Pengertian dan Strategi Digital Marketing

 Digital marketing adalah siasat atau usaha untuk memasarkan atau mempromosikan product lewat segala model sarana digital. Media pemasaran digital termasuk saluran komunikasi yang kerap kita jumpai, baik lewat jaringan Internet maupun jaringan lainnya seperti telpon dan televisi. Pengertian digital marketing sendiri didalam bahasa Indonesia berarti pemasaran digital.


Di era yang serbacanggih seperti sekarang ini, pemasaran digital atau digital marketing menjadi sebuah siasat yang bisa dibilang benar-benar ampuh bagi Anda yang miliki bisnis. Tapi, apa sih, alasannya? Kenapa cara ini sekarang benar-benar populer? Nah, didalam artikel ini, kita dapat mengupas apa itu digital marketing, pengertian digital marketing, manfaat digital marketing, dan digital marketing strategy yang kudu Anda cobalah untuk meningkatkan penjualan. Selamat membaca!


Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah keliru satu cara untuk mempromosikan dan menjajakan product yang ditunaikan lewat sarana digital. Pernah memandang iklan sementara berkunjung ke website? Atau memandang iklan di TV? Atau bahkan menerima telpon dari bagian sales sebuah perusahaan? Benar, inilah yang disebut sebagai digital marketing.


Kemudian, digital marketing atau pemasaran digital juga miliki arti yang lebih luas. Digital marketing menurut para ahli adalah pemakaian teknologi digital dan perangkat yang dapat dukungan koneksi internet untuk raih obyek pemasaran (Rob Thompson dari Trendjackers). Jadi, definisi digital marketing bisa diambil kesimpulan sebagai kegiatan pemasaran yang melibatkan pemakaian jaringan dan teknologi digital untuk raih obyek pemasaran tertentu.


Kini, beragam perusahaan mulai menerapkan sistem berbasis internet untuk menjangkau pelanggan secara lebih luas. Pengguna Internet yang raih 59,5% di seluruh dunia turut mengakibatkan pertumbuhan platform e-commerce dan transaksi online lainnya. Dari sini, Anda tentu udah miliki gambaran mengapa digital marketing strategy kini benar-benar efektif. Nah, selanjutnya ini, kita dapat mengupas lebih lanjut berkenaan manfaat digital marketing yang membuatnya menjadi siasat pemasaran jitu sementara ini.


Manfaat Digital Marketing

Setelah menjelaskan apa itu digital marketing dan pengertian digital marketing, selanjutnya kita dapat mengupas faktor-faktor yang pengaruhi efektivitas pemasaran digital. Tentu saja, segi utama yang menopang keberhasilan siasat digital marketing yaitu banyaknya pengguna Internet di seluruh dunia seperti yang udah kita jelaskan di atas. Hampir seluruh orang sekarang ini juga lebih menentukan untuk melakukan transaksi secara online, bahkan sejak merebaknya wabah COVID-19.


Dari sisi teknologi dan efisiensi, ada juga sebagian alasan yang membuatnya menjadi cara pemasaran yang kudu Anda cobalah kalau sedang menekuni atau udah miliki bisnis. Berikut manfaat digital marketing untuk bisnis Anda:


1. Penargetan Pasar Lebih Sesuai

Menggunakan beragam tool digital marketing yang udah didesain sedemikian rupa, Anda bisa mendapatkan information yang akurat berkenaan normalitas dan preferensi pengguna terkait segmen pasar tertentu, atau terkait product dan jasa yang Anda tawarkan.


Dari sini, Anda pun bisa menyusun siasat yang paling cocok untuk pasar yang Anda obyek agar penerapannya bisa lebih efektif.


2. Evaluasi Strategi Berdasarkan Data

Setelah siasat digital marketing Anda diterapkan, Anda bisa memandang evaluasi dan asumsi pemasaran Anda. Data-data seperti tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang membuka iklan, dan lain sebagainya bisa Anda pakai untuk melakukan perbaikan siasat pemasaran sebelumnya.


Berdasarkan information yang akurat ini, nantinya Anda pun bisa meningkatkan efektivitas campaign agar angka penjualan makin melesat.


3. Bisa Menjangkau Hampir Semua Pasar

Seperti yang Anda tahu, dunia online tidak terbatas ruang dan waktu. Hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan selama tahun, jaringan-jaringan digital ini selamanya membuka ke beragam lokasi di dunia. Nah, lewat digital marketing, Anda bisa menjangkau dan saling membuka bersama pelanggan dari beragam belahan dunia, kapan pun dan di mana pun.


Hasilnya, jasa atau product yang Anda menawarkan menjadi selamanya ada dan bisa dibeli oleh pelanggan kapan saja.


4. Biaya Lebih Murah

Budget yang kudu Anda keluarkan untuk pemasaran digital jauh lebih murah dibandingkan siasat pemasaran tradisional. Anda tidak kudu mencetak poster, atau membuang-buang dana untuk iklan yang tidak efektif atau bertarget.


Ada sebagian cara organik yang bisa Anda melakukan tanpa kudu mengeluarkan cost iklan yang memadai besar. Misalnya, kalau udah miliki web site atau blog, Anda bisa menerapkan langkah-langkah SEO.


5. Meningkatkan Reputasi Brand

Sudah pasti, bersama makin banyaknya pengguna Internet dan platform online, Anda bisa meningkatkan reputasi merk lewat pemasaran digital. Sebagian besar costumer biasanya dapat mencari product atau sarana terlebih dahulu di Internet sebelum akan memastikan untuk melakukan transaksi.


Dengan menerapkan pemasaran digital, bisnis Anda dapat ringan ditemukan oleh calon pelanggan, dan mereka dapat mulai yakin bahwa merk Anda bisa dipercaya, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan online Anda.


Strategi Digital Marketing: Penjelasan dan Penerapannya

Ada sebagian digital marketing strategy yang bisa Anda melakukan untuk memasarkan product lewat sarana digital. Seperti yang udah kita jelaskan di atas, media-media yang digunakan untuk pemasaran digital meliputi saluran komunikasi yang sebenarnya nyaris tiap tiap hari kita jumpai, baik lewat jaringan Internet maupun telepon.


Berikut siasat digital marketing untuk meningkatkan penjualan Anda:


1. Search Engine Marketing (SEM)

Strategi digital marketing yang satu ini ini melibatkan pemakaian mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, atau Facebook. SEM sendiri dibagi menjadi dua area, yaitu SEO dan PPC.


Search Engine Optimization

Cara ini ditunaikan bersama mengoptimasi konten digital marketing Anda agar terlihat di halaman pertama Google tanpa kudu membayar ke penyedia iklan. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel kita berkenaan SEO dan cara menerapkannya.


Pay-per-Click (PPC)

Berbeda bersama SEO, PPC ditunaikan bersama membayar sejumlah cost kepada penyedia iklan agar materi digital marketing Anda selamanya berada di hasil teratas sementara calon pelanggan mencari keyword khusus cocok product Anda. Hasil yang terlihat dari PPC biasanya miliki label “Ad” atau “Iklan”.


2. Influencer/Affiliate Marketing

Benar, seperti yang udah Anda duga, cara digital marketing ini melibatkan pihak lain, yaitu influencer atau mitra afiliasi untuk menopang Anda memasarkan produk.


Influencer marketing ditunaikan bersama membayar jasa influencer di internet, lalu influencer selanjutnya dapat memasarkan product Anda kepada pengikutnya di jejaring sosialnya.


Affiliate marketing melibatkan mitra, dan Anda membayarkan komisi kepada mitra selanjutnya bila mereka sukses menjajakan product Anda. Contohnya, Hostinger miliki program afiliasi untuk memasarkan product secara lebih luas.


3. Content Marketing

Seperti namanya, cara digital marketing ini ditunaikan bersama beragam sistem yang melibatkan konten, baik bersama membuat, mengelola, maupun memposting konten. Anda pakai konten untuk “membujuk” pengguna belanja product atau jasa yang Anda tawarkan.


Nah, untuk menopang content marketing, benar-benar disarankan agar Anda mengakibatkan web site sendiri, bersama menentukan nama domain yang tepat dan sarana web site hosting terbaik. Apabila udah miliki website, terlebih yang SEO-friendly, Anda bisa mengoptimasi konten di web site Anda agar terlihat di halaman pertama mesin pencari agar bisnis Anda lebih dikenal secara luas.


4. Email Marketing

Email marketing adalah siasat digital marketing yang ditunaikan bersama mengirimkan e-mail kepada pelanggan (subscriber). Poin utama cara ini bukanlah sekadar mengirimkan email, namun bagaimana Anda membuatnya semenarik kemungkinan agar pelanggan mau membacanya, bahkan mengeklik promosi didalam e-mail Anda.


Ada sebagian tool e-mail marketing yang bisa Anda pakai untuk mengakibatkan e-mail promosi yang menarik. Silakan baca artikel kita berkenaan aplikasi e-mail marketing yang dapat menopang Anda meningkatkan angka penjualan lewat promosi email.


Strategi pemasaran ini ditunaikan lewat sarana sosial, baik bersama mengoptimasi konten Anda maupun bersama “menitip” iklan di jejaring sosial. Anda bisa promosi bisnis lewat TikTok, Facebook, Twitter, atau YouTube. Hampir seluruh platform sarana sosial kini sedia kan sarana untuk mempromosikan bisnis.


Sebenarnya, cara yang digunakan oleh platform-platform ini tidak cukup lebih sama seperti SEM. Mereka sedia kan marketplace yang menjadi wadah bagi Anda untuk mempromosikan bisnis, dan Anda bisa menentukan cara organik atau berbayar. Mau memahami lebih lanjut? Silakan baca artikel kita berkenaan apa itu social sarana marketing.


6. Viral Marketing

Viral marketing adalah cara pemasaran yang ditunaikan sekreatif kemungkinan agar orang-orang tertarik untuk membagikannya secara luas. Masih ingat iklan es krim bersama tema drama kolosal kerajaan nusantara yang ada adegan menaiki elang? Yap, ini keliru satunya.


Perusahaan yang mengakibatkan iklan ini mengambil alih latar drama kolosal yang sebenarnya memadai kerap trending dan menjadi bahan percakapan orang-orang. Mereka pun turut menerapkan seluruh ciri khas drama tersebut, mulai dari naik elang, pakai aktor dan aktris yang sama, bahkan jalur ceritanya.


Namun, ada sebagian hal yang sengaja dibuat “nyeleneh” agar menarik perhatian orang-orang yang menontonnya. Hasilnya, iklan ini pun cepat sekali menjadi viral sebab penonton tetap membagikannya di beragam platform jejaring sosial.


7. Mobile Marketing

Metode ini pakai sarana berbentuk perangkat seluler, namun bersama cara selain pakai koneksi Internet. Mobile marketing sendiri dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu telemarketing dan SMS marketing.


Telemarketing

Cara ini ditunaikan lewat telepon, bersama menghubungi nomer ponsel pelanggan. Sebagai contoh, perusahaan yang kerap pakai cara ini adalah perbankan atau pembiayaan (finance). Telemarketing juga bisa digunakan sebagai metode yang memadai efektif untuk retensi pelanggan, sebab dirasa lebih personal dan mengakibatkan pelanggan mulai spesial.


SMS Marketing

Metode ini ditunaikan pakai sarana SMS untuk mengirimkan pesan promosi massal ke nomer ponsel pelanggan. Meskipun kini SMS udah jarang sekali digunakan untuk berkomunikasi, sebagian perusahaan tetap pakai cara ini untuk mempromosikan product atau sarana mereka. Salah satu keunggulannya adalah cara ini bisa ditunaikan bersama cepat dan lebih murah, disebut bersama “SMS Blast”.


8. Radio Advertising

Jangan salah, radio advertising juga juga digital marketing strategy loh. Cara ini pernah benar-benar terkenal sementara pendengar radio tetap benar-benar banyak. Meski begitu, bersama kecanggihan teknologi sementara ini yang amat mungkin radio didengarkan lewat Internet, cara ini juga tetap memadai ampuh untuk memasarkan product Anda.


9. TV Advertising

Beriklan di TV hingga sementara ini tetap menjadi keliru satu yang paling populer. Anda bisa belanja slot untuk beriklan ke stasiun televisi untuk memasarkan produk. Semakin terkenal acara yang sedang tayang, biasanya makin mahal pula slot iklannya. Jenis-jenis iklan yang ditampilkan juga beragam, seperti iklan di pada jeda acara, iklan running text, atau yang ditampilkan segera didalam acaranya (sponsor).


Untuk beriklan di TV, Anda bisa pakai jasa agensi iklan. Kisaran cost yang kudu Anda keluarkan juga berbeda-beda, bergantung pada stasiun TV yang menayangkannya, sementara penayangan, dan model iklan. Berdasarkan hasil riset kami, cost kebanyakan untuk beriklan di TV berkisar pada 14 juta rupiah hingga 110 juta rupiah.


Kesimpulan

Sampai di sini Anda udah memahami apa itu digital marketing, manfaat digital marketing, dan strateginya. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pemasaran digital sementara ini menjadi siasat marketing yang benar-benar ampuh, terlebih bersama makin canggihnya teknologi digital yang ada di kira-kira kita sementara ini dan banyaknya pengguna sarana online di seluruh dunia. Jadi, mulai sekarang, cobalah luangkan sementara Anda untuk studi digital marketing dan meningkatkan skill di bidang ini.


Untuk menopang Anda mengingat, kita udah sertakan ikhtisar tutorial ini.


Berikut manfaat digital marketing bagi bisnis Anda:


* Penargetan pasar lebih sesuai. Anda bisa beriklan cocok information preferensi pelanggan.

* Evaluasi siasat berbasis data. Data keberhasilan campaign bisa dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan siasat Anda.

* Bisa menjangkau nyaris seluruh pasar. Dunia digital tidak berbatas ruang dan waktu.

* Biaya lebih murah. Budget bisa lebih sesuai untuk ROI yang lebih tinggi.

* Meningkatkan reputasi brand. Anda bisa turut mengembangkan online presence agar lebih dikenal masyarakat.


Kemudian, ada 9 siasat pemasaran digital, di antaranya:


* Search Engine Marketing (SEM). Memanfaatkan mesin pencari (Google) untuk beriklan. Terdiri dari SEO dan PPC.

* Influencer/Affiliate Marketing. Bekerja sama bersama influencer atau mitra afiliasi untuk memasarkan product Anda.

* Content Marketing. Memaksimalkan konten untuk menarik minat pembeli.

* Email Marketing. Membuat e-mail seefektif kemungkinan agar pelanggan mau membaca dan mengeklik promosi kita.

* Social Media Marketing. Menggunakan sarana sosial seperti Facebook, Twitter, atau TikTok untuk beriklan

* Viral Marketing. Membuat konten yang kreatif dan menarik agar orang-orang membagikannya secara luas.

* Mobile Marketing. Mencakup Telemarketing dan SMS marketing lewat ponsel.

* Radio Advertising. Menggunakan ruang beriklan dari stasiun radio.

* TV Advertising. Memanfaatkan slot beriklan di stasiun televisi untuk memasarkan produk.


Jadi, udah menentukan digital marketing strategy yang menurut Anda paling tepat bersama budget dan preferensi Anda? Silakan sampaikan kepada kita didalam komentar di bawah ini! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page