Belajar Seo Wordpress Untuk Pemula

 Ketika kita punya blog atau website, pasti saja kita menginginkan web kita keluar di halaman pencarian utama di mesin pencari bukan? Hal itu merupakan impian yang di idamkan oleh seluruh orang yang punya website.


Karena itu, kamu mesti untuk mempelajari SEO untuk mengoptimalkan pencarian website, konten atau artikel di mesin pencari. Jangan hingga kamu meremehkan nggak SEO, nanti artikel tidak keluar di Google lho. Bagaimana orang-orang mampu paham berkenaan blog, toko online atau web milikmu?


Jika kamu memanfaatkan WordPress sebagai CMS websitemu, kamu mesti paham SEO. Karena itu kamu mesti studi SEO WordPress untuk pemula.


Untuk sebagian orang, SEO ini diakui sukar untuk dipelajari sebab algoritma Google yang senantiasa berubah dan SEO pun terhitung mengikuti perihal ini. SEO diakui sebuah ‘momok’ keresahan atau sesuatu yang sering disepelekan oleh banyak orang. Padahal SEO ini begitu powerful lho untuk menampilkan halaman websitemu di halaman pencarian bahkan di peringkat teratas.


Tetapi disaat kita paham basic atau basic SEO untuk pemula, pasti kamu mampu menguasainya kok. Jadi nggak mesti khawatir, nggak terlambat kok untuk mempelajarinya dari sekarang sehingga websitemu gampang ditemukan banyak orang di mesin pencari layaknya Google.


Jika kamu baru jadi memanfaatkan WordPress, perlu sekali untuk studi SEO. Sebelum mengenal basic SEO WordPress lebih lanjut, ada baiknya kamu paham dulu apa itu SEO.


Apa Itu SEO?

Beberapa orang yang baru mengenal blog atau masih awam dengan web pasti bertanya-tanya, “apa itu SEO?”.


SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah cara organik untuk memasang web tampil di peringkat atas di laman pencarian yang berdasarkan dengan kata kunci atau kata kunci yang diketik di mesin pencarian. Proses ini akan membuahkan lebih banyak traffic organic untuk website.


Mesin pencarian yang dimaksud mampu Google, Yahoo!, Bing dan lainnya. Dengan SEO, pemilik web mampu menambah peringkat web di bagian organik (tidak berbayar) terhadap hasil penelusuran.


Jika kamu lihat di hasil penelusuran, ada hasil dengan memanfaatkan SEO dan terhitung paid per click (PPC) atau SEM di mana SEM memanfaatkan cost atau berbayar.


Ada dua tujuan utama dari SEO. Yang pertama adalah menunjang kamu untuk paham apa yang dicari pengguna secara online sehingga kamu mampu mengakibatkan konten berkualitas untuk memenuhi kebutuhan mereka. Yang ke-2 adalah menunjang web kamu sehingga mampu ditemukan, diindeks, dan dimengerti kontennya oleh mesin pencarian.


SEO ini berlaku untuk web baik untuk toko online yang menginginkan menjual atau menawarkan produk, untuk menulis di blog hingga web apapun. Peran SEO ini begitu perlu untuk pengoptimalan web di mesin pencarian sehingga orang-orang mampu menemukan dan paham eksistensi websitemu di online.


Selain itu, mengikuti praktek SEO yang baik adalah cara yang bagus untuk menambah kualitas web web dengan menjadikannya ramah pengguna, lebih cepat, dan lebih gampang dinavigasi.


Mengapa SEO Itu Penting?

Setelah paham apa itu SEO, kini kita mesti paham alasan mengapa SEO begitu perlu untuk dioptimalkan di websitemu. Berikut alasan kenapa SEO itu perlu :


Peringkat di Mesin Pencarian

Mayoritas pengguna mesin pencari condong mengklik salah satu dari 5 saran teratas di halaman hasil mesin pencari (SERPS atau search engine result page search). Pengguna condong malas untuk next page di mesin pencarian dan menentukan yang keluar di peringkat atas.


Visibilitas ini yang mesti diraih oleh pemilik website. Untuk memanfaatkan ini dan mendapatkan pengunjung ke web atau toko online kamu, websitemu mesti keluar di salah satu posisi teratas.


Semakin tinggi peringkat web di halaman hasil mesin pencari, makin lama besar kemungkinan untuk mengklik ke web tersebut. Semakin efektif pengoptimalan SEO maka makin lama tinggi peringkat dan makin lama baik visibilitas website.


Mencapai Traffic Yang Tinggi

Peningkatan lalu lintas web adalah salah satu tujuan utama SEO. Tahukah kamu kecuali rasio klik biasanya (click rate) untuk posisi pertama di Google adalah 28,5%. Sementara untuk posisi ke-2 kira-kira 15,7% dan 11% untuk posisi ketiga.


Jika web kamu berorientasi dengan traffic, SEO perlu sekali untuk dipraktikan sehingga mampu menunjang web di peringkat atas. Dan kecuali dikonversikan, ini mampu menambah revenue atau pendapatan.


Menciptakan Pengalaman Pengunjung yang Lebih Baik

Alasan lain mengapa SEO amat perlu adalah sebab disaat kamu menciptakan konten yang bagus dan mengoptimalkan web dengan SEO terhadap halaman demi menambah manfaat website, ini mampu menciptakan pengalaman pelanggan yang positif.


Tujuan utama dari Google adalah beri tambahan hasil terbaik bagi penggunanya. Alhasil algoritma senantiasa berubah dan lakukan pembaruan sehingga mereka meyakinkan bahwa mereka mengarahkan pengguna ke web yang tidak hanya menyediakan konten yang relevan namun terhitung pengalaman pengguna yang luar biasa.


Faktor yang menunjang pengalaman pengguna yang baik adalah layaknya web yang mobile friendly, manfaat dan kecepatan halaman website. Jika websitemu pertimbangkan pengaruh pengalaman pengguna terhadap konversi, perihal ini mampu berdampak berarti terhadap penjualan dan pendapatan dalam jangka panjang.


Membantu Target Audiens Menemukan Websitemu

Google sudah mempelajari cara menafsirkan pengalaman pengguna yang beruntung atau tidak menyenangkan, dan pengalaman pengguna yang positif sudah jadi elemen perlu untuk keberhasilan website.


Hal ini sebab dengan praktek SEO yang baik dan menciptakan konten yang relevan dengan kata kunci yang dicari di search engine, crawler akan mendeteksi kontenmu dan kecuali relevan akan naik ke peringkat atas. Search engine pun akan menawarkan kepada pengguna informasi yang mereka cari dengan lebih sedikit klik, dengan cepat dan mudah.


Dan ulang di poin atas bahwa pengunjung mayoritas mengklik terhadap halaman pertama di posisi teratas. Otomatis mereka yang lihat pun akan mengklik posisi teratas sebab pengunjung sudah mempercayai search engine. Jika pengunjung mencari yang sesuai dengan kebutuhannya dan memberi saran web atau brandmu, kamu pun mendapatkan keyakinan dari mereka.


Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas

Tujuan dari SEO adalah untuk membangun pondasi yang kuat untuk web yang tak sekedar beri tambahan pengalaman yang baik terhadap pengguna terhitung gampang ditemukan di halaman pencarian. Hal ini mampu membangun keyakinan dan kredibilitas terhadap web atau brand yang kamu bangun.


Banyak elemen yang membentuk otoritas berkenaan mesin pencari layaknya Google. Selain faktor-faktor yang disebutkan di atas, otoritas diperoleh dari kala ke kala sebagai hasil dari elemen-elemen seperti:


* Profil backlink berkualitas.

* Perilaku pengguna yang positif.

* Sinyal pembelajaran mesin.

* Elemen dan konten web yang dioptimalkan.


Membangun brand sebagai otoritas memerlukan kesabaran, upaya, dan komitmen. Tidak mampu dibuat secara instan, mesti bersamaan dengan berjalannya waktu. Tetapi terhitung bergantung terhadap penawaran produk atau konten yang berkualitas yang terlalu mungkin pelanggan mempercayai brand tersebut.


Dapat Membuat Website Milikmu Terdepan dalam Persaingan

Tentu saja sebuah brand punya kompetitor dan pasti kamu menginginkan jadi yang terdepan dalam kompetisi bukan? Karena itu kamu mesti mempraktikkan SEO jadi sekarang.


Jika ada 2 web menjual produk yang sama, web yang dioptimalkan mesin pencari lebih condong punya lebih banyak pelanggan dan membuahkan lebih banyak penjualan. Karena itu jadi hari ini kamu mesti lakukan SEO untuk mengoptimalkan website.


Mudah Diukur

Salah satu keuntungan mempraktekan SEO adalah mampu mengukur nyaris setiap aspek hasil yang sudah kamu praktikan.


Tidak layaknya metode konvensional yang sering mengandalkan pencarian korelasi antara kampanye iklan dan penjualan, dengan gampang kamu mampu mengukur keuntungan atau laba yang diperoleh dari SEO. Caranya adalah dengan memanfaatkan tools layaknya layaknya Google Analytics untuk untuk memantau lalu lintas, sumber rujukan, konversi, dan matriks lain yang perlu bagi bisnis.


Dengan cara ini, kamu mampu mengevaluasi secara akurat apa yang berhasil sehingga kamu mampu membentuk langkah pemasaran yang lebih efektif dan mampu mengalokasikan anggaran pemasaran sehingga lebih efisien.


Mengenal On Page SEO, Off Page SEO dan Technical SEO

Sebenarnya ada sebagian macam type SEO namun dari seluruh itu, 3 type ini yang paling perlu dan mesti dioptimalkan untuk menambah ranking websitemu. Yaitu Technical SEO, On-Site SEO dan Off-Site SEO.


Technical SEO

Technical SEO adalah SEO tehnis yang terjalin dengan pengaturan yang dikonfigurasikan untuk mengakibatkan crawler mesin pencari gampang untuk menemukan website.


SEO ini tidak ada hubungannya dengan konten melainkan berkenaan dengan elemen non-konten website. Ini mencakup langkah untuk menambah pondasi dan susunan backend website.


Technical SEO mampu menambah keterbacaan web yang memudahkan crawler search engine untuk paham web dan menunjang search engine lihat web yang berkualitas.


Beberapa perihal yang tercakup dalam technical SEO antara lain :


* Kecepatan website

* Mobile friendly

* Pengindeksan (indexing)

* Crawlability

* Arsitektur web (site architecture)

* Structured data

* Keamanan


On Site SEO

On-Site SEO (atau disebut terhitung dengan On Page SEO) adalah SEO yang berkenaan dengan konten di website. Hal ini mencakup langkah untuk mengoptimalkan halaman konten tersebut di website. Tak jarang sebagian orang terhitung menyatakan on-site SEO terhitung konten SEO.


Fokus utama On-Page SEO terhadap halaman adalah beri tambahan tanda yang lumayan kepada crawler search engine sehingga mereka mampu paham makna dan konteks konten Anda.


On-Page SEO meliputi :


* Riset kata kunci (keyword research) : menemukan kata kunci terbaik untuk ditargetkan terhadap halaman konten website

* Optimasi kata kunci (keyword optimization) : memanfaatkan kata kunci tujuan di seluruh area yang tepat dan memanfaatkan meta tag SEO yang baik.

* Optimasi konten (content optimization) : mengoptimalkan konten web layaknya beri tambahan gambar dan alt text, internal link

* Optimasi tag judul (title tag optimization) : mengoptimalkan tag judul yang sesuai dengan kata kunci target, title tag, meta description,

* Optimasi kinerja halaman (page performance optimization)

* Tautan internal (Internal linking)


Ingatlah bahwa search engine tidak membaca halaman layaknya manusia sehingga mereka mencari tanda untuk mencari paham berkenaan apa halaman itu. Oleh sebab itu, on-page SEO mesti dioptimalkan dengan praktek yang baik dan konsisten.


Off-Site SEO

Off-site atau biasa disebut terhitung dengan off-page SEO adalah SEO yang mengacu terhadap tindakan yang dijalankan di luar web (di luar on-site SEO) untuk merubah peringkat web dalam halaman hasil mesin pencari (SERPS).


Tindakan off-site SEO biasanya terhitung membangun backlink, mendorong pencarian, dan menambah engagement dan sharing di tempat sosial. Dengan kata lain: SEO type ini melibatkan seluruh perihal di luar web sehingga Google dan mesin telusur lain lihat web kamu sebagai web yang mampu dipercaya dan diandalkan.


Off-site SEO melibatkan peningkatan mesin pencari dan persepsi pengguna berkenaan popularitas, relevansi, kepercayaan, dan otoritas situs. Salah satu aspek yang menentukan posisi suatu web dalam hasil pencarian adalah kuantitas link yang masuk (backlink).


Ada tiga type utama tautan atau backlink yang ditentukan berdasarkan cara mendapatkannya yaitu :


* Tautan alami (natural links) : diberikan secara editorial atau free tanpa tindakan apa pun dari pihak pemilik halaman atau website. Misalnya, seorang blogger menerbitkan ulasan berkenaan pakaian yang dibeli, beri tambahan review jujur (honest review) dan beri tambahan tautan ke pos yang mengarah brand pakaian tersebut. Maka ini mampu disebut natural link.

* Tautan yang dibangun secara manual (manually built links) diperoleh melalui kesibukan pembuatan tautan yang disengaja. Link ini biasanya digunakan untuk content placement atau meminta influencer untuk membagikan produk atau konten berkenaan brand atau websitemu.

* Tautan yang dibuat sendiri dibuat dengan praktek layaknya beri tambahan backlink di direktori online, forum, komentar blog, atau siaran pers dengan tautan yang dioptimalkan. Beberapa taktik membangun tautan yang dibuat sendiri condong ke arah SEO topi hitam dan disukai oleh mesin pencari.


Membangun backlink sering diakui sebagai taktik utama off-site SEO. Tetapi ada tindakan lain yang terhitung taktik off-site SEO layaknya content marketing, sosial media, keluar di podcast, ulasan saran (umumnya di blog atau Google My Business), membangun kutipan lokal, guest blog, link dan unlinked brand mention, dan influencer marketing.


White Hat vs Black Hat SEO

Dalam studi SEO, apakah kamu dulu dengar dua arti ini? Pasti bertanya-tanya apa sih itu white hat SEO dan black hat SEO?


White hat SEO diibaratkan sebagai ‘good guy’ dalam praktek SEO. Sementara black hat SEO diakui sebagai ‘villain’ atau ‘bad guy’ dalam praktek SEO. Memahami apa yang berkenaan dengan praktek terbaik SEO amat perlu untuk menjaga integritas, peringkat online, dan visibilitas website. Karena itu sebaiknya kamu mengikuti taktik white hat SEO.


Ada 8 tehnik white hat SEO yang mampu kamu praktikan yaitu :


* Konten berkualitas : buatlah konten untuk keperluan pembaca, bukan untuk crawler search engine. Ini cara terbaik sehingga crawler sehingga mereka mampu mendeteksi sehingga crawler akan memberi peringkat terhadap web kamu.

* Kata kunci (keyword) : masukkan kata kunci yang relevan dengan konten berdasarkan riset kata kunci yang sudah dilakukan. Gunakan satu kata kunci utama dan 2 atau 3 kata kunci sekunder / pendukung.

* Judul dengan kata kunci dan metadata : optimalkan judul dan metadata sehingga web mampu berlangsung dengan optimal dan konten mampu ditemukan dengan tepat oleh pengguna

* Lean code dan markup language yang terstruktur secara semantik : optimalkan elemen judul kaya kata kunci di web sehingga crawler mampu menemukan apa yang dicari kala merayapi web atau konten milikmu

* Tautan link formal (authoritative inbound links) yang berkualitas

* Navigasi web yang sederhana

* Kecepatan loading page atau pemuatan halaman yang cepat

* On site SEO yang dioptimalkan


Sementara itu, black hat SEO terhitung punya taktik tersendiri. Taktik dari black hat SEO mesti dihindari sehingga Google tidak mengambil tindakan lanjut di web milikmu. Tindakan ini mampu berbentuk terkena denda hingga diblokir oleh otoritas mesin pencari layaknya Google.


Ada sebagian taktik dari black hat SEO yaitu :


* Menjejalkan kata kunci (keyword stuffing) yang tidak lumrah namun konten tersebut tersembunyi sehingga yang keluar hanya keywordnya saja.

* Menjejalkan kata kunci meta (meta kata kunci stuffing) secara tidak lumrah dalam tag meta halaman web, judul halaman atau backlink.

* Budidaya tautan (farming links) : sistem mengumpulkan seluruh backlink yang tidak berkenaan yang biasanya disembunyikan dari pengunjung web yang sebenarnya.

* Penyelubungan konten atau URL yang berbeda kepada pengguna manusia dan search engine. Aktivitas ini dinamakan cloaking. Penyelubungan diakui sebagai pelanggaran Pedoman Google Webmaster sebab cara ini beri tambahan hasil yang berbeda kepada pengguna.

* Membuat konten yang buruk, tidak relevan dengan kata kunci dan tidak beri tambahan nilai apa-pun bagi pengunjung. Hal ini berlaku terhadap konten yang disalin atau lakukan plagiarisme sebab sekarang Google punya algoritma di mana mampu mengetahui konten yang diplagiat sehingga mampu menurunkan peringkat pencarian atas konten tersebut.

* Comment spam

* Link yang tidak relevan atau irrelevant link


Karena itu, sebaiknya kamu mengikuti praktek white hat SEO dan mematuhi pedoman Google Webmaster serta menjauhi taktik black hat SEO yang mampu membawa pengaruh negatif terhadap website.


Lalu Bagaimana Belajar SEO WordPress Untuk Pemula?

Setelah membaca deskripsi di atas berkenaan SEO, kamu mesti mempelajari sebagian perihal untuk dipraktikan. Google Webmaster sudah menguraikan sebagian prinsip basic yang mesti diikuti kala mengoptimalkan web yang mesti kamu perhatikan sebagai tersebut :


* Buat laman atau web terlebih untuk pengguna, bukan untuk search engine

* Jangan menipu pengguna atau pengunjung web milikmu

* Hindari trik-trik yang tidak baik (black hat SEO) untuk menambah peringkat mesin pencari. Kamu mampu mempertanyakan kepada diri sendiri apakah konten yang dibuat bermanfaat untuk menunjang pengguna atau tidak.

* Pikirkan berkenaan apa yang mengakibatkan web milikmu unik, berharga, atau menarik. Jadikan web kamu menonjol dari yang lain di bidang tersebut.


Selain 4 perihal tersebut, kamu mesti perhatikan sebagian perihal di bawah ini terlebih untuk pemula yang pertama kali berkecimpung dalam dunia SEO. Berikut sebagian perihal yang mesti diperhatikan :


Ketahui Target Audiens

Yang pertama kali mesti kamu lakukan sebelum studi SEO untuk pemula adalah ketahui terlebih dahulu siapa tujuan audiens yang akan mengunjungi websitemu atau brand milikmu.


Tanyakan terlebih dahulu kira-kira apa yang mereka cari atau butuhkan. Kemudian siapa yang memerlukan produk tersebut, kenapa mereka memerlukan produk tersebut hingga bagaimana caranya mereka mendapatkan produk itu.


Kamu mesti paham tujuan audiens yang menginginkan kamu meraih demi meraih tujuanmu. Dengan ini, kamu mampu lakukan cara seterusnya dalam mempraktikkan SEO dan mengoptimalkan websitemu.


Lakukan Riset Keyword

Setelah paham audiens yang menginginkan ditarget, step ke-2 adalah lakukan riset keyword. Keyword perlu dijalankan untuk SEO sebab inti dari praktek ini adalah keyword.


Pikirkan kira-kira kata kunci apa yang banyak orang cari atau butuhkan. Penting untuk memulai dengan menemukan cara paling tenar yang digunakan orang-orang untuk menelusuri web milikmu. Dengan cara ini, Anda mampu memenuhi dan mengoptimalkan konten untuk kata kunci tersebut. Ada dua opsi untuk lakukan riset ini yaitu menebak dengan lihat pasar atau tren kala ini atau memanfaatkan tools.


Menebak dengan lihat pasar ini mampu kamu lakukan disaat di berselancar di sosial media, forum atau berita yang sedang happening kala ini. Ini mampu jadi referensi bahwa kala ini banyak orang memerlukan atau mencari produk ini. Selain itu, cara yang lebih efektif adalah dengan memanfaatkan tools.


Salah satu tools yang mampu kamu memanfaatkan adalah dengan Google Trends. Google Trends mampu jadi tools alternatif sebab free dan kamu mampu lihat apa yang sedang tenar di sekitarmu atau banyak dicari yang mampu jadi insight untukmu.


Membuat Konten Yang Berkualitas

Setelah paham kata kunci yang banyak dicari yang sesuai dengan tujuan audiensmu, siapkan konten yang kamu butuhkan. Buatlah konten yang berkualitas jadi dari memasukkan kata kunci atau kata kunci yang tepat dan relevan dengan konten. Untuk mengakibatkan konten yang SEO friendly, kamu mampu membaca artikelnya di sini.


Konten tersebut bukan hanya bagus secara visualisasinya saja namun mampu menjawab apa yang audiens butuhkan dari kata kunci yang dicari. Konten yang berkualitas mampu mengacu kecuali kamu terhitung mempraktikkan on site SEO.


Mengoptimalkan On Site SEO

Langkah seterusnya sesudah mengakibatkan konten adalah mengoptimalkan on site SEO. On site SEO ini meliputi : title tag, meta description dan URL. Tiga perihal ini mesti sekali mencantumkan kata kunci yang menginginkan ditarget akan mampu dideteksi oleh crawler dan ditemukan oleh pengunjung.


Beberapa perihal yang mampu kamu coba lakukan dalam mengoptimalkan on site SEO yaitu dnegan mencantumkan kata kunci yang menginginkan ditargetkan, beri tambahan atribut ALT text terhadap gambar atau tempat yang dimasukkan dengan kata kunci terkait, mengakibatkan URL yang mencantumkan kata kunci dan tidak amat panjang.


Pastikan Website Dapat Diakses dan Optimal

Ketika mempraktikkan SEO, mesti diingat bahwa kamu menargetkan untuk dua perihal : untuk tujuan audiens dan bot atau crawler search engine untuk mengindeks web kamu. Karena itu, pastikan bahwa web kamu mampu diakses.


Caranya adalah dengan meyakinkan loading page web kamu cepat. Kamu mampu memanfaatkan Google PageSpeed Insight untuk mengecek kecepatan websitemu. Website yang cepat adalah yang mampu dibuka selama 1-2 detik. Lebih dari 2 atau 3 detik, biasanya pengunjung web akan keluar. Karena itu, perlu sekali menjaga kecepatan loading page websitemu.


Jika kamu memerlukan WordPress Hosting kecepatan tinggi, Exabytes menyediakannya untukmu yang mampu sesuaikan kebutuhanmu.


Selain kecepatan web yang cepat, web kamu terhitung mesti mobile friendly sebab banyak orang yang mengakses web memanfaatkan smartphone. Tak hanya itu, kamu terhitung mesti memasang sertifikat SSL sebab HTTPS merupakan salah satu tanda peringkat yang digunakan Google. Kamu mampu paham apakah web tersebut memanfaatkan SSL seumpama terdapat gembok di search bar URL di sebelah kiri.


Lalu buatlah terhitung sitemap yang mencantumkan seluruh halaman di website. Hal ini sehingga search engine mampu menemukan konten dan paham bagaimana halaman terhubung. Pelajari berkenaan sitemap di artikel ini.


Mengukur atau Mengevaluasi SEO Yang Dipraktikkan

Jangan lupa untuk mengukur apakah SEO yang kamu praktikan sudah tepat atau mesti ditingkatkan. Salah satu cara yang mampu kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan SEO tools. Misalnya adalah menginstall script Google Analytics di website.


Dengan tools, kamu mampu mendapatkan laporan traffic yang berkunjung ke web sehingga kamu mampu mempelajari informasi berkenaan pola audiens. Kamu akan mendapatkan insight berkenaan organic traffic di mana mereka memanfaatkan search engine untuk menemukan web kamu.


Idealnya kecuali kamu mempraktikkan SEO yang baik, angka traffic akan naik bersamaan berjalannya waktu. Kamu mampu melakukannya secara berkala setiap minggu atau bulanan sehingga mampu paham mana yang mesti kamu optimalkan atau menambah konten yang lebih baik.


Mengikuti Workshop atau Webinar

Mempelajari SEO jadi sebuah tantangan baru dan mesti dipelajari secara berkesinambungan bersamaan berjalannya waktu. Karena itu, ada baiknya kamu mengikuti sebagian workshop, course hingga webinar berkenaan pengetahuan ini untuk mengaktualisasikan praktek SEO.


Sudah banyak kok workshop dan webinar yang mengupas berkenaan praktek SEO dari para ahli terkemuka. Tak mesti kuatir dengan biayanya, ada kok yang free sehingga kamu mampu memperkaya diri dengan pengetahuan SEO untuk pemula.


Jika kamu menginginkan mempelajari berkenaan SEO, salah satu alternatifnya adalah dengan mengikuti event Exabytes di mana Exabytes teratur mengadakan webinar mendidik dan informatif lho berkenaan digital marketing, bisnis online hingga SEO.


Karena ini memanfaatkan content management system WordPress, otomatis kamu sudah punya WordPress sendiri. Pastikan kamu sudah menginstall WordPress terlebih dahulu.


Selain itu, sebaiknya terhitung sudah punya domain sendiri. Karena domain berpengaruh perlu terlebih bagi bisnis online. Domain yang unik mampu merepresentasikan identitas websitemu. Tak mesti khawatir, Exabytes menyediakan domain tidak mahal berkualitas yang mampu memenuhi tujuanmu.


Selain itu, kamu mesti menginstall plugin SEO di WordPress. Ada sebagian anjuran SEO Tools WordPress yang mampu digunakan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Rank Math. Kamu mampu membaca saran menginstall plugin Rank Math di artikel ini.


Setelah lakukan seluruh perihal di atas, kini saatnya kamu studi SEO WordPress untuk pemula


Masuk ke WordPress

Log in terlebih dahulu ke WordPress dan kemudian klik malah baru untuk menerbitkan pos atau artikel terbaru.


Siapkan Konten

Setelah itu, akan keluar halaman layaknya di bawah ini. Jika memanfaatkan Rank Math, indikator berwarna merah dengan angka 0/100 merupakan indikator SEO di Rank Math yang ada di WordPress.


Buatlah konten yang menarik dan berkualitas berdasarkan riset kata kunci yang sudah dilakukan. Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci serta beri tambahan penunjang tempat layaknya gambar hingga video.


Optimasi On Page SEO

Sembari kamu mengakibatkan konten, kamu mesti mengoptimasi on page SEO. Kamu mesti mengoptimasinya jadi dari :


Title, Permalink dan Description

Optimasi judul, permalink dan deskripsi Kata Kunci Fokus

Masukkan kata kunci fokus yang menginginkan kamu target. Sebagai umpama seumpama “Belajar SEO” sebagai kata kunci fokus. Maka jangan lupa masukkan Belajar SEO layaknya yang ada di judul, permalink dan deskripsi.


Nantinya indikator Rank Math akan berubah warna layaknya ini.


Hasil sesudah diisi dengan kata kunci tujuan Optimasi SEO Lainnya

Setelah lakukan perihal di atas, kamu mesti perhatikan sebagian perihal yang jadi patokan indikator SEO layaknya beri tambahan atribut ALT Text terhadap gambar, beri tambahan kata kunci fokus, memasukkan backlink internal dan lainnya.


Semuanya sudah dicantumkan di sebelah kanan dashboard sehingga kamu mesti mempraktikkannya sendiri sehingga warna indikator pun berubah.


SEO WordPress Dengan Menggunakan Rank Math Indikator SEO dengan Menggunakan Rank Math SEO yang baik seumpama warna indikator berubah dari merah ke warna kuning atau hijau. Tidak seluruh perihal di saran tersebut mesti kamu lakukan. Kalau bisa, lebih baik namun kecuali tidak mampu sebaiknya tidak usah dipaksa. Yang perlu disaat indikator utama sudah berwarna hijau, maka konten kamu pun sudah punya SEO yang baik. Catat ya, nilai untuk indikator berwarna hijau yaitu .


Isi Tag dan Kategori

Setelah mensetting semuanya, jangan lupa untuk isikan tag dan kategori konten sebelum mempublish. Tag pun mampu kamu isikan sesuai dengan kata kunci atau konten yang kamu buat.


Terbitkan dan Bagikan

Cek ulang seluruh konten dan indikator SEO sebelum menerbitkan. Bila sudah dirasa pas, klik terbitkan. Maka artikel pun sudah berhasil diterbitkan.


Langkah paling akhir adalah jangan lupa untuk bagikan atau sharing ke sosial media. Hal ini mampu beri tambahan traffic yang didapatkan dari sosial tempat yang dishare layaknya Twitter, Facebook dan Instagram.


Penutup

Demikian informasi berkenaan studi SEO WordPress untuk pemula. SEO merupakan taktik atau langkah sehingga memunculkan web di peringkat atas di halaman pertama mesin pencari. Ada sebagian perihal yang mesti dijalankan dan dioptimalkan dalam mempraktikan SEO.


SEO kemungkinan keluar rumit bahkan bagi yang baru menginginkan mempelajari. Tetapi kecuali kamu mempraktikan SEO secara teratur dan dengan benar mengikuti saran yang ada, kamu pasti mampu menguasainya suatu hari nanti.


Jadi jangan patah semangat. Tetap memperkaya dirimu dengan insight SEO terakhir dengan studi dari mana saja. Kamu mampu paham berkenaan SEO dari blog Exabytes dan terhitung event-event yang diadakan Exabytes. Pastikan kamu stay tune terus ya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page