Berniat Membuat Facebook Ads Ini Caranya Tutorial 2021

 Perkenalkan saya Freddy Ferdinand , Saya adalah Cofounder Merchant dan Sharkmind. Saya udah memiliki pengalaman di Digital Marketing berasal dari tahun 2015 sampai sementara ini 2021.


Lewat artikel ini , Saya sendiri yang akan mengajarkan kepada Anda berkenaan apa itu digital marketing berasal dari seorang praktisi didalam artikel ini. Karena begitu banyak orang yang menanyakan berkenaan apa itu digital marketing kepada saya dan saya membutuhkan 1 konten yang mampu menyebutkan digital marketing yang begitu luasnya.


Artikel ini tentu berlainan dibandingkan artikel lain terhadap umumnya yang dibikin oleh penulis konten di website lain. Karena artikel ini saya kurasi dan quality control sendiri agar Anda sadar betul berkenaan Digital Marketing yang mampu sebabkan usaha Anda naik secara signifikan berasal dari pengalaman 6 tahun saya.


Saya dan team saya sepanjang ini udah menggunakan lebih berasal dari jutaan dollar di iklan, sebabkan ribuan konten sampai ribuan influencer marketing yang tentunya menghasilkan duwit berlipat ganda.


Beberapa pengalaman digital marketing yang saya miliki.


Perusahaan kami terpilih oleh Facebook menjadi pemenang Facebook Agency League Ranking 2 se Indonesia di Quartal , Perusahaan yang baru berumur 3 tahun ini mengalahkan lebih dari satu perusahaan lain yang udah bertahun tahun dan memegang merek merek multinational.


Perusahaan saya beroleh penghargaan dikarenakan berhasil menopang 3 partner beroleh penjualan 1 Juta Dollar (14Milyar+) dan 10 Juta Dollar (140Milyar+) seluruh bersama teknik digital marketing.


Besar harapan saya untuk menyebutkan kepada Anda digital marketing yang mampu mempengaruhi hidup saya dan saya juga yakin mampu mempengaruhi hidup Anda.


Jika Anda membaca artikel ini di bulan Juni, Kami didalam sistem pendetailan artikel ini agar Anda mampu sadar digital marketing secara utuh, mudah dan sederhana.


Jika artikel ini diupdate bersama lebih detil , Kami akan menginfokan kepada Anda lewat Social Media saya. Silahkan follow saya di sini :


Sambil tunggu artikel ini diupdate bersama lebih detail, Anda mampu baca berkenaan apa itu digital marketing yang udah dibikin oleh team saya. Selamat belajar.


Apa itu Facebook Ads ?

Bagi Anda yang mendambakan mengembangkan jangkauan pasar yang lebih luas, atau mendambakan menjajakan produk offline Anda, maka sarana sosial merupakan langkah pas untuk menopang strategi pemasaran Anda. Salah satunya yaitu bersama mengfungsikan Facebook Page. Jika Anda udah mebuatnya untuk keperluan bisnis, maka didalam perihal ini Anda selangkah lebih maju untuk mempunyai usaha Anda semakin berkembang dan tumbuh.


Tidak cuman cuma sebabkan Facebook Page, Anda juga perlu menambah fans untuk menambah keterlibatan bersama pengguna atau calon costumer Anda. Cara yang paling efisien untuk beri tambahan fans untuk Facebook Page Anda adalah, bersama mengfungsikan Facebook Ads. Dalam bahasan ini, Anda akan belajar bagaimana langkah sesuaikan akun Facebook Ads dan mempelajari seluruh Info perlu yang perlu Anda ketahui berkenaan akun Anda. Informasi-informasi ini akan menopang Anda mengelola kampanye iklan yang lebih cerdas.


Jangan cemas pembahasan ini akan rumit dan menyulitkan. Anda cuma perlu untuk membaca ulasan ini bersama seksama dan sadar alurnya secara perlahan. Bahkan, jikalau Anda memiliki pengalaman bersama Facebook Ads, maka Anda akan lebih mudah mengelola izin halaman, apps, event, dan iklan, dan juga batas akun yang mampu Anda ubah.


Cara Beriklan Facebook Ads atau Instagram Ads (Lewat Komputer atau Laptop)

1. Buat Business Manager

Pertama yang perlu Anda siapkan adalah Business Manager. Kenapa Anda perlu mengfungsikan Business Manager ?


Business Manager adalah sebuah sarana yang ciptakan oleh Facebook untuk mengelola banyak akun iklan, mengelola banyak fanspage, dan juga mampu bekerja serupa bersama Business Manager lain seperti berbagi Facebook Pixel, Share Custom Audience, Share Look a Like Audience, atau Share Fanspage.


Selain itu berlainan bersama berikan Facebook Personal, Sebuah akun usaha mampu punyai lebih berasal dari 1 akun iklan (biasanya 5 akun) di Facebook. Sehingga disaat Akun iklan Anda di banned Facebook maka Anda masih punyai cadangannya.


Biasanya 1 profil Facebook mampu punyai maksimal 2 akun Business Manager.


Cara membuatnya mudah, langkahnya adalah sebagai berikut:


1. Buka website business.facebook.com


2. Buat akun baru bersama memberi nama usaha Anda, apabila Freddy Agency. Anda mampu beri tambahan kata “Shop” atau “Store” di belakang nama usaha Anda jikalau Facebook tidak mengijinkan pemanfaatan nama pilihan Anda. Modifikasi tetap sampai Anda beroleh persetujuan nama usaha berasal dari Facebook, saya anjurkan menggunakkan huruf besar untuk kata pertama agar lebih mudah di setujui Facebook

3. Pilih “Continue” dan masukkan nama dan e-mail Anda. Email ini tidak perlu serupa bersama e-mail Facebook.

4. Klik “Finish”. Dan Anda akan menemukan halaman awal seperti ini:


Di Facebook Business Manager ini punyai banyak settingan. Kita akan bahas satu per satu settingan di artikel lain.


Tapi saya akan membicarakan Setting yang perlu pernah untuk Anda mampu jalankan iklan pertama. Silahkan klik di anggota kiri dan pilih Business Settings.


2. Buat Facebook Fanspage

Fanpage adalah tempat untuk beriklan. Anda mampu sebabkan konten iklan di sini. Bagaimana caranya?


1. Klik ≡Business Manager dan sesudah itu klik Business Settings.

2. Klik Pages.

3. Klik Add New Pages di anggota tengah halaman.


Jika Anda udah punyai fanpage sebelumnya, pilih Add a Page. Tapi Profil Anda akan selamanya di Business. Kalau belum, pilih Create a New Page.


1. Setelah itu tersedia lebih dari satu pilihan kategori. Untuk yang paling sederhana, mengfungsikan yang paling bawah yaitu Cause or Community dikarenakan settingnya paling mudah.


1. Berikan nama kepada Page Anda.

2. Pilih Add People untuk menambah orang yang mampu mengakses halaman ini. Tapi pastikan orang tersebut udah terdaftar di Business Manager. Ini akan dibahas terhadap artikel Business Setting

3. Klik link di bawah nama Page dan di-bookmark biar lebih mudah untuk dicari nantinya.


3. Buat akun Iklan Facebook Ads

Jika Anda udah sebabkan Facebook Fanspage. Sekarang Anda akan belajar untuk sebabkan akun iklan di Facebook. Pertama-tama, klikBusiness Manager dan sesudah itu klik Business Settings.


Di anggota Accounts, klik Ad Accounts sesudah itu Add New Ad Accounts. Ada drop down menu bersama tiga pilihan. Pilih yang paling bawah Create a New Ad Account.


Kemudian masukkan nama akun iklan. Nama akun nantinya mampu diubah menjadi tidak perlu terlampau ribet mengisinya. Pilih time zone, Currency, dan Payment Methods yang tersedia. Jika Anda berjualan di Indonesia saya anjurkan untuk memakai time zone Indonesia GMT +7 dan currency nya IDR (Indonesia Rupiah). Setelah selesai semua, klik tombol biru Create Ad Account.


Setelah itu Anda akan ditanya siapa yang boleh mengakses akun iklan ini. Pilih nama user yang tersedia dan berikan level akses yang diperbolehkan. Jika Anda sebagai admin maka saya anjurkan untuk mengaktifkan seluruh seperti ini.


Setelah selesai, pilih Save Changes dan Close.


Iklan Anda nantinya mampu di akses di halaman utama business manager. Cara aksesnya klik Business manager di anggota Business Setting.


Untuk memudahkan Anda mengakses halaman ini, bookmark saja bersama langkah menghighlight alamat webnya dan menariknya ke bawah sedikit (bookmark bar). Jadi Anda tidak perlu mengetiknya lagi. Mudah bukan?


4. Integrasi Akun Instagram Anda bersama Business Manager

Jika Anda mendambakan beriklan di Instagram lewat sini maka Anda perlu mengintegari Instagram Anda, caranya terlampau mudah.


Anda pilih anggota Instagram Accounts, dan masukkan username dan password akun Instagram Anda.


5. Sekarang Anda udah siap untuk menjalankan iklan pertama Facebook Ads Anda.

1. Masuk ke halaman Business Manager Anda (business.facebook.com).

2. Klik Ad Accounts yang udah Anda bikin sebelumnya.


Beberapa orang langsung menuju halaman sebabkan iklan. Tapi lebih dari satu menuju halaman seperti di bawah ini, Anda tinggal klik tombol hijau Create.


Setelah itu pilih Complate Campaigns dikarenakan di sini seru nya Facebook Ads.


Jika Sudah maka Anda akan menuju halaman seperti ini.


Sederhananya adalah jikalau Anda tidak punyai website maka gunakkan objective Engagement, Jika Anda punyai website maka gunakkan objective Traffic.


Kita akan membicarakan seluruh fitur berasal dari campaign ini di artikel lainnya. (Termasuk pembahasan Facebook Pixel,dll)


Setelah itu Pilih Set Up Add Account. Masukkan Account Country, Currency dam Time Zone yang Anda mendambakan lantas klik Continue.


Jika udah maka Anda akan di minta memasukkan targeting iklan.


Masukkan nama iklan Anda di Ad Set Name.


Ini umumnya dinamai sesuai bersama audience yang dituju dan targetnya. Di anggota kanan Anda mampu lihat Potential Reach atau potensi jumlah orang yang lihat iklan Anda.


Sedangkan Reach yang berada di bawah Estimated Daily Results adalah jumlah orang yang lihat iklan Anda sesuai budget iklan. Jadi berasal dari Potential Reach 210 juta orang, iklan Anda akan diamati oleh 960-6.000 orang berasal dari 150 juta pengguna aktif di Amerika Serikat, bersama mungkin disukai oleh orang (Post Engangement).


1. Untuk iklan Anda, cobalah masukkan : * Location: Indonesia (atau kota Anda)

* Age (range umur): Saya anjurkan jadi berasal dari 21 th dikarenakan anak usia 21 tahun kebawah umumnya tidak punyai rekening bank.

* Gender (Jenis kelamin)

* Languages (Bahasa): mampu dikosongkan saja.

* Detailed Targeting: adalah salah satu fitur Facebook yang luar biasa. Angka yang dianjurkan adalah lebih kurang 500.000 – 1.000.000. Caranya mampu Anda pelajari di artikel selanjutnya.

* Placements: klik Automatic Placements. Jika Anda masuk ke Edit Placements maka Anda mampu memasang iklan Anda di Facebook, Instagram, Audience Network (jaringan yang bekerja serupa bersama Facebook, apabila Kompas). Saya anjurkan untuk sebabkan Ad Set yang berlainan jikalau Anda mendambakan beriklan juga di Instagram.

* Untuk Budget & Schedule tersedia dua pilihan: Daily dan Lifetime Budget. Dengan Daily Budget Anda perlu mematikan iklan secara manual, jikalau Anda memasukkan tanggal tertentu untuk penayangan iklan. Untuk Lifetime Budget keseluruhan iklan yang Anda bayarkan adalah sejumlah yang Anda ketik di kolom jumlah.


Setelah selesai, klik Continue.


Di halaman selanjutnya Anda mampu Create New Ad atau Use Existing Post. Create New Ad tidak akan terlihat di Fan Page Anda. Misalkan Anda mendambakan beri tambahan diskon 75% dan tidak mendambakan seluruh orang di Fan Page melihatnya. Jika Anda mendambakan followers Anda melihatnya maka mengfungsikan Use Existing Post.


Anda perlu ulang pernah ke Facebook Fan Page dan posting pernah konten iklannya (gambar, video, dll) sesudah itu pilih postingan tersebut di Business Manager dan klik Confirm. Iklan Anda akan di liat oleh Facebook.


Jika udah maka iklan Anda akan di liat oleh Facebook. Kita akan rangkum sedikit struktur iklan Facebook ini agar memudahkan Anda kedepannya.


Intinya iklan Facebook di bagi menjadi 3 jenis.


1. CAMPAIGN: pilih marketing objective atau target iklan, seperti mendorong website traffic.

2. AD SET: pilih targeting, budget, placement / di mana iklan Anda muncul. Anda mampu memutuskan budget dan jadwal tayang iklan

3. ADS: pilih materi iklan, setiap Ad Set mampu memakai gambar, teks, call-to-action, link dan video yang berbeda.


1 Campaign mampu punyai lebih dari satu adset, 1 adset mampu punyai lebih dari satu ads. Anda mampu beriklan bersama target kota yang berbeda, gander yang berlainan dan lainnya agar hasil iklan Anda lebih optimal.


Kapan Anda Akan Ditagih untuk Membayar kembali?

Pada Facebook Ads, langkah perhitungan ongkos iklan dibagi menjadi dua model, yaitu Cost Per Click (CPC) dan CPM. Keduanya pernah Kami singgung terhadap artikel yang berjudul ‘Berbagai Model Facebook Ads yang Harus Anda Ketahui’.


CPC


Sedikit membicarakan kembali, CPC merupakan iklan di mana Anda akan dikenakan ongkos setiap kali iklan yang udah Anda pakai di klik oleh customer. Artinya, apabila iklan Anda tidak di klik, maka Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos serupa sekali. Lalu, berapa yang perlu kami bayar jikalau mengfungsikan iklan model ini? Dalam perihal penentuan ongkos iklan, Facebook akan lihat lebih dari satu perihal sebagai pertimbangan. Hal-hal tersebut di antaranya seperti apa bidang pemasaran Anda, dan kemana Anda akan mengarahkan (fanpage atau website), dan juga tingkat kompetisi kompetitor. Umumnya untuk market Indonesia, ongkos berkisar pada 0,05-0,12 $ atau setara bersama .550 rupiah.


CPM


CPM sendiri merupakan iklan tayang di mana Anda perlu membayar iklan yang ditayangkan setiap kali iklan Anda muncul. Artinya, sebagai pemasang iklan, Anda cuma membayar jikalau iklan Anda diamati sebanyak 1000 impresi atau tampilan. Meskipun iklan Anda tidak di klik oleh pengunjung, maka Anda selamanya berkewajiban membayarnya. Facebook juga pertimbangkan ongkos iklan terkait bersama bidang bisnis, target, dan pertimbangan lain yang serupa halnya bersama iklan CPC. Besaran nilai yang perlu Anda bayar juga nyaris serupa bersama CPC, yaitu jikalau iklan Anda ditampilkan sebanyak 1000 kali, maka Anda juga perlu membayar pada jumlah rentang 0,05-0,12 dollar.


Ini Caranya Membuat Iklan Facebook yang Kreatif

Anda saat ini udah punyai akun sepenuhnya dan sadar seluruh model iklan Facebook yang mampu Anda mengfungsikan untuk keperluan usaha Anda. Maka, saatnya bagi Anda untuk sebabkan kampanye iklan Facebook yang pertama. Untuk itu, sebelu Anda menggunakan banyak dana untuk Facebook Ads, maka terlampau perlu untuk memutuskan target iklan Anda lebih-lebih dahulu.


> Apa yang Anda mendambakan berasal dari pemasangan iklan lewat Facebook ini? Ingin menambah konversi di toko online Anda? Atau cuma untuk membangun merek dan branding toko online Anda? Bahkan apakah cuma untuk beroleh lebih banyak like dan keterlibatan bersama costumer Anda? Sayangnya mengfungsikan Facebook Ads bukan cuma demi itu saja.


Tetapkan Tujuan Anda Terlebih Dahulu

Untuk memutuskan target Anda, maka pilih ‘Kelola Iklan’. Jika Anda belum punyai iklan, maka halaman ini masih kelihatan kosong. Klik ‘Buat Iklan’ yang berada di atas kanan berasal dari halaman Facebook Anda.


Maka Anda akan diberikan pilihan untuk sebabkan lebih dari satu iklan sesuai target Anda. Misalnya seperti lebih dari satu perihal di bawah ini:


* Promosikan Kiriman Anda

* Promosikan Halaman Anda

* Arahkan orang ke website website Anda

* Tingkatkan konversi terhadap website website Anda

* Dapatkan pemasangan aplikasi Anda

* Tingkatkan hubungan didalam aplikasi Anda

* Tingkatkan Kedatangan di acara Anda

* Ajak orang untuk mengklaim tawaran Anda

* Dapatkan penayangan video


Apapun yang Anda pilih, Anda perlu memasukan Info tambahan berkenaan apa yang Anda mendambakan promosikan. Misalnya, Anda sertakan URL website untuk mengarahkan pengunjung ke website Anda, Facebook Page untuk beroleh lebih banyak like, Posting Facebook Page untuk mencapai banyak komentar (keterlibatan), dan lain sebagainya.


Ketika Anda mempromosikan website website eksternal Anda, maka kami memberi saran Anda untuk mengarahkan untuk tindakan konversi, bukan cuma cuman klik saja. Anda tidak boleh cuma senang bersama menambah jumlah pengunjung website website saja, melainkan juga perihal yang lebih efisien bersama langkah menambah penjualan, berlangganan newsletter, dan hal-hal lainnya.


Saatnya Menyiapkan Gambar

Setelah Anda memutuskan target iklan Anda, saat ini saatnya bagi Anda untuk merancang iklan Anda! Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah, bersama pilih lebih dari satu gambar yang nantinya akan Anda gunakan.


Sekarang, Facebook akan amat mungkin Anda untuk menguji sampai enam gambar. Pengujian ini dilaksanakan sebagai perihal yang paling efisien yang mampu Anda jalankan untuk menambah kinerja promosi iklan Anda. Sehingga, Anda mampu mengambil keuntungan berasal dari fitur ini untuk mengetes setidaknya dua atau tiga gambar yang berbeda.


Beberapa tahun yang lalu, Facebook Ads mengfungsikan gambar yang kecil. Namun, ini tidak berjalan lagi. Format iklan di Newsfeed punyai gambar besar dan terlampau relevan. Jadi, pastikan untuk Anda meng-upload foto bersama resolusi yang cukup tinggi. Facebook juga memberi saran agar gambar yang Anda upload punyai ukuran 600 x 315, agar lebih punyai tata letak yang pas dan proporsional.


Anda punyai 3 langkah untuk beri tambahan gambar untuk iklan Anda. Caranya:


* Meng-upload gambar berasal dari komputer Anda.

* Image Library

* Menemukan gambar didalam Shutterstock database.


Dengan pilihan terhadap poin ketiga, maka Anda berkesempatan menemukan lebih banyak gambar memiliki kualitas dan mencarinya yang relevan bersama konten iklan atau materi iklan yang akan Anda buat.


Menyusun Kalimat untuk Iklan Anda

Hal yang paling susah disaat sebabkan iklan Facebook adalah sementara menyusun kata-kata untuk konten iklan Anda. Konten-konten ini tergantung terhadap model iklan Anda. Anda perlu perhatikan tiga anggota utama, seperti halnya judul, teks, link (untuk link, tertentu iklan Newsfeed). Berikut yang perlu Anda pahami sebelum sebabkan komponen-komponen tersebut.


* Untuk judul, Anda cuma punyai 25 cii-ciri saja. Lebih berasal dari itu, teks tidak akan terlihat terhadap iklan yang Anda buat.

* Untuk teks iklan, Anda punyai 90 cii-ciri (untuk iklan Newsfeed.

* Untuk Newsfeed link terhadap deskripsi, Anda punyai 90 karakter.


Intinya adalah, pastikan bahwa gambaran atau konten yang berbentuk teks tersebut mampu menerangkan gambaran usaha atau page Anda. Anda juga mampu pilih ‘call To Action’ seperti beli sekarang, mendaftar, pesan sekarang, pelajari selengkapnya, dan masih banyak ulang lainnya. Semua sesuaikan bersama model iklan yang Anda pilih. Gunakan satu kata-kata yang padat dan jelas. Hal ini untuk sesuaikan jumlah cii-ciri yang dibatasi oleh Facebook. Jika gambaran melebihi jumlah cii-ciri yang ditentukan, maka mampu menjadi akan terpotong disaat iklan Anda di publish. Untuk itu, sebelum Anda untuk memastikan membayar iklan yang udah Anda buat, klik pratinjau lebih-lebih dahulu. Hal ini untuk memastikan agar template iklan yang di awalnya Anda bikin sesuai bersama permohonan Anda.


Berbagai Penempatan Iklan

Ketika mengfungsikan iklan ini, Facebook tawarkan lebih dari satu spot penempatan iklan. Adapun tiga tempat tersebut di antaranya seperti Newsfeed, Mobile, dan kolom sebelah kanan.


Banyak pemasang iklan menganggap bahwa penempatan iklan di kolom sebelah kanan cuma membuang-buang uang. Karena, penempatan terhadap Newsfeed diakui lebih strategis. Namun sayangnya, Anda tak pernah sadar apakah model-model penempatan iklan tersebut baik atau tidak, sebelum Anda mengujinya lebih-lebih dahulu.


Satu perihal yang tidak boleh Anda lupakan adalah jangan pernah membiarkan penempatan iklan yang menopang versi mobile. Beberapa pengiklan sebabkan kesalahan bersama mengarahkan pengguna yang meng-klik iklan seluler ke website yang tidak menopang untuk versi mobile. Halo ini tentunya akan menggunakan anggaran Anda untuk suatu hal yang tidak tersedia gunanya.


Jika Anda mengikuti tutorial ini jadi berasal dari awal, maka Anda tidak perlu mengfungsikan jasa seseorang untuk sebabkan Facebook Ads ini. Tentunya, bersama ini maka akan menghemat anggaran Anda. Cukup mudah bukan? Materi selanjutnya, kami akan membicarakan berkenaan bagaimana pilih target market untuk iklan yang udah Anda buat, dan juga bagaimana mengukur keberhasilan usaha Anda lewat Facebook Ads. Kedua perihal ini tentunya semakin menarik untuk Anda ikuti, dikarenakan sebenarnya merupakan kronologis mengfungsikan dan memaksimalkan Facebook Ads untuk keperluan usaha Anda.


Jika terkandung persoalan terhadap sementara Anda mengikuti tutorial ini, atau bahkan Anda mendambakan berbagi berkenaan pembuatan Facebook Ads ini, maka tidak tersedia salahnya untuk kami diskusikan bersama. Untuk itu, alangkah baiknya jikalau Anda isikan kolom komentar di bawah ini.


Cara Membuat Retargetting Custom Audience

Kali ini akan membicarakan berkenaan Custom Audience. Apa itu custom audience? Bayangkan jikalau Anda menyuruh lebih dari satu orang untuk membagikan brosur di tepi jalan sepanjang minggu pertama cuma untuk Brand Awareness atau pengenalan merek Anda.Kemudian di minggu ke dua Anda baru jadi menyebarkan brosur yang memuat berkenaan penjualan produk Anda.


Pertanyaannya: “Apakah audiens Anda di minggu pertama serupa bersama audiens di minggu kedua?” Tentu saja berbeda.


Custom audience di Facebook bertujuan untuk iklankan ulang kepada orang-orang yang udah lihat iklan Anda di awalnya (minggu pertama seperti contoh bagi brosur di atas).


Facebook mampu menandai orang-orang yang lihat iklan Anda sepanjang 3, 5, dan 8 hari agar disaat mengiklankan ulang Anda mampu beroleh konversi atau penjualan lebih tinggi.


Jadi terhadap intinya Custom Audience adalah kumpulan orang.


Ketika Anda sebabkan Custom Audience, Facebook akan menanyakan Anda mendambakan membuatnya berdasarkan 10 perihal berikut:


1. Website Traffic – Orang yang mendatangi website Anda

2. Customer File – Orang yang menjadi costumer Anda (Anda butuh daftar nama,email,nomer telephone costumer Anda untuk di upload disini)

3. App Activity – Pengguna aplikasi jikalau Anda menggunakkan aplikasi.

4. Offline Activity – Orang yang mampir ke toko fisik Anda

5. Video – Orang yang melihat video Anda

6. Instagram Business Profile –Orang yang berinteraksi bersama Instagram atau mendatangi profile instagram Anda

7. Lead Form – Orang yang berinteraksi bersama Lead Form Ads Anda.

8. Events – orang yang berinteraksi bersama fitur events di Facebook Fanspage Anda.

9. Instant Experience – Orang yang berinteraksi bersama Instant Exeprience Ands Anda.

10. Facebook Page– Orang yang berinteraksi bersama Facebook Page Anda


Fungsi Custom Audience

Custom Audience ini berfaedah untuk:


* Menjadi bahan target ulang (re-targeting) – Anda mengiklankan ulang untuk mendorong orang-orang tertentu membeli (yang belum pernah membeli)

* Menjadi materi yang mampu digunakan untuk Look Alike Audience (Kita akan bahas di artikel selanjutnya)


Jadi, Custom Audience adalah kumpulan orang sesuai bersama syarat-syarat tertentu. Anda tidak perlu punyai website untuk sebabkan Custom Audience.


Implementasi Custom Audience

Untuk sebabkan Custom Audience, klik Business Manager →Audiences (di bawah Assets).


Pilih Create Custom Audience.


Setelah itu pilih mau sebabkan costumer berdasarkan syarat-syarat apa.


Customer File

Pilih yang “Doesn’t Include LTV” (Kita akan bahas LTV di artikel lainnya)


Anda sesudah itu mampu mendownload file template untuk memasukkan information Anda atau copy paste di bawahnya. Untuk nomer handphone Anda perlu mengfungsikan format internasional, menjadi tambahkan 62 untuk negara Indonesia.


Untuk memudahkan Anda sebabkan nomer handphone format internasional, mengfungsikan Microsoft Excel. Anda mampu isikan kolom A1 bersama kode negara 62, sesudah itu di B1 nomer handphone database Anda, dan di kolom C1 masukkan rumus =A1&B1. Kedua angka di kolom A dan B akan digabung ke kolom C. Anda tinggal meng-copy sisanya ke bawah.


Setelah penggabungan selesai Anda mampu mem-paste-kan ke halaman Custom Audience tadi dan masukkan Audience Name yang mudah untuk Anda kenali, apabila Data Pelanggan tanggal 20 Oktober untuk memudahkan Anda meng-updatenya. Setelah itu pilih Next.


Setelah Anda klik Upload & Create, Facebook umumnya membutuhkan sementara lebih kurang 30 menit untuk menciptakan data. Ini adalah caranya Anda menciptakan Custom Audience berdasarkan information pelanggan.


Website Traffic

Untuk sebabkan berdasarkan pengunjung website, pilih Create Custom Audience → Website Traffic →Create Audience.


Kalau akunnya berwarna merah itu berarti pixelnya belum dibikin serupa sekali. Anda perlu membuatnya dulu. Anda mampu memasukkan information pengunjung website 30 sampai maksimal 180 hari terakhir. Kalau Anda mengfungsikan Facebook Pixel, Anda mampu mencari information pengunjung terhadap halaman tertentu saja.


Contohnya seperti ini. Anda mampu mencari information pengunjung yang View Content Anda, tapi ini untuk seluruh halaman website Anda.


Kalau Anda mendambakan halaman yang lebih spesifik, Anda mampu beri tambahan url contains dan paste alamat halaman website yang mendambakan Anda re-targeting. Custom Audience cuma mampu dilaksanakan di website yang udah Anda tanamkan Facebook Pixel.


Engagement – Video

Misalkan Anda pilih Engagement berdasarkan Video, maka tersedia lebih dari satu pilihan model orang yang lihat video Anda. Silakan dipilih model dan juga video yang Anda inginkan.


Kalau Anda udah selesai, beri nama ke Custom Audience ini dan Create Audience.


Engagement – Facebook Page


Misalkan Anda pilih Engagement berdasarkan Facebook Page, tersedia lebih dari satu pilihan spesifik:


* Anyone who visited your page – orang yang mendatangi halaman Anda

* People who engaged with event or ad – orang yang berinteraksi bersama iklan Anda

* People who clicked any call-to-action button – orang yang mengklik call-to-action Anda

* People who sent message to your Page – orang yang mengirim pesan

* People who saved your Page or any post – orang yang men-save halaman atau pstingan Anda


Nah, demikian lebih dari satu fitur berasal dari Facebook Manager yaitu sebabkan Custom Audience.


Look a Like Audience (Cara Mencari Customer Sejenis untuk Targetting)

Kali ini akan membicarakan berkenaan LAA atau Look Alike Audience. LAA bertujuan untuk scaling up (meningkatkan penghasilan iklan) atau sebagai bahan testing (targeting) baru untuk diiklankan.


LAA ini akan mencari orang-orang yang serupa umur, gender, kumpulan interest, dan lainnya yang tersedia di sebuah negara, berdasarkan algoritma Facebook.


Sebelum Anda sebabkan LAA, Anda perlu sebabkan dan punyai custom audience. Setelah itu barulah Anda mampu jalankan mengiklankan ulang Look Alike Audience hasil berasal dari Look Alike Custom Audience.


Cara Membuat LAA

1. Saat sebabkan LAA, akan terlihat Source – dan ini perlu custom audience.

2. Masukkan Location – di negara mana. Facebook akan mencari 1% berasal dari pengguna di sebuah negara. Misalnya pengguna Facebook di Indonesia adalah 10 juta orang maka Facebook akan mencari 1 juta orang di Indonesia yang serupa bersama custom audience yang Anda masukkan.

3. Audience Size semakin kecil semakin bagus dikarenakan berarti semakin mirip. Anda perlu jalankan tes dikarenakan kadangkala mampu beroleh hasil pada 0-1% atau 1-2% dan 2-3%. Semakin ke kanan semakin tidak mirip.


Implementasi LAA

Bagaimana langkah mengimplementasikan LAA ini? Berikut instruksinya.


Pergi ke Business Manager dan cari Assets →Audiences →Create Audience.


Pastikan Anda udah punyai custom audience untuk sebabkan LAA ini.


Cara pertama adalah bersama pilih create audience dan pilih Look a like audience


Cara ke dua (Yang saya lebih suka) adalah pilih custom audiencenya sesudah itu Anda klik create Lookalike


Pilih Location: Indonesia. Akan terlihat audience 1,2 juta orang atau jumlah lain sesuai pertumbuhan Facebook berasal dari sumber audience yang udah dipilih.


Klik Create Audience. Ini berfaedah bagi Anda yang menjadi dropshipper internasional, di mana Anda mampu sebabkan lebih dari satu LAA sekaligus. Anda tinggal beri tambahan location baru seperti UK, US, dan lainnya.


Ketika Anda menjalankan iklan lewat Ads Manager Anda mampu jalankan targeting ke LAA. Pilih Marketing Objective yang Anda inginkan, apabila Engagement.


Lalu masuk ke level Ad Set dan di anggota audience Anda mampu klik Create New Custom Audiences, sesudah itu pilih Lookalike Audience. Anda juga mampu pilih Custom Audience jikalau menginginkannya. Untuk Look Alike Audience Anda tidak perlu memasukkan information Detailed Targeting ulang dikarenakan udah diatur oleh Facebook, tapi Anda selamanya mampu memasukkan information tersebut untuk testing lebih lanjut.


Cukup mudah bukan? Anda cuma perlu belajar mempraktekkannya maka selanjutnya akan semakin mudah.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page