidak tertarik dengan apa yang kamu menawarkan atau bukan tujuan pasar bisnismu sedari awal.
Cara Pemasaran yang Fleksibel
Alasan terakhir mengapa kudu memanfaatkan Google Ads adalah sebab beriklan di Google Ads merupakan cara atau usaha marketing yang fleksibel untuk dilakukan.
Google Ads cocok untuk semua jenis dan ukuran bisnis maupun organisasi. Kompatibel dengan platform marketing dan terhitung sistem perangkat lunak lainnya.
Kamu mampu sesuaikan campaign iklan untuk fokus pada pengguna dengan jenis perangkat tertentu, berdasarkan lokasi, sampai web atau platform favorit Google yang sering mereka akses seumpama Google search, Google maps, atau Youtube.
Hal fleksibel lainnya berasal dari Google Ads adalah kamu terhitung mampu memastikan anggaran iklan sendiri untuk campaign tertentu.
Biaya Google Ads
Kamu sudah sadar segala mengenai Google Ads dan kegunaannya, cara kerja Google Ads, sampai jenis campaign di Google Ads. Jika kamu inginkan beriklan di Google Ads, kamu tentu bertanya-tanya berapa biaya untuk memasang iklan terutama di Google Ads Indonesia?
Kelebihan memakai Google Ads adalah kamu membawa pemeriksaan penuh atas biaya untuk beriklan, jadi mampu sesuaikan kemampuan bisnismu.
Namun, harga untuk beriklan di Google Ads mampu bervariasi sebab lebih dari satu faktor yakni quality score yang menggambarkan mutu web sampai kesanggupan untuk melaksanakan penawaran. Semakin berkwalitas web dan quality score baik maka harga semakin murah untuk kamu terhitung meraih posisi beriklan yang baik.
Ada lebih dari satu cara mengkalkulasi biaya Google Ads di antaranya yakni disaat kamu sudah sadar quality score dan ad rank, maka memadai mengaplikasikan rumus:
Biaya Iklan = (Ad Rank Posisi di Bawah Kamu/QS) + 1 cent (USD).
Jika Google Ads Indonesia 1 USD = rupiah maka 1 cent mampu 150 rupiah.
Lebih lanjut, kecuali kamu tetap jadi bingung dengan bagaimana cara bid kata kunci yang tepat, pilih CTR sampai tidak kunjung meraih quality score yang baik, sekarang sudah ada lho sarana Google Ads. Exabytes akan mendukung kamu didalam campaign iklan bisnis yang kamu inginkan!
Tidak cuma saat pembuatan campaign di Google Ads, didalam usaha memanfaatkan Google Ads untuk hasil yang maksimal kamu terhitung kudu meningkatkan mutu web dan juga optimalkan landing page. Disinilah sarana SEO mampu mendukung kamu menjadikan web dan konten berkwalitas di penilaian Google.
Kesimpulan
Exabytes Friends, itulah arahan lengkap Google Ads dan kegunaannya yang mampu kamu pelajari dan memastikan bahwa channel marketing berbayar seperti beriklan di Google Ads mampu kamu coba, terutama yang inginkan hasil instan dan transparan.
Selain itu, di Google Ads kamu tidak cuma terbatas pada satu jenis iklan, ada 5 jenis campaign Google Ads yang mampu kamu pilih baik itu bersifat video, foto produk, mengunduh aplikasi, sampai gambar yang dipajang di web dengan trafik tinggi dan serasi dengan audiens bisnismu.
Ditambah sekarang ada sarana Google Ads Indonesia sampai sarana pendukung kesuksesan Google Ads seperti sarana SEO untuk website, maka peluang untuk meraih pelanggan jadi semakin lebih besar! Layanan lengkap Jasa google ads murah dan Jasa SEO berkwalitas ini sudah terhitung gratis audit website, akun manager khusus, pelacakan konversi dengan mudah, sampai laporan pemasaran bulanan yang lengkap, lho! Yuk, jadi sekarang!
Komentar
Posting Komentar