Modul Panduan Belajar Seo Dari Nol Bersama Wiblogger Com

 Daftar isi:


Apa itu SEO ?

Ketika kamu melacak Info di internet melalui mesin pencari (search engine), kamu dapat menyaksikan halaman-halaman yang direkomendasikan oleh mesin pencari cocok dengan apa yang kamu ketikkan terhadap form penelusuran.


> Untuk sementara ini, setidaknya ada 3 mesin pencari populer, Google.com, Yahoo.com, dan Bing.com. Pada pembelajaran ini, kita dapat fokus terhadap mesin pencari google dikarenakan ini merupakan mesin pencari paling terkenal untuk sementara ini.


Kembali terhadap contoh penelusuran diatas, sanggup kamu menyaksikan terhadap poin 1, untuk pencarian dengan kata kunci (keyword, atau sanggup termasuk disebut query) "Understanding about SEO for Beginner", ada kurang lebih 2.720.000 halaman yang ditampilkan terhadap hasil penelusuran (poin 2). Pertanyaannya, satu diantara 2.720.000 halaman ini, apa yang membawa dampak suatu halaman di tempatkan terhadap posisi paling atas atau minimal muncul terhadap halaman pertama? (poin 3), Jawabannya adalah SEO yang kuat. Sederhananya, SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik atau metode yang diterapkan untuk membawa dampak suatu halaman web sehingga sanggup tempati posisi sebaik bisa saja terhadap hasil penelusuran mesin pencari tentang dengan query tertentu.


Untuk beroleh pemahaman yang lebih kuat tantang Apa itu SEO, sedikit dapat kita bahas mengenai bagaimana prilaku dan cara kerja mesin pencari. Pemahaman ini merupakan basic mutlak yang kudu dipahami sebelum akan kamu mempelajari lebih jauh mengenai teknik-teknik SEO blog.


Cara Kerja Mesin Pencari

Satu perihal basic yang kudu kamu ketahui bahwa mesin pencari bukanlah manusia. Ini merupakan sebuah mesin yang dibikin dengan algoritma (anggap saja: pola pikir) tertentu untuk sanggup menjelajahi (membaca), menaruh (kedalam database) dan menseleksi halaman-halaman web.


1. Menjelajahi halaman web (Crawls)

Pertama, mesin pencari dapat melaksanakan crawls (menjelajahi) untuk menyaksikan "Apa yang ada" di dalam sebuah halaman web. Kegiatan ini dijalankan dengan Crawler atau Spider. Dengan kata lain, ini dijalankan oleh software. Untuk mesin pencari google, software ini disebut Googlebot. Kegiatan ini adalah bagian di mana mesin pencari menemukan halaman-halaman baru yang dapat dimasukkan kedalam index (koleksi data) mereka.


Anda bisa saja dapat menanyakan bagaimana software ini sanggup menjelajahi milyaran halaman web yang ada di internet?! Perayapan ini terhadap perinsipnya memakai link-link (tautan) yang terdapat terhadap sebuah halaman. Crawler ini dapat ikuti (membuka) setiap link yang terdapat terhadap suatu halaman dan dapat membawa mereka terhadap halaman-halaman lainnya yang saling membuka (dengan link). Anda sanggup membaca lebih lanjut mengenai ini terhadap halaman Googlebot.


Pada halaman ini (dan beraneka materi SEO yang dapat kamu jumpai), kamu dapat menemui istilah-istilah tentang kata index. Beberapa variasi dari kata ini adalah layaknya di-index, ter-index, de-index dan lain sebagainya. Sebagai blogger baru, lumrah kalau ada yang masih bingung dengan maksud kata ini.


Perhatikan beberapa contoh penerjemahan selanjutnya untuk paham maksud dari kata index yang dapat kamu temui terhadap materi-materi tentang mesin pencari.


* Halaman udah di-index google: Ini artinya, halaman udah berada atau sanggup ditemukan terhadap hasil pencarian google.

* Halaman belum di-index google: Ini artinya, halaman belum berada atau tidak sanggup ditemukan terhadap hasil pencarian google.

* Halaman udah di de-index google: Ini artinya, halaman udah dihapus dari hasil pencarian google (sebelumnya halaman ini udah di-index, tapi dikarenakan alasan tertentu, google mengapus halaman dari index mereka).


Dari beberapa contoh diatas, arti kata index sanggup kita katakan sebagai Koleksi knowledge google yang dapat mereka tampilkan terhadap penelusuran.


2. Mengindex halaman web

Setelah mereka beroleh halaman-halaman baru dari proses crawler, selanjutnya adalah memasukkan halaman selanjutnya kedalam index mereka (dalam sebuah database besar). Adapun knowledge yang diambil oleh crawler ini terhadap dasarnya adalah berbentuk teks yang terdapat terhadap halaman. Tidak layaknya manusia, dikarenakan crawler ini cuman sebuah mesin, mereka tidak sanggup menyaksikan layaknya apa yang sanggup diamati dan dirasakan oleh manusia. Sebut saja layaknya seandainya seberapa bagus desain suatu halaman, seberapa tinggi nilai seni yang terdapat terhadap suatu gambar dan lain sebagainya, mereka tidak sanggup merasakan perihal semacam itu. Oleh dikarenakan itu, di dalam mengoptimasi SEO blog, kebanyakan para pelaku SEO dapat tekankan mutu konten teks.


3. Menganalisa isi/konten halaman web

Ketiga, sehabis halaman udah berada terhadap index mereka, halaman-halaman ini sesudah itu dapat diproses. Proses ini terhadap prinsipnya memiliki tujuan untuk memilih "Tentang Apa" yang disampaikan terhadap halaman-halaman tersebut. Pada awalnya, tidak cukup lebih proses penentuan ini adalah dengan cara menganalisa kata-kata/kalimat yang terdapat terhadap masing-masing halaman. Dalam mengambil keputusan tingkat relevansi (kesesuaian) mengisi halaman terhadap query tertentu, mesin pencari punyai metode penilaian sendiri. Hasil akhir dari proses ini tidak cukup lebih dapat beri tambahan (anggaplah) Score Relevansi untuk masing-masing halaman terhadap query tertentu. Score relevansi ini berbentuk dinamis. Dengan kata lain, Score Relevansi ini sanggup berubah-ubah, bergantung algoritma dan beberapa knowledge update yang didapat oleh mesin pencari sebagai parameter-parameter penentuan lainnya.


4. Menampilkan halaman yang Paling Relevan terhadap hasil penelusuran

Terakhir, dikala kamu melacak Info dengan query tertentu. Halaman yang dapat ditampilkan terhadap hasil penelusuran yang kamu melaksanakan adalah halaman-halaman yang diakui mesin pencari sebagai halaman yang paling relevan dengan query yang kamu gunakan.


Kita paham bahwa hasil penelusuran ini terhadap kebanyakan dapat menampilkan banyak sekali halaman web yang (dianggap) relevan. Disini, halaman yang beroleh score relevansi paling tinggi terhadap query yang kamu memakai dapat ditampilkan terhadap urutan/daftar paling atas.


Peranan SEO di dalam pembangunan sebuah website/blog

Salah satu cara mengenai bagaimana seseorang sanggup hingga ke blog kamu adalah dengan melalui mesin pencari. Mesin pencari merupakan perantara (yang paling berpotensi) untuk beroleh visitor yang besar. Ini dikarenakan beberapa besar pengguna internet sementara ini udah mengenal (dan mengerti) mesin pencari sebagai sarana pencari Info yang efektif. Oleh dikarenakan itu, sebagai keliru satu pemain di internet (baik itu penyedia informasi, jasa, produk, dan lain sebagainya), kamu sudi tidak sudi kudu perhatikan segi SEO blog anda.


Apakah tidak ada cara lain untuk beroleh pengunjung tak sekedar melalui mesin pencari ?


Ada, banyak malah. Sebut saja seandainya melalui kegiatan promosi di tempat sosial layaknya facebook, twitter dan lain-lain. Namun, untuk beroleh pengunjung melalui tempat sosial, kamu khususnya dahulu kudu punyai followers yang banyak. Selain itu, kuantitas pengunjung yang sanggup didapatkan melalui tempat ini kebanyakan tidak benar-benar besar (kecuali kalau memang kamu berfokus di sini dan membangun jaringan yang besar melalui tempat sosial).


Poin-poin SEO Dasar

Oke, saya dapat mulai belajar SEO, cara awal yang kudu saya pelajari? Sebelum mulai mempelajari bagaimana SEO blog yang baik. Ada satu fakta yang kudu kamu ketahui khususnya dahulu. Pada dasarnya, Tidak ada ilmu (yang benar-benar) tentu mengenai bagaimana cara sehingga baik dimata mesin pencari dan selamanya menjadi nomer satu untuk query-query yang kita kehendaki. Ini dikarenakan google (dan mesin pencari lainnya) tidak mengutarakan secara tentu mengenai bagaimana algoritma yang mereka bikin di dalam memilih score tingkat relevansi halaman. Parameter-parameter yang mereka memakai sebagai segi penentu score relevansi ini termasuk tidak diungkapkan secara tentu dan jelas. Faktanya, antara blogger satu dengan blogger lainnya dapat punyai pemahaman SEO yang berbeda, ini bergantung bagaimana analisa mereka terhadap prilaku google di dalam memilih halaman yang relevan (berdasarkan pengalaman mereka sendiri).


Walaupun demikian, ada beberapa teknik SEO basic yang udah diakui sebagai teknik (yang sanggup dikatakan pasti) yang sanggup diterapkan untuk menaikkan mutu halaman terhadap mesin pencari Google. SEO basic ini cocok dengan halaman dokumentasi Search Engine Optimization Starter Guide Google. Berikut adalah poin-poin SEO basic yang saya ambil dari halaman dokumentasi google tersebut.


Macam-macam SEO

Sekarang, kamu sedikit banyak udah mengenal mengenai Apa itu SEO dan bagaimana cara kerja dari crawler mesin pencari. Sebelum mempelajari lebih jauh mengenai beberapa metode penerapan SEO basic cocok himbauan google diatas, untuk lebih tertatanya, dapat kita ketahui pernah macam-macam SEO diamati dari segi penerapannya. Secara garis besar, ada 2 macam SEO, yaitu SEO On-Page dan SEO Off-page.


SEO On-Page dan SEO Off-Page ini merupakan 2 makna yang digunakan untuk mengkategorikan style metode SEO yang diterapkan terhadap halaman web. Dua makna ini dapat kerap kamu jumpai di dalam materi-materi pembelajaran SEO yang terdapat di internet. SEO On Page adalah metode atau trick optimasi yang diterapkan dari segi di dalam halaman web yang bersangkutan. Dengan kata lain, penerapan teknik SEO on-page ini dijalankan segera terhadap segi internal halaman tersebut.


SEO Off page adalah teknik atau trick yang diterapkan untuk menaikkan ranking suatu halaman web yang dijalankan dari luar halaman. SEO off page ini terhadap prinsipnya dapat mengarah terhadap Backlink.


Mulai Belajar SEO On Page

Pada blog wiBlogger.com ini, beberapa besar teknik SEO yang dapat kamu jumpai dapat mengacu terhadap penerapan SEO On-Page. Jika diamati dari sudut pandang blogger yang benar-benar baru, teknik SEO yang dapat kamu jumpai di sini sanggup dikatakan udah muncul dari tingkat dasar. Dengan kata lain, beberapa teknik yang dapat kamu dapatkan di sini udah berada terhadap tingkat menengah, dan beberapa ulang lainnya bisa saja udah berada terhadap tingkat mahir ^_^.


Mengenal SEO Off Page

Kembali terhadap pengertian SEO off page, ini adalah teknik atau trick yang diterapkan untuk menaikkan ranking suatu halaman web yang dijalankan dari luar halaman itu sendiri. Hal ini secara lazim dapat mengarah kepada Backlink. Apa itu Backlink ?, untuk benar-benar paham perihal ini, kita dapat sedikit ulang terhadap pembahasan mengenai algoritma mesin pencari google.


Dalam memilih score relevansi sebuah halaman web, mesin pencari punyai parameter-parameter (kriteria) tertentu yang mereka memakai untuk menganalisa apakah halaman selanjutnya memang layak untuk ditampilkan terhadap hasil penelusuran paling atas atau sebaliknya. Selain dengan menyaksikan (menganalisa) segi di dalam halaman web (On Page), mesin pencari termasuk perlu (anggaplah) pendapat orang lain mengenai halaman tersebut, apakah memang cocok dengan yang dikatakan oleh segi On-Pagenya atau tidak.


Sederhananya, Backlink adalah link (tautan) yang berasal dari halaman lain yang mengarah terhadap halaman blog yang kita kelolah. Semakin banyak backlink suatu halaman, kebanyakan makin kuat pula SEO halaman tersebut. Backlink sanggup dikatakan sebagai wujud dari himbauan web lain terhadap blog kita. Semakin banyak orang yang memberi saran blog kita, makin besar pula tingkat kepercayaan mesin pencari untuk memasang halaman kita terhadap posisi paling baik (halaman pertama) terhadap hasil penelusuran.


Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink ?

Ada banyak cara yang sanggup dijalankan untuk beroleh backlink, namun, apakah backlink-backlink selanjutnya sanggup menaikkan ranking blog atau sebaliknya, ini adalah pertanyaan yang lain lagi. Untuk mengoptimalkan Off Page SEO, tidak hanya kuantitas backlink yang menjadi patokan, mutu backlink itu sendiri menjadi segi utama yang benar-benar mempengaruhi kesuksesan optimasi.


Dalam artian yang sebenarnya, backlink adalah link yang menuju ke halaman blog kita dan memang dibikin oleh orang lain sebagai himbauan mereka (umumnya dikarenakan konten halaman yang kita bikin memang memiliki kwalitas dan sanggup menjawab pertanyaan pembaca). Ini sanggup diartikan bahwa terhadap artian yang sebenarnya, backlink adalah suatu hal yang berlangsung secara natural/tidak dibuat-buat.


Disinilah letak dari kapabilitas para pakar SEO di dalam mengoptimasi halaman web mereka. Kebanyakan pakar SEO tidak mengandalkan backlink yang terbangun secara natural (murni dari himbauan orang lain) melainkan mereka membawa dampak sendiri backlink untuk halaman yang mereka optimasi. Pembangunan backlink ini dibikin sedemikian rupa sehingga (mungkin) dapat kelihatan natural dan memiliki kwalitas dimata mesin pencari yang secara otomatis dapat mengangkat rangking halaman mereka terhadap hasil penelusuran. Banyak dari mereka yang (mungkin) sanggup mengoptimasi halaman yang tidak begitu baik dari segi On page SEO tapi selamanya sanggup berada terhadap posisi paling atas hasil penelusuran. Untuk sekarang, lebih jauh mengenai backlink ini tidak dapat saya bahas disini. Secara pribadi, saya hanya berfokus terhadap penerapan SEO on page saja.


Perlu termasuk kamu ketahui bahwa SEO off page kebanyakan lebih beresiko. Dengan kata lain, tidak setiap optimasi sanggup menaikkan ranking halaman. Optimasi yang dijalankan secara keliru dapat berdampak buruk terhadap halaman atau bahkan terhadap tingkat tertentu, optimasi SEO off page yang tidak benar sanggup membawa dampak blog de-index (hilang/dihapus dari mesin pencari).


Akhir pembahasan

Untuk bagian awal pembangunan blog, fokus terhadap SEO On Page dapat jauh lebih baik. Penerapan SEO dari segi on page jauh lebih safe (atau bisa saja sanggup dikatakan nyaris tanpa resiko) kalau dibandingkan dengan penerapan SEO Off Page.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page