Cara Beriklan Di Facebook Ads Bagi Para Pemula Bisnis
Cara Beriklan di Facebook – Facebook Advertising (Ads), sesuai namanya fitur ini difungsikan sebagai layanan bagi entrepreneur untuk mempromosikan product usaha melalui media sosial Facebook. Sama layaknya Google Ads, Anda terhitung bisa menentukan sendiri siapa obyek audiens yang bakal dibidik pas beriklan di Facebook Ads.
Bedanya, jangkauan iklan yang tampil pada Google Ads bakal lebih luas media platformnya di mana bisa muncul di situs situs manapun, namun Facebook Ads hanya tampil di platform Facebook saja.
Baca Juga : Lima Poin dalam Analisis Facebook Fanpage, Agar Digital Marketing Jadi Lebih Efektif
Meskipun begitu, hingga pas ini pemanfaatan Facebook sebagai media untuk memperkenal dan memasarkan sebuah product tetap jadi pilihan mayoritas marketer. Facebook dinilai lebih efisien untuk menggaet pasar dan pelangan potensial bagi sebuah bisnis.
Pada th. 2018 saja, hasil data riset We Are Social mengungkapkan bahwa pengguna aktif dari Facebook capai hingga 2,17 miliar lebih per bulannya. Hal ini pasti jadi kesempatan besar bagi para entrepreneur untuk menarik calon kastemer potensial dan memaksimalkannya melalui Facebook Ads.
Sebelum Memulai Facebook Ads, Pastikan Hal Berikut :
Agar bisa manfaatkan layanan Facebook Ads, pertama pastikan bahwa Anda udah mengakibatkan fanpage atau akun bisnis. Jangan mencampurkannya dengan akun personal, karena itu bisa berdampak pada kredibilitas usaha yang dijalankan.
Anda terhitung tidak bisa manfaatkan fitur iklan dari Facebook, jikalau manfaatkan akun personal. Maka buatlah fanpage, supaya bisa mempromosikan product usaha Anda. Apabila fanpage udah terbentuk, kemudian siapkan konten.
Meski berbayar, bukan bermakna Anda tidak perhatikan mutu konten. Facebook Ads di sini hanya sebagi media untuk mendistribusikan konten ke obyek audien yang spesifik. Jadi konten yang bakal di berbagi tetap wajib memiliki kualitas tinggi.
Konten jadi keliru satu kunci utama dari kesuksesan sebuah iklan. Maka dari itu buatlah konten yang menarik dan informatif supaya bisa menarik perhatian audiens usaha Anda.
Fokus pada pembuatan konten yang bisa mendorong interaksi, layaknya komentar dan berbagi supaya dianggap sebagai konten yang punya high value. Karena Facebook bakal utamakan posting-an yang punya banyak engagement.
Selanjutnya Anda bakal diberikan pilihan obyek audiens. Anda bisa menentukannya berdasarkan referensi minat, umur, usia, gender, atau apalagi kelas ekonomi. Hal ini bakal menolong Anda untuk memaksimalkan iklan ke obyek audiens yang lebih spesifik.
Yang tak kalah mutlak adalah anggaran iklan. Sebagaimana disebutkan pada mulanya bahwa layanan Facebook Ads ini berbayar. Jadi Anda wajib menyiapkan sejumlah dana untuk bisa manfaatkan fitur ini.
Terakhir, menentukan jenis iklan yang ingin Anda gunakan. Perlu diketahui, Facebook sediakan sebagian jenis iklan yang bisa sesuai dengan keperluan pengiklan. Untuk lebih jelas-nya, simak ulasan berikut ini.
Pilih Jenis Iklan Facebook yang Ingin Anda Gunakan
Nah bagi Anda yang tetap bingung dan belum mengerti jenis iklan yang ditawarkan oleh Facebook, bisa perhatikan ulasan berikut ini. Setiap jenis iklan punya peranan dan fungsinya masing-masing. Sehingga bisa sesuai dengan keperluan pengiklan.
Page Post Engagement
Fungsi utama dari jenis iklan ini adalah untuk menaikan reputasi atau engagement postingan berkaitan product usaha Anda. Konten yang digunakan bisa berbentuk teks, video, link website, ataupun penawaran yang udah dibuat sebelumnya.
Page Post Engagement ini memungkin pengiklan untuk menyebarluaskan posting-an ke khalayak pengguna Facebook yang lebih luas. Dengan begitu kesempatan untuk mendapatkan engagement(likes, share, atau comment) melimpah pun bakal tambah besar.
Page Likes
Sesuai namanya, iklan ini dimaksudkan untuk memaksimalkan kuantitas like Fanpage Bisnis Anda. Tetunya dengan banyaknya pengguna Facebook yang menyukai akun bisnis, maka tambah banyak pula orang yang senang dan yakin dengan usaha Anda. Hal ini terhitung bisa meminimalisir kesangsian calon pelanggan untuk belanja product yang Anda tawarkan.
Bahkan kuantitas likes mengagumkan bakal menolong Fanpage yang Anda kelola muncul di news feed tanpa wajib bayar. Bagaimana caranya? Saat seseorang likes Fanpage usaha Anda, maka secara otomatis kesibukan berikut bakal muncul di news feed teman-temannya. Dengan begitu, Anda udah menghemat cost promosi bukan, karena gratis.
Click to Website
Mekanisme dari click to situs ini nyaris serupa dengan Page Post Engagement Ads, tetapi lebih fokus mengarahkan obyek audiens untuk click ke website. Ada tombol call to action yang bakal mengajak audiens mengakses halaman situs yang dimaksud. Semakin bagus gambar dan konten, kesempatan audiens untuk mengakses tambah besar.
Website Conversions
Website conversion ini bisa dibilang selangkah lebih maju dari click to website. Di mana audiens diajak langsung untuk jalankan transaksi di website. Jadi tidak hanya mendatangi situs saja, tetapi adaaction disana. Tinggal infokan apa yang Anda inginkan, apakah checkout, leads, atau registration.
Event Responses
Jenis iklan yang satu ini dimaksudkan untuk mempromosikan sebuah event, apabila acara pameran UKM atau bazar, dan lain-lain. Saat menggunakannya, pastikan mengakibatkan konten yang menarik, lantas promosikan ke market yang lebih spesifik.
App Install/App Engagement
Jika usaha Anda udah ditambah dengan aplikasi mobile, untuk mempromosikannya bisa manfaatkan layanan ini. App Instal/App Engagement bakal mengajak lebih banyak audiens untuk mengunduh aplikasi usaha Anda.
Cara Beriklan di Facebook Ads untuk Pemula
Tidak hanya mengerti cara beriklan di Facebook, tetapi Anda terhitung wajib menjadikannya sebagai skill dalam berbinis. Dengan begitu Anda bisa lebih memaksimalkan iklan yang dijalankan. Berikut tutorial lengkap cara beriklan di Facebook :
Login Facebook Ads
Untuk masuk ke halaman Facebook Ads, Anda bisa menuju ke menu sebelah kanan pojok atas profil Facebook. Kemudian klik ikon panah yang menghadap ke bawah dan menentukan ‘Create Ads‘. Secara otomatis Anda bakal masuk ke halaman Facebook Ads Manger.
Melakukan Pengaturan Facebook Ads
Kemudian Anda bakal diarahkan ke halaman form memuat pengaturan Facebook Ads. Isi seluruh data yang dibutuhkan dan ikuti tiap tiap cara yang disarankan.
Pada tahapan inilah, setting iklan dilakukan. Mulai dari menentukan jenis iklan, nama campaign, menentukan obyek audiens, setting budget hingga sesuaikan jadwal tampilan iklan.
Baca Juga : faedah Facebook Fanpage Bagi Bisnis UKM
Apabila seluruh data udah terisi, kemudian klik Continue. Anda bakal diarahkan ke halaman selanjutnya dan klik Creat New Ads. Lalu ikuti cara berikut ini untuk sesuaikan konten yang bakal diiklankan:
* Pilih Fanpage usaha Anda
* Tentukan format iklan yang bakal digunakan. Apakah dalam bentuk gambar, video, atau slideshow
* Jangan lupa untuk isikan halaman uraian iklan. Buatlah semenarik barangkali dan informatif
* Klik Confirm.
Mengatur Tagihan Facebook Ads
Apabila seluruh data yang dibutuhkan pada Facebook Ads udah terisi, selanjutnya Anda bakal diarahkan masuk ke halaman “Payment” dan bisa menentukan metode pembayaran sesuai yang diinginkan. Pembayaran bisa dilaksanakan via kartu kredit atau debit.
Setelah itu, Anda tinggal ikuti beberapa langkah selanjutnya dalam jalankan sistem pembayaran. Sampai step ini, Anda udah berhasil mengakibatkan iklan di Facebook.
Komentar
Posting Komentar