Panduan Lengkap Untuk Pemula 2021
Panduan lengkap belajar SEO di th. 2021 untuk pemula berasal dari A-Z, meskipun Anda gaptek ataupun baru saja memulainya.
Apa Anda menginginkan belajar SEO? Tapi bingung kudu memulai berasal dari mana? Bingung gara-gara banyak bertebaran artikel di internet? Takut salah?
Tenang, kami bakal cobalah memandu Anda merasa berasal dari pengertian apa itu SEO, dasar-dasar SEO, sampai yang paling advance.
Perlu diingat bahwa kami semua sama-sama belajar dan terus belajar untuk memperbaharui ilmu ilmu kami perihal SEO.
Itu gara-gara begitu dinamisnya si “SEO” ini, bakal selamanya ada update-an terakhir sampai kiat dan tips lainnya tiap-tiap hari oleh para master-master praktisi SEO.
Sebelum kami mendalami aspek dan teknik tertentu perihal belajar SEO pada th. 2021 ini, mari kami merasa bersama hal-hal basic khususnya dahulu.
Apa Anda siap? Berikut saran basic belajar SEO untuk pemula.
SEO Dasar
Pertanyaannya, apakah Anda baru mengenal SEO? Adakah langkah ringan belajar SEO? Bagaimana langkah kerja SEO dan apa teknik paling mutlak di th. 2021?
Maka silakan baca postingan ini sampai selesai.
Baca juga: Apa itu Anchor Text? 6 Jenis & Cara Membuatnya
Apa itu SEO
Pengertian Search Engine Optimization (SEO) adalah sistem menambah rangking / posisi sebuah website website dalam hasil penelusuran organik (bukan iklan) di mesin telusur. Semakin tinggi peringkat website webnya, maka bakal makin banyak orang yang bakal melihat dan mengunjungi website tersebut.
Sejarah SEO di awali pada mengetahui 90-an waktu mesin pencari (search engine) muncul untuk pertama kali. Untuk waktu ini, SEO merupakan keliru satu kiat pemasaran digital yang benar-benar mutlak dan sebuah industri yang terus berkembang.
Hijau Organik SEO vs. Merah PPC Pastikan Anda kudu siap untuk hal-hal kreatif, analitis, dan teknis kecuali menginginkan mempelajari SEO. Selain ketiga perihal tersebut, Anda juga kudu fokus untuk mendalaminya.
Ada banyak teknik yang dapat kami pelajari bersama target yang berbeda-beda, tapi poin utamanya selamanya serupa yaitu mencapai hasil tertinggi di penelusuran organik.
Secara sederhana, SEO ialah perihal mengelola website website yang tepat untuk orang yang tepat.
Belajar SEO tidak selamanya perihal struktur teknik yang prima atau kompleks. Situs website Anda juga kudu diisi bersama konten yang berkwalitas dan dioptimalkan bersama baik cocok bersama keperluan audiens Anda.
Jika konten artikel Anda benar-benar berkualitas, maka website website Anda bakal meraih tautan balik berasal dari website lain dan perihal tersebut di namakan backlink.
Apakah SEO sulit?
Jawabannya dapat iya dapat tidak. Mesin pencari layaknya Google, Bing, Yahoo! memberi tambahan hasil indeks berdasarkan banyak ragam style algoritma peringkat.
Pertanyaan selanjutnya, bisakah kami mengidentifikasi algoritma ini? Sekali lagi, dapat iya, dapat tidak.
Perlu kami ketahui, Google sendiri menggunakan lebih berasal dari 200 aspek untuk memberi tambahan peringkat terbaik pada suatu website atau halaman. Salah satunya yang kami mengetahui di antaranya: judul, deskripsi, isi / konten yang berkualitas, tautan balik (backlink), sampai hal-hal yang berbau teknis layaknya kecepatan situs.
Apakah kudu menerapkan 200 aspek tersebut?
Tentu saja tidak, Anda tidak kudu untuk mengetahui semua aspek yang dapat menentukan peringkat website website Anda.
Lalu, bagaimana mengetahui dan belajar SEO secara mudah? Silahkan Anda bayangkan semangkuk sup, setidaknya terkandung tiga aspek mutlak di sini, yaitu:
1. Mangkuk – Ia mewakili perihal teknis dalam website website (teknikal SEO) – Tanpa mangkuk yang tepat dan tepat maka kuah sup Anda bakal tumpah.
2. Sup – Ia mewakili isi konten website Anda – Konten website merupakan bagian paling penting, kecuali kontennya buruk serupa saja layaknya omong kosong (tidak dapat peringkat).
3. Bumbu (rempah-rempah) – Ia mewakili kualitas backlink yang dapat menambah otoritas website website Anda dan membawa dampak sup SEO Anda seakan-akan sempurna.
Search Engine digunakan ketika pengguna menginginkan mencari sesuatu di internet, dan Anda menginginkan menjadi “sesuatu” tersebut.
Entah target Anda untuk berjualan produk, sarana jasa, menulis blog / informasi, atau apa pun itu, maka optimisasi mesin telusur adalah suatu keharusan.
Situs website Anda kudu terindeks mesin pencari, kecuali tidak serupa saja pepesan kosong.
Teknik SEO yang baik ialah ketika Anda dapat menambah peringkat website website Anda di halaman mesin pencari (SERP). Jika dapat peringkat yang lebih tinggi, bermakna Anda meraih kunjungan website yang lebih tinggi pula. Jika kunjungan tinggi, maka tingkat konversi juga meningkat.
Singkatnya, kecuali website website Anda menginginkan sukses, maka optimisasi SEO adalah keharusan. Beberapa aspek barangkali bakal muncul sulit, tapi kecuali Anda melakukannya bersama bijak dan tidak melanggar kebijakan mesin pencari, maka Anda bakal meraih hasil terbaik.
Bagaimana langkah belajar SEO?
Coba bayangkan kecuali Anda lakukan perubahan basic pada teknik SEO yang dapat merubah langkah mesin mencari “melihat” website Anda dan memberi tambahan peringkat yang lebih baik setelahnya.
Maka, dalam saran belajar SEO untuk pemula terbaik ini, kami bakal mengupas semua topik mutlak merasa berasal dari dasarnya. Jika Anda fokus dan sabar dalam mempelajari SEO basic ini, maka Anda bakal ringan untuk melanjutkannya sendiri nanti.
Artikel ini adalah jawaban berasal dari pertanyaan Anda perihal bagaimana langkah belajar SEO di th. 2021. Tapi lagi kami ingatkan untuk selamanya fokus, sabar, dan banyak berlatih mempraktekkannya.
Selain artikel ini, Anda juga dapat mengakses ilmu SEO bersama ikuti kelas kursus online, offline, atau webinar.
Satu perihal lagi, kecuali merasa bahwa Anda tidak mempunyai waktu untuk belajar atau merasa kerepotan, maka kami memberi saran untuk menggunakan perlindungan konsultan SEO, agensi, atau spesialis dalam perihal ini.
Istilah-istilah Dasar di dalam SEO
* SEO On-page vs. SEO Off-page
* White Hat vs. Black Hat vs. Gray Hat SEO
On-page SEO vs Off-page SEO
Mengoptimasi SEO On-page (on-site / pada situs) itu bermakna mengoptimalkan website Anda agar hasil pada mesin pencari membaik dan dapat ranking tertinggi. Dalam tenik ini seutuhnya Anda lakukan di website website dan tidak ada hubungannya bersama aspek luar website web, contohnya:
1. Meta tag
2. Judul (Title)
3. Struktur URL
4. Gambar (ALT Img)
5. Kualitas, isi, dan, panjang konten
6. Stuktur data
7. Ukuran dan kecepatan website web
Dan banyak lagi… Kita bakal membahasnya pada bagian teknikal SEO On-page (gulir ke bagian On-Page SEO).
Sedangakan SEO off-page (off-site) termasuk semua kesibukan yang dapat Anda lakukan untuk menambah otoritas SEO website website bersama meraih backlink (tautan balik) berasal dari website website lain. Ada lebih dari satu langkah untuk mendapatkannya, pada lain:
1. Kampanye via email
2. Menulis konten sebagai tamu (Guest Blog)
3. Submissions
4. Membagikan dan mempromosikannya via media sosial
5. Berjasama bersama influencer dalam satu niche
6. Menulis konten yang berkualitas, informatif, agar orang bakal bersama suka hati menautkan link ke website website Anda
Dan tetap banyak lagi, dan kami bakal membahasnya pada bagian link building.
White Hat vs. Black Hat vs. Grey Hat SEO
Istilah Black hat vs. White hat ini berasal berasal dari film-film barat, layaknya tokoh antagonis vs. tokoh protagonis. Tapi jangan sampai keliru kaprah perihal istilah ini, gara-gara pada prakteknya ke dua teknik SEO ini benar-benar berbeda.
Black hat SEO adalah serangkaian praktik tidak etis untuk menambah peringkat website website di halaman hasil mesin pencari. Teknik ini dirancang untuk merubah mesin pencari tanpa pertimbangkan aspek pengunjung (manusia).
Black hat SEO dapat memberi tambahan hasil SERP terbaik dalam waktu singkat, namun, mesin pencari barangkali besar bakal memberi tambahan hukuman, pinalti, dan menghapus website website cepat atau lambat.
Daftar praktik yang melanggar dapat kami baca di Panduan Webmaster Google atau Panduan Webmaster Bing.
White hat SEO adalah serangkaian teknik etis yang berpegang pada pedoman dan aturan. Bagian basic berasal dari White hat SEO adalah:
1. Konten yang relevan & berkualitas
2. Optimisasi website website secara menyeluruh
3. Link building (membangun tautan balik)
White hat SEO adalah kiat safe jangka panjang yang berorientasi untuk menambah pengalaman pengguna. Secara umum, menjadi “orang baik” dalam dunia SEO dianggap keputusan yang tepat.
Ada juga istilah yang disebut Grey hat SEO, sebuah praktik di mana Anda barangkali mengambil alih risiko lebih sedikit kecuali dibandingkan bersama teknik Black hat.
Teknik topi abu-abu tidak didefinisikan secara mengetahui oleh Google agar Anda dapat meraih ribuan pengunjung website website tanpa terkena sanksi, hukuman, atau kehilangan semua peringkat situ website di waktu yang bakal datang.
Pada dasarnya, Anda kudu menjauhi “perang” bersama Google dan lebih baik ikuti ketentuan mereka.
Search Engine (Mesin Pencari)
Pada bagian saran belajar SEO ini, kami bakal mempelajari bagaimana langkah kerja mesin pencari/telusur (search engine), bagaimana orang menggunakannya, dan style kueri penulusuran apa yang mereka minta.
Catatan: Kita hanya bakal fokus kepada Google saja pada bagian teknisnya, bukan untuk semua style mesin pencari.
Sekarang kami cobalah pelajari lebih lanjut perihal search engine dan lebih dari satu aspek peringkat yang paling umum Anda kudu fokuskan.
Baca juga: Perbedaan SEO, SEM, SEA, SMO, SMM, & SMA
Bagaimana langkah kerja mesin pencari?
Mesin pencari terdiri berasal dari tiga poin utama:
1. Crawling (Perayapan)
2. Indexing (Pengindeksan)
3. Memilih dan menampilkan hasil
Prosesnya lebih tidak cukup berlangsung layaknya ini:
Perayapan (Crawling)
Crawling / Merayapi atau menjelajah bermakna memindai website web, bagian-bagiannya, konten, kata kunci, judul, hyperlink, gambar oleh ribuan bot kecil. Semua knowledge yang dapat ditemukan di website website di-crawl.
Crawler (perayap) mendeteksi semua tautan hiperteks di website website yang mengarah ke website website lain. Kemudian mereka mengurai halaman tersebut untuk link baru berulang kali. Bot merayapi semua internet secara tertib untuk memperbarui data.
Pengindeksan (Indexing)
Setelah website website dirayapi, sistem pengindeksan berlangsung. Bayangkan indeks tersebut layaknya katalog raksasa atau perpustakaan yang penuh bersama website website berasal dari semua dunia.
Biasanya website website perlu waktu untuk diindeks. Berdasarkan pengalaman kami, itu merasa berasal dari 1 sampai 10 hari.
> Saran: Anda dapat lakukan pemeriksaan halaman mana yang telah diindeks bersama menggunakan operator penelusuran ini: “situs: domainanda.com”
Selain itu, tiap-tiap kali berubah, bot perayap memindainya lagi, selamanya begitu berulang-ulang. Perlu Anda ingat bahwa sampai update-an di website website diindeks, update-an tersebut tidak bakal muncul di mesin telusur.
Memilih dan Menampilkan Hasil
Hasil benar-benar mutlak bagi para pengembang website dan pengguna. Setelah pengguna internet mengirimkan permintaan pencarian, mesin pencari bakal menggali ke dalam indeks dan mengeluarkan hasil yang dianggap cocok dan tepat. Hal ini adalah sistem pemeriksaan kueri pada miliaran website website berdasarkan bermacam algoritme.
Perusahaan pemilik mesin pencari layaknya Google, Microsoft, & Yahoo! merahasiakan komposisi yang tepat berasal dari algoritme mereka.
Meskipun begitu, ada banyak aspek peringkat yang telah “terbongkar” oleh master-master untuk yang baru saja belajar SEO.
Faktor peringkat (Ranking Factors)
Beberapa aspek yang bakal disebutkan ini memang serius memberi tambahan hasil, tapi ada lebih dari satu juga yang hanya menjadi teori atau lebih-lebih hanya mitos (tanpa hasil). Selain itu, ada juga aspek yang lebih mutlak dibanding aspek yang lain.
C. Sheppard berasal dari Zyppy memberi tambahan daftar lengkap perihal aspek peringkat Google secara komperhensif.
Ingat! Anda tidak kudu menghafal semua aspek tersebut, gara-gara perihal itu dapat dikatakan mustahil, tapi ada baiknya selamanya dibaca / dipelajari agar kami mempunyai deskripsi secara umum.
10 Faktor penentu suksesnya optimasi SEO Anda:
1. Konten yang dibikin bersama baik
2. Situs website yang dapat dirayapi oleh bot
3. Kualitas dan jumlah backlink
4. Konten yang berorientasi pada keperluan pengunjung
5. Konten yang unik
6. EAT: Expertise, Authority, Trust
7. Konten yang fresh
8. Click-through rate (Rasio klik-tayang)
9. Kecepatan website web
10. Situs yang berguna di bermacam perangkat apa pun (Responsif)
Salah satu aspek terutama adalah profil backlink, perihal ini didasarkan pada jumlah dan kualitas backlink yang mengarah ke website website Anda.
Pernyataan di atas merupakan pandangan yang benar-benar disederhanakan perihal perkiraan Google atas otoritas website web.
Beberapa aspek peringkat mutlak lainnya juga (tidak kudu berurutan):
1. Penggunaan kata kunci dan frase yang relevan
2. HTTPS / SSL (Secure Socket Layers)
3. Relevansi link tautan
4. Tata bahasa dan ejaan
5. Otoritas topikal
6. Jumlah berbagi di media sosial
7. Umur domain
8. Fitur AMP
9. Tata letak halaman
Ranking aspek (Faktor peringkat) dapat dibagi menjadi, aspek on-page SEO (termasuk SEO teknis) dan aspek membangun/membuat link tautan atau off-page SEO.
Bagaimana Orang Menggunakan Mesin Pencari?
Poin utama belajar SEO ialah perihal memberi tambahan konten dan pengalaman terbaik untuk pengguna maupun mesin pencari.
Cukup bagus kecuali Anda mengeluarkan duwit dan waktu untuk teknikal SEO yang sempurna. Tapi, andaikata pertalian pengguna buruk, maka posisi / ranking website Anda dapat bermasalah.
Tolong dicatat, sudut pandang pengguna (pengunjung situs) adalah prioritas no satu bagi praktisi SEO.
Cara orang berinteraksi menggunakan mesin pencari telah berkembang selama bertahun-tahun. Namun, pada prinsipnya selamanya sama, yaitu:
1. Kebutuhan bakal solusi, informasi, atau jawaban
2. Mengetik keperluan dalam wujud query (kata kunci) ke dalam mesin pencari
3. Memeriksa hasil halaman pertama
4. Mengklik satu atau lebih hasil (situs web)
5. Memindai website website untuk meraih jawabannya
6. Memeriksa lebih banyak hasil pada SERP pertama dan / atau mengubah kueri penelusuran, kecuali jawabannya tidak ditemukan.
Pangsa Pasar Mesin Pencari (Search engines market share). Pada grafik di bawah ini, Anda dapat melihat mesin pencari mana yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Data ini berasal berasal dari laporan Netmarketshare.
Lalu, bagaimana kami mengklasifikasikan permintaan pencarian?
Ada tiga style kueri penelusuran, yaitu:
1. Kueri Penelusuran Navigasi (Navigational Search)
2. Pencarian Informasi (Informational Search)
3. Kueri Penelusuran Transaksional (Transactional Query)
Ketika menggunakan peramban dan mengakses Google, pengguna bermaksud untuk mencari merk atau website website tertentu. Contohnya layaknya mengetik “youtube” atau “facebook” ke dalam mesin telusur daripada menggunakan riwayat atau bookmark browser.
Berdasarkan belajar masalah mangools.com, mereka menganalisis setidaknya 1,6 miliar kata kunci, merk layaknya Google, YouTube, dan Facebook mendapat volume pencarian tertinggi bersama bersama kueri pencarian navigasi lainnya.
Penelusuran Informasi (Informational Search)
Pada style ini, pengguna menginginkan mencari Info ataupun jawaban lewat mesin telusur. Contohnya, pengguna yang bermaksud untuk belajar SEO bakal mengetikan kueri “Panduan Belajar SEO Pemula”.
Jika ibu-ibu barangkali bakal mencari kueri “Resep rendang sedap sederhana”.
Baca juga: Penjelasan Google: Kenapa Situs bersama Praktik SEO Buruk Dapat Peringkat Tinggi
Kueri Penelusuran Transaksional (Transactional Query)
Jenis ini bermakna pengguna telah mempunyai kemauan untuk lakukan transaksi pembelian. Biasanya mereka segera mengetikan nama product atau sarana (Contoh: Adidas, Nike Airmax, Jasa Desain Logo, dll) atau pencarian kategori (Contoh: Kaos Oblong, Sepatu Kerja, Jasa Desain Grafis, dll).
Atau dapat juga layaknya ini, “Jual bunga bucket terdekat”, “produk branded”, dst.
Sekarang banyak kami temui artikel perihal bagaimana langkah menargetkan kata kunci (kata kunci) tertentu secara lengkap. Tetapi perihal ini barangkali bakal berubah, berpindah menjadi susah di jaman bakal datang gara-gara makin populernya pencarian via suara layaknya Siri, Google Now, Cortana, sampai Alexa.
Catatan: Kueri pencarian Info dapat bersama cepat berubah menjadi transaksional bersama memberi tambahan penawaran tertentu atau memberi tambahan opsi untuk lakukan pembelian.
Apa itu SERP? SERP adalah singkatan berasal dari Search Engine Result Page. Cukup bagus kecuali Anda sukses mendiami peringkat halaman (SERP) pertama di mesin telusur layaknya Google, lebih bagus lagi kecuali mendiami tiga teratas. Tapi kudu diingat bahwa hanya bakal ada satu pemenang.
Seluruh website di semua dunia pasti diperbarui tiap-tiap hari, atau paling tidak tiap-tiap bulan. Jadi, ketika ada website website baru dan mesin pencari lakukan indeks, maka hasil organik pencarian pun dapat berubah secara singkat.
Terdengar tidak adil? Tapi begitulah kenyataannya.
Kemudian, aspek lainnya yang benar-benar mutlak adalah algoritma Google yang sering berubah berasal dari waktu ke waktu. Jika perubahannya kecil atau sedikit, barangkali tidak berdampak apa-pun pada website website kita. Tetapi, perubahan atau pembaruan algoritma yang besar bakal benar-benar berpotensi “menghancurkan” peringkat website website / blog kita.
Fitur SERP / SERP Features
Apa ada yang lebih baik berasal dari posisi satu? Ya pasti saja, peringkat pertama itu penting, tapi waktu ini, Anda kudu pertimbangkan apa yang disebut “zero position (posisi nol)”.
Sekarang cobalah kami cek hasil untuk kueri penelusuran “cara meraih followers instagram“.
Tampil pada gambar di bawah, bahwa hasil pertama adalah sematan unggulan Google (Google Snippet) bersama semua atau lebih dari satu Info paling penting. Sematan unggulan Google Snippet ini membawa dampak Anda tidak bakal mengecek hasil lainnya.
Ada banyak fitur SERP (Rich snippets). Pertanyaanya, kenapa Anda kudu hiraukan perihal fitur ini? Perlu Anda ketahui, cuplikan kaya merubah tabiat pengguna ketika mereka melihat SERP. Dengan kata lain, hasil penelusuran organik generik barangkali mempunyai rasio klik-tayang (RKT) yang lebih rendah.
Hal ini gara-gara fitur SERP mempunyai daya tarik visual yang lebih besar dan sering kali memberi tambahan Info yang lumayan agar pengguna Google telusur tidak kudu mengklik hasil lain serupa sekali atau mereka hanya mengklik hasil yang diunggulkan.
Berikut adalah lebih dari satu cuplikan kaya (Rich Sinppets) yang paling umum dan sering kami melihat di SERP:
* Featured snippet
* Answer box
* Carousel (images, videos, products)
* Image pack
* Map pack
* Sponsored features (Google Ads, flights, shop on Google)
* Knowledge graph
* Top stories
* Events
* Sitelinks
Kabar baiknya, terkandung langkah untuk mengetahui dan menganalisis efek berasal dari fitur yang khusus ini. Misalnya, SERPChecker.com, aplikasi website ini bakal menunjang Anda dalam menganalisis.
On-page SEO dan Teknikal SEO
Apa itu On-page SEO? On-Page SEO adalah suatu teknik SEO yang seutuhnya dikerjakan atau diterapakan di dalam website web. Pada style optimisasi SEO ini, Anda diharuskan lakukan optimasi isi halaman dan konten untuk mesin pencari. Hmm, tapi jangan lupa optimasi untuk pengguna juga.
Terdapat banyak tugas nan panjang yang bakal Anda melaksanakan pada bagian ini. Ingat selamanya fokus dan sabar.
Saat ini algoritma search engine telah berkembang lebih baik, pintar, canggih dan cepat. Maka berasal dari itu kudu bagi Anda untuk lakukan optimasi SEO untuk segi manusia (pengguna) disandingkan untuk mesin pencari.
> Jangan lupa bahwa, SEO adalah perihal menargetkan orang-orang, bukan hanya robot mesin telusur.
Meta tag adalah bagian berasal dari kode HTML, ia mendeskripsikan konten website website dan yang terutama adalah meta judul dan meta deskripsi.
Untuk Info lebih rinci, pastikan untuk membaca definisi dan tips pengoptimalan lanjutan untuk tag judul dan deskripsi.
Perlu diingat, kecuali dicermati berasal dari sudut pandang teknis, meta tag tidak sepenting pernah lagi, tapi selamanya memberi tambahan efek yang baik andaikata kami optimasi.
Catatan: Kata kunci (keyword) yang ditampilkan di meta tag judul dan deskripsi tidak secara segera merubah peringkat website website Anda, tapi selamanya menjadi aspek psikologis yang kuat untuk menambah CTR (click-through-rate).
Dan, jangan bingung bersama para blogger yang bicara bahwa tag judul dan deskripsi telah tidak mutlak serupa sekali.
Di segi lain, algoritme Google dapat mengubah judul dan deskripsi website website Anda agar memberi tambahan hasil yang relevan bersama kueri penelusuran yang cocok.
Ada banyak tools dan plugin (seperti Yoast WordPress) untuk menunjang Anda dalam menganalisis konten.
Yoast SEO menunjang Anda mengatur kata kunci fokus layaknya tag meta judul, meta deskripsi, judul artikel atau halaman, kepadatan kata kunci (keyword density) secara keseluruhan, atribut alt image, dan lainnya.
Daftar Cek On-page SEO
Agar lebih mudah, saat ini kami bakal merasa bersama WordPress atau CMS lainnya. Dengan CMS kami tidak kudu pusing lagi perihal koding, gara-gara biasanya telah ada plugin-plugin yang memudahkan pekerjaan kita.
1. Riset Kata Kunci (Keyword) di Niche Anda
Sederhananya, Anda bakal membawa dampak atau menulis konten yang tentu saja banyak dicari orang. Jika tidak, maka serupa halnya bersama omong kosong, Anda hanya membuang-buang waktu atau sebatas hobi tanpa berharap kunjungan situs.
Lalu, pertanyaanya adalah apakah Anda yakin bahwa jenis penulisan Anda berbeda bersama lainnya dan unik?
Bisakah Anda memberi tambahan nilai jadi pada topik yang dibahas?
Hal di atas juga kesibukan SEO tahap pertama, yaitu riset kata kunci (keyword). Riset kata kunci adalah bagian yang tak boleh Anda lewatkan.
Kita bakal mengupas perihal riset kata kunci (kata kunci) pada bagian ke lima. (gulir kebawah).
Pada bagian ke dua ini, buatlah meta title tag, description, dan tajuk (H1-H6) yang menarik, sertakan keyword, memberi tambahan angka, power word (seperti: Gratis, Lengkap, dst).
Optimasi tag title dan description Anda, gara-gara ia berperan mutlak untuk menambah CTR (click through rate), buatlah kalimat yang mengajak pengunjung untuk bertindak (CTA: Call to Action).
Mungkin kecuali menggunakan bahasa sehari-hari adalah “bujuk pengunjung dan mesin pencari bahwa website website Anda adalah yang terbaik untuk diklik”.
Intinya Anda kudu membayangkan apa yang dipikirkan oleh pengunjung atau pengguna search engine, buatlah kalimat yang mengajak tanpa kudu terlalu berlebih lebih-lebih lebay.
Contoh tag deskripsi yang berlebihan, seperti: “Jual iPhone X ,BNIB, terbaru, gratis case, hanya 2 jt, Free Ongkir”. Nah, pertanyaanya apa Anda yakin bersama judul website website layaknya itu? Apakah bakal Anda klik?
Tips cepat untuk title tag dan headline:
* Google bakal menampilkan title tag sampai 70 cii-ciri dan deskripsi meta sampai 160 karakter.
* Pastikan untuk menggunakan struktur (H1-H6) bersama tepat dan benar untuk keterbacaan dan struktur yang baik.
* Cek hasil pratinjau pencarian di tools layaknya Yoast SEO atau plugin SEO WordPress lainnya.
3. Gunakan URL yang SEO-Friendly
Usahakan menjauhi menggunakan URL yang dibikin secara otomatis bersama angka dan karakter, contoh:
/2021/10/23/artikel318e7a349f6
Gunakan URL yang cocok bersama konten dan judul, contoh:
/artikel-baru/
Jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat mengatur URL / permalink di pengaturan umum.
Para ahli SEO dan blogger menyatakan bahwa URL yang lebih pendek berperingkat lebih baik di Google. Hal ini sepertinya menyangkut ke masalah pengalaman pengguna. Tapi bukan bermakna URL bersama 20 kata atau lebih mempunyai efek yang tidak bagus.
4. Gunakan Konten Kaya (Gambar)
Ajakalah pengguna berinteraksi bersama website Anda. Caranya dapat menggunakan gambar, bagan, infografis, atau video. Menggunakan konten kaya bakal meminimalkan rasio pentalan (bounce rates) pada situs, tak hanya menambah waktu umumnya yang dihabiskan oleh pengunjung di website Anda.
Tip cepat untuk pemakaian konten kaya atau multimedia:
* Optimalkan gambar bersama menggunakan nama file yang relevan (belajar-seo.jpg), atribut alt image dan ukuran file yang kecil.
* Sematkan media interaktif layaknya video atau grafik.
* Dan jangan lupa untuk sertakan transkrip agar Anda tidak kehilangan kata kunci mutlak (karena bot crawler mesin telusur tidak dapat “membaca” video).
5. Link / Tautan muncul (Outbound) dan internal
Ketika kami memberi tambahan link tautan keluar, itu bermakna website kami memberi tambahan tanda relevansi topik ke Google. Jadi, pastikan untuk menautkan ke sumber yang relevan dan terpercaya.
Sedangkan link tautan internal adalah langkah terbaik untuk mempromosikan artikel atau bagian website website Anda yang lain.
Penempatan internal link menunjang pengguna untuk mengunjungi tautan tersebut dan punya tujuan untuk menambah pertalian di dalam website menjadi lebih tinggi. Tautan internal juga menunjang bot Google untuk mengetahui struktur website website Anda.
Kiat cepat untuk tautan muncul dan internal:
* Tautan muncul (outbond link) barangkali tidak secara segera menambah peringkat situs, tapi benar-benar dianjurkan untuk melampirkanya minimal satu.
* Gunakan sampai 2-3 tautan internal, bergantung pada panjang konten yang Anda buat.
* Crawler Google memindai tautan ini, menjadi jangan coba untuk menipu Google dan waspada pada broken link (rusak).
* Terapkan style pertalian (struktur) konten untuk tautan internal.
Untuk deskripsi lebih jelas, Anda dapat cari di Google Image perihal internal linking.
6. Ajak Pengguna untuk Terlibat / Berinteraksi
Berinteraksi layaknya apa? Maksud kami seperti, pengunjung lakukan berbagi konten Anda ke media sosial mereka. Mohon diingat, konten yang baik dan berguna bakal dibagikan cuma-cuma oleh para pembaca website website / blog Anda.
Apalagi saat ini ada banyak tools atau plugin untuk menempatkan tombol berbagi seperti: AddtoAny, Social Counts, BuzzSumo, dll.
Tombol media sosial apa yang disarankan? Selain Facebook, Twitter, dan LinkedIn, Anda juga dapat memberi tambahan jejaring sosial tertentu yang berkenaan bersama topik, layaknya Reddit, Pinterest.
Daftar Cek Teknikal SEO On-page
Biasanya kami bakal condong risau kecuali mendengar yang berbau teknikal, lebih-lebih teknikal SEO On-page, betul? Tapi jangan khawatir, ada banyak perihal yang dapat Anda lakukan tanpa kudu keahlian khusus.
Jika Anda menggunakan wordpress, maka di sana telah ada lebih dari satu plugin yang benar-benar membantu. Berikut adalah lebih dari satu aspek SEO teknis paling mutlak yang kudu Anda fokuskan:
1. Google Search Console
Ketika baru saja membawa dampak blog atau situs, pastikan untuk menghubungkannya ke Google Search Console (sebelumnya webmaster tools). Aplikasi website Google ini menunjang kami dalam memantau sekaligus menjaga kinerja website di Google Search.
Search Console menunjang Anda menganalisis peringkat keyword, CTR, barangkali mendapat penalti berasal dari Google, dan banyak knowledge berguna lainnya untuk teknikal SEO.
Fitur lainnya juga pemeriksaan mobile friendly, menentukan mana yang menginginkan diindeks dan mana yang tidak, eror-eror pada situs, kekeliruan knowledge terstruktur, sampai kekeliruan link (tautan).
Tips cepat GSC (Google Search Console):
2. Website Speed (Kecepatan Situs)
Kecepatan website adalah keliru satu aspek peringkat yang kudu diperhatikan, maksudnya Anda dan tim kudu selamanya mengupayakan untuk memperbaikinya.
Hasil survey KISS Mestrics, bahwa 50% pengguna website menghendaki website dapat dibuka secara keseluruhan dalam 2 detik atau kurang. Jika lebih berasal dari itu, barangkali besar mereka bakal pergi.
Tips cepat untuk site speed:
* Gunakan alat uji kecepatan website we di PageSpeed Insights.
* Optimalkan gambar, aktifkan kompresi GZIP, kompresi HTML, minifikasi JS dan CSS, dan cobalah mengurangi waktu respons server.
* Gunakan sarana hosting website berkualitas, hosting berperan besar dalam kecepatan website web, menjadi pastikan untuk menentukan penyedia yang tepercaya.
3. Optimasi Perangkat Mobile
Optimasi mobile merupakan keliru satu aspek mutlak yang kudu Anda fokuskan. Situs yang Anda bikin haruslah responsif untuk semua ukuran layar monitor. Jika Anda mengabaikan perihal ini, barangkali besar website Anda bakal terkena efek negatifnya.
Pada th. 2018, Google merasa memfokuskan pengindeksan dan memprioritaskan perangkat seluler (mobile-first indexing).
Tips cepat optimasi perangkat seluler:
* Uji website website Anda di Mobile-Friendly Test.
* Pantau peringkat kata kunci Anda dalam hasil pencarian seluler.
* Pastikan versi seluler website website Anda berguna bersama baik.
Selain itu, Anda juga dapat menggunakan teknologi AMP (Accelerated Mobile Pages). AMP adalah baris kode HTML yang diperluas bersama properti tertentu yang terlalu mungkin untuk merender konten statis lebih cepat.
Teknologi AMP sendiri di awali Google pada th. 2017, kini telah banyak website yang menerapkan AMP seperti, Kompas, Tempo, Tribun, Liputan 6, dst.
4. Peta Situs (Sitemap)
Sitemap atau peta website dapat menunjang mesin telusur merayapi konten Anda. Sitemap adalah file tempat semua url / link website website dicantumkan.
Sangat dianjurkan untuk membawa dampak dan memilikinya ketika Anda mengelola website website besar bersama struktur yang rumit atau ketika menggunakan konten multimedia.
Perlu dicatat sitemap tidak memberi tambahan jaminan untuk meraih peringkat terbaik.
Google mengatakan, sitemap dapat saja memberi tambahan benefit, dan jangan risau kecuali Anda tidak memilikinya, gara-gara Anda tidak bakal kena hukuman atau pinalti berasal dari Google.
Tip cepat Sitemap:
* Tidak semua website website kudu membawa sitemap (peta situs).
* Ada banyak style sitemap tak hanya sitemap dalam format XML.
* Peta Situs tidak boleh memuat lebih berasal dari 50.000 URL dan tidak boleh melebihi 50 MB.
* Tempatkan peta website di direktori root website web, contoh:
/sitemap.xml
5. Robot.txt
Robots.txt adalah sebuah file yang memberi mengetahui crawler bagian website mana yang tidak Anda menginginkan untuk diakses. Umumnya terkandung di /robots.txt dan berbentuk publik.
File ini lumayan berguna kecuali Anda tidak menginginkan lebih dari satu skrip, file, atau gambar yang tidak kudu diindeks. Sintaks robots.txt:
User-agent: * (e.g. Googlebot)
Disallow: / (e.g. /images/pizza.png)
Tips cepat Robot.txt:
* Jangan menggunakan robots.txt untuk menyembunyikan konten berasal dari crawler search engine.
* Crawler atau robot malware tidak boleh melanggar robots.txt
Konten dan SEO
Pada bagian ini kami bakal mengupas perihal Konten dan SEO. Pertanyaannya, apakah konten dan SEO ini kudu berdiri sendiri? Atau keduanya kudu berdampingan?
Silahkan lanjut membaca untuk meraih jawabannya.
Ada mitos terkenal di pada lebih dari satu praktisi marketer, bahwa konten yang prima tidak perlu SEO. Benarkah?
Pernyataan ini sebenaranya salah, karena:
> Berhenti berpikir perihal “SEO vs. konten marketing” dan mulailah jelajahi seberapa baik performa keduanya.
Coba Anda bayangkan konten yang berkwalitas dibikin tanpa pengoptimalan SEO onpage atau tanpa backlink? Atau,
ada sebuah website yang dioptimalkan bersama prima tapi kontenya super duper buruk dan tidak sedap dibaca?
Harus Anda tanamkan dalam pikiran Anda bahwa, kiat pembuatan konten kudu menjadi bagian berasal dari kiat SEO yang lebih sempurna.
Tapi faktanya tetap ada lebih dari satu orang yang percaya, bahwa:
* SEO itu untuk mesin pencari
* Konten untuk manusia
Jawaban kami, mereka salah. Karena konten & SEO merupakan perihal yang saling berkaitan.
Sederhananya kami hanya kudu membawa dampak konten yang unik dan berkualitas, sekaligus mengoptimalkannya untuk mesin pencari, juga untuk manusia secara bersamaan.
Jenis Konten Apa yang Harus Saya Buat?
Ini adalah pertanyaan pertama dan paling penting. Jawaban sederhananya adalah: “Menjadi Unik”. Berusahalah membawa dampak konten yang orisinal, menarik, serta dapat menggugah pikiran pembaca, gara-gara perihal ini merupakan awal yang paling kudu dilakukan. Pastikan juga agar konten dan SEO kudu berlangsung beriringan berasal dari awal.
Berikut bermacam style konten yang dapat Anda buat:
1. Blog
Semakin hari blog makin populer, khususnya dalam lebih dari satu th. terakhir. Blog yang bagus adalah blog yang dapat berinteraksi bersama penggunanya. Tidak hanya untuk para blogger, tapi juga untuk website website E-Commerce, usaha SaaS, atau penyedia sarana profesional.
Blogging juga merupakan keliru satu langkah untuk menghasilkan duwit bersama lakukan apa yang Anda sukai (Contoh: Blogger jalan-jalan, blogger kuliner, blogger otomotif, dll.).
Blog unik yang mempunyai artikel saran dan tips yang mendalam dapat membawa dampak Anda menjadi influencer yang dikenal dan menginspirasi.
2. Halaman Produk
Ingat, menjadi pengusaha online bukanlah perihal mudah, Anda kudu fokus dan pintar mengatur waktu dan pekerjaan mana yang lebih prioritas.
Contohnya,
Anda kudu fokus untuk membawa dampak halaman product yang berkwalitas yang ditujukan untuk pengunjung dan mesin pencari. Anda juga dapat mengunggah foto terbaik beserta deskripsi product yang singkat, jelas, dan padat tanpa kudu spam kata kunci di dalamnya.
Jika halaman product Anda bagus, maka halaman tersebut dapat dipakai untuk kampanye iklan PPC layaknya Google AdWords, Facebook Ads, dan Instagram Ads.
Baca juga: Beda Instagram Bisnis vs Instagram Biasa
3. Ulasan (Reviews)
Anda menginginkan menginspirasi (influence) orang banyak? Maka Anda dapat coba membawa dampak konten ulasan atau review. Menulis lihat bukanlah perihal baru, tapi di internet seutuhnya dapat kami lihat merasa berasal dari gadget, film, buku, hotel, restoran, sampai apa saja.
Anggaplah Anda telah sukses menjadi influencer yang dipercaya, maka Anda dapat membentuk opini orang dan meraih keuntungan / pendapatan berasal dari ulasan bersponsor.
Catatan: Ulasan adalah unsur yang tak terhindarkan berasal dari pemasaran influencer.
4. Studi Kasus dan Hasil Penelitian
Anda suka hal-hal yang berbau data? Entah ini ilmiah, penelitian pasar atau penelitian di internet? Maka konten ini adalah yang paling tepat untuk Anda buat.
Ceritakan pengalaman Anda dalam meraih knowledge -data, barangkali agar mempermudah, Anda dapat melihat pengalaman Kang Dewa Eka Prayoga.
Beliau membawa lebih dari satu buku yang sukses menjadi best seller gara-gara pengalamannya, eksperimennya dan bermacam tips yang ia bagikan.
Mungkin perihal terbaik perihal belajar masalah adalah ia selamanya unik, segar, dan memberi tambahan Info baru bagi para pembaca.
5. Infografis
Banyak orang yang menyukai infografis. Karena infografis ringan dibaca, dipahami, dibagikan dan diunduh. Namun, biasanya desainer grafis benar-benar banyak memasukan teks di dalamnya agar muncul bikin jadi bosan dalam sekali lihat.
Selengkapnya silakan baca artikel tentang, langkah membawa dampak infografis ini. Intinya membawa dampak infografik ialah perihal membawa dampak Info yang bagus dan ringan dibaca.
Baca juga: Apa Perbedaan Branding dan Marketing? Beserta Pengertiannya
6. Panduan, petunjuk, kiat & tips
Ini adalah keliru satu postingan blog yang terkenal dan sering kali diterbitkan. Contohnya adalah “Cara….” atau “Panduan SEO…” di tambahkan long tail keyword.
Perlu diingat telah banyak konten layaknya ini di internet, menjadi buatlah konten saran yang lebih baik, berbeda, dan belum pernah orang lain temukan.
7. Daftar (Top Lists)
Daftar Teratas merupakan keliru satu wujud konten tercantum terkenal lainnya. Sekali lagi, terkandung ribuan daftar paling atas di internet sana, menjadi cobalah hiraukan bersama detil kecuali menginginkan membawa dampak konten style ini.
Contohnya adalah, “10 website unduh pdf gratis”, “21 style sablon kaos distro”, dan lainnya.
8. Interviews (Wawancara)
Mendapatkan Info dan opini unik berasal dari para ahli yang kredibel adalah perihal yang benar-benar luar biasa. Konten ini dapat menunjang website Anda membangun kepercayaan, kunjungan situs, social berbagi sampai tautan balik (backlink).
Di jadi lagi, kecuali narasumber Anda mempunyai jumlah pengikut (fans) yang banyak. Secara tidak segera bakal memberi tambahan kunjungan konten secara cuma-cuma ketika narasumber tersebut membagikan konten Anda. Konten ini dapat Anda bikin pada tulisan, rekaman video atau podcast.’
9. Video
Manfaat paling besar berasal dari konten video adalah engagement yang tinggi, berbagi media sosial, likes, backlink, dan dapat meraih lebih banyak konversi dan prospek.
Menurut Hubspot, pembuatan konten video dapat menambah rasio konversi sampai sebesar 80%.
10. Ebook (Buku Elektronik)
Konten Ebook biasa dipakai ketika marketer menginginkan meraih prospek baru. Umumunya digunakan oleh industri B2B, tapi juga ada website B2C yang menggunakan konten ini untuk meraih alamat email pengguna bersama langkah membagikan ebook yang dapat diunduh.
Tidak semua orang bakal memberi tambahan kontak mereka layaknya alamat email cuma-cuma. Anda kudu memberi tambahan alasan kuat kepada mereka.
Umumnya ebook dibikin dalam format PDF dan mempunyai isi konten yang panjang dan lumayan detil.
Berapa Panjang Ideal Artikel untuk Konten Blog?
Dulu, postingan artikel bersama isi yang panjang disempurnakan kata kunci bakal dapat bersama ringan meraih peringkat atas.
Tapi saat ini telah tidak semudah dulu.
Artikel Anda haruslah memberi tambahan nilai serta berguna bagi pembaca, dan pastikan membawa dampak postingan untuk manusia bukan untuk robot.
Anda kudu memberi tambahan daya tarik psikologis pada postingan Anda di tag , <h1,>. Berikan sentuhan penasaran pada paragraf pertama, berikan mereka cuplikan berasal dari semua isi artikel pada paragraf pertama.</h1,>
Dalam perihal SEO, terkandung banyak hasil research yang menyatakan bahwa postingan yang lebih panjang bakal mempunyai peringkat yang sedikit lebih baik.
Jangan lupakan juga konsep copywriting, bersama teori AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action) yang telah banyak dipraktikan oleh para master marketer online.
Mencegah Duplikat Konten pada Artikel
Sadar atau tidak, cepat atau lambat, kami semua bakal sampai pada titik di mana kami kudu mengulang lebih dari satu kata yang telah kami tulis di postingan lain di website website kita.
Jika ada benar-benar banyak konten duplikat di website web, Anda dapat menggunakan 301 redirects atau elemen tautan rel=”canonical”.
Lebih lanjut perihal duplikat konten silakan baca di Google Search Console.
Tools online terkenal untuk mendeteksi plagiarisme adalah Copyscape. Caranya lumayan mudah, Anda hanya kudu memasukkan URL postingan pada kolom yang tampil di Copyscape.
Membuat konten yang bagus di awali bersama penelitian. Tentukan topiknya, lakukan riset kata kunci, tanya kawan Anda, lakukan polling di Facebook, dst. Lanjut…
Keyword research (Riset Kata Kunci)
Pada bagian saran belajar SEO ini, kami bakal mengupas perihal riset kata kunci, bahasa kerennya kata kunci research.
Riset kata kunci adalah keliru satu pekerjaan kudu berasal dari SEO dasar. Pada bagian ini, Anda bakal belajar bagaimana menemukan niche (topik) dan bagaimana menemukan kata kunci yang berpotensi untuk mempunyai peringkat terbaik.
Membuat konten tanpa penelitian kata kunci tidak bakal menghasilkan hasil, layaknya membawa dampak sayur asem tanpa mengetahui apa itu resepnya.
Konten yang tidak dioptimasi bersama baik dan benar tidak bakal mendapat peringkat yang tinggi dan trafik website website bakal rendah atau lebih-lebih 0. Anda hanya kudu mengetahui kata kunci apa yang bakal ditargetkan untuk menghasilkan trafik website website yang lumayan memuaskan
Bagaimana Saya Menemukan Kata Kunci (Keyword)?
Ada banyak langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencari kata kunci.
Ketika mencari keyword, tugas pertama Anda adalah menghasilkan kata kunci inti & frasa yang bakal Anda menggunakan sebagai bahan untuk menemukan lebih banyak inspirasi kata kunci.
Anggap saja kecuali Anda mobilisasi blog perihal desain, maka cari frasa simple layaknya “desain grafis”, “desain produk”, atau “photoshop”.
Cara klasik untuk mencari kata kunci tapi tetap benar-benar relevan untuk digunakan:
Google Suggestions
Google tawarkan banyak saran kata kunci segera di SERP (Search Engine Result Page). Fitur layaknya “Google Autocomplete”, “Orang lain juga menanyakan” atau “Pencarian Terkait” dapat menjadi sumber yang berguna untuk kita.
Dengan fitur autocomplete, Anda hanya kudu menuliskan inti (1-3 kata) kata kunci Anda ke dalam pencarian Google dan saran bakal muncul secara otomatis.
Ada banyak tools untuk research kata kunci secara gratis yang dapat memberi Anda ratusan inspirasi kata kunci berdasarkan satu kata kunci inti. Salah satu tools kata kunci yang paling terkenal adalah Google Keyword Planner, meskipun fokus utama alat ini adalah penelitian kata kunci untuk iklan PPC.
Tools gratis terkenal lainnya adalah AnswerThePublic. Ia secara otomatis memberi tambahan ratusan saran query autocomplete Google.
Karena gratis, pasti saja tools-tools di atas mempunyai fitur terbatas.
Keyword Tools berbayar memberi tambahan tawaran yang lebih lengkap dan berguna untuk Anda dalam mengevaluasi kata kunci agar dapat menentukan mana yang terbaik dan masuk akal untuk di optimasi. Selain lebih kompetitif dan juga hemat waktu.
Contoh tersebut adalah hasil berasal dari tangkapan layar KWFinder:
Selain saran kata kunci, KWFinder juga mengkalkulasi susah peringkat (difficulty of ranking) kata kunci, serta SERP tiap-tiap kata kunci untuk menunjang Anda memperkirakan kesempatan dan menganalisis para pesaing.
Kita barangkali bakal berpikir: “Apa saya kudu kenakan tool kata kunci berbayar?”
Jawabannya adalah: Jika Anda menghasilkan duwit berasal dari website bersama langkah apa pun, tools kata kunci merupakan sebuah investasi hebat yang bakal memberi tambahan hasil cepat atau lambat.
Platform Lainnya
Sebenarnya bersama bermodalkan internet saja telah cukup, gara-gara kami dapat mencari inspirasi kata kunci hampir di mana saja. Anda hanya kudu fokus pada website yang sering digunakan biasanya orang dalam niche (topik) Anda, website tempat mereka bertanya, berkomunikasi, dan berbagi ide.
Berikut lebih dari satu platform terkenal untuk meraih inspirasi kata kunci (kata kunci):
* Forum-forum
* Quora
* Wikipedia
* Youtube
* Dst
Keyword Metrics (Metrik Kata Kunci)
Di awal-awal SEO, para pembuat konten lakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci bersama volume pencarian yang tinggi. Kemudian memasukkan kata kunci tersebut ke dalam konten untuk mengelabui algoritma mesin pencari dan “Voila” meraih peringkat yang tinggi.
Tapi itu semua telah tidak berguna lagi sekarang, gara-gara algoritma Google telah makin pintar dan maju.
Sekarang Anda bakal menemukan lebih banyak metrik dan pertimbangkan algoritma Google RankBrain, dan SERP aktual.
> Google RankBrain
RankBrain adalah komponen algoritme Google yang didasarkan pada kecerdasan buatan. Ia menunjang Google untuk mengetahui maksud di balik kueri penelusuran dan memberi tambahan hasil yang paling relevan berkat sistem pembelajaran mesin.
Kata kunci yang relevan bersama volume pencarian tinggi dan susah kata kunci rendah merupakan kombinasi ideal berasal dari tiga aspek terutama dalam meneliti keyword.
Beberapa website menyebutnya The Tripod Rule dalam meneliti kata kunci. Ketiga aspek ini mewakili tiga kaki, kecuali keliru satu kakinya rusak, lemah, atau hilang, maka tripod bakal roboh.
Sayangnya, ketentuan (rule) ini tidak semudah yang dibayangkan, kami kudu mencari keseimbangan pada faktor-faktor terkait.
Long Tail Keywords vs. Search Volumes
Maksudnya adalah kata kunci panjang vs volume pencarian.
Kata kunci panjang mempunyai volume pencarian yang lebih rendah tapi ada banyak kesempatan untuk Anda meraih peringkat tertinggi. Cari dan temukan long tail keywords, Anda bakal melihat potensinya benar-benar besar.
Pengunjung yang menemukan website website lewat kata kunci panjang bakal terlibat bersama konten lebih banyak dan tingkat konversi mereka lebih tinggi.
Kelemahan kata kunci panjang adalah volume pencariannya. Terkadang, barangkali hanya ada 100 pencarian per bulan. Itulah mengapa Anda kudu menemukan keseimbangan yang tepat berasal dari metrik yang disebutkan di atas.
Keyword Difficulty (Kesulitan Kata Kunci)
Setelah Anda menemukan kata kunci yang menginginkan Anda optimasi, Anda kudu mengevaluasi seberapa sulitnya. Kesulitan kata kunci adalah metrik yang benar-benar berguna dan bakal benar-benar menunjang kita.
Nilai yang biasa ditunjukkan pada 0 sampai bersama 100. Semakin tinggi nilanya, maka makin susah untuk kami meraih peringkat tinggi pada kata kunci tersebut.
Ada banyak tools kata kunci yang ada yang mempunyai fitur mengkalkulasi susah kata kunci. Nilainya sendiri bervariasi, di tool A barangkali kami bakal meraih nilai 20, tapi di tool B kami bakal mendapati nilai 60 untuk kata kunci yang serupa percis.
Ini berlangsung gara-gara penghitungannya didasarkan pada metrik dan algoritme yang berbeda.
Search Intent (Maksud Pencarian)
Menganalisis SERP adalah bagian yang benar-benar mutlak dalam kata kunci research. Karena ia bakal memberi tambahan dua hal:
1. Apakah Anda dapat bersaing bersama website lain di SERP pertama
2. Maksud pencarian di balik kata kunci yang menginginkan Anda optimalkan
Dengan melihat hasil peringkat pencarian (SERP), Anda dapat mengidentifikasi apa maksud di balik kueri penelusuran tersebut.
Ketika Anda mencari “resep telur dadar rumahan”, itu bermakna Anda mencari informasi, bukan menginginkan belanja telur dadar.
Jadi selamanya ingat perihal di atas agar Anda tidak keliru optimasi kata kunci. Terdapat 4 style search intent, yaitu:
1. Navigational – Mencari website website / merk tertentu (Contoh: “facebook, twitter, youtube”)
2. Informational – Mencari Info umum (Contoh: “belajar seo pemula”)
3. Transactional – Pengguna menginginkan belanja sesuatu secara online (Contoh: “jual apple iphone terbaru”)
4. Commercial – Pengguna lakukan penelitian sebelum akan belanja (Contoh: “spesifikasi PC after effects”)
Jadi, ketika Anda tengah mengelola blog perihal resep makanan, maka Anda tidak kudu untuk dapat peringkat # 1 pada kata kunci “makanan”.
Link Building (Membangun Tautan)
Apa itu Backlink? Link Building adalah sistem meraih tautan berasal dari website website lain. Dari aspek teknis, backlink adalah tautan hypertext yang berguna sebagai navigasi antar website web. Tautan dirayapi oleh mesin pencari yang terlalu mungkin mereka untuk mengindeks konten suatu website web.
Mengapa Link Building itu Penting?
Perlu Anda ketahui, mesin pencari layaknya google menggunakan link untuk menjelajahi website website baru dan mengatur peringkat keseluruhan website di SERP. Dengan kata lain, mereka mengeksplorasi konten baru dan menentukan otoritas website website berdasarkan otoritas yang diberikan berasal dari sumber eksternal.
Ketika Google memperkenalkan PageRank pada 1990-an, jumlah backlink digunakan sebagai metrik mutlak berasal dari peringkat keseluruhan. Semakin banyak tautan yang Anda peroleh, makin baik peringkat website Anda.
Itu artinya, link profil sebuah website website adalah keliru satu aspek peringkat yang lumayan penting.
Namun perihal tersebut sering di keliru gunakan. Saat ini, membangun link tidak lagi perihal jumlah backlink, tapi lebih banyak perihal kualitas dan relevansi link tautan.
Jenis-jenis Backlink
Secara umum backlink terbagi menjadi 2 jenis:
1. Backlink Do-follow – Link style ini memberi tambahan otoritas halaman yang menghubungkan ke halaman yang terhubung. Otoritas ini juga sering disebut bersama “link juice”.
2. Backlink No-follow – Link style ini tidak memberi tambahan poin apa pun ke website website yang ditautkan. Ia tidak lulus otoritas gara-gara tag HTML rel = “nofollow” yang memberi mengetahui crawler untuk tidak menghitungnya.
Dalam ilustrasi gambar di atas, Situs A menautkan ke Situs B dan Situs C. Tetapi hanya tautan ke Situs B yang lolos “link juice”. Yang satunya lagi memberi tambahan tag no-follow, menjadi tidak ada otoritas yang diberikan ke Situs C.
Tautan no-follow sendiri tidak mempunyai nilai apa-pun berasal dari sudut pandang SEO.
Anchor Text (Teks Jangkar)
Apa itu Anchor Text? Anchor text adalah bagian hyperlink yang muncul dan dapat diklik. Ia menunjang crawler mengidentifikasi perihal apa berasal dari halaman yang dituju.
Jika ada banyak halaman yang tertaut ke website Anda bersama anchor text yang relevan, maka perihal ini dapat menunjang “nge-push” peringkat website website Anda di search engine.
Tapi hati-hati dalam membangun backlink, meskipun dikerjakan bersama langkah yang tepat. Kenapa? gara-gara benar-benar terlalu berlebih dalam optimasi backlink bakal membawa dampak pinalti berasal dari Google.
Jadi, bangunlah backlink secara natural, bertahap, dan tidak over optimization.
Anda kudu memperhatikan keseimbangan pada style anchor text di bawah:
* Kata kunci dan frasa (“alat SEO”)
* Merek/Brand (“Adidas”)
* Istilah bermerek (“Adidas Predator”)
* Generik Anchor (“page/halaman”)
* Naked URLs(“apridesain.id”)
* CTA (call to action) (“klik di sini”,”selengkapnya”)
Selengkapnya silakan baca langkah membawa dampak anchor text.
Aspek Kualitas Backlink
Anda kudu mengetahui bahwa Google pertimbangkan bermacam aspek kualitas berasal dari referring website web, di antaranya:
* Otoritas Domain (Domain Authority )
* Otoritas Halaman (Page Authority)
* Metrik kualitas tautan profil lainnya
Ada lebih dari satu metrik oleh Moz dan Majestic SEO yang dapat menunjang Anda mengevaluasi / memperkirakan kualitas ini:
* Moz Page Authority (PA)
* Moz Domain Authority (DA)
* Majestic Trust Flow (TF)
* Majestic Citation Flow (CF)
Semakin tinggi nilainya, makin tinggi kualitas backlinknya.
Jangan lupakan juga Relevansi dan Link Placement,
Relevansi.
Tautan yang merujuk ke website website kudu relevan bersama kontennya. Backlink berasal dari blog bersama topik resep makanan tidak bakal berguna bagi Anda kecuali Anda menulis blog perihal SEO.
Link Placement. (Penempatan Tautan)
Tautan yang di tempatkan di artikel atau bagian utama lebih baik daripada tautan yang diletakan di footer dan sidebar.
Tautan tunggal condong lebih berguna ketimbang tautan di semua situs. Tautan di semua website muncul di semua halaman website web, contoh: footer, sidebar, blogroll.
Strategi Membangun Link (Link Building)
Membangun backlink berkwalitas untuk SEO bukanlah perihal yang mudah. Teknik simple yang paling sering digunakan layaknya tukar-menukar link telah tidak berguna lagi.
Lalu bagaimana caranya? Berikut ikhtisar langkah membangun backlink berkualitas:
1. Guest Posting (Penulis Tamu) – Teknik membangun backlink paling populer.
2. Membuat konten super berkwalitas – Agar dapat backlink cuma-cuma & langkah ini lumayan sulit/lama.
3. Social Backlinks – Bagikan konten Anda di media sosial, promosikan di Facebook, ikuti diskusi, komentari postingan yang relevan, dan bikin koneksi.
4. Broken link building – Temukan website website yang link rujukannya rusak (broken) dan berikan konten Anda sebagai gantinya.
5. PR artikel (Public Relations) – Cara ini tidak gratis, contoh: Aritkel di portal berita layaknya Detik.com, Kompas.com, dst.
6. Membeli Backlink – Membayar blogger lain untuk menulis artikel dan menanamkan backlink ke website Anda.
7. Menulis Testimonial – Tulis ulasan product bersama tautan balik ke website website Anda.
8. Backlink Forum – Contoh: Kaskus, Kompasiana, Detik Forum, dst
9. Black / Grey Hat Teknik – Seperti pembuatan tautan PBN (Private Blog Network).
Black Hat Teknik
Tautan balik berbayar dan tautan PBN (Private Blog Network) adalah langkah lain untuk membangun tautan balik, tapi langkah ini dianggap Black Hat Teknik (atau Grey Hat). Google dapat mendeteksi pola ini, dan menghukum website Anda.
Namun ada banyak juga yang merasakan kesuksesan berasal dari teknik ini. Anda hanya kudu waspada dan membayangkan semua barangkali risiko sebelum akan menerapkan Black Hat Teknik.
Pinalti
Algoritma Google Penguin yang diperbarui pada bulan April th. 2012 merasa dapat mendeteksi sekaligus memberi tambahan hukuman untuk tautan (link) yang jelek, spam, atau berkwalitas rendah.
Namun jangan panik, kecuali Anda merasa tidak pernah membawa dampak backlink berkwalitas rendah memuat spam. Karena Google dapat mengetahui bahwa tidak semua backlink yang buruk (spam) dibikin bersama sengaja.
Google dapat secara otomatis mengabaikan backlink spam Anda. Atau untuk berhati-hati, Anda dapat menggunakan fitur disavow link yang terkandung di Google Search Console.
Kesimpulan
SEO adalah industri yang tengah berkembang pesat dan ada ratusan sumber daya yang dapat Anda pelajari merasa berasal dari artikel blog, ebooks, infografis, forum, video, sampai kursus berbayar.
Anda dapat menentukan yang mana Anda suka.
Pastikan fokus dan jangan setengah-setengah dalam belajar SEO.
Di internet terkandung banyak sumber saran SEO yang barangkali bakal membawa dampak kami bingung sebagai pemula. Tapi kami memberi saran Anda untuk membaca artikel pada situs-situs berikut:
1. Moz
2. Ahrefs
3. Semrush
4. Hubspot
5. Neil Patel
6. Brian Dean
Demikian artikel perihal Belajar SEO Pemula ini, semoga berguna dan berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah, Good Luck!
Butuh jasa pembuatan website atau jasa seo? Hubungi tim kami.
Komentar
Posting Komentar