Facebook Ads Untuk Pemula Part 1
Sampai bersama September 2018 kemarin, Facebook mempunyai 2.2 miliar pengguna. Dengan banyaknya orang yang mengfungsikan Facebook, social media yang satu ini mampu jadi platform marketing untuk usaha Anda. Tetapi, bersama algoritma Facebook yang memprioritaskan postingan organic berasal dari teman dan keluarga, mungkin lebih enteng bagi Anda untuk mengfungsikan Facebook Ads.
Apa itu Facebook Ads?
Facebook Ads adalah fitur iklan yang di sajikan Facebook agar Anda mampu beriklan langsung ke tujuan audience Anda berdasarkan kegiatan pengguna, informasi demografis layaknya lokasi, umur, dan gender, dan tetap banyak pilihan lagi.
Keuntungan Menggunakan Facebook Ads
Sekarang hamper seluruh orang sudah mengfungsikan social media. Kebanyakan berasal dari mereka pasti mempunyai Facebook. Berikut ini adalah sebagian keuntungan mengfungsikan Facebook Ads untuk usaha Anda.
Pengguna Facebook yang Beragam
Seperti yang sudah disebutkan di atas, Facebook mempunyai jutaan user. Anda pasti mampu mendapatkan audience Anda di pada user mereka. Selain itu, pengguna Facebook termasuk biasa menggunakan banyak sementara di Facebook jadi mungkin mereka menyaksikan iklan Anda termasuk lebih besar.
Mengalahkan Postingan Organic Facebook
Seperti yang sudah disebutkan di atas, Facebook merubah algoritmanya di mana postingan organic berasal dari teman dan keluarga mendapat prioritas dibanding postingan brand. Salah satu langkah Anda untuk meyakinkan bahwa follower Anda senantiasa menyaksikan postingan Anda adalah bersama mengfungsikan Facebook Ads.
Fitur Targeting Facebook
Salah satu alasan mengapa Facebook Ads adalah iklan social media yang banyak digunakan adalah fitur targeting mereka. Saat memasang iklan, Anda mampu menargetkan audience berdasarkan lokasi, demografis, umur, gender, perilaku, dan koneksi. Selain itu, bersama Facebook Ads, Anda mampu melaksanakan targeting yang lebih khusus layaknya misalnya:
– Melihat perilaku membeli user
* Targeting sesuai acara – apabila tawarkan potongan harga di minggu ulang tahun user
* Mengatur audience secara custom untuk menambah loyalty dan leads
* Dan tetap banyak lagi
Remarketing bersama Facebook Ads
Bagi Anda yang kurang familiar bersama makna ini, remarketing adalah menyatakan iklan Anda ke orang-orang yang sudah berinteraksi bersama merk Anda, apabila bersama datang ke website, mengfungsikan aplikasi merk Anda, atau berikan Anda alamat e mail mereka. Menurut banyak studi, remarketing mampu membantu menambah engagement rate sampai tiga kali dan menambah conversion rate sampai dua kali.
Mendapatkan lebih banyak leads dan customers lewat Facebook Ads
Dengan fitur Facebook Ads, Anda mampu memasang filter demografis dan behavioural (perilaku) untuk mempersempit tujuan audience Anda. Anda mampu memfilternya menjadi:
* Orang yang tertarik bersama konten dan barang jualan Anda (behavioural and interest targeting)
* Orang yang sudah menyaksikan barang jualan Anda (retargeting)
* Orang yang mampu membeli barang Anda (demographic targeting)
Call-to-Action Facebook
Saat memasang iklan, Facebook tawarkan sebagian call-to-action atau instruksi yang mampu diklik oleh mereka yang menyaksikan iklan Anda. Bagi bisnis, bersama ada CTA button atau tombol CTA ini, Anda mampu menyatukan leads. Kalau tersedia yang klik iklan Anda, Anda bakal langsung mendapat data pengklik iklannya.
Tools yang enteng digunakan
Facebook Ads Manager mampu dibilang enteng digunakan. Layoutnya sendiri amat intuitif, jadi Anda pasti mampu langsung menggunakannya tanpa perlu bingung.
Jenis-Jenis Facebook Ads
Salah satu keunggulan Facebook Ads dibanding iklan social media lainnya adalah banyaknya jenis iklan yang mereka sediakan. Apapun goal atau tujuan iklan Anda, Anda pasti mampu mendapatkan jenis iklan yang pas untuk membantu goal tersebut.
Karena banyaknya jenis ads yang mereka sediakan, kami bakal langsung mengulas jenis-jenisnya sesuai bersama tujuannya.
Untuk menambah traffic dan leads website
Salah satu tujuan pemakaian Facebook Ads yang paling umum adalah untuk menambah traffic website. Berikut ini adalah jenis ads yang sesuai untuk tujuan ini.
Link click. Jenis Facebook Ads ini adalah keliru satu jenis iklan yang mungkin paling sering Anda lihat. Anda mampu mengfungsikan Link Click Ads untuk mempromosikan website Anda dan mengirimkan mereka yang mengklik iklan Anda ke sebuah landing page.
Video Ads. Video Ads mempunyai penampilan yang sama bersama link click. Perbedaannya cuma jikalau link clicks mengfungsikan gambar, jenis iklan yang ini mengfungsikan video.
Boosted Page Boost. Setiap kali Anda mengupload postingan baru di Facebook Page Anda, Facebook tawarkan Anda untuk menambah reach postingan tersbeut lewat fitur Boosted Post. Dengan Anda mengklik “Boost Post”, Anda mampu menyesuaikan tujuan audience dan bidding Anda untuk mempromosikan Facebook Page Anda.
Untuk menambah sales
Jika Anda berjualan dan inginkan mempromosikan product Anda, Facebook sediakan sebagian pilihan penampilan untuk iklan Anda.
Carousel Ads. Format iklan carousel memperbolehkan Anda menampilkan 10 gambar dan video, headline, links, dan CTA button di satu postingan yang sama. Jenis iklan ini mampu dibilang amat membantu bagi Anda yang inginkan mempromosikan lebih berasal dari satu product didalam satu postingan.
Dynamic Product Ads. Dynamic Product Ad Facebook menargetkan user berdasarkan action user di website atau aplikasi Anda. Yang perlu Anda melaksanakan adalah mengupload katalog product ke Facebook dan mengecek ulang apakah Facebook Pixel Anda sudah diinstall bersama benar di halaman website Anda.
Facebook Leads Ads. Sesuai bersama namanya, jenis iklan yang satu ini sebenarnya dikhususkan untuk menyatukan leads. Jenis Facebook Ads ini memperbolehkan orang-orang untuk mendownload konten atau sign up ke tawaran Anda tanpa meninggalkan website atau aplikasi Facebook. Ini adalah jenis ads paling efektif jikalau Anda inginkan menyatukan e mail calon-calon pelanggan.
Canvas Ads. Canvas Ads adalah iklan interaktif yang melewatkan user berinteraksi bersama konten Anda di Facebook dan cuma mampu diakses di mobile. Dengan iklan canvas, tujuan audience Anda mampu swipe carousel gambar, coba menyaksikan gambar berasal dari berbagai sisi, dan zoom in dan zoom out bersama jari mereka. Canvas ads termasuk mempunyai sementara loading 10 kali lebih cepat dibanding iklan di website app.
Collection Ads. Collection Ads Facebook memperbolehkan Anda menampilkan sebagian product yang dijual di website Anda. Format ini membuat orang lebih enteng untuk menemukan, membrowse, dan membeli product Anda secara visual.
Untuk menambah likes dan engagements
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, algoritma baru Facebook sebenarnya kurangi mungkin postingan Anda nampak di feed followers Anda secara organic. Oleh gara-gara itu, Anda mampu mengfungsikan Facebook Ads untuk menambah likes dan engagements.
Page Like Ads. Jenis Ads ini adalah jenis iklan yang sebenarnya di sajikan untuk menambah “likes” sebuah halaman usaha Facebook. Untuk iklan ini, Anda mampu mencantumkan CTA agar user mampu langsung like halaman usaha Anda.
Page Photo Ads. Dengan ads ini, Anda mempromosikan keliru satu postingan photo di Page Anda untuk menarik perhatian user. Anda termasuk mampu memberikan link di gambaran postingan tersebut.
Page Video Ads. Mungkin mampu ditebak berasal dari namanya, jenis iklan yang ini adalah ads di mana Anda mempromosikan video Anda untuk menarik perhatian user. Anda termasuk mampu melaksanakan re-targeting bersama jenis ads ini berdasarkan berapa banyak video Anda yang sudah ditonton oleh seorang user. Anda kemudian mampu menampilkan iklan video ini ke mereka yang banyak menonton video Anda.
Untuk menambah instalasi aplikasi
Facebook sering jadi keliru satu destinasi merk yang mempunyai aplikasi untuk menambah kuantitas user yang menginstal dan mengfungsikan aplikasi mereka. Berikut ini adalah jenis ads yang sebenarnya di tawarkan Facebook untuk tujuan ini.
Mobile App Ads. Dari namanya saja Anda sudah tahu bahwa jenis iklan yang satu ini sebenarnya bertujuan untuk mendorong instalasi aplikasi. Ads jenis ini bakal ditampilkan di Mobile Newsfeed saja. Kalau user mengklik CTA “Install”, Anda bakal langsung dihubungkan ke App Store. Ini mempunyai conversion rate tinggi. Kalau Anda mengfungsikan format iklan yang satu ini, Anda mempunyai pilihan targeting yang lebih didalam untuk menyesuaikan audience Anda. Misalnya, Anda mampu memilih versi iOS/Android apa yang perlu dimiliki audience Anda agar mereka mampu menginstall aplikasinya. Selain itu, Anda termasuk mampu memilih apakah Anda cuma inginkan menargetkan mobile device atau tablet, dan apa Anda termasuk inginkan menargetkan audience yang mengakses ke WiFi.
Desktop App Ads. Format iklan ini mempunyai karakteristik yang sama bersama Mobile App Ads. Tetapi perbedaannya adalah Anda cuma mampu mengiklankan aplikasi desktop bersama format iklan ini. Iklan ini cuma bakal nampak di Dekstop Newsfeed atau di kolom sebelah kanan Facebook.
Untuk menambah kuantitas pengunjung
Tidak cuma untuk kegiatan usaha online, Facebook termasuk sediakan jenis iklan untuk membantu usaha offline Anda. Bagi Anda yang inginkan menambah kuantitas pengunjung took Anda, Facebook Ads tawarkan format iklan khusus yang mampu Anda manfaatkan.
Event Ads. Bagi Anda yang tengah mengadakan acara, fitur Facebook Events adalah keliru satu langkah yang bagus untuk menarik pendatang. Jika Anda inginkan menambah reach atau jangkauan event Anda, mengfungsikan iklan ini bersama targeting yang tepat. Jangan lupa untuk meyakinkan bahwa Anda perlu menghambat jangkauan wilayah di ads Anda agar mereka cuma tampil untuk orang-orang yang tinggal di tempat event Anda.
Offer Claims. Format iklan ini sesuai untuk took yang inginkan menambah kuantitas pengunjung toko. Anda mampu tawarkan potongan harga atau promo lewat iklan ini. Jadi, sementara iklan Anda sudah dijalankan, siapa saja yang mengklik iklan Anda bakal mendapat e mail yang berisi detil promo.
Local Awareness. Salah satu format iklan yang banyak digunakan untuk keperluan ini adalah Local Awareness Ads. Jenis iklan ini biasa bekerja bersama baik jikalau digabungkan bersama targeting berdasarkan wilayah yang tersedia di Facebook Ads. Jadi, iklan Anda bakal ditampilkan ke user yang tengah berada di dekat toko Anda. Anda termasuk mampu memasukkan CTA layaknya “Call Now” dan “Send Message” agar orang-orang mampu menghubungi Anda bersama lebih mudah.
Seperti yang mampu Anda lihat, Facebook tawarkan banyak format iklan yang mampu membantu Anda mencapai berbagai tujuan usaha Anda. Anda mampu coba setiap format iklan ini untuk menyaksikan format mana yang paling bekerja untuk Anda. Dengan begitu, Anda mampu mendapat hasil yang maksimal bersama cost seminimal mungkin.
Cara Membuat Facebook Ads
Tentunya untuk membuat Facebook Ads, Anda membutuhkan Facebook Business Account. Kalau Anda belum punya, Anda mampu membaca artikel Facebook Page for Business kami.
Kalau Anda sudah punya, maka Anda mampu langsung terasa mengfungsikan Facebook Ads.
Semua campaign ads Facebook Ads bakal dikelola lewat Facebook Ads Manager. Anda mampu mengakses Facebook Ads lewat menu yang tersedia di akun Facebook Anda dan memilih Manage Ads.
* Pilih objektif iklan Anda
Setelah Anda memilih membuat iklan Facebook Ad, Anda bakal diarahkan ke halaman di mana Anda mampu memilih objektif campaign Anda. Facebook sediakan 15 pilihan yang mampu Anda pilih.
Facebook membagi objektifnya jadi tiga kategori besar:
Awareness. Untuk menambah awareness merk Anda
* Boost your posts – boost postingan Anda
* Promote your page – promosikan page Anda
* Reach people near your business – jangkau orang-orang yang dekat bersama toko Anda
* Increase merk awareness – menambah merk awareness
* Increase your reach – menambah jangkauan Anda
Consideration. Agar orang-orang tidak lupa bersama merk atau usaha Anda
* Send people to a destination on or off Facebook – mengirim orang ke landing page buatan Anda
* Get installs of your app – mendorong orang untuk menginstall aplikasi Anda
* Raise attendance on your event – menambah kuantitas pengunjung event Anda
* Get video views – menambah kuantitas views video Anda
* Collect leads for your business – menyatukan leads untuk usaha Anda
Conversion. Untuk mendorong orang-orang untuk membeli berasal dari usaha Anda
* Increase conversions on your website – menambah conversion rate website Anda
* Increase engagement in your app – menambah engagement di aplikasi Anda
* Get people to claim your offer – mendorong orang-orang untuk mengambil tawaran Anda
* Promote a product or catalogue – mempromosikan product atau katalog
* Get people to visit your shops – mendorong orang-orang untuk datang ke toko Anda
Kalau Anda sudah selesai memilih satu berasal dari tujuan ini, Anda bakal diminta untuk berikan nama campaign Anda.
* Atur audience dan budget Anda
Setelah itu, Anda bakal diminta untuk menyesuaikan audience dan budget Anda. Audience Anda bakal diatur sesuai bersama demografis yang Anda pilih. Facebook memberikan Anda pilihan untuk mengatur:
* Lokasi
* Umur
* Gender
* Bahasa
* Interests/Hobi
* Behaviour/Perilaku
* Connections
Setelah audience, Anda bakal diminta untuk menyesuaikan budget Facebook Ads Anda. Ketika Anda memasukkan budget yang inginkan Anda masukkan, Anda memasukkan kuantitas budget paling besar yang inginkan Anda keluarkan untuk beriklan. Anda termasuk mampu menyesuaikan budget berdasarkan dua pilihan:
* Daily > Budget yang bakal Anda keluarkan setiap harinya
* Lifetime> Budget maximum yang bakal Anda masukkan sepanjang iklan Anda tayang.
Sekarang Anda tinggal membuat iklan Anda. Anda tinggal memilih images atau video, headline, text, dan di mana ads Anda bakal ditampilkan di Facebook. Untuk text, Anda bakal mendapat 90 cii-ciri untuk membagi pesan promosi Anda yang bakal nampak di atas gambar atau video Anda.
Untuk sebagian jenis iklan, Anda mampu mengfungsikan postingan yang sudah ada. Anda tinggal memilih Use Existing Post berasal dari dashboard Facebook Ads Manager kemudian memilih page dan postingan mana yang inginkan Anda gunakan.
Untuk membuat iklan baru, tugas pertama Anda adalah memilih format Facebook Ads yang Anda inginkan. Setelah itu, masukkan konten yang Anda inginkan. Ini adalah bagian mutlak gara-gara ads Anda perlu menonjol di feeds orang-orang dan membuat orang-orang inginkan klik.
Setelah konten iklan Anda selesai Anda atur, Anda bakal memilih di mana iklan Anda bakal ditempatkan. Anda mampu memilih apabila apakah iklan Anda inginkan ditampilkan di News Feed mobile dan desktop atau di kolom sebelah kanan Facebook. Selain itu, Anda termasuk mampu langsung menyesuaikan agar iklan Anda termasuk nampak di akun Instagram Anda.
Facebook sendiri menganjurkan untuk memasang iklan Anda sesuai yang sudah diatur Facebook. Facebook sudah mengoptimasi penempatan iklan berdasarkan objektif yang sudah Anda memilih sebelumnya.
* Masukkan order Anda * Setelah pengaturan selesai dilakukan, Anda tinggal klik Place Order di bagian kanan bawah halaman. Setelah ads Anda disubmit, Facebook bakal me-review ads Anda sebelum akan menampilkannya. Anda bakal menerima e mail berasal dari Facebook setelah ads Anda live.
Bagaimana? Sudah siap untuk membawa usaha Anda ke next level bersama Facebook Ads? Facebook Ads sudah dipercaya oleh banyak marketer sebagai keliru satu platform iklan terbaik di internet. Beriklan lewat Facebook Ads mampu membantu usaha Anda untuk jadi pemenang!
Komentar
Posting Komentar