Panduan Dasar Cara Menggunakan Google Ads
Menjalankan bisnis online bukanlah perihal yang mudah, disini anda wajib berkompetisi dengan platform bisnis online besar seperti Amazon, Ebay, Atau Alibaba. Mereka saling berlomba agar selamanya tampil terhadap halaman pertama hasil mesin pencari (SERPs).
Bahkan meskipun website anda memiliki susunan SEO yang amat baik, dibutuhkan waktu sampai berbulan-bulan atau bahkan tahunan untuk tampil di halaman pertama Google.
Nah, Google Adwords hadir untuk menopang bisnis online anda. Website atau Iklan yang memanfaatkan Adwords akan tampil dibagian atas atau bawah terhadap hasil pencarian Google (SERPs). Salah satu metode kondang yang ditawarkan Google Adwords adalah Pay-per-Click atau yang lebih dikenal PPC.
Dari gambar diatas dapat dicermati bahwa website yang memanfaatkan Google Ads akan tampil di halaman paling atas hasil pencarian. Setiap orang yang mengklik iklan tersebut, anda wajib membayar sejumlah biaya kepada google.
Baca Juga : Cara Beriklan dan Mengembangkan Bisnis Anda dengan Google Adwords
1. Sign Up akun Google Anda
Sebelum anda jadi beriklan di google ads, anda diharuskan memiliki akun google lebih-lebih dahulu. Jika sudah, ketik /pada URL browser anda.
Setelah Login, anda akan dialihkan kehalaman dashboard google ads untuk jadi memicu iklan.
Klik icon bisnis baru dan memberikan nama untuk bisnis anda dan juga website toko online anda.
2. Tentukan Target Audience Anda
Pada bagian ini, anda wajib menentukan sendiri secara spesifik wilayah tujuan audience anda. Fitur ini menegaskan bahwa iklan anda cuma akan tampil kepada pengguna yang melaksanakan pencarian terhadap wilayah yang anda memastikan saja. Ada 2 tipe fitur penargetan yang ditawarkan google yaitu :
* Penargetan Berdasarkan Radius di lebih kurang Bisnis Anda
Fitur ini menayangkan iklan berdasarkan alamat berasal dari bisnis anda dan radius yang anda input. Ini artinya iklan anda cuma terpusat terhadap orang-orang yang berada di lebih kurang anda. Metode ini memadai efektif dan efisien, tapi jangkauan audience anda jadi amat terbatas cuma terhadap radius wilayah tersebut.
Baca Juga : 7 Alasan Digital Marketing Sangat Penting Untuk Bisnis Anda
Contoh, aku menargetkan secara spesifik cuma terhadap radius 30 KM berasal dari Toko aku yang beralamat di wilayah Jakarta Utara. Maka, Iklan aku mayoritas cuma terlihat terhadap audience di wilayah Jakarta, dan tampil beberapa di wilayah Tangerang, Bekasi, Bogor, dan sekitarnya.
> Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.
* Penargetan Berdasarkan Area Spesifik
Untuk metode ini, Google melaksanakan penayangan iklan berdasarkan Area yang anda tentukan.
*
Contoh lainnya, Saya menargetkan secara spesifik cuma untuk area Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Maka iklan saya, cuma terlihat di area tersebut.
3. Menentukan Keyword (Kata Kunci) Iklan Anda
Keyword adalah arti kata atau frasa pencarian yang diinput audience anda dalam melaksanakan pencarian Info terhadap mesin pencarian. Google beri tambahan anda opsi menentukan kata kunci antara jenis. Namun jangan khawatir, anda dapat mengedit, menambah, atau menghapus kata kunci yang anda inginkan
Karena terhadap semisal aku menjajakan Jaket jeans, maka tentunya aku memanfaatkan kata kunci cuma yang berhubungan dengan produk tersebut seperti Jaket Levis, Jual jaket jeans murah, Model Jaket levis, dan lain-lain. Google akan beri tambahan beberapa opsi Keyword Relevan kepada anda, Jadi tidak wajib bingung jikalau anda sulit menentukan kata kunci yang sesuai.
Dibawah ini adalah 4 tipe kata kunci yang menentukan bagaimana iklan anda ditampilkan :
Broad match : Broad match merupakan pengaturan default berasal dari google yang disajikan untuk anda. Tipe ini sangat mungkin iklan anda agar tampil terhadap pencarian dengan kata kunci serupa dan relevan seperti sinonim, wujud tunggal & jamak, Kesalahaan pengejaan, dan Stemming
Broad match beri tambahan jangkauan audience yang luas tapi memiliki kelemahan seperti munculnya iklan anda terhadap hasil pencarian yang tidak relevan dengan bisnis anda.
Baca Juga : 8 Strategi Digital Marketing terkini utuk Meningkatkan Profit Anda
Broad match Modifier : Broad Match modifier serupa halnya seperti Broad Match tapi dengan sedikit modifikasi. Dengan beri tambahan lambang “ + ” sebelum akan keyword, jadi iklan anda cuma terlihat jikalau audience mengetik kata kunci setelah
“ + ”.
Contoh jika aku menginput kata kunci “ +Jaket Jeans di Bandung”, iklan aku tidak akan terlihat jika audience melacak “Makanan di Bandung”.
Phrase Match : Phrase Match memungkin google untuk menampilkan iklan dengan kata kunci pilihan anda yang memiliki rangkaian sama. Contohnya jikalau aku menentukan kata kunci “ Jaket Jeans Murah” maka iklan aku tidak akan tampil jika audience menginput kata kunci “ Jeans jaket murah”.
Untuk menentukan tipe kata kunci ini anda cuma wajib memasukan Keyword diantara kutipan / isyarat kutip (“ ”)
Exact Match : Seperti namanya, opsi ini akan menegaskan iklan Anda cuma terlihat disaat seseorang melacak dengan arti pencarian yang persis dan serupa dengan kata kunci pilihan anda. Jika aku memanfaatkan kata kunci “Jaket Jeans Bandung”, maka iklan aku tidak akan terlihat di hasil pencarian “Jaket Jeans Termurah di Bandung”.
Anda cuma wajib meletakan isyarat kurung terhadap kata kunci yg ditentukan. Contoh [Jaket Jeans Bandung]. Exact match dapat jadi langkah yang safe kegunaan menghemat kantong anda, tapi amat lambat dalam mempromosikan iklan anda.
Negativ Keyword : Istilah yang menopang Anda menegaskan iklan Anda tidak ditampilkan kepada audiens yang tidak relevan dengan produk anda. Fitur ini cocok jikalau produk anda memiliki kata kunci dengan arti dan arti lebih berasal dari satu. Contoh “Bisa Ular” dengan “Bisa melakukan”.
4. Tentukan mengisi berasal dari iklan anda
Inilah bagian terpenting berasal dari iklan anda, Saya sarankan untuk mengayalkan dengan nyata-nyata mengisi berasal dari iklan anda. Isi berasal dari iklan anda haruslah singkat, padat, dan jelas.
*
Judul (Headline): Google Adword beri tambahan anda limit sampai 3 judul dan max 30 huruf per judulnya. Pastikan anda memanfaatkan fitur terbatas ini sebaik-baiknya, amat dianjurkan untuk mencantumkan Keyword pilihan anda terhadap judul iklan.
Baca Juga : 7 Keuntungan Menggunakan Google Ads Untuk Bisnismu!
Deskripsi: Google beri tambahan 2 kolom deksripsi untuk iklan anda dengan maksimal 90 huruf per kolom nya. Jika bisa, memanfaatkan kalimat yang mengandung penawaran menarik agar audience anda sudi mendatangi website anda.
Jangan lupa untuk mengecek kembali Judul dan mengisi berasal dari iklan anda agar kekeliruan yang ada dapat diminimalisir.
5. Tentukan Anggaran Iklan Anda
Seperti yang anda ketahui, menentukan budget iklan bukan perkara yang mudah. Iklan dengan budget yang tinggi memicu iklan anda tetap tampil dihalaman utama hasil pencarian, tapi bisakah anda tetap menerus melaksanakan perihal itu ? Pastikan keuntungan yang anda dapat dapat mengcover biaya iklan yang anda keluarkan.
Google akan beri tambahan beberapa wejangan anggaran iklan untuk anda. Tapi tenang saja, anda dapat menentukan sendiri dengan bebas berapa besar biaya per harinya.
Namun wajib diingat, makin lama rendah biaya yang anda keluarkan, makin lama kecil pula kesempatan iklan anda dapat berkompetisi dengan iklan lain yang serupa. Lakukan analisa terhadap kompetitor anda lebih-lebih dahulu sebelum akan menentukan dengan pasti anggaran yang dapat anda keluarkan.
6. Lakukan Pembayaran & Iklan anda Siap Tayang
Setelah anda selesai memicu iklan, simpan iklan tersebut dan anda akan dialihkan ke halaman pembayaran. Pada Section ini, Google akan menanyakan berkenaan bisnis dan Informasi pembayaran anda. Iklan anda akan berhenti tayang jika anggaran anda telah habis.
Setelah anda melaksanakan pembayaran, iklan anda akan siap tayang dan dapat anda cek sendiri terhadap mesin pencari google dengan Keyword yang telah anda memastikan untuk memandang hasilnya.
Komentar
Posting Komentar