Cara Gunakan Facebook Ads Platform Periklanan Digital Milik Facebook

 WE Online, Jakarta - Industri periklanan telah merevolusi internet dan platform tempat sosial. Sekarang, lebih murah dan lebih cepat bagi perusahaan periklanan untuk menjangkau target pelanggan mereka. Selain itu, cara ini dirasa lebih efisien bagi pemasar digital.



Secara alami, perusahaan teknologi besar telah menjadikan ini sebagai anggota penting dari usaha mereka, yang secara efisien menghasilkan uang bagi pengguna. Ini adalah penghasilan utama raksasa jejaring sosial Facebook yang diakses miliaran pengguna merupakan idaman bagi banyak pengiklan.



Baca Juga: Rusia Siapkan Amunisi Blokir Facebook, Twitter, dan YouTube



Iklan Facebook telah mengalami perkembangan pesat sepanjang bertahun-tahun, dan peringkatnya di atas iklan Google dan iklan web tradisional. Ada lebih dari dua miliar akun Facebook aktif di semua dunia, memicu peluang yang memadai tinggi bagi perusahaan untuk sanggup menjangkau dan mengakses bersama dengan pelanggan. Baik itu CEO, CFO, atau demografis publik tertentu, barangkali besar Anda dapat menemukannya di Facebook.



Popularitas tempat sosial adalah insentif terbesar untuk mengfungsikan platform periklanannya. Namun, AI terhitung memainkan peran besar bersama dengan algoritma yang mengontrol apa yang diamati seseorang, agar feeds yang diberikan dapat disesuaikan bersama dengan preferensi pengguna. Pembaruan terkini untuk algoritma ini menopang perusahaan untuk mendapatkan pelanggan sebab Facebook telah berubah ke "koneksi pribadi" daripada sekedar tulisan bisnis. Jadi, mengfungsikan platform periklanan ini lebih efisien daripada memposting iklan organik Anda sendiri.



Karena makin lama banyak usaha yang menangkap fungsi dari platform ini, ongkos Facebook Ads sanggup menjadi makin lama mahal. Namun, hal tersebut diimbangi bersama dengan fungsi dan hasil positif yang Anda dapatkan. Jadi, jikalau Anda belum mulai mengfungsikan iklan Facebook, barangkali sekarang waktunya untuk menggunakannya. Baca tetap artikel ini untuk jelas tips untuk menaikkan jangkauan digital Anda melalui Facebook Ads.



Mengapa Anda Perlu Menggunakan Facebook Ads?



Meskipun Anda barangkali berpikir bersama dengan cara yang sama layaknya banyak usaha B2B lainnya, yakni bahwa Facebook tidak layak menjadi area untuk menjangkau target klien Anda, maka pola pikir Anda mesti berubah jikalau Anda ingin berubah ke keliru satu platform pemasaran digital paling efektif.



Faktanya, lebih kurang 80% dari semua pengguna internet punyai semacam kehadiran di Facebook, dan bersama dengan menggunakan minimal 1 hari untuk menggunakannya, Anda dapat sanggup menjangkau pelanggan lebih baik lagi. Tetapi pada saat itulah Anda mesti memicu target pelanggan ideal usaha Anda. Facebook Ads tidak hanya digunakan oleh beragam macam orang, tapi barangkali terhitung merupakan wujud iklan yang paling bertarget dan terbaik saat ini.



Jika pelanggan sedang menelusuri feeds mereka di Facebook mereka, barangkali usaha Anda tidak sanggup segera muncul. Namun, jikalau mereka menyaksikan iklan yang telah ditargetkan bersama dengan baik, lebih-lebih saat mereka tidak punyai ketertarikan pada usaha Anda, maka mereka sanggup tertarik bersama dengan brand Anda barangkali ingin memicu ketentuan pembelian di kemudian hari.



Facebook Ads terhitung mudah diukur. Dengan Facebook Pixels, Anda sanggup menyaksikan bersama dengan tepat trafik yang dapat Anda arahkan ke web web Anda serta tabiat pengunjung tersebut saat mereka datang ke web Anda. Apakah mereka belanja sesuatu? Halaman mana saja yang mereka kunjungi? Apakah mereka memberikan sesuatu kedalam keranjang belanja mereka? Atau barangkali mereka mengirim pertanyaan ke pembeli layanan Anda?



Cara Mengatur Akun Facebook Ads



Langkah pertama: Siapkan akun Facebook Ads. Ini adalah proses yang memadai mudah dan melibatkan empat cara berikut:



• Siapkan Facebook Business Manager. Pertama, Anda memicu halaman Facebook untuk usaha Anda. Dari sana Anda sanggup memicu akun Business Manager yang memungkinkan Anda mobilisasi iklan di halaman tersebut. Untuk memulai, masuk ke halaman teras Business Manager dan klik "Create Account", kemudian masuk mengfungsikan email dan kata sandi yang Anda mengfungsikan untuk menyiapkan akun halaman usaha Anda.



• Pasang Facebook Pixel. Buka web web Anda dan install Facebook Pixel yang memungkinkan Facebook untuk mengidentifikasi orang-orang yang sedang datang ke web web Anda, memicu segementasi kepada pengguna tertentu yang terdiri dari pengunjung tersebut dan kemudian menampilkan iklan kepada mereka.



• Buat Audiens untuk menargetkan pengguna. Alat ini memungkinkan Anda memicu dan menaruh audiens yang paling relevan bersama dengan brand Anda. Kembali ke Business Manager dan menentukan opsi "Audiences" dari kolom aset.



• Buat Facebook Ads dari tulisan Facebook. Sekarang Anda sanggup mencobanya. Pertama, putuskan apa yang ingin Anda capai, apakah Anda ingin meraih lebih banyak klik, penjualan, penayangan video, atau prospek?



Facebook Ads Manager adalah alat utama untuk memicu dan menganalisis kampanye iklan Facebook Anda. Membuat iklan itu sendiri hanya bersama dengan menentukan opsi "Creating the ad" dari menu drop-down di kanan atas halaman usaha Anda.



Saat mengakses menu utama, Anda dapat menyaksikan lima bagian: Plan, Create and Manage, Measure dan Report, Asset, dan Setting. Mengetahui bagaimana tiap tiap alat bekerja terlalu penting untuk membentuk kampanye pemasaran Anda.



• Plan. Bagian ini berisi alat yang menopang Anda untuk mempelajari banyak hal berkenaan audiens Anda dan berikan Anda ide-ide kreatif untuk mobilisasi iklan Anda. Dengan alat Audience Insights, Anda sanggup mendapatkan banyak informasi berkenaan beragam audiens di Facebook.



• Create and Manage. Di sini Anda sanggup mendapatkan alat untuk memicu iklan dan mengelola kampanye pemasaran Anda.



• Measure and Report. Saat Anda ingin menganalisis bagaimana kinerja iklan Anda, menyaksikan alat atau anggota Measure and Report. Misalnya, di sini Anda sanggup memicu konversi kustom untuk melacak apakah iklan tersebut mencukupi sasaran usaha Anda atau tidak.



• Asset. Bagian ini berikan Anda akses cepat dan mudah ke aset utama yang telah Anda mengfungsikan untuk memicu iklan, terhitung audiens yang telah Anda simpan untuk target penargetan iklan, gambar yang Anda gunakan, Facebook Pixel Anda, dan tetap banyak lagi.



• Setting. Bagian ini adalah area semua informasi akun Anda disimpan. Buka anggota ini untuk memperbarui informasi pembayaran, email Anda, dan sebagainya.



Facebook pixel adalah alat yang menopang Anda dalam mobilisasi kampanye yang terlalu bertarget, menjadi penting untuk memasangnya sebelum mobilisasi Facebook Ads. Setiap akun iklan meraih satu pixel secara default untuk digunakan. Kode ini terdiri dari dua anggota utama: pixel base code dan event code. Pixel base code melacak semua trafik ke web Anda. Event code adalah anggota kode tambahan yang sanggup Anda tambahkan di bawah kode pixel default ke halaman tertentu di web Anda yang memungkinkan Anda untuk melacak tindakan tertentu di halaman tersebut.



Cara Menggunakan Facebook Ads



Penting bagi Anda untuk jelas algoritma Facebook Ads, tujuannya untuk mengidentifikasi iklan yang dapat memberikan pengalaman pengguna yang baik.



Dengan demikian, pengaturan yang tepat sanggup menopang mengoptimalkan anggaran Anda. Ada alasan praktis mengapa algoritma Facebook berfungsi: Jika pengiklan memonopoli news feed, Instagram atau apa pun yang Anda mengfungsikan untuk beriklan di Facebook, orang tidak dapat kembali ke Facebook. Artinya, iklan Anda mesti memberikan nilai lebih sebab Facebook ingin menciptakan pengalaman pengguna yang positif bersama dengan hubungan yang bermakna.



Transparansi iklan penting untuk jelas algoritma Facebook. Kemampuan tiap tiap pengguna untuk menyaksikan bersama dengan tepat iklan apa yang dilakukan halaman Facebook atau akun Twitter terlalu bermanfaat bagi pemasar dan bisnis. Ada tiga cara utama bagi pemasar untuk mengfungsikan informasi ini untuk keuntungan mereka:



• Riset kampanye pesaing dan pasar konsumen. Melihat semua kampanye iklan yang dilakukan pesaing Anda dapat terlalu berharga sebab Anda mempertimbangkannya untuk kampanye Anda sendiri. Kunjungi landing page mereka, kemudian nilai Kembali ajakan melakukan tindakan mereka. Penawaran tertentu apa yang sedang mereka jalankan? Berapa lama durasi konten videonya? Apakah mereka sedang mencoba meraih banyak klik, mendorong pembelian, atau hanya menciptakan brand awareness?



• Dapatkan ide untuk mengfungsikan fitur iklan baru. Fitur iklan baru diluncurkan tiap tiap saat di Facebook dan Twitter. Lihat brand besar layaknya Airbnb untuk jelas bagaimana mereka mengfungsikan fitur iklan yang baru, sebab ini adalah cara yang bagus untuk menyaksikan apa yang dilakukan tiap tiap fitur dan cara kerjanya tanpa menginvestasikan uang Anda.



• Bagikan kampanye aktif bersama dengan pelanggan dan prospek. Karena pengguna sanggup terlibat bersama dengan iklan bersama dengan cara yang sama saat iklan tersebut muncul di feeds mereka, pelanggan dan prospek sekarang punyai peluang untuk mengawali pembelian atau pendaftaran yang barangkali telah mereka lewatkan.



Jadi, bagaimana Anda membangun kampanye Facebook Ads yang efektif? Pertama, Anda mesti punyai rencana tindakan. Jika tidak, Anda dapat terjadi tanpa arah dan jelas target tentu ke mana Anda ingin pergi. Untuk menyaksikan hasil yang konsisten, kenali anggota di saluran penjualan Anda untuk sanggup mengfungsikan Facebook Ads. Jawab empat pertanyaan tersebut untuk menopang menentukan siasat pemasaran Anda:



- Apa target Anda beriklan di Facebook? Misalnya, apakah Anda ingin menghasilkan prospek baru untuk usaha Anda, penjualan untuk toko e-commerce Anda, atau pelanggan blog Anda?



- Apakah Anda punyai trafik web web yang konsisten?



- Apakah Anda punyai email list? Jika ya, apakah list tersebut aktif dan berapa banyak orang yang tersedia di daftar Anda?



- Bisakah Anda memicu konten yang unik berkenaan usaha / industri Anda?



Berdasarkan jawaban Anda, tersedia tiga siasat periklanan Facebook yang sanggup Anda gunakan:



- Sediakan konten gratis untuk menghibur audiens Anda. Content marketing adalah keliru satu cara yang paling efisien untuk membedakan usaha bersama dengan kompetitor Anda serta untuk menghibur audiens Anda. Berikan konten gratis yang menghibur, mendidik, atau menginspirasi pelanggan ideal Anda. Anda sanggup mengfungsikan video, fitur-fitur (panduan, checklist, kupon, dll.), atau tulisan blog, misalnya.



- Libatkan pengguna yang tersedia di email list Anda. Mengirimkan pesan Anda melalui Facebook Ads dan pemasaran email menjadi dua kali lebih efektif. Pelanggan dapat menyaksikan pesan Anda di kotak masuk mereka saat mereka menelusuri Facebook.



- Retarget pengunjung web web. Jika Anda memasang Facebook Pixel di web web Anda, maka Anda sanggup menargetkan pengguna baru yang sedang datang ke web Anda.



Facebook Marketplace adalah area penjualan untuk menjangkau khalayak lokal bersama dengan product dan layanan Anda.



Di area inilah orang biasa sanggup memposting sejumlah barang atau layanan untuk dijual. Saat ini, Facebook menjelaskan punyai lebih dari 800 juta pengguna di marketplace. Keunggulan Facebook Marketplace adalah area pengguna secara aktif melacak barang tertentu, yang artinya Anda punyai akses segera ke audiens yang sedang melacak usaha Anda.



o Buat target kampanye pemasaran. Marketplace menawarkan lima tujuan: jangkauan, trafik, konversi, penjualan katalog, dan penayangan video. Setelah Anda menentukan satu, Anda sanggup berikan nama pada kampanye pemasaran Anda.



o Pilih penempatan. Di mana Anda ingin iklan tersebut muncul? Scroll ke bawah di anggota Placement dan menentukan opsi setting.



o Buat iklan video. Di anggota Ad Creation, Anda sanggup mengupload gambar serta video. Video cenderung lebih mengungguli gambar di Marketplace, menjadi video merupakan pilihan terbaik usaha Anda.



o Analisis hasil penempatan. Lihat bagaimana kinerja iklan Anda dibandingkan bersama dengan penempatan di anggota lain. Anda sanggup melakukannya bersama dengan memfilter laporan iklan Anda bersama dengan menentukan opsi "Placement”.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page