Iklan Google Ads

 Apa itu Google Ads atau Iklan Google?

Siapa yang tidak mengenal Google? Kebanyakan berasal dari kita segera mengakses Google untuk mencari suatu Info atau jawaban tertentu. Dan dalam sekejap, Google bakal memberikan jawaban paling baik untuk kita.


Google Ads atau AdWords adalah sebuah platform iklan online yang dikembangkan secara segera oleh Google. Kita bisa menargetkan konsumen berdasarkan normalitas atau kesibukan paling akhir mereka dikala melakukan pencarian.


Ketika orang-orang mengakses Google, mereka mencari suatu hal yang spesifik, dalam artian mereka punyai maksud spesifik (intent).


Para calon konsumen secara tidak segera memberitahu kepada kita apa yang mereka ingin berdasarkan kata kunci (keyword) yang mereka masukan di Google.


Google Ads menunjang mengiklankan produk atau jasa Anda dengan memunculkannya dikala para user memasukan kata kunci mereka.


Bagaimana Cara Kerja Google Ads?

Bayangkan terkecuali Anda adalah seorang wedding organizer yang memasang iklan di Google.


Kemudian ada seorang calon konsumen yang tengah mencari perlindungan wedding organizer untuk menyesuaikan acara pernikahannya melalui Google.


Ketika lihat kolom search dan memasukan kata kunci mereka, calon konsumen lihat iklan Anda, layaknya gambar di bawah.


Pada bagian paling atas di halaman pencarian, terlihat tulisan ‘ad’ yang bermakna iklan Anda bakal terlihat sebab memakai Google Ads.


Dengan ditampilkannya web Anda di halaman pertama dan baris pertama, konsumen bakal lebih terpicu untuk mengklik web Anda.


Setelah konsumen mengklik iklan dan mengunjungi laman web Anda untuk mengetahui jasa yang Anda tawarkan, kemudian ia bisa mengontak atau memesan jasa Anda sebagai wedding organizer.


Bagaimana Google Menentukan Posisi Iklan?

Google Ads bakal menampilkan iklan (ad) kepada potential konsumen yang punyai ketertarikan pada produk atau jasa Anda.


Pengiklan bakal melakukan bid berdasarkan pencarian (search) atau kata kunci (keyword), pemenang yang meraih bid paling baik bakal meraih posisi paling atas pada halaman pencarian Google, halaman YouTube, atau web yang relevan bergantung pada type iklan yang dipilih.


Dikutip berasal dari Google langsung, berikut ini adalah beberapa segi yang bisa pengaruhi dan pilih posisi iklan yang terlihat :


Google Ads mengadakan pelelangan (ad auction) untuk pilih iklan mana yang perlu terlihat dan di alur ke berapa di halaman Google.


Seberapa banyak cost yang dikeluarkan oleh pengiklan tiap tiap kali ada seseorang yang mengklik iklannya disebut dengan bid.


Perlu diketahui bahwa bid dan budget merupakan dua hal yang berbeda.


Bid di Google AdWords adalah kuantitas duwit yang mau Anda keluarkan atau bayar per konversi yang terjadi.


Konversi yang dimaksud di sini adalah aksi spesifik yang Anda inginkan, bisa saja klik, penjualan, leads, impresi, dan lainnya bergantung kebutuhan dan target campaign Anda.


Pada umpama kasus Wedding Organizer di atas, konversi yang digunakan adalah klik atau CPC (Cost per Click).


Budget di Google AdWords adalah total cost yang Anda ingin keluarkan dalam suatu campaign.


Campaign bakal berhenti dikala budget telah habis digunakan.


Untuk memperjelas perbedaan Bid dan Budget di Google AdWords ini, liat umpama berikut :


> Anda membuat campaign memakai Bid (CPC) per click sebesar Rp 1.000,- dengan Budget sebesar Rp 1.000.000,-


Setiap user yang mengklik iklan Google yang Anda miliki, Anda membayar sebesar Rp 1.000,- per klik.


Iklan Google Anda bakal berhenti dikala iklan Anda telah diklik 1000 kali. Perhitungannya adalah Rp 1.000.000,- / Rp 1.000,- per klik : 1000 klik.


Metode Bidding pun dibagi jadi 2 yakni : Manual Bidding dan Automated Bidding.


Manual Bidding adalah pas di mana Anda pilih kuantitas duwit yang Anda mau keluarkan per konversi, layaknya yang dijelaskan di atas.


Automated Bidding adalah opsi dikala Anda melewatkan Google melakukan bidding secara otomatis.


Quality Score adalah acuan seberapa relavan dan bermanfaatnya iklan dan laman web Anda yang mengarahkan potential konsumen untuk melihatnya.


Google sendiri pilih penilaiannya yang berkisar 1-10 (1 = buruk, 10 = terlalu baik). Semakin tinggi quality score yang Anda miliki, makin lama murah cost yang Anda keluarkan dan makin lama tinggi terhitung posisi iklan Google Anda.


Ad Extensions adalah Info pendukung yang bisa Anda tambahkan pada iklan Anda layaknya nomer telepon, link tambahan untuk halaman spesifik pada website, hingga lokasi usaha Anda.


Google Ads mengestimasi ad extensions dan format-format lainnya yang bisa pengaruhi performa iklan Anda.


Jadi, jikalau competitor Anda punyai bid yang lebih tinggi, bisa saja iklan Anda bakal meraih posisi yang lebih tinggi dengan harga yang lebih murah sebab Anda memakai ad extensions.


Dengan mengoptimalkan tiga segi diatas, iklan Anda bakal terlihat dan terlalu mungkin Anda untuk meraih posisi paling atas di halaman Google.


Apa Yang Akan Anda Dapatkan Ketika Memasang Iklan di Google Ads?

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam sehari-hari kita telah terbiasa untuk mengakses Google dikala mencari sesuatu, baik itu Info produk, review, informasi, dan lainnya.


Dengan banyaknya kuantitas orang yang terbiasa memakai Google tiap tiap hari menjadikan Google sebagai sumber yang digunakan orang di semua dunia untuk mengajukan pertanyaan yang disempurnakan dengan hasil iklan berbayar dan pencarian secara organik.


Ribuan perusahaan banyak yang telah memakai Google Ads untuk mempromosikan usaha mereka, bermakna biarpun Anda meraih ranking 1 secara organik di kolom pencarian, bakal ada kemungkinan hasil pencarian Anda terdorong ke alur halaman selanjutnya, dibawah kompetitor yang memakai Google Ads.


Mungkin Anda bertanya-tanya, apa saja keuntungan yang bakal Anda dapatkan terkecuali memasang iklan di Google Ads?


Manfaat Iklan Google Bagi Bisnis

Dilansir berasal dari Instapage, berikut adalah beberapa faedah Google AdWords bagi usaha :


* Menjangkau Audiens Yang Lebih Besar


Lebih berasal dari 3,5 miliar orang melakukan pencarian tiap tiap harinya melalui Google, dan diantaranya terdapat orang-orang yang tengah mencari solusi, di mana produk atau servis Anda kemungkinan jadi jawabannya.


Dengan memakai Google Ads, kemungkinan besar para potential konsumen bakal mengklik iklan Anda dibanding competitor sebab posisi iklan atau web Anda berada di halaman pertama.


* Menyesuaikan Dengan Intent Customer


Salah satu kelebihan dan perbedaan berasal dari Google Ads dibandingkan dengan platform iklan lainnya adalah Anda bisa menjangkau para potential konsumen berdasarkan intent nya.


Di Google Anda bisa menampilkan iklan kepada orang-orang yang tengah mencari suatu hal secara spesifik (sesuai dengan kebutuhannya).


Ketika iklan Anda muncul, Anda menunjang mereka mencari solusi bukan untuk mengganggu kesibukan browsing mereka.


Memasang iklan di Google Ads tidak hanya berfokus untuk meraih leads, meningkatnya sales, dan lainnya.


Namun Anda bisa memakai iklan Google untuk membangun merk awareness yang bertujuan untuk memperkuat reputasi brand, membangun kepercayaan customer, dan membangun kesetiaan customer.


Google Ads punyai fitur Display Network yang punyai fokus untuk menambah merk awareness dengan menampilkan iklan Anda kepada khalayak luas daripada berfokus pada klik (click) atau konversi (conversion).


* Mendapatkan Hasil Yang Lebih Cepat Dari SEO


Search Engine Optimization (SEO) dan Google Ads merupakan strategi marketing digital yang bisa menambah kuantitas pengunjung website, mendatangkan leads, hingga menambah sales yang kini banyak digunakan oleh para pebisnis dan pengiklan.


Google Ads terlalu mungkin Anda untuk meraih visitor dan leads secara instan, namun SEO memerlukan proses yang lebih lama sebab memerlukan pas untuk menulis artikel yang ditulis dengan baik dan tunggu halaman Anda di-indeks oleh Google.


Sangat direkomendasikan untuk memakai dan mengoptimalkan keduanya secara konsisten menerus sebab SEO memberikan keuntungan jangka panjang namun Google Ads bakal menunjang Anda meraih leads, pengunjung web lebih banyak, hingga menambah sales lebih cepat.


* Jangkau Kembali Pengunjung Website Terdahulu (Remarketing)


Keunggulan lainnya berasal dari Google Ads adalah bisa menjangkau lagi pengunjung web terdahulu, yakni mereka yang telah pernah mengunjungi laman web Anda namun belum melakukan tindakan apapun.


Selain itu, Anda terhitung bisa melakukan remarketing kepada visitor web yang telah pernah melakukan aksi layaknya pembelian, klik, maupun lainnya.


Anda bisa menargetkan mereka dengan Display Remarketing dan Remarketing Lists for Search Ads (RLSA) Campaign.


Google Ads bisa mencocokkan konsumen dengan hasil pencarian berdasarkan kata kunci dan remarketing list.


Hal ini sekaligus menunjang Google untuk menampilkan iklan yang relevan pada tiap tiap pencarian.


Dikarenakan para pengunjung terdahulu pernah mengunjungi laman web Anda, lebih besar peluangnya untuk mengarahkan mereka jadi leads dikala mereka lihat iklan remarketing Anda.


Apakah Google Ads Cocok Untuk Bisnis Anda?


Setelah mengetahui apa itu Google Ads, kemungkinan Anda bertanya-tanya apakah Google Ads pilihan yang pas untuk usaha Anda?


Apakah target pasar Anda aktif secara online? Apakah kompetitor Anda memasarkan produknya secara online? Apakah kata kunci yang tentang dengan usaha Anda kerap dicari orang secara online?


Jika jawabannya ya, bermakna Anda perlu beralih ke Google Ads untuk memasarkan produk atau jasa Anda secara digital!


Ketika seseorang mencari suatu hal yang tentang dengan produk atau jasa Anda secara online dan Anda belum memasang iklan online namun kompetitor Anda melakukannya, bermakna Anda menyia-nyiakan kesempatan dan melewatkan kompetitor Anda mengambil alih market berbagi Anda.


Hal ini sebab kemungkinan terbesar, konsumen Anda bakal beralih ke produk yang di tawarkan oleh kompetitor.


Sudah saatnya Anda beralih ke Google Ads dan menggapai kesempatan yang untung dan buat usaha Anda lebih unggul berasal dari kompetitor.


Meson adalah Digital Marketing Agency di Jakarta yang bisa menunjang Anda dalam membuat campaign melalui Google Ads untuk menggapai target usaha Anda. Hubungi kita untuk konsultasi tentang Google Ads.


Related Articles :

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page