Evaluasi Social Media Marketing Untuk Pemasaran Yang Lebih Baik

 Ada yang ingin ditanyakan?

Silakan Tanya Ahli


*


Anda pelaku bisnis yang pakai media sosial untuk berkomunikasi bersama dengan segmen pasar dan konsumen, serta memasarkan produk dan sarana Anda? Bila demikian, bermakna Anda juga pebisnis yang udah pakai teknologi digital untuk menopang kelangsungan bisnis Anda. Tapi tahukah Anda seumpama social media marketing layaknya lomba marathon, yang memerlukan trick dan juga evaluasi rutin untuk memahami keberhasilannya?


Artikel ini akan mengatakan yang perlu Anda ketahui untuk sanggup melakukan evaluasi social media marketing yang Anda jalankan.


2 Tipe Pengukuran Social Media Marketing


Mengukur kinerja social media marketing sebetulnya penting. Tapi perlu diingat bahwa Anda melakukan pengukuran selanjutnya untuk memahami aktivitas media sosial yang udah dilakukan, agar Anda sanggup memahami apa yang berhasil, apa yang tidak berhasil, dan bagaimana Anda sanggup meningkatkan keberhasilannya.


Aktivitas social media marketing adalah mengenai bagaimana Anda menciptakan jejak digital bisnis Anda di dunia internet, agar merk awareness produk serta sarana Anda meningkat. Dan itu bukanlah hal yang sanggup berjalan didalam kala singkat. Untuk itu, Anda perlu menjawab pertanyaan, bagaimana Anda memahami social media marketing yang Anda melakukan udah efektif? Atau, bagaimana sebetulnya keberhasilan di didalam platform media sosial?


Untuk sanggup menjawab 2 pertanyaan basic tersebut, pada mulanya Anda perlu memahami seumpama ada dua jenis pengukuran media sosial, yaitu:


1. Ongoing analytics

Pemantauan (monitoring) konsisten yang mengukur aktivitas media sosial dari kala ke waktu. Pengukuran ini dibutuhkan untuk ikuti seluruh percakapan yang berjalan di media sosial mengenai merk dan bisnis Anda. Setelah tracking merk Anda udah siap, Anda cukup memastikannya udah berjalan dan memantaunya secara tertata untuk melihat bagaimana perkembangannya.

2. Campaign-focused metrics

Analisis kampanye pemasaran bersama dengan obyek dan juga periode awal-akhir yang jelas. Pengukuran ini akan menopang Anda memahami pengaruh aktivitas kampanye pemasaran bersama dengan obyek yang spesifik, bergantung terhadap obyek Anda untuk tiap-tiap kampanye pemasaran.


Anda mungkin tertarik juga membaca:


Tahapan Melakukan Evaluasi Social Media Marketing


Misalkan Anda sebagai pemilik bisnis yang akan meluncurkan lini produk bersama dengan merk baru ke pasaran. Untuk menopang konsep tersebut, selain menyiapkan promosi melalui periklanan konvensional, Anda bermaksud jadi sponsor online event di salah satu platform social media bersama dengan salah satu komunitas yang memiliki followers bersama dengan profile yang sesuai obyek market bisnis Anda. Tim social media Anda udah menyiapkan hastag khusus, bekerja serupa bersama dengan salah seorang influencer yang akan mengajukan pertanyaan dan mengawali diskusi online di platform social media tersebut.


Tim social media Anda kini udah siap, tetapi kini Anda perlu menegaskan bahwa tim Anda sanggup mengevaluasi social media marketing bersama dengan langkah mengukur aktivitas social media tersebut, agar Anda sanggup memahami bersama dengan tentu apakah aktivitas social media berjalan bersama dengan efisien dan berhasil sesuai obyek yang Anda tentukan.


Berikut ini tahapan yang perlu Anda melakukan untuk mengevaluasi social media marketing untuk umpama masalah diatas:


1. Tentukan obyek aktivitas media sosial Anda

Langkah pertama didalam evaluasi social media marketing, Anda perlu membawa dampak daftar apa saja yang ingin Anda mencapai dari aktivitas media sosial Anda. Media sosial sanggup digunakan untuk bermacam tujuan, terasa dari menyebarkan informasi, sampai menjawab pertanyaan pelanggan dan terlibat di didalam suatu komunitas yang spesifik. Jadi tentukanlah apa yang ingin Anda capai?


Pikirkan apa yang Anda ingin dari audiensi atas konten yang Anda sebarkan melalui platform media sosial bisnis Anda. Jadi sekali lagi, buat daftar atas seluruh obyek bisnis dari aktivitas di media sosial. Dan terhadap masalah di atas, obyek bisnis Anda mungkin adalah:


a. Anda ingin menyebarkan awareness dari produk baru Anda kepada calon costumer yang potensial

b. Anda ingin memahami lebih jauh mengenai sebuah komunitas di platform media sosial, khususnya para influencer yang jadi anggota komunitas tersebut.


2. Tentukan indikator keberhasilan obyek Anda

Langkah setelah itu adalah sesuaikan obyek bisnis Anda bersama dengan indikator (metrics) dan tingkah laku (behaviours) yang sanggup Anda ukur. Berikut ini sebagian indikator yang lazim digunakan:


a. Bila Anda ingin mengukur merk awareness (pemahaman merek), maka pakai indikator jumlah, jangkauan, eksposur, dan amplifikasi. Hal ini untuk memahami sejauh mana pesan Anda udah tersebar?

b. Bila Anda ingin mengukur engagement (keterlibatan), maka pakai indikator jumlah retweets, repost, komentar, balasan pesan, dan partisipan. Berapa banyak orang yang terlibat, seberapa sering mereka terlibat, dan bagaimana wujud keterlibatan mereka?

c. Bila obyek Anda ingin meningkatkan kunjungan ke website, maka ukurlah jumlah link yang di bagikan, jumlah klik, dan konversi. Apakah orang bergeser dari media sosial ke web site bisnis Anda, dan apa yang mereka melakukan setelah sampai di website?

d. Bila obyek Anda adalah mendapatkan pendukung atau pecinta dari merk Anda, maka ukurlah kontributor dan pengaruhnya. Siapa saja yang berpartisipasi, dan bagaimana pengaruh yang mereka memberikan kepada merk bisnis Anda?

e. Bila obyek Anda meningkatkan jumlah pangsa produk dan sarana Anda, maka bandingkan bersama dengan kompetitor terdekat Anda.


3. Jalankan pengukuran bersama dengan rutin

Setelah Anda memilih indikator yang ingin Anda ukur, saat ini Anda perlu mendapatkan alat bantu yang sanggup mengukur indikator tersebut. Ada sebagian platform media sosial yang sedia kan alat ukur didalam wujud analitik, didalam sebagian situasi Anda perlu pakai alat ukur yang di sediakan pihak ketiga.


Banyak alat anggapan information media sosial yang sanggup bekerja secara realtime, jadi jikalau Anda sanggup membawa dampak konsep ke depan dan menyiapkan alat pengukuran sebelum akan kampanye pemasaran melalui media sosial dimulai, akan jauh lebih ringan untuk mengakses information yang Anda butuhkan nanti.


4. Buat laporan hasil pengukuran

Langkah keempat adalah minta tim media sosial Anda untuk melaporkan hasil pengukurannya. Gunakan temuan awal dari hasil pengukuran aktivitas media sosial untuk menetapkan basic atau tolak ukur untuk pengukuran selanjutnya. Dua pertanyaan penting untuk dipastikan sanggup terjawab adalah:

a. Bagaimana hasil yang didapatkan dibandingkan bersama dengan yang Anda harapkan?

b. Bagaimana hasil selanjutnya dibandingkan bersama dengan pesaing Anda atau produk dan kampanye terkait?


Salah satu hal yang bagus dari anggapan media sosial adalah Anda sanggup bersama dengan ringan melihat pencapaian kompetitor Anda, untuk melihat bagaimana kinerja media sosial mereka. Dan hal yang juga penting adalah untuk memilih jadwal pelaporan rutin aktivitas sosial media, baik itu mingguan, bulanan, maupun quarterly.


5. Lakukan perbaikan dan mengulang proses dari awal

Langkah terakhir adalah melakukan pengukuran evaluasi social media marketing Anda bersama dengan cermat. Bagaimana kinerja indikator yang ada? Apakah ada hal yang Anda lewatkan? Apakah ada sesuatu yang berlebihan atau tidak perlu? Cari memahami apa yang sanggup Anda tingkatkan, buat perubahan, lalu ukur lagi. Periksa lagi obyek yang Anda tetapkan diawal, dan pastikan indikator baru Anda benar-benar menopang Anda didalam mencapai obyek tersebut.


Jika Anda pakai media sosial untuk bisnis, Anda benar-benar perlu memahami kinerjanya. Apakah konten yang Anda posting memiliki pengaruh yang Anda inginkan? Apakah Anda mencukupi obyek perusahaan Anda bersama dengan media sosial? Inilah sebabnya mengapa mengukur dan melakukan evaluasi social media marketing benar-benar penting. Anda juga memerlukan alat bantu information analitik yang andal dan konsisten yang menopang Anda untuk memantau keberhasilan Anda di platform media sosial layaknya Twitter, Facebook, dan YouTube.


Baca juga:

Itulah sebagian tips berkenaan evaluasi social media marketing yang sanggup Anda terapkan didalam bisnis Anda. Apakah social media marketing yang Anda melakukan belum mendapatkan hasil yang Anda harapkan? Anda sanggup pakai fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi digital marketing expert dari Daya.id dan mendapatkan solusi mengenai tantangan yang Anda temui kala menjalankan program social media marketing bisnis Anda.


Apabila Anda memiliki pendapat atau pengalaman lain mengenai social media marketing, bagikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini, atau sampaikan kepada kita melalui Facebook. Dan seumpama menurut Anda tips ini berfaedah untuk pengembangan bisnis Anda, jangan lupa untuk membagikan tautan artikel ini kepada sesama teman pebisnis lainnya yang Anda kenal.


Jika Anda tertarik untuk membaca informasi berkenaan pengembangan bisnis lainnya, Anda sanggup mendapatkannya secara gratis di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id seluruh informasi pengembangan bisnis, pengelolaan keuangan, serta style hidup sehat sanggup diakses bersama dengan gratis dan benar-benar mudah. Jadi, kunjungi Daya.id saat ini juga!


Sumber:


Diolah dari bermacam sumber


Ada yang ingin ditanyakan?

Silakan Tanya Ahli


1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke seluruh konten GRATIS


1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke seluruh konten GRATIS

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page