Langkah Tepat Yang Harus Diketahui Untuk Menjadi Social Media Marketing
Teknologi digital saat ini telah sangat berkembang, dimana Indonesia terhitung tengah menyiapkan diri menjadi negara ekonomi digital.
Dalam perihal pemasaran teknologi digital menjadi fasilitas yang baik didalam membangun interaksi bersama costumer di seluruh Indonesia maupun seluruh dunia. Teknologi ini sangat membantu didalam memperoleh feedback dari para konsumen.
Dengan tempat sosial yang semakin gampang untuk di akses, perihal tersebut bisa lebih gampang untuk dilakukan, social marketing bisa pakai aktifitas tempat sosial untuk kepentingan pemasaran.
Seorang social marketing bertanggung jawab untuk menyiapkan konten apa yang menarik untuk di berbagi dan merawat intensitas pengikut yang mengakses terus meningkat.
Adapun yang menarik perhatian adalah pola kerja social marketing di keliru satu platform usaha online yang telah besar di Indonesia. Oleh dikarenakan itu, team lakukan wawancara eksklusif bersama Putri Nindya – Social Marketing, Shopee.
Berikut hasil wawancara kita :
Ada lebih dari satu pertanyaan seputar pekerjaan untuk Mba Putri. Sebelumnya, Mba Putri berapa lama di Shopee?
Sudah dari Maret 2016, sebagai Social Marketing. Pekerjaannya adalah menjadi dari lakukan brainstorming ide – ide. Implementasi dari campaign – campaign yang ada, kita terhitung diskusi bersama tim yang lain dambakan membuat konten apa di social media. Kemudian, membuat briefing , posting, reporting. Pada dasarnya, setiap hari bertugas untuk membuat konten dan menjadwalkan unggahan di social media.
Bagaimana menurut Mba, peluang seorang Social Media Marketing saat ini dan kedepannya?
Secara profesi, Social Media Marketing memadai diminati. Hampir seluruh perusahaan perlu tempat sosial, dikarenakan tempat sosial ini sangat besar pengaruhnya bagi perusahaan-perusahaan yang ada. Tidak hanya perusahaan saja sih, usaha atau penjaja kecil layaknya online shop selalu perlu tempat sosial. Dari tempat sosial, kita bisa membentuk sebuah brand yang terpercaya, lebih dikenal hingga bisa dibeli oleh orang banyak. Social Media Marketing ini menjadi suatu perihal yang mutlak dan kedepannya dapat semakin berkembang. Karena saat ini tempat sosial semakin gila sekali, telah gampang diakses, semakin banyak fiturnya menjadi sangat menjanjikan untuk seluruh bisnis.
Pada sementara bekerja sebagai Social Media Marketing, tantangan apa yang kerap dihadapi?
Tantangannya tentu banyak ya. Media sosial kan yang paling penting, dimana kita bisa berjumpa segera bersama user online. Tantangan yang paling ada problem adalah andaikan kita miliki tujuan dari perusahaan layaknya follower, engagement, dan lain – lain. Jadi interaksi antar kita sebagai perusahaan bersama user tidak boleh alami penurunan tingkatnya. Kita di followers tempat sosial wajib selalu naik, engagement dan komentar terhitung wajib naik, comment wajib naik. Share wajib tinggi. Itu sih yang menjadi tantangan bekerja di tempat sosial.
Apakah ada yang pakai tools atau aplikasi tidak untuk bekerja di Social Media Marketing?
Banyak sih. Tapi seluruh tempat sosialnya dilakukan secara manual. Tapi awalnya kita manual, seluruhnya dilakukan sendiri.
Kalau pekerja Social Media Marketing ini, sistem kerjanya remote atau jadwal kantor?
Jadwal kantor. Kita seluruh pakai jadwal kantor, setiap hari Senin hingga Jumat, menjadi dari pukul 09.30-18.30 WIB. Walaupun Sabtu Minggu terhitung kadang remote. Karena kan kita ada keperluan untuk diskusi bersama tim lain menjadi kita remote.
> Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.
Masalah yang paling kerap dihadapi selama bekerja disini?
Setiap pekerjaan tentu ada masalah. Bukan persoalan sih, tapi perihal yang wajib selalu diperhatikan lebih tepatnya yaitu untuk selalu teliti dan meremehkan kesalahan. Karena andaikan ada kesalahan sedikit pada pekerjaan di tempat sosial, maka dapat cepat dicermati oleh seluruh orang. Jadi itu sih yang wajib dijaga dan memadai sulit. Contohnya layaknya merawat account Instagram, ada ada problem untuk manage account tempat sosial ini didalam satu gadget layaknya handphone misalnya. Ketika kita mengunggah sesuatu untuk account privat bersama account Shopee, maka itu menjadi sebuah kesalahan. Oleh karenanya, kita wajib selalu cek ulang sebelum saat update, apakah ini telah di account Shopee atau justru account pribadi. Ditambah lagi, Shopee terhitung tidak hanya miliki satu akun. Ada banyak channel account tempat sosial Shopee, menjadi kita miliki tugas untuk menyimak perihal tersebut lebih jeli.
Problem lainnya adalah up to date dapat trend terkini. Kita benar benar memantau terus apa yang tengah trending di tempat sosial. Misalnya, saat ini ini ada 10 Year Challenge viral, Shopee terhitung bikin.
Untuk menjadi Social Media Marketing, wajib studi apa sih?
Saya justru terhitung enggak miliki basic untuk social tempat marketing. Jadi saya benar benar studi di Shopee sementara pertama kali bekerja disini. Sebenarnya gampang gampang susah. Karena bicara soal tempat sosial, siapa sih yang tidak mengenal tempat sosial saat ini ini? Media sosial sendiri telah menjadi perihal yang sangat dekat bersama kita. Tetapi, bagaimana cara kita bisa mengoptimalkan fungsi tempat untuk bisa mendatangkan keuntungan ulang pada kita. Kita wajib tau bagaimana tujuan market kita, konten layaknya apa sih yang cocok bersama market kita. Sementara, untuk bahasa penulisan caption saja telah banyak yang berlainan beda, menjadi kita wajib menyadari betul basic marketing tentang tujuan segment kita. Lebih lagi, kita terhitung wajib bisa menganalisa information dari sebuah postingan. Bukan hanya cuman menentukan tulisan yang bagus, upload, kemudian selesai. Tetapi, kita terhitung wajib bisa studi menganalisa data. Dari information tersebut kita bisa tentukan, mana yang bagus dan buruk. Mana yang tidak wajib kita lakukan lagi, mana yang bisa kita pakai dan kita adaptasi bersama perubahan-perubahan tertentu.
Bisa kasih gambaran, nama industri yang berpeluang untuk bekerja sebagai Social Media Marketing?
Semua industri yang bergerak dibidang teknologi tentu perlu social tempat marketing. Seperti E-Commerce lebih-lebih yang perlu pengelolaan tempat sosial yang baik. Kemudian, brand – brand layaknya smartphone Oppo, Vivo, dll. Industri kreatif juga, hampir seluruh sih.
Ini sedikit privasi. Rata-rata range pendapatan/gaji seorang Social Media Marketing berapa ya? Ada perbedaan junior atau senior begitu tidak?
Ada, sementara pertama kali masuk. Untuk range gajinya, mungkin menjadi dari 4,5 juta kali ya. Kalau yang paling tinggi, umumnya bergantung dia nya telah berada di level pekerjaan apa. Biasanya jika selevel manager, dia telah tidak hanya bahas unggahan tempat sosialnya saja. Mungkin, gajinya sekitar ±15 juta.
Untuk menjadi Social Media Marketing, wajib menjadi lulusan IT ga sih?
Oh tidak. Saya justru lulusan Broadcasting. Tapi kawan saya yang lain umumnya lulusan Ilmu Komunikasi dan ada terhitung yang DKV. Media sosial itu kan terhitung berhubungan bersama visual.
Pengalaman kerja yang paling susah?
Yang paling ada problem adalah buat konten yang viral. Karena kalauviral itu justru yang tidak kita rencanakan itu yang dapat meledak. Contohnya layaknya jingle Shopee Shark, jika ada yang dulu dengar ya. Jingle itu memadai meledak dan di tempat sosial terhitung banyak yang bahas.
Ada panduan tidak Mba untuk pekerja Social Media Marketing disaat buntu atau kehabisan ide?
Sebenarnya jika membahas creative work, di seluruh divisi tentu dulu mengalami kehabisan ide. Saran saya adalah lebih melacak referensi-referensi baru, terhitung di tempat sosial. Karena di tempat sosial, banyak sekali akun-akun yang bisa dijadikan bahan referensi. Jangan hingga didalam melacak ide, kita hanya terpaku pada satu atau dua account saja. Tidak. Kita wajib melacak referensi sebanyak mungkin. Pokoknya kita wajib bahagia melihat, bahagia menyimak dan bahagia melacak hal-hal yang unik, asalkan bisa dirubah sedemikian rupa sehingga menjadi lebih orisinil. Kita wajib pintar-pintar mengimplementasikan ide tersebut sehingga keluar layaknya ide itu adalah milik kita.
Kalau ulang ke jaman kuliah, training atau semacamnya, keahlian apa sih yang dikehendaki lebih dikuasai untuk bidang Social Media Marketing?
Saya rela studi bagaimana caranya membuat account tempat sosial yang cocok bersama target. Kita, pada dasarnya, wajib tau cara menyesuaikan pada konten bersama tujuan sasaran. Karena didalam tempat sosial itu banyak sekali percobaan, segala trial plus error kerap banget terjadi. Kemauan untuk lakukan berbagai macam percobaan itulah yang mestinya saya miliki sejak dulu. Sama halnya, cara membuat konten dan menyadari bagaimana sebuah tulisan dapat keluar lebih optimal layaknya perihal yang teknis semacam kuantitas tulisan didalam unggahan dan layaknya Instagram dan Facebook, yang jika di Shopee itu online marketing kita terpisah bersama tempat sosialnya, sebetulnya saya tidak cukup menyadari bagaimana Aplikasi itu berjalan. Itu sih yang saya berharap untuk saya kuasai.
Apa yang Mba Putri berharap untuk diajarkan di kuliah tentang Social Media Marketing?
Belajar membuat konten. Bagaimana cara membuat konten yang baik untuk tempat sosial.
Jika Mba Putri bisa menentukan partner, apa 3 perihal yang dikehendaki dimiliki oleh partner Mba didalam bekerja sebagai Social Media Marketing?
Pertama adalah teliti. Karena tempat sosial itu benar benar dapat dicermati banyak orang. Pengalaman saya sementara ada ketidaktelitian, justru yang menyadarinya bukan saya. Tetapi orang lain yang diluar Shopee yang mengingatkan saya layaknya kesalahan ketik (typo). Kesalahan kecil apa pun di tempat sosial dapat cepat disaksikan orang lain. Walaupun kita cepat menghapusnya, selalu saja mungkin ada yang lebih cepat screenshot kesalahan tersebut, itu sangat riskan. Oleh karenanya, kita wajib cek berulang-ulang kali dan teliti.
Kedua adalah inisiatif, orang jika tidak miliki permohonan sendiri untuk studi dan melacak perihal baru, kontennya dapat membosankan dan itu-itu melulu.
Ketiga wajib miliki rasa dambakan menyadari yang besar, seorang social tempat marketing wajib selalu mengikuti hal-hal baru dan selalu penasaran bersama apa yang tengah trending dan viral sehingga bisa kita implementasikan ke perusahaan.
Ada sisi lain tidak dari Mba Putri sebagai seorang social tempat marketer, mungkin ada hobi lain?
Sebenarnya saya justru bahagia menulis blog dan bahagia baca buku. Menulis blog telah memadai lama dan terhitung dulu turut gabung ke komunitas blogger. Blog saya isinya seputar daily life sih, tentang keseharian saya bagaimana bekerja di Shopee, pengalaman kuliah terhitung dulu saya tulis. Saya terhitung kerap menjadi freelance penulis artikel atau menjadi admin online shop juga.
Komentar
Posting Komentar