Cara Tepat Memanfaatkan Facebook Ads Sesuai Produk Bisnis Anda

 Facebook merupakan social tempat terbesar yang miliki 130 juta pengguna aktif di Indonesia. Jumlah ini menjadikan banyak orang berlomba-lomba memakai Facebook untuk keperluan bisnis mereka. Sebagian orang berhasil, tapi lebih dari satu lain gagal. Salah satu penyebab kegagalan mereka adalah dikarenakan penentuan tujuan yang kurang tepat.


Sebelum memakai Facebook untuk berbisnis, Anda perlu menentukan tujuan yang tepat sasaran sesuai bersama dengan type produk. Produk-produk fashion biasanya dapat lebih sesuai dikarenakan iklan Facebook menekankan pada unsur visual. Tapi untuk industri yang masuk dalam grup B2B, barangkali kurang sesuai untuk memakai Facebook, terkecuali memakai trik remarketing. Karena itu, sebaiknya ketahui bagaimana memakai Facebook sesuai product bisnis Anda. Hal ini ditunaikan dikarenakan mengelola Facebook perlu effort yang tidak ringan.


Berikut ini langkah memakai Facebook yang dapat Anda menentukan sesuai bersama dengan type usaha:


Memperkuat Eksistensi Bisnis

Ini adalah tujuan paling dasar bagi pebisnis kala terasa membawa dampak Facebook fanpage. Pebisnis dapat mencantumkan brand, logo, alamat toko, deskripsi, atau web di fanpage mereka untuk perlihatkan bahwa product bisnis mereka enteng dijangkau. Meskipun jalinan di fanpage Facebook telah tidak terlampau populer, informasi yang lengkap pada fanpage selalu diperlukan dikarenakan Facebook Ads mewajibkan pengiklannya memakai fanpage.


Cantumkan informasi bersama dengan lengkap dan kredibel pada fanpage Anda melalui logo, cover photo, dan gambar konten yang berkualitas supaya bisnis Anda muncul kredibel. Sebuah penelitian menemukan bahwa informasi yang berkualitas pada fanpage dapat merubah seseorang untuk belanja produk.


Karena termasuk tujuan dasar, eksistensi suatu brand termasuk tujuan yang dapat dimanfaatkan semua type bisnis atau product tanpa terkecuali.


Branding

Social tempat seperti Facebook adalah tempat yang paling powerful untuk laksanakan branding. Produk bisnis Anda dapat memberikan materi promosi melalui post yang menarik bersama dengan pilihan gambar, teks, atau video. Untuk menjangkau orang lebih banyak dan spesifik, Anda dapat memakai Facebook Ads. Fitur ini dapat menjangkau orang berdasarkan type kelamin, umur, lokasi, kesukaan, hobi, dan banyak kriteria lain. Bahkan bersama dengan trik dan pengaturan yang lebih lanjut, kami dapat memberikan konten iklan yang sesuai bersama dengan tingkat kedekatan seseorang bersama dengan brand Anda. Konsep berikut dinamakan sebagai funneling. Setiap penyedia jasa Facebook Ads berpengalaman dapat menyimak funneling sebagai keliru satu segi dalam memiliki rencana campaign iklan. Sebaiknya memberikan informasi lokasi, nomer telepon, dan e-mail supaya kastemer lebih enteng menghubungi Anda.


Semua product dapat memanfaaatkan Facebook untuk branding.


Interaksi bersama dengan Pelanggan

Salah satu kelebihan Facebook dibandingkan tempat tradisional adalah fitur jalinan dua arah berasal dari audiens kepada bisnis Anda secara real-time. Anda dapat membangun jalinan melalui sapaan, tanya jawab, mini quiz, atau testimoni. Interaksi bersama dengan pelanggan yang terbangun secara baik dapat meningkatkan nilai brand dan kesetiaan kastemer Anda.


Interaksi atau engagement sesuai dimanfaatkan brand-brand yang menginginkan membangun kesetiaan konsumen. Biasanya ini diperlukan oleh product kesehatan, kecantikan, travel, atau otomotif. Beberapa product jasa termasuk perlu jalinan berbentuk testimoni berasal dari pelanggan mereka.


Customer Service

Di masa digital sekarang ini, perusahaan tidak lagi halangi sarana kastemer service mereka pada telepon atau e-mail saja. Para pebisnis kini dapat memakai Facebook sebagai tempat untuk menerima pesan, komplain, dan feedback berasal dari customer. Perusahaan di Indonesia yang paling banyak memakai social tempat untuk kastemer service biasanya bergerak di bidang telekomunikasi. Sampai kala ini mereka sedia kan tim tertentu untuk mengatasi komplain berasal dari kastemer supaya kastemer tidak perlu mengantre melalui telepon.


Selain industri telekomunikasi, fungsi kastemer service terlampau sesuai untuk bisnis di bidang jasa seperti transportasi, ekspedisi, tempat tinggal sakit, dan bisnis jasa lain bersama dengan frekuensi feedback pelanggan yang tinggi. Namun perlu diingat bahwa mengakses sarana kastemer service perlu SDM yang memadai. Hendaknya para pebisnis mengkaji hal ini supaya tak kewalahan mengatasi feedback berasal dari customer. Di social media, feedback negatif berasal dari kastemer seringkali tidak dapat dihindari, tapi calon kastemer lain dapat menilai bagaimana brand Anda mengatasi feedback tersebut.


Menjual Produk (Sales)

Ini adalah fungsi yang paling dikehendaki para pebisnis. Facebook telah lama mengakomodasi penjualan melalui fitur bernama Facebook Shop. Anda dapat memakai Facebook seperti “toko cabang” yang memajang produk-produk Anda. Semua type product dapat menggunakannya asal memenuhi syarat. Namun pertanyaannya, apakah efektif? Ini perlu identifikasi khusus.


Salah satu langkah mengidentifikasinya adalah, cari jelas apakah product Anda termasuk high-involvement product atau low-involvement product. High-involvement product adalah product yang perlu pertimbangan matang sebelum kastemer membeli, tetapi low-involvement product sebaliknya. Contoh, orang yang dapat belanja tempat tinggal tidak dapat memutuskan pembelian semudah orang belanja pakaian, supaya tempat tinggal tergolong high involvement product dan kurang sesuai menargetkan transaksi penjualan berasal dari Facebook.


Tapi tersedia cara-cara tertentu untuk menarget calon kastemer tempat tinggal bersama dengan trik dan pendekatan tertentu di Facebook. Pebisnis bersama dengan product high-involvement dapat memakai Facebook untuk mendorong minat pembelian kastemer melalui konten yang menarik. Minat pembelian kastemer dapat dinilai berasal dari permohonan mereka untuk mengisi Leads. Di Facebook, Anda dapat jelas kuantitas Leads melalui menambahkan call to action, yaitu informasi berbentuk link, pendaftaran, nomer HP, email, atau informasi lain yang membawa dampak calon kastemer menghubungi bisnis Anda.


Mengumpulkan Database

Facebook miliki fitur tracking bernama Facebook Pixel yang dapat menghimpun data orang-orang yang pernah berinteraksi bersama dengan akun Facebook atau web Anda. Database ini dapat digunakan untuk memasang iklan berbayar ke orang yang lebih tepat. Anda dapat menentukan siapa saja yang menginginkan ditarget, apakah orang yang telah menonton video Anda, mengklik iklan Anda, mengunjungi profil Anda, atau mengunjungi web Anda sepanjang sekian detik.


Dengan database tujuan tersebut, budget yang Anda keluarkan untuk iklan dapat lebih terkontrol supaya tidak terbuang percuma pada orang-orang yang bukan merupakan tujuan Anda. Sehingga fanpage dan web Anda bukan lagi sekadar menjadi area pajangan produk, melainkan menjadi area menghimpun database. Database ini yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh insight orang-orang yang pernah berinteraksi bersama dengan bisnis Anda.


Mengundang Orang ke Event

Ketika bisnis Anda dapat membawa dampak event, mengikuti pameran, atau menghimpun komunitas, Facebook dapat menunjang Anda mengakibatkan orang melalui fitur Facebook Event. Fitur ini menjadi semacam pengganti undangan tercetak, tapi disajikan di Facebook. Anda dapat berikan cermat acara kepada audiens yang menginginkan Anda tuju. Fitur ini dapat digunakan secara gratis, tapi terbatas pada orang yang telah menyukai fanpage bisnis Anda. Jika menginginkan menjangkau tujuan lebih luas, Anda dapat memakai Facebook Ads yang berbayar.


Facebook Event sesuai dimanfaatkan untuk bisnis cafe, pameran, event organizer, atau bisnis apapun yang sedang mengadakan event khusus.


Di pada ketujuh langkah memakai Facebook tersebut, mana yang paling relevan bersama dengan type bisnis Anda? Sebaiknya menentukan tujuan yang sesuai supaya Anda dapat memanfaatkannya bersama dengan efisien.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page