Belajar Digital Marketing Untuk Pemula
Forbis.ID- nilai transaksi komersial elektronik Indonesia (e-commerce) tumbuh begitu cepat. Pada tahun 2018, menurut Institute of Research yang berbasis di Inggris, mesin pedagang, pertumbuhan e-commerce Indonesia yang tumbuh paling cepat di dunia.
Dua tahun ke depan, keuangan digital semakin cepat karena pandemi Covid-19. Nilai transaksi e-commerce tahun lalu mencapai 253 miliar rupee.
Peluang ini sayang untuk terkejut, terutama bagi Anda yang ingin atau melakukan bisnis. Konsumen sekarang lebih memilih untuk membeli secara online.
Di sisi lain, vendor jalanan ke restoran bintang lima juga telah memasarkan produk mereka di dunia digital. Di berbagai platform perdagangan elektronik.
Anda akan menemukan seribu jenis pesaing di sana. Oleh karena itu, teknik pemasaran dalam perdagangan elektronik atau pemasaran digital sangat penting.
Makna Pemasaran Digital
Pemasaran digital adalah teknik pemasaran produk yang menggunakan media digital dan jaringan internet.
Tidak seperti teknik pemasaran tradisional, pemasaran digital mencapai pasar yang lebih luas dengan biaya lebih rendah dan menggunakan komunikasi dua arah dengan pembeli potensial.
Selain itu, pemasaran digital penting digunakan karena:
* Anda dapat meningkatkan pendapatan secara efektif.
* Anda dapat mencapai konsumen target paling spesifik.
* Ini dapat membantu membangun persepsi orang tentang produk (merek)
* Dapat digunakan untuk semua jenis perdagangan.
* Dapat digunakan dengan beberapa perangkat digital.
Kiat untuk memulai pemasaran digital.
Anda dapat memulai pemasaran digital dengan cara-cara berikut:
1. Bisnis Whatsapp
Aplikasi pesan paling populer di Indonesia adalah WhatsApp. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informasi pada tahun 2019, 83 persen pengguna Internet di Indonesia menggunakan WhatsApp.
Oleh karena itu, aplikasi ini sangat efektif untuk menyambut pasar target Anda. Hanya saja, dalam pemasaran, aplikasi yang digunakan adalah perusahaan WhatsApp, bukan whatsapp biasa.
Dengan bisnis Whatsapp, Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur khusus, seperti profil bisnis, katalog produk dan statistik pesanan.
2. Situs Web
Di era ini, situs web dapat dianggap sebagai kantor atau toko produk tertentu di dunia digital. Profil Bisnis, Jenis Produk dan informasi Anda hingga kegiatan transaksi dapat difokuskan pada situs web.
Oleh karena itu, semakin banyak situs web Anda, persepsi konsumen produk Anda membaik. Jika Anda tidak memiliki situs web, coba gunakan platform WordPress.com.
Anda hanya perlu mendaftar pada lama situs, membeli domain dan berlangganan akomodasi, tanpa perlu proses lama.
3. Google Bisnis Saya
Kemungkinan konsumen cenderung menyelidiki produk dan profil komersial sebelum melepas barang. Mereka mencari data melalui mesin pencari seperti Google.
Nah, Google Bisnis saya dapat membantu perusahaan Anda dan produknya dengan mudah di halaman mesin pencari. Dengan Google bisnis saya, profil bisnis Anda, seperti alamat perusahaan, jam kerja, peringkat bisnis hingga bisnis, muncul secara instan.
Jika konsumen potensial membaca respons terbaik dari konsumen, yang berarti promosi produk yang berfungsi. Ini adalah salah satu teknik pemasaran digital. Anda dapat menggunakannya setelah mendaftarkan bisnis Anda di Google bisnis saya.
4. Menulis.
Kata-kata adalah teknik untuk membuat tulisan yang menarik untuk menarik pembeli potensial. Penyusunan menghasilkan konten dalam bentuk penulisan pada suatu produk untuk mengirimkan semua media digital: Facebook, Twitter, Instagram situs web.
Semakin baik konten, semakin besar kesempatan untuk menarik konsumen potensial. Nah, belajar kata-kata dapat dimulai dari pengetahuan Anda tentang produk yang Anda jual.
5. Bisnis Email.
Jika situs web dianggap sebagai perusahaan kantor di dunia digital, email dapat disebut alamat. Tetapi disarankan agar itu tidak membuat email terabaikan. Dalam pemasaran digital,
Anda harus memiliki email email resmi. Yaitu, email yang menggunakan nama domain perusahaan Anda sebagai identitas. Misalnya, dan tidak:
Pinguu.
Komentar
Posting Komentar