Ketahui Ini Dulu Sebelum Mulai Belajar Google Adwords

 AdWords, bukan hal yang asing lagi di dunia Teknologi Informasi (IT). AdWords adalah sebuah iklan digital yang dapat dibuka semua orang tetapi sifatnya berbayar.


Apa anda membuka bisnis di internet? Maka promosikanlah produk-produkmu lewat AdWords!


Belum menyadari langkah memakai AdWords? Adwords itu lumayan mudah. Kamu dapat studi Google Adwords sendiri atau studi di suatu area kursus, seandainya Babastudio.


Di tulisan ini, Babastudio akan menyatakan perihal Google AdWords tetapi belum hingga tahapan teknis, seperti langkah membuat iklan. Setidaknya anda akan punya ilmu perihal apa itu AdWords.


Penjelasan teliti perihal AdWords lumayan panjang dan pada tulisan ini Babastudio akan merangkumnya untukmu dari beraneka sumber.


Ayo kita mulai.


Apa itu AdWords?


Google AdWords adalah sebuah platform periklanan online yang dikembangkan oleh Google, perusahaan search engine (mesin pencari) terbesar di dunia. Siapa saja dapat beriklan di platform tetapi mereka perlu membayar.


Pada 24 Juli 2018, nama Google AdWords beralih jadi Google Ads. Namun selamanya saja tersedia yang menyebutnya AdWords saja.


Apa saja yang dapat ditampilkan di platform ini? Banyak.


Pengiklan dapat menampilkan iklan singkat, penawaran layanan, daftar produk, konten video, hingga pemasangan aplikasi seluler didalam jaringan iklan Google ke web site pengguna.


Sistem Google Ads beberapa didasarkan pada cookie dan beberapa pada keyword (kata kunci) yang ditentukan oleh pengiklan. Sama seperti SEO, Google Ads terhitung memakai kata kunci.


Google memakai karakteristik ini untuk menempatkan salinan iklan pada halaman yang menurut mereka relevan. Pengiklan baru membayar sementara pengguna mengalihkan penjelajahan mereka untuk mengeklik salinan iklan. Situs web site mitra menerima beberapa dari penghasilan yang dihasilkan.


Dari platform ini, Google beroleh penghasilan yang amat besar.


Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sementara iklan diklik maka pengiklan membayar dan Google menerima pembayaran tersebut. Ini yang dinamakan pay-per-click (PPC), sehabis tersedia klik baru bayar.


Iklan digital ini sudah merambah ke semua dunia, dari yang bersifat lokal, nasional, hingga internasional.


Saat memakai Google Ads, anda akan menemui beraneka istilah yang perlu dipahami, seperti pay-per-click (PPC), cost-per-acquisition (CPA), dan tetap banyak lagi. Jika anda baru terasa studi Google AdWords maka istilah-istilah itu dapat membingungkan.


Untuk sementara ini anda tak perlu membayangkan istilah-istilah itu dulu, yang penting anda menyadari pernah apa itu AdWords dan apakah AdWords itu berfungsi untuk bisnis.


Awal Mula Google AdWords

Kapan Google terasa meluncurkan platform ini?


AdWords terasa diluncurkan pada th. 2000.


Pada awalnya, pengiklan AdWords membayar sarana bulanan, dan Google akan mengatur dan mengelola campaign mereka.


Lalu untuk mengakomodasi bisnis kecil dan mereka yang menginginkan mengelola campaign mereka sendiri, Google langsung memperkenalkan portal sarana independen AdWords. Pada th. 2005, Google memulai sarana campaign management yang disebut Jumpstart.


Pada th. 2005, Google meluncurkan Program Google Advertising Professional (GAP) untuk mengesahkan individu dan perusahaan yang merampungkan pelatihan AdWords dan lulus ujian.


Pada th. 2008, Google meluncurkan Google Online Marketing Challenge, latihan akademik di kelas untuk siswa tersier.


Ada lebih dari 8.000 siswa dari 47 negara berpartisipasi didalam tantangan ini pada th. 2008, lebih dari 10.000 siswa dari 58 negara menyita anggota pada th. 2009, lebih kurang 12.000 siswa pada th. 2010, dan nyaris 15.000 siswa dari 70 negara pada th. 2011.


Tantangan ini berjalan tiap tiap th. antara Januari hingga Juni .


Pada April 2013, Google mengumumkan rencana untuk beri tambahan campaign yang ditambah untuk AdWords peranan menopang campaign management melayani pengguna multi-perangkat.


Campaign yang ditambah ini memiliki tujuan untuk menyertakan laporan lebih lengkap perihal pengguna. Namun langkah ini sudah jadi kontroversi di antara pengiklan.


Pada Juli 2016, Google meluncurkan iklan "Showcase Shopping".


Dengan format ini, para penjaja product dapat menentukan apakah mereka akan menampilkan serangkaian gambar yang akan terlihat didalam hasil pencarian yang berkaitan atau tidak. Tentu ini terhitung terjalin bersama dengan beraneka keinginan pencarian dan kata kunci.


Pada bulan Oktober 2017, Google merevisi batas anggaran harian AdWords, yang di awalnya ditetapkan pada maksimum 120% dari anggaran harian yang sudah ditetapkan, hingga maksimum 200%.


Perubahan ini diluncurkan pada hari yang mirip bersama dengan pengumuman itu. Ini membuat kritik dari para profesional pengiklan digital, biarpun Google sesudah itu menyatakan bahwa perubahan ini cuma akan pengaruhi campaign jangka pendek, yaitu kurang dari 30 hari, sementara untuk campaign yang berjalan lebih dari 30 hari, cost lebihnya akan dikembalikan.


Pada tanggal 27 Juni 2018, Google mengumumkan rebranding Google AdWords jadi Google Ads terasa 24 Juli 2018.


Itulah gambaran singkat perihal asal mula Google AdWords dari th. 2000 hingga kini. Dengan sumber kekuatan melimpah, Google Ads selamanya menawarkan smart campaign untuk bisnis kecil yang tidak punya sementara atau sumber kekuatan untuk mengelola campaign iklan digital yang rumit.


Lalu Apakah Google AdWords Patut Dicoba?

Tahukah anda kecuali tak hanya Google Ads tersedia terhitung platform PPC yang lain?


Ada lumayan banyak pesaing Google di bidang ini, diantaranya, Facebook bersama dengan Facebook Ads, Twitter Ads, dan lain-lain. Selain itu mesin pencari Bing dan Yahoo terhitung punya platform iklan digital masing-masing.


Jadi, Google bukanlah salah satu mesin pencari yang bermain di bidang iklan digital.


Namun biarpun sudah lumayan banyak pesaing, dapat dibilang Google AdWords tetap jadi yang terdepan didalam hal menjangkau tujuan audiens .


Google beroleh penerimaan lumayan besar dari bisnis iklan digital gara-gara yang memakai platform ini lumayan banyak.


Meski begitu, tetap tersedia yang sangsi untuk menggunakannya gara-gara beraneka alasan. Apakah anda terhitung tidak benar satu yang ragu?


Berikut ini tersedia 4 alasan mengapa orang sangsi untuk memakai AdWords. Ini terhitung dapat menaikkan wawasan anda sementara terasa studi Google AdWords.


1. Dianggap Terlalu Mahal


“Iklan Google seperti melemparkan uang ke lubang hitam!”


"ROI tidak dapat diraih gara-gara cost yang melonjak."


“Kamu beriklan di Google? HAH! Ucapkan selamat tinggal pada anggaran pemasaran kamu! "


Mungkin tersedia tidak benar satu pengakuan di atas yang pernah terlintas di anggapan kamu.


Kamu tidak tidak benar kecuali berpikir kecuali memakai AdWords butuh investasi tak sedikit supaya iklan dapat sukses. Tapi perlu diingat kecuali beriklan di media lain pun anda akan mengeluarkan cost yang lumayan besar pula.


Apalagi kecuali anda beriklan di media televisi atau radio. Jika dibandingkan bersama dengan keduanya tersedia bisa saja kecuali beriklan di dunia maya, terlebih AdWords, akan jauh lebih murah asalkan anda menyadari caranya.


Ya, bagi yang tetap belum menyadari memakai AdWords umumnya mereka akan melewatkan iklan AdWords berjalan secara otomatis atau melewatkan pihak ketiga, yang terhitung tak berkualifikasi menjalankn AdWords, mobilisasi akunnya.


Kalau sebenarnya demikian, jangan salahkan AdWords kecuali pengeluaran untuk iklan jadi besar. Dengan kata lain, menghamburkan uang.


Berikut beberapa tips yang dapat anda jalankan untuk membuat AdWords lebih murah dan lebih menguntungkan.


* Pelajari langkah menggunakannya.

Ini adalah alasan nomor satu orang umumnya menghamburkan uang - gara-gara mereka belum meluangkan sementara untuk mempelajari AdWords. Sayangnya, ini bukan sistem yang gampang dimengerti dan gampang dipahami. Butuh waktu, belajar, dan pengalaman untuk menyadari seluk beluk AdWords. Kamu perlu studi Google AdWords bersama dengan sepenuh hati. Luangkan sementara untuk membaca, memirsa tutorial, menyadari hal-hal seperti struktur akun, tipe pencocokan, kata kunci negatif, langkah penawaran, dan kecuali Anda amat ambisius, dapatkan sertifikasi AdWords.


* Gunakan tipe pencocokan yang lebih ketat.

Apakah semua tipe pencocokan kata kunci anda bersifat luas? Jika iya maka dapat jadi itu yang membuat cost iklan jadi tinggi. Dengan tipe pencocokan yang lebih luas, iklan anda bisa saja besar akan disajikan kepada penonton yang jauh lebih besar, dan kadangkala tidak relevan, yang mengarah ke klik yang sia-sia. Tidak apa-apa memakai kata kunci pencocokan luas, tetapi pastikan untuk memblokir penelusuran yang tidak relevan, menawar (bid) kata kunci frasa bersama dengan pas untuk beroleh klik yang lebih relevan. Dan jangan lupa memantau secara tertib Search Query Report (laporan Kueri Penelusuran) kamu.


* Tetapkan langkah anggaran & penawaran yang realistis .

Menentukan anggaran dan tawaran dapat jadi pekerjaan yang perlu perhatian ekstra. Petakan seberapa banyak yang dapat anda belanjakan untuk tiap tiap campaign dan tetapkan anggaran harian kamu. Lalu bagaimana bersama dengan penawaran (bid)? Untuk pengiklan yang menyadari anggaran, selamanya direkomendasikan untuk menawar secara manual supaya beroleh pengecekan lebih atas akun sendiri tanpa melewatkan Google yang menjalankannya.


* Pastikan anda tidak menentukan Search with Display .

Bagian ini lebih tehnis tetapi Babastudio akan beri tambahan sedikit tips. Memilih search with display dapat bekerja baik untuk pengiklan yang melacak visibilitas dan branding, tetapi kerap kali pengguna secara membuta menentukan opsi ini dan pada akhirnya bingung gara-gara anggaran mereka amat cepat habis.


Display network menyita iklan anda dan menampilkannya di web, bukan cuma di hasil pencarian. Maksudnya tidak serupa dikala menjelajahi web site bersama dengan jalankan penelusuran, jadi umumnya direkomendasikan untuk mengatasi campaign ini serta punya langkah dan anggaran masing-masing.


* Lacak pembelanjaan.

Ada banyak alasan mengapa pembelanjaan anda jadi tidak terkendali. Mungkin kata kunci yang dipilih membuat klik yang tidak relevan, atau anda memakai penawaran otomatis ( automatic bid ) yang menggunakan anggaran anda bersama dengan cepat. Bisa terhitung gara-gara ada pembaruan algoritma yang membuat pembelanjaan anda meroket. Poin utama di sini adalah anda perlu amat aktif dan meninjau KPI dan pembelanjaan tiap tiap hari. Jika perlu sisihkan sementara lebih kurang 10 menit per hari untuk memeriksa. Jika anda jalankan ini, langkah pembelajaan anda akan lebih terkontrol serta tidak membuang-buang uang untuk klik yang tidak relevan.


2. Lebih Mengandalkan SEO Jadi Tak Perlu PPC


Jika bisnis anda tak punya pesaing, cuma mengandalkan SEO bisa saja dapat berhasil. Tapi di era globalisasi ini nyaris tak tersedia bisnis yang tak punya pesaing.


PPC atau iklan dapat melengkapi apa yang sudah dicapai memakai SEO dan itu dapat menaikkan profitabilitas secara keseluruhan.


Lebih jauh lagi, dikala anda menginginkan menargetkan kata kunci baru didalam pencarian organik, dapat memakan sementara lama supaya konten anda tersedia di peringkat atas - dan kadang-kadang, itu tidak pernah terjadi.


Tetapi anda dapat menargetkan kata kunci baru bersama dengan PPC bersama dengan segera, sesudah itu menentukan bersama dengan amat cepat apakah kata kunci tersebut bermanfaat, untung bagi kamu.


Juga, tipe kata kunci yang tidak serupa bersama dengan tingkat yang tidak serupa pada kemauan mendorong perilaku pencarian yang berbeda. SEO amat bagus untuk penelusuran informasi dan terhitung traffic(lalu lintas).


Tetapi kueri penelusuran yang bersifat komersial tinggi cenderung beri tambahan SERP yang amat tidak serupa bersama dengan lebih banyak iklan. Dan untuk tipe kata kunci yang berpotensi konversi tinggi, iklan kerap kali mengambil beberapa besar klik.


Di mesin pencari lebih-lebih pengguna bisa saja tidak pernah hingga ke hasil organik di anggota bawah halaman.


Pada akhirnya, mengandalkan SEO 100% itu tidak lumayan bagus. Kamu dapat saja mengikuti semua praktek terbaik, tetapi untuk beroleh peringkat teratas tidak tersedia yang dapat menjamin.


Algoritma Google, Penguin dan Panda, konon kurangi lalu lintas organik.


Dengan PPC, pengecekan tersedia di tangan anda Tetapi rumus kemenangan yang sebenarnya adalah mengoptimalkan web site dan konten anda untuk tujuan SEO, sambil menerapkan langkah pencarian berbayar yang efektif.


Apakah Anda sudah jalankan keduanya, tetapi meragukan efektivitasnya?


Cukup periksa laporan berbayar dan organik didalam analisis. Ini akan menopang anda menyadari seutuhnya faedah mengkombinasikan SEO dan PPC kamu.


3. Traffic (Lalu lintas) Yang Didapatkan Dari AdWords Tidak Pernah Berkonversi.


Ini tak selamanya benar. Karena kecuali anda menjalankannya bersama dengan benar maka iklan berbayar anda dapat jadi mesin penghasil konversi, kecuali kecuali bisnis anda sebenarnya sudah tentu gagal gara-gara hal-hal diluar kendali.


Contoh argumen perihal ini tersedia pada berita di bawah ini.


Pada th. 2013 eBay hadapi dilema perihal ini. Mereka membuat klaim berani bahwa Google AdWords tidak berfungsi.


Sebagai tanggapan, mereka menerima banyak reaksi dari para pemasar dan pemilik bisnis yang tertawa di muka mereka dan menganggap tim pemasaran eBay naif dan kurang informasi. Kenyataannya adalah eBay cuma payah pada pencarian berbayar.


Ada beberapa alasan mengapa iklan berbayar tak berjalan semestinya.


* Akun anda terstruktur bersama dengan buruk.

Sering kali pengiklan tidak melihat konversi gara-gara akun tersebut tersedia di “zona bencana”, seperti menargetkan kata kunci yang amat luas, tidak relevan, atau punya quality score (skor kualitas) yang buruk. Ini dapat berjalan gara-gara tidak ada pemblokiran penelusuran yang tidak relevan, dan ad kelompok (grup iklan) dipenuhi bersama dengan istilah yang tidak terkait.


* Anda menyalahgunakan dynamic keyword insertion (penyisipan kata kunci dinamis).

Masalah pada iklan AdWords eBay terlihat jelas, tersedia praktisi yang menyatakan bahwa eBay menyalahgunakan penyisipan kata kunci dinamis. Penyisipan kata kunci dinamis adalah opsi di Iklan Google di mana anda dapat secara dinamis memasukkan kueri yang dicari di Google ke didalam iklan anda untuk membuat iklan serelevan bisa saja dan menaikkan kesempatan klik. Berhati-hatilah kecuali anda belum lama memakai AdWords, anda tak menginginkan mengalami kejadian seperti itu bukan?


* Iklan anda tidak relevan.

Kata kunci yang anda memakai perlu cocok bersama dengan iklan yang anda jalankan. Contohnya, kecuali anda sedang melacak sepasang sepatu kets baru, pastinya anda tak mau diarahkan ke landing page topi bukan? Tips ini bisa saja sudah jelas, tetapi anda tak akan menyadari seberapa banyak yang sudah jalankan kesalahan ini supaya membuat konversi tak berhasil.


* Landing page (laman) yang buruk.

Sama seperti umpama pencarian sepatu di atas, kecuali anda melacak suatu hal tetapi jadi diarahkan ke laman yang tak sesuai, apa anda akan selamanya di sana? Tentu tidak. Karena itu, selamanya arahkan pengguna cocok bersama dengan apa yang sudah ditentukan sebelumnya.


* Tidak jalankan remarketing.

Remarketing, apa itu? Apa anda pernah seperti “dihantui” iklan yang terus menerus terlihat sementara surfing di internet? Ini yang disebut bahwa anda terkena remarketing, anda pernah ke sebuah web site tetapi di saat-saat akhir tak jalankan submit atau apa pun yang menghasilkan konversi untuk web site itu. Remarketing dapat jadi pengingat bagi mereka yang pernah mengunjungi sebuah web site web. Remarketing dapat terhitung memperkuat merek atas product atau layanan.


4. Alasan Tidak Punya Waktu Untuk Mengelolanya.


Jika anda beralasan tak punya sementara untuk memeriksa campaign yang sedang berjalan maka jangan salahkan siapa-siapa sementara anda menyadari cost iklan meroket. Jika anda tak punya sementara mengelolanya maka sebaiknya anda tak perlu mengeluarkan cost untuk membuat iklan.


Pelajari, pahami, dan kelola iklan anda maka anda dapat berhasil didalam campaign yang sedang ditunaikan olehmu. Tapi ingat tips-tips yang sudah disebutkan di atas, memakai kata kunci serta konten yang relevan supaya potensi konversi dapat bertambah.


Jadi apakah Google AdWords itu patut dicoba?


Bisa dibilang iya, lebih-lebih kecuali anda mobilisasi bisnis online. Sebenarnya Google AdWords itu adalah iklan yang terjangkau asalkan anda menyadari dan menyadari langkah menjalankannya.


Kamu dapat studi Google AdWords secara independen gara-gara lumayan banyak tutorial di internet. Tapi kecuali anda terasa materi-materi tersebut tetap kurang maka anda dapat studi Google AdWords di area kursus yang mumpuni.


Pilihlah area kursus yang dapat membuatmu menyadari Google AdWords secara mendalam. Babastudio dapat jadi area kursus yang pas untuk itu.


Di Babastudio anda dapat studi Google AdWords dari pengajar yang sudah memiliki pengalaman di bidangnya. Tak perlu sangsi untuk menentukan Babastudio sebagai area untuk menaikkan ilmu komputermu.


NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page