Ingin Membuat Facebook Ads Ikuti Cara Lengkap Ini

 Home » Cara Membuat Facebook Ads dari A-Z


Sebelum studi Facebook Ads, wajib diketahui bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang pengguna Facebook terbesar keempat di dunia sesudah India, Amerika Serikat, dan Brasil. Berdasarkan data yang dirilis KataData, Indonesia menyumbang 130 juta pengguna aktif Facebook pada tahun 2017. Artinya lebih dari setengah penduduk Indonesia manfaatkan Facebook.


Sebagai pemilik bisnis, apa yang terlintas dalam anggapan Anda saat memandang banyaknya orang Indonesia yang manfaatkan Facebook? Ya, benar. Anda sanggup manfaatkan Facebook untuk keperluan kanal marketing Anda. Anda sanggup menjangkau lebih dari setengah penduduk Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke manfaatkan satu platform saja.


Apa itu Facebook Ads

Facebook Ads adalah sarana beriklan yang dimaksudkan kepada pengguna Facebook sebagai audiens nya. Penempatan iklan umumnya berada pada teras atau sidebar. Terdapat sebagian macam iklan yang disajikan oleh Facebook Ads. Jika dicermati dari bentuknya terkandung iklan video dan iklan gambar. Facebook Ads juga mempunyai sebagian kategori iklan yang dicermati dari tujuannya misalnya, Impression, Traffic, Lead dan lain sebagainya.


Selain dikarenakan kuantitas pengguna aktifnya yang berlimpah dan konsisten meningkat dari tahun ke tahun, Facebook Ads juga mempunyai beragam berlebihan sebagai platform iklan yang andal untuk bisnis Anda. Apa saja berlebihan Facebook Ads? Berikut penjelasannya:


Baca juga: Jenis dan Ukuran Banner Facebook Ads Kelebihan Facebook Ads

Setelah jelas pengertian Facebook Ads, tersebut ini sebagian alasan mengapa Anda wajib beriklan di Facebook.


1. Pengguna Aktif

Pengguna Facebook tidak cuma banyak, tapi juga aktif. Facebook adalah sarana sosial paling aktif ke-2 di Indonesia sesudah YouTube. Orang Indonesia umumnya menghabiskan saat 3 jam 23 menit per hari di sarana sosial buatan Mark Zuckerberg ini.


2. Demografi Beragam

Selain mempunyai pengguna berlimpah yang aktif, demografi pengguna Facebook juga beragam. Berdasarkan laporan We Are Social 2018, 56 % pengguna Facebook adalah laki-laki dan 44 % sisanya adalah perempuan.


Dilihat dari kelompok usia, Facebook juga menawarkan target audience bermacam-macam. Seperti yang sanggup Anda memandang pada grafik di bawah ini, Facebook mempunyai sebaran pengguna dari kelompok usia aktif dari remaja hingga dewasa.


3. Target Spesifik

Dari sekian banyaknya pengguna aktif bersama demografi yang beragam, Anda sanggup menentukan target iklan Anda sespesifik mungkin. Anda sanggup mempersempit target iklan berdasarkan lokasi, usia, hingga minat dan hobi.


4. Jangkauan Organik Facebook Tidak Cukup

Mungkin Anda telah mempunyai fanpage bisnis di Facebook bersama kuantitas follower ribuan atau lebih-lebih puluhan ribu. Sayangnya, kini Facebook menerapkan proses timeline non linear yang seringkali menyebabkan follower Anda terlambat atau lebih-lebih tidak memandang promo dan penawaran yang Anda posting di fanpage. Solusinya? Anda sanggup manfaatkan Facebook Ads. Facebook Ads tidak cuma amat mungkin untuk menjangkau follower Anda, tapi juga meraih follower baru.


Sama bersama Google Ads, Facebook Ads juga menawarkan fitur remarketing. Dengan terdapatnya fitur ini, target audience Anda tidak cuma memandang iklan Anda di Facebook, tapi juga di web dan aplikasi yang bekerja serupa bersama Facebook.


Dengan begitu, Anda sanggup mempertahankan buying intent target audience Anda lewat iklan yang tersebar di Facebook, web dan aplikasi yang bekerjasama bersama Facebook.


6. Efektif untuk Berbagai Tujuan Marketing

Facebook Ads menyediakan beragam pilihan target marketing, dari meraih trafik, mengumpulkan leads, download aplikasi, hingga melakukan pembelian.


Anda sanggup menentukan tidak benar satu dari pilihan target marketing yang paling cocok bersama bisnis Anda. Lebih lengkapnya dapat sekaligus saya bahas di poin beberapa langkah menyebabkan Facebook Ads di bawah.


Baca Juga: Panduan Lengkap Facebook Marketing untuk Pemula


7. Biaya Facebook Ads yang Murah

Dibandingkan bersama channel iklan lainnya, Facebook Ads sanggup dibilang mempunyai cost iklan yang murah. Dengan Rp 10.000,- Anda telah sanggup menyewa iklan di Facebook Ads. Tidak cuma itu, Facebook Ads juga mempunyai fitur pengoptimalan anggaran iklan yang memaksimalkan jangkauan iklan tapi bersama cost yang terjangkau. Jika Anda telah mahir menentukan audiens iklan Anda, Facebook dapat memberi tambahan harga iklan yang sangat murah.


Jenis Facebook Ads

Ada beragam tipe Facebook ads yang sanggup Anda gunakan. Dengan mengetahuinya, Anda sanggup menilai tipe manakah yang paling tepat untuk mendongkrak bisnis Anda.


Berikut tipe Facebook ads dan ulasannya.


1. Facebook Photo Ad

Yang pertama, ada Facebook Photo Ad. Jenis Facebook ads ini merupakan yang termudah. Sebab, Anda cuma wajib memberi tambahan foto, tombol CTA, dan juga link.


Facebook photo ad cocok digunakan untuk promosi produk. Karena, perhatian orang-orang dapat segera tersedot pada gambar.


Oleh dikarenakan itu, gunakanlah foto yang powerful, mempunyai resolusi bagus, dan juga menyampaikan pesan bersama tepat. Selain itu, pastikan ukuran yang digunakan telah tepat.


Facebook Photo Ad

Ukuran (px)

Beranda


1080×1350


Kolom Kanan


1200×1200


Artikel Instan


1200×1200


Marketplace


1200×1200


Stories


1080× . Facebook Video Ad

Ingin menyebabkan iklan Anda tidak membosankan? Facebook video ad sanggup jadi solusinya.


Dengan format video, iklan Anda sanggup capai sebagian tujuan. Untuk menunjukkan product dan layanan, menarik perhatian bersama cepat, dan juga mengarahkan calon pelanggan ke action tertentu.


Berapa lamakah durasi yang disajikan untuk Facebook video ad? Simak tabel berikut.


Facebook Video Ad

Durasi Maksimal (menit)

Facebook Feed Marketplace Beranda Messenger . Slideshow

Jika Anda inginkan mengiklankan beragam product atau sarana dalam sekali postingan, slideshow adalah langkah yang tepat. Anda sanggup mengombinasikan gambar, video, teks, hingga nada supaya informasi yang tersampaikan lebih maksimal.


Facebook memberi tambahan Anda kesempatan menyebabkan slideshow ad bersama kuantitas 3 hingga 10 gambar. Selain itu, Anda juga sanggup memberi tambahan pengaruh sendiri pada gambar, lho!


4. Carousel

Berikutnya, ada carousel. Sekilas, bisa saja tipe Facebook ads ini agak serupa bersama slideshow. Namun, memang ada perbedaan yang memadai besar. Mari memandang semisal carousel ad tersebut ini.


Pada slideshow, satu per satu gambar dapat nampak secara bergantian pada satu tampilan. Sedangkan carousel sanggup segera menampilkan deretan gambar dalam satu tampilan.


Menariknya lagi, Anda sanggup menyematkan tombol CTA pada tiap tiap gambar. Itu artinya, kesempatan untuk meraih konversi dari beragam promosi product dapat semakin lebar. Menarik, bukan?


5. Instant Experience

Berbeda bersama tipe Facebook ads sebelum-sebelumnya, instant experience dibuat untuk mengoptimalkan promosi pada seluler. Dengan instant experience, audiens dapat meraih iklan yang lebih interaktif.


Cara kerjanya serupa bersama iklan pada stories Instagram. Audiens sanggup melakukan swipe, menggeser gambar, melihat video, dan banyak lagi. Apalagi bersama tampilan iklan yang full-screen, pastinya promosi jadi lebih menarik.


6. Koleksi

Koleksi adalah tipe Facebook ads yang masih berhubungan bersama instant experience. Sebab, umumnya koleksi tampil bersama instant experience. Lebih jelasnya, mari memandang semisal di bawah ini.


Koleksi sanggup tampil secara full-screen pada seluler. Audiens dapat mendapatkan katalog product sejalan bersama foto ataupun video yang Anda tampilkan. Tentunya, ini memudahkan audiens dalam mempelajari penawaran Anda. Selain itu, konversi pun jadi lebih cepat dilakukan.


Cara Membuat Halaman di Facebook

Tahap pertama yang Anda melakukan saat studi Facebook Ads pertama kali adalah menyebabkan halaman di Facebook khususnya dahulu. Jika Anda belum mempunyai halaman di Facebook, tersebut adalah langkah menyebabkan halaman di Facebook:


1. Buka Facebook Pages

Buka Facebook Pages kemudian menentukan tipe halaman yang melukiskan bisnis Anda.


2. Pilih Kategori

Pilih kategori dan masukkan nama perusahaan Anda, kemudian klik tombol Memulai


3. Lengkapi Informasi

Isi alamat dan nomor telepon. Anda sanggup mengatur untuk tidak menampilkan informasi alamat dan nomor telepon.


4. Unggah Foto Profil

Masukkan Foto Profil untuk halaman Facebook Anda


5. Unggah Foto Sampul

Tambahkan Foto Sampul halaman Facebook Anda


6. Selesai!

Sekarang Anda telah mempunyai halaman di Facebook. Langkah sesudah itu adalah menyebabkan Facebook Ads.


Cara Membuat Iklan di Facebook Ads

Setelah menyebabkan halaman di Facebook, kini Anda telah sanggup mulai menyebabkan iklan di Facebook Ads. Berikut adalah langkah menyebabkan iklan di Facebook Ads:


Buka laman Facebook Ads Manager. Pastikan Anda telah login ke akun Facebook yang Anda manfaatkan untuk menyebabkan halaman di Facebook sebelumnya.


2. Pilih Pembuatan Iklan Terpandu

Buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Facebook dapat memberi tambahan dua pilihan menyebabkan iklan, yaitu Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat. Saran saya sebaiknya menentukan Pembuatan Iklan Terpandu supaya iklan Anda lebih spesifik.


3. Tentukan Tujuan Iklan

Selanjutnya, memastikan target iklan yang inginkan Anda capai. Facebook menyediakan target iklan dalam tiga kategori berbeda, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.


Kesadaran


Kesadaran Merek: Meningkatkan merk awareness Anda dan menjangkau orang-orang yang bisa saja besar tertarik


Jangkauan: Menampilkan iklan Anda pada kuantitas maksimal dari orang cocok bersama anggaran Anda


Pertimbangan


Lalu lintas/Trafik: Meningkatkan kuantitas kunjungan ke web Anda atau meraih banyak pengguna untuk aplikasi Anda.


Interaksi: Pilihan ini tepat jika Anda inginkan meraih hubungan pada kiriman, like halaman, respon pada acara yang dapat Anda selenggarakan atau untuk promo tentang product Anda.


Pemasangan aplikasi: Tujuan iklan ini berfungsi bagi Anda yang inginkan orang lain menginstal aplikasi yang Anda buat.


Penayangan video: Jika Anda menyebabkan konten berbentuk video, pilihan ini wajib dipilih untuk meraih lebih banyak orang melihat video yang Anda buat.


Pembuatan prospek: Untuk mengumpulkan data dari orang yang mempunyai ketertarikan pada product Anda, data tersebut sanggup berbentuk alamat email


Pesan: Mengajak target audience untuk mengirim pesan ke bisnis Anda di Messenger atau WhatsApp


Konversi


Konversi: Untuk Anda yang inginkan menaikkan kuantitas orang yang berbelanja bersama melakukan pembelian product pada web Anda.


Penjualan katalog produk: Menampilkan iklan tentang product katalog Anda cocok bersama target yang ditentukan.


Kunjungan toko: Jika Anda mempunyai toko offline atau toko fisik, silahkan menentukan anggota ini untuk menaikkan pelanggan mengunjungi toko Anda


4. Klik Tujuan Iklan Anda

Pertimbangkan target iklan mana yang paling cocok untuk Anda. Di tutorial Facebook Ads ini yang saya menentukan adalah target selanjutnya lintas/trafik


5. Pilih Jenis Iklan Facebook

Facebook menyediakan dua tipe pilihan iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Anda wajib menentukan tidak benar satu. Dua tipe iklan facebook tersebut tidak sanggup digunakan bersamaan.


Di tipe iklan Uji Split, Anda dapat diminta menyebabkan dua iklan bersama konten yang mirip, yaitu konten A dan konten B. Target audience Anda dapat dibagi jadi dua dan dapat memandang iklan yang berbeda. Dengan begitu Anda sanggup memandang konten iklan mana yang lebih menarik lebih banyak trafik.


Sayangnya, tipe iklan uji split memerlukan dana dua kali lipat dibandingkan tipe pengoptimalan anggaran. Di tutorial ini saya menentukan tipe iklan ke-2 dikarenakan lebih cocok untuk pemula.


Pada langkah ini Anda juga wajib menentukan anggaran iklan. Anda bebas menentukan anggaran iklan Anda di Facebook Ads. Di tutorial ini kita memasukkan anggaran sebesar 1 juta rupiah.


Anda pasti inginkan jelas kan bagaimana anggaran 1 juta itu dapat digunakan?


Secara sederhana, dana dapat digunakan cocok bersama tipe iklan yang digunakan. Perhitungan cost berdasarkan pada tipe industri dan persaingan bid yang terjadi.


Inilah sebagian tipe iklan Facebook:


* CPC (Cost Per Click)

CPC adalah tipe pembayaran iklan berdasarkan banyaknya klik yang dilaksanakan pengguna Facebook pada iklan Anda. Jika Anda inginkan trafik, tipe iklan inilah yang paling sesuai. Sebab, iklan yang diklik otomatis dapat mengarahkan pengunjung ke web Anda. Kuncinya, manfaatkan CTA yang efisien layaknya “Pelajari lebih lanjut” atau “Dapatkan sekarang”.


* CPM (Cost Per Mille)

Sesuai namanya, cost CPM dihitung per 1000 penayangan iklan. Bisa dikatakan serupa bersama penayangan di sarana elektronik lain. CPM cocok untuk Anda yang inginkan menaikkan merk awareness. Kenapa demikian? Berbeda bersama CPC, iklan tidak secara otomatis mengajak pengunjung ke website.


* CPV (Cost Per View)

Iklan Anda berbentuk video? CPV adalah tipe cost iklan per satu kali lihat. Jenis iklan ini cocok untuk product yang lebih menarik ditampilkan lewat video. Perlu diingat, informasi iklan wajib singkat dan jelas. Sebab, cost dapat juga per satu kali nampak dalam durasi 10 detik.


* CPA (Cost Per Action)

Perhitungan CPA berdasarkan transaksi yang terjadi di web Anda. Tidak selalu berbentuk transaksi pembelian. Bisa berbentuk registrasi keanggotaan (member), langganan newsletter, atau download ebook. Untuk menerapkannya, dapat ada Facebook Pixel yang bekerja mengamati kesibukan online pengguna Facebook di web Anda.


* CPL (Cost Per Like)

CPL merupakan tipe perhitungan cost iklan berdasarkan banyaknya like untuk halaman Facebook Anda. Jenis iklan ini cocok bagi bisnis baru yang mempunyai tujuan untuk menaikkan merk awareness, layaknya halnya CPM.


6. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik


Tulis nama iklan Anda supaya Anda sanggup mengecek performa iklan-iklan di FB Ads. Kemudian menentukan target trafik Anda inginkan diarahkan ke mana. Anda sanggup mengarahkan trafik atau selanjutnya lintas ke website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp.


Jika Anda tengah menggerakkan promo di bisnis Anda, centang pilihan promo untuk menampilkan promo tersebut.


8. Tentukan Target Audience

Seperti yang saya sebutkan di awal artikel, Anda sanggup menentukan spesifikasi target audience Anda berdasarkan segi di bawah ini:


Pemirsa Khusus: Anda sanggup mengatur untuk menjangkau orang-orang yang pernah berhubungan bersama Anda baik secara online maupun offline. Anda sanggup mengarahkan iklan kepada orang-orang yang pernah mengunjungi web Anda, berinteraksi di konten halaman Facebook Anda, hingga orang-orang yang pernah menelepon Anda.


Lokasi: Anda sanggup menentukan wilayah dari target. Masukkan satu atau lebih banyak negara, negara bagian/wilayah, kota, kode pos, alamat, atau Designated Market Areas ® untuk menampilkan atau mengecualikan iklan Anda kepada orang dalam wilayah ini. Penargetan wilayah belum ada di seluruh negara.


Umur: Jika product yang dapat Anda iklankan berdasarkan rentang usia tertentu, Anda sanggup menentukan target berdasarkan usia, seandainya orang bersama usia tahun. Silakan sesuai bersama product yang dapat Anda iklankan.


Jenis Kelamin: Anda juga sanggup menentukan iklan yang dapat ditampilkan cocok bersama tipe kelamin, jika product tertentu wanita artinya Anda sanggup menentukan pilihan tertentu wanita saja atau sebaliknya. Selain itu juga sanggup dipilih keduanya.


Bahasa: Jika Anda telah menentukan satu wilayah bersama bhs yang sama, biarkan ini kosong jika penonton yang Anda targetkan manfaatkan bhs yang tidak lazim digunakan di wilayah yang telah Anda pilih


Penargetan Terperinci: Bagian ini untuk target iklan yang lebih rinci, layaknya lokasi, minat, perilaku dan kategori lainnya. Silakan untuk menentukan yang cocok bersama product yang Anda iklankan


Koneksi: Pilihan ini berfungsi jika Anda inginkan menampilkan iklan ke orang-orang yang telah mengakses ke halaman, aplikasi atau acara Anda. Sehingga iklan Anda sanggup dicermati oleh orang yang telah pasti mempunyai ketertarikan pada product Anda. Ini dapat mempersempit jangkauan Anda bersama menyertakan orang-orang yang cuma mempunyai hubungan tertentu tersebut, yang juga memenuhi kategori penargetan lainnya yang telah Anda pilih


9. Tentukan Penempatan


Untuk menentukan penempatan iklan Anda yang inginkan ditampilkan, di sini kita menentukan Penempatan Otomatis. Pilihan ini lebih baik dikarenakan Facebook otomatis dapat menampilkan iklan di tempat-tempat yang mempunyai kinerja paling baik.


10. Pilih Jadwal

Tentukan berapa lama iklan Anda dapat ditampilkan. Di tutorial ini saya menentukan untuk menjadwalkan iklan selama satu bulan.


11. Pilih Format Iklan

Terdapat lima tipe format iklan yang sanggup Anda pilih, yaitu sebagai tersebut ini:


Karosel: Tampilan iklan bersama 2 atau lebih gambar atau video yang sanggup digeser.


Gambar Tunggal: Tampilan iklan bersama 1 gambar.


Video Tunggal: Iklan bersama sebuah video.


Tayangan Slide: Iklan bersama gambar atau video slide hingga 10 gambar


Koleksi: Iklan sanggup berbentuk gabungan gambar dan video.


Pada tutorial ini kita menentukan Format Karosel bersama gambar yang sanggup digeser.


12. Buat Teks

Pada anggota ini tulis uraian iklan Anda. Buatlah uraian yang menarik dan singkat supaya audience Anda sanggup segera jelas target iklan Anda.


13. Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan Tautan

Pilih gambar yang cocok bersama uraian iklan Anda. Setiap format FB Ads memerlukan ukuran gambar berbeda. Ukuran gambar masing-masing format iklan sanggup Anda memandang di anggota akhir artikel ini.


Tambahkan judul iklan yang menarik perhatian target audience. Masukkan juga link atau tautan yang dituju.


14. Cara Bayar Iklan Facebook

Anda sanggup melakukan pembayaran lewat kartu kredit atau kartu debit. Setelah Anda melakukan pembayaran Facebook dapat mereview iklan Anda dan dapat segera menampilkannya jika telah memenuhi seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku.


Ukuran Gambar FB Ads

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, tiap tiap format iklan di FB Ads memerlukan gambar yang berbeda-beda ukurannya. Berikut ukuran gambar yang cocok untuk masing-masing format iklan:


Single Image (Gambar Tunggal)

Ukuran Gambar: 1,200 x 628 pixels


Ukuran Facebook plus Instagram Stories: 1,080 x 1,920 pixels


Rasio Gambar: 9:16 to 16: 9 (cropped to 1.91:1 jika ada tautan)


Carousel (Karosel)

Ukuran Gambar: 1,080 x 1,080 pixels (30MB max)


Rasio Gambar: 1:1 (persegi)


Slideshow (Tayangan Slide)

Ukuran Gambar: 1,280 x 720 pixels


Rasio Gambar: 16:9, 1:1, or 2:3


Format Video: .mov or .mp4 file types


Single Video (Video Tunggal)

Format Video : .mp4, .mov, plus .gif adalah yang paling ideal


Aspek Rasio: 9:16 to 16:9 (Rasio idealnya terkait pada penempatan iklan)


Resolusi: sedikitnya 600 pixels width (pilih resolusi paling tinggi untuk ukuran file plus segi rasio yang Anda pilih)


Ukuran File: maksimal 4GB


Durasi Video (Facebook): 1 detik hingga 240 detik


Durasi Video (Instagram) : 1 hingga 60 detik


Panjang Video untuk Instagram dan Facebook: 1 hingga 15 detik


Kesimpulan

Facebook Ads adalah platform iklan efisien untuk memperluas pasar Anda. Maksimalkan potensi FB Ads untuk meraih lebih banyak konsumen. Untuk tutorial Facebook Ads selengkapnya, kita juga telah mempersiapkan ebook yang sanggup Anda downlod. Selamat mencoba!


Subscribe Sekarang

Dapatkan banyak ragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online segera lewat e-mail Anda. Subscribe saat ini dan capai keberhasilan bersama kami!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page