Facebook Ads Panduan Lengkap Membuat Iklan Dan Tipsnya
Facebook merupakan platform fasilitas sosial bersama dengan 2,23 miliar pengguna aktif per bulannya. Hal ini pastinya merupakan kesempatan emas bagi para marketer untuk mempromosikan bisnis di Facebook. Pada artikel ini kamu bakal mempelajari secara lengkap bagaimana langkah membawa dampak iklan di Facebook gunakan Facebook Ads.
Team Dewaweb termasuk udah membuatkan video tutorial khusus langkah pasang iklan di Facebook berikut ini:
Lebih bahagia membaca? Tidak masalah, ayo kita mulai pelajari langkah beriklan di facebook ads.
Apa itu Facebook Ads?
Facebook Ads adalah fitur beriklan yang di tawarkan oleh Facebook bersama dengan jangkauan audiens para pengguna Facebook.
Keuntungan Menggunakan Facebook Ads
Ada beberapa keuntungan berasal dari gunakan Facebook Ads, yaitu:
Budget merupakan salah satu segi penting untuk bisnismu. Melalui Facebook Ads, kamu sanggup mengatur budget yang sesuai untuk iklanmu. Facebook Ads maupun iklan digital lainnya pada biasanya termasuk condong lebih tidak mahal dibandingkan iklan konvensional.
Iklan yang kamu bikin di Facebook sanggup sesuai bersama dengan tujuan bisnis kamu. Mulai berasal dari information usia, tipe kelamin, lokasi, ketertarikan dan lain-lain sanggup kamu tentukan. Hal ini bakal membawa dampak iklanmu lebih efisien karena sesuai bersama dengan pasar yang lebih spesifik.
* Jangkauan Target yang Luas
Lebih berasal dari 150 juta pengguna di Facebook di Indonesia per Januari 2020 setidaknya sanggup kamu jangkau berasal dari iklan. Lupakan batasan wilayah untuk mengembangkan bisnismu. Dengan beriklan secara digital, kamu berpeluang untuk menjangkau semua lokasi, lebih-lebih semua dunia.
Data is the new gold. Artinya, information yang didapatkan berasal dari hasil iklan itu penting. Mulai berasal dari impresi, jangkauan, CTR, conversion rate, dan lain-lain ada untuk kamu analisa lebih lanjut. Kamu termasuk sanggup mengukur kesuksesan berasal dari kampanye iklanmu. Tentukan langkah yang efisien dan tidak untuk kampanye iklanmu berikutnya.
* Meningkatkan Brand Awareness
Pengguna Facebook memeriksanews feedmereka beberapa kali sehari. Inilah kesempatan agar tujuan pasarmu sanggup berulang kali menerima paparan atauexposure iklan yang udah kamu pasang. Bahkan jika audiensmu tidak tertarik di awal, iklan berikut sanggup berpotensi membantumu membangun kepercayaan bersama dengan melepas iklan berikut selamanya tayang dalam jangka sementara yang lebih lama.
Lima poin di atas adalah beberapa berasal dari banyak keuntungan lainnya. Jika kamu udah percaya untuk gunakan Facebook Ads, pelajari langkah membawa dampak iklan di Facebook pada topik berikut. Mari kita mulai!
Cara Membuat Iklan di Facebook
Ada 4 langkah langkah bikin iklan di facebook:
1. Membuat halaman Facebook. Halaman yang berisi Info dan info bisnismu.
2. Login ke Facebook Ads. Masuk ke halaman iklan Facebook untuk bisnis.
3. Buat dan tentukan Kampanye iklan. Mulai berasal dari anggaran, jadwal tayang iklan, sampai tujuan audience.
4. Lakukan pembayaran.
1. Membuat Halaman Facebook
Login ke Facebook, selanjutnya menentukan menu halaman dan bikin halaman baru. Pilih tipe halaman yang sesuai bersama dengan bisnismu.
Lengkapi Info yang dibutuhkan. Usai membawa dampak halaman di Facebook, kamu udah sanggup mulai membawa dampak Facebook Ads.
2. Login ke Facebook Ads Manager
Mari kita lanjutkan langkah membawa dampak iklan di Facebook, masuk ke laman Facebook Ads Manager selanjutnya login bersama dengan akun Facebook yang nantinya bakal digunakan untuk mengelola iklan.
3. Buat dan Tentukan Kampanye Iklan
Pada dasarnya terdapat 3 urutan basic untuk mempraktikkan langkah membawa dampak iklan di Facebook. Mulai berasal dari campaign, ad set, dan ad.
Campaign (Kampanye) bersama dengan satu tujuan (objective) yang spesifik. Contoh: Kamu sanggup menentukan selanjutnya lintas kunjungan (drive website traffic) untuk menuntun orang-orang agar mengunjungi website-mu. Setiap campaign bakal berisi satu atau beberapa ad sets.
Ad Set (Set Iklan) sanggup terdiri berasal dari satu atau beberapa tujuan audiens yang kamu tuju. Contoh: Ad set 1 berisi orang-orang yang berada di Jakarta. Ad set 2 berisi orang-orang yang berada di Bandung.
Ad (Iklan), masing-masing ad sanggup berisi gambar, tautan maupun teks yang berbeda.
Kampanye/Campaign
Selanjutnya, buka tab Kampanye dan klik +Buat.
Setelah itu kamu bakal menyaksikan halaman berikut:
Tentukan tujuan iklan yang mendambakan kamu capai. Tujuan iklan Facebook dibagi menjadi 3 kategori berbeda. Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.
Kesadaran/Awareness
* Kesadaran merek: Bertujuan untuk menambah awareness brand bisnismu dan menjangkau orang-orang yang kemungkinan tertarik bersama dengan produkmu.
* Jangkauan (reach): Menampilkan iklan ke sebanyak kemungkinan pengguna sesuai tujuan yang udah ditentukan.
Pertimbangan/Consideration
* Lalu Lintas Kunjungan: Bertujuan untuk mengirim orang-orang/traffic menuju website atau aplikasi.
* Interaksi: Bertujuan untuk mendapatkan hubungan pada suatu post. Contoh: Likes, komentar, atau tanggapan.
* Pemasangan aplikasi: Mengajak orang-orang memasang/menginstal aplikasimu.
* Penayangan video: Mengajak orang-orang saksikan video yang kamu promosikan.
* Pembuatan prospek: Mendapatkan leads seperti alamat email, untuk orang-orang yang tertarik bersama dengan bisnismu.
* Pesan: Mengajak orang-orang untuk mengirim pesan.
Konversi/Conversion
* Konversi: Bertujuan untuk membuahkan konversi/penjualan pada website-mu (Untuk lakukan tracking konversi kamu kudu menempatkan Facebook Pixel yang dibahas pada poin di bawah).
* Penjualan Katalog: Menampilkan iklan mengenai katalog produkmu.
* Kunjungan Toko: Bertujuan untuk mengajak orang-orang mengunjungi toko offline-mu.
Beberapa hal di atas merupakan penjelasan berasal dari masing-masing tujuan kampanye iklan. Pilihlah yang sesuai bersama dengan tujuanmu. Contoh: jika kamu mendambakan membawa dampak iklan dalam format video ada baiknya kamu menentukan opsi penayangan video. Jika kamu mendambakan membawa dampak iklan bersama dengan fokus utama untuk menambah penjualan, kamu sanggup menentukan opsi konversi.
Pada tutorial ini kita bakal menentukan tujuan bersama dengan opsi Lalu Lintas Kunjungan.
Ad Set/Set Iklan
Tentukan jumlah anggaran. Kamu sanggup menentukan antara Anggaran Harian atau Anggaran Sepanjang Masa Promosi. Tentukan termasuk tanggal mulai dan berakhir.
Tentukan tujuan audiens yang kamu tuju berdasarkan lokasi, usia, tipe kelamin, dan penargetan terinci lain seperti demografi, ketertarikan, atau behavior mereka di fasilitas sosial.
Gunakan penonton khusus untuk menjangkau orang-orang yang udah pernah berinteraksi bersama dengan bisnismu. Contoh: orang-orang yang udah pernah mengunjungi website-mu.
Teknik ini sanggup disebut langkah remarketing, yaitu saat kamu menargetkan iklan kepada orang-orang yang udah memiliki ketertarikan pada bisnismu dan berpotensi memiliki nilai konversi yang lebih tinggi.
Ads/Iklan
Isi Nama Iklan dan Identitas Halaman Facebook dan Akun Instagram.
Penyiapan Iklan. Pilih Buat Iklan dan format yang diinginkan. Pada tutorial ini kita bakal menentukan Gambar Tunggal.
Materi Iklan. Pilih gambar atau video yang diinginkan. Jangan lupa menyimak petunjuk spesifikasi gambar yang sesuai berasal dari Facebook. Gambar yang mempunyai kandungan benar-benar banyak teks sanggup mengalami penurunan penayangan atau lebih-lebih tidak sanggup ditampilkan mirip sekali. Kamu sanggup mengecek khususnya dulu, gambar seperti apa yang bakal kamu gunakan di pemeriksaan teks gambar Facebook.
Tentukan termasuk destinasi yang dituju, sanggup berbentuk website atau Facebook Event, selanjutnya menentukan tombol Call-to-Action (CTA) yang sesuai. Contoh: Selengkapnya, Beli Sekarang, dan lain-lain.
Selesai! Sekarang iklanmu siap untuk diterbitkan. Klik tombol Terbitkan.
4. Lakukan Pembayaran Iklan
Langkah paling akhir untuk langkah membawa dampak iklan di Facebook adalah pembayaran. Kamu sanggup memasukkan information kartu kredit atau debitmu seperti pada gambar berikut.
Kamu hanya kudu mengikuti langkah pembayaran yang ada dan selesai!
Simpulan
Ternyata, tidak sulit ‘kan menyadari langkah membawa dampak iklan di Facebook? Penggunaan iklan pada Facebook Ads pastinya bakal maksimal jika kamu memiliki website bersama dengan cloud hosting yang aman, cepat, dan selamanya sanggup diandalkan!
Dewaweb siap membantu kamu memiliki website yang cepat, safe dan selamanya sanggup diandalkan bersama dengan bermacam layanan hosting dan support 24/7 berasal dari Ninja Support legendari Dewaweb. Semoga kamu sanggup mengembangkan bisnis kamu bersama dengan arahan langkah membawa dampak iklan di Facebook. Selamat mencoba, salam sukses online!
Komentar
Posting Komentar