Panduan Lengkap Cara Membuat Iklan Di Google
Salah satu langkah efektif untuk menaikkan penjualan bisnis online adalah bersama gunakan iklan di Google. Maka dari itu anda mesti mempelajari langkah sebabkan iklan di Google Ads agar berhasil menarik banyak pelanggan.
Sebagai search engine terbesar di dunia, sebesar 98% pengguna internet di Indonesia gunakan Google untuk beroleh informasi yang mereka mengidamkan di internet.
Besarnya jangkauan pasar Google sebabkan raksasa teknologi ini menjadi keliru satu media iklan yang efektif untuk sebuah bisnis. Dengan platform pengiklanan Google Ads, anda bisa sebabkan iklan yang dapat tayang di hasil pencarian Google. Keren, ‘kan?
Sejak 24 Juli 2018, Google merubah nama platform iklan dari Google AdWords menjadi Google Ads. Namun secara garis besar, langkah penggunaannya hampir sama. Beberapa yang berubah terhadap Google Ads adalah tampilan dan fitur-fiturnya.
Baca Juga: Goodbye, Google AdWords. Hello, GoogleAds!
Kali ini Dewaweb dapat mengupas langkah gunakan iklan di Google yang mudah untuk diikuti. Semoga bisa membantumu di dalam mengembangkan bisnis ya. Simak langkah gunakan Google Ads tersebut ini!
1. Buat account Google Ads
Sebelum mengawali langkah iklan di Google, anda mesti punya account lebih-lebih dahulu. Jika anda belum punya account Google Ads, buka web site Google Ads di browser. Lalu ikuti sistem pembuatan account untuk Google Ads. Kamu termasuk bisa login ke account Google yang sudah anda miliki.
Selanjutnya anda dapat diarahkan ke laman untuk menentukan goal iklan. Jika baru pertama kali sebabkan iklan di Google Ads, Google dapat langsung mengarahkan anda untuk sebabkan iklan Smart Campaign, yang di mana Google dapat sesuaikan otomatis iklan tersebut bersama bantuan machine learning.
Namun, kalau anda mengidamkan kontrol penuh terhadap iklan yang dapat dibuat, disarankan untuk rubah ke Expert Mode bersama klik ‘Switch to Expert Mode’ seperti gambar berikut.
2. Menentukan Tujuan Iklan
Langkah ke dua untuk sebabkan iklan di Google adalah menentukan goal atau target dari pemasang iklan. Iklan anda nantinya dapat diatur sedemikian rupa untuk membantumu menggapai goal yang anda pilih. Ada lebih dari satu pilihan goals di Google Ads, di antaranya:
* Sales: untuk penjualan product secara online atau offline.
* Leads: untuk beroleh leads dan konversi bersama mendorong pelanggan untuk melakukan suatu tindakan.
* Website traffic: untuk beroleh trafik atau pengunjung ke web site sebanyak-banyaknya.
* Product plus merk consideration: mendorong pelanggan di dalam mengenali bisnis atau product yang anda jual.
* Brand awareness plus reach: menggapai audiens yang luas dan membangun awareness.
* App promotion: mempromosikan aplikasi agar pelanggan melakukan install.
* Local store visits plus promotion: menaikkan kunjungan toko fisik.
3. Pilih Jenis Tampilan Iklan
Tipe campaign adalah wujud tampilan ads yang dapat dibuat. Untuk setiap goal campaign. Saat memasang iklan di Google, anda bisa menentukan dari lebih dari satu type campaign, yakni:
Jenis iklan yang terlihat disaat user melakukan pencarian di search engine bersama keyword tertentu. Dikenal termasuk bersama iklan teks. Berisi judul yang mengarah ke web site tujuan, deskripsi singkat mengenai bisnis, termasuk info kontak, seperti gambar di bawah ini.
Iklan yang bisa berbentuk teks maupun gambar yang terlihat di web site partner Google. Iklan gambar dapat mengarahkan user ke web site tujuan. Ukuran iklan display berbeda-beda tergantung di mana iklan terpasang. Contohnya seperti gambar berikut.
Iklan yang menampilkan informasi product di dalam wujud katalog. Berisi info produk, gambar, harga dan link yang bisa diklik menuju halaman web site target agar pelanggan bisa langsung berbelanja dari web site tersebut.
Iklan berbentuk video yang biasa terlihat di web site partner Google atau disaat membuka video di Youtube. Durasi video singkat, biasanya cuma 8-15 detik atau 5-8 detik saja.
Jenis iklan untuk mempromosikan aplikasi. Iklan ini bisa berbentuk teks atau gambar bersama button yang langsung mengarahkan user ke App Store atau Play Store.
Jenis campaign dikelola Google bersama bantuan machine learning. Jenis ini menopang pengguna baru untuk sebabkan dan mengelola ads bersama lebih mudah. Berikan informasi mengenai nama bisnis, bikin iklan, lantas Google dapat mendapatkan penargetan terbaik untuk ads-mu secara maksimal.
Dirancang untuk menopang mempromosikan toko fisik. Ad dapat tampil di penelusuran, Maps, YouTube, dan web site partner Google.
Baca Juga:
Pilih type campaign yang sesuai bersama kebutuhan. Untuk tutorial kali ini, Dewaweb gunakan search campaign. Setelah itu anda mesti melengkapi data-data yang diminta oleh Google, seperti alamat web site (jika anda menentukan goal web site traffic), nama aplikasi (jika anda menentukan goal app promotion), dan lain-lain. Kemudian klik ‘Continue’
4. Lengkapi Pengaturan Dasar Iklan
Pada bagian ini, anda mesti melengkapi pengaturan dasar campaign yang dapat dibuat. Kamu mesti melengkapi pengaturan dasar iklan seperti type iklan, nama iklan, dan pilihan jaringan untuk menampilkan iklan.
5. Tentukan Durasi Iklan
Setelah menentukan type iklan dan melengkapi pengaturan dasarnya, langkah sesudah itu untuk sebabkan iklan di Google adalah menentukan durasi iklan. Buka pengaturan bersama klik ‘Show more settings’ lebih-lebih dahulu.
Setelah itu dapat terlihat pilihan seperti berikut.
Di bagian ini anda bisa menentukan berapa lama iklan yang anda bikin dapat ditayangkan oleh Google. Tentukan bersama memasukkan tanggal jadi dan tanggal selesai iklan.
Selain itu anda termasuk bisa sesuaikan URL Campaign, Dynamic search Ads dan jadwal penayangan iklan terhadap kolom yang ada seperti berikut.
6. Pilih Jangkauan Lokasi dan Bahasa
Langkah sesudah itu di dalam memasang iklan di Google adalah menentukan jangkauan lokasi dan bhs untuk penayangan iklan. Kamu bisa mempersempit jangkauan sampai ke provinsi atau kota yang mengidamkan dijangkau agar lebih spesifik.
Baca Juga:
Setelah selesai menentukan lokasi, menentukan bhs yang digunakan oleh audience-mu. Google dapat menyeleksi untuk menampilkan ads terhadap orang-orang bersama pengaturan bhs tersebut. Misal anda menentukan bhs Indonesia dan Inggris, maka iklan yang anda bikin dapat ditampilkan kepada audience yang berbahasa Indonesia atau Inggris.
7. Tentukan Target Audience
Di bagian ini, anda bisa menentukan sendiri audiens yang sesuai bersama target pasarmu agar iklan bisa ditampilkan lebih tertentu kepada orang-orang tersebut. Tentukan audiens sekiranya dari detil demografi, usia, interest dan lain sebagainya.
8. Atur Anggaran Harian untuk Iklan
Untuk setiap campaign, anda bisa menentukan berapa banyak uang yang bisa dihabiskan Google untuk penempatan iklan tersebut setiap hari.
Untuk bisa gunakan iklan di Google bersama efektif, anda sebaiknya sesuaikan budget yang dapat digunakan untuk iklan tersebut.
Google punya fitur batas budget yang dapat secara otomatis menghentikan iklan sehabis batasan biaya tercapai. Jadi sekiranya anda memasukkan Rp100.000/hari untuk campaign A dan Rp80.000/hari untuk campaign B. Maka, Google tidak dapat menghabiskan uang tersebut melebihi kuantitas ini.
Kamu bisa menetapkan budget paling rendah dahulu disaat baru mengawali sebabkan ads. Kemudian secara perlahan anda bisa jadi mengukur keberhasilan ads dan cobalah untuk mengoptimalkannya.
9. Tentukan Bidding untuk Iklan
Bidding adalah biaya yang dapat anda keluarkan untuk setiap target iklan atau harga sekali klik iklan (bila anda menentukan fokusnya terhadap clicks). Untuk bidding, anda bisa mengaturnya terhadap konversi, klik atau impression. Setelah selesai, klik ‘Save plus Continue’.
Baca Juga:
10. Atur Keyword untuk Iklan di Ad Groups
Selanjutnya, melakukan pengaturan keyword di ad groups. Satu campaign bisa memuat lebih dari satu ad groups.
Kamu bisa sebabkan satu atau lebih ad grup di tiap campaign yang anda bentuk. Jika anda sebabkan lebih dari satu ad grup, namai tiap ad grup terhadap kolom yang tersedia. Ini dapat memudahkan anda untuk jelas ad mana yang perform lebih baik.
Selanjutnya, anda mesti memasukkan keyword-keyword yang punya relevansi bersama iklan yang dibuat. Tujuannya agar disaat orang memasukkan keyword tersebut di pencarian Google, maka iklanmu bisa tampil terhadap hasil pencarian mereka.
Ada tiga type keyword match yang ditentukan Google, yaitu exact match, phrase match, dan broad match. Apa bedanya?
* Broad match ─ memuat semua kata, bisa saja di dalam kronologis apa pun, dan bisa sertakan kata lain.
* Phrase match ─ memuat semua kata, di dalam urutan, dan bisa mencakup kata lain sebelum akan atau sehabis frasa.
* Exact match ─ cuma memuat kata-kata ini di dalam kronologis ini.
Setelah mengisi keyword bersama lengkap, jangan lupa klik ‘Save plus continue’ untuk langkah selanjutnya.
11. Membuat iklan/Ad copy
Setelah melakukan pengaturan di atas, langkah bikin iklan di Google Ads selanjutnya adalah sebabkan wujud tampilan iklan. Untuk paid search, Google menghambat sifat teks agar bisa memuat semua mengisi teks iklan terhadap hasil pencarian.
Buatlah kata-kata yang sederhana dan informatif untuk memancing audiens mengklik iklanmu. Setelah itu simpan pengaturan bersama klik ‘Save plus Continue’.
12. Lakukan review
Setelah selesai melakukan pengaturan ads, anda dapat diarahkan terhadap halaman simak sebelum akan anda bisa gunakan iklanmu di Google. Di sini dapat terlihat detil iklan yang tadi sudah anda bikin dan anggaran yang dibutuhkan. Jika tetap mesti melakukan perbaikan, melakukan dahulu sebelum akan publish ads.
Baca Juga: Tutorial Lengkap Cara Membuat Iklan di Facebook
13. Lengkapi detil pembayaran
Tahap paling akhir di dalam langkah sebabkan iklan di Google adalah melengkapi detil pembayaran untuk penayangan iklan. Isi data-data yang diperlukan, seperti billing country, timezone, pembeli info, menentukan metode pembayaran, dan lainnya.
Pembayaran bisa ditunaikan secara otomatis atau manual. Jika menentukan opsi otomatis, anda mesti punya kartu kredit. Tetapi kalau anda menentukan manual, pembayaran bisa ditunaikan bersama debit, transfer melalui mobile banking atau ATM, dan GoPay.
Setelah semua terisi lengkap, centang persetujuan (I agree to the Google Ads terms plus conditions) dan klik tombol ‘Submit’.
Kemudian anda dapat diarahkan terhadap detil penagihan. Selesaikan pembayaran sesuai kuantitas yang ditagihkan. Setelah pembayaran tagihan selesai, sistem gunakan iklan di Google dapat selesai dan iklanmu dapat tayang kalau sudah disetujui.
Itu dia tutorial langkah bikin iklan di Google Ads. Ikuti beberapa langkah tersebut agar anda punya pedoman yang lengkap dan iklanmu bisa berhasil tayang ya.
Semoga artikel ini bisa membantumu mengembangkan bisnis bersama sebabkan iklan di Google Ads. Selamat mencoba, Sahabat Dewaweb!
Setelah mempelajari langkah sebabkan iklan di Google Ads, saat ini saatnya anda menerapkannya untuk mengembangkan bisnismu. Tentunya, iklan anda dapat lebih maksimal kalau anda punya web site bersama cloud hosting yang aman dan cepat. Selalu andalkan Dewaweb untuk urusan hosting dan web site ya!
Komentar
Posting Komentar