Rekomendasi Strategi Digital Marketing Di Tahun 2021
Perlunya Pembaharuan Strategi Digital Marketing
Digital marketing sudah berevolusi dan mengalami banyak perubahan sebagian tahun belakangan ini. Sebagai contoh, penerapan augmented reality yang di awalnya diakui teknik yang tidak cukup cost–effective, sekarang sudah terasa banyak diterapkan bersama mudah.
Menimbang perihal tersebut, sehingga rencana marketing merek atau usaha Anda senantiasa efektif dan relevan, pembaharuan kiat marketing secara berkala sangatlah dibutuhkan.
Artikel ini bakal memberi tambahan informasi tentang sebagian kiat digital marketing yang diprediksi bakal membawa efek lumayan besar dalam jangka pas sebagian tahun ke depan.
7 Strategi Digital Marketing di Tahun . Memperbanyak konten video
Video marketing sebetulnya bukanlah sebuah teknik atau rancangan yang baru. Namun makin ke sini pemakaian video sebagai layanan dan kiat digital marketing terasa kondang diterapkan baik oleh merek besar maupun kecil.
Bahkan, menurut statistik video marketing dari Hubspot, 54% costumer mengidamkan marketer untuk lebih banyak mengolah konten bersama format video.
Tidak hanya lebih diminati oleh konsumen, konten bersama format video juga bakal memberi tambahan Anda area yang lebih luas untuk menonjolkan fitur dan berlebihan dari produk atau layanan dari usaha Anda bersama cara yang menarik.
Semakin banyaknya tools video marketing yang ada juga mengakibatkan sistem pembuatan konten video pas ini menjadi jauh lebih mudah.
Untuk mengawali kiat video marketing, Anda bisa pakai platform sarana sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, bahkan LinkedIn sebagai channel untuk membagikan konten video Anda.
2. Membuat sales funnel yang komprehensif
Tipe audience yang mendatangi web Anda bisa menjadi sangat beragam. Beberapa bisa saja ada yang merupakan orang yang belum mengenal merek Anda mirip sekali, pas sebagian lainnya merupakan orang yang sudah menjadi costumer Anda.
Maka dari itu, sangat penting untuk sedia kan konten untuk tiap tiap tahap costumer journey dari usaha Anda. Di sinilah peran sales funnel menjadi begitu krusial.
Banyak marketer yang sangat fokus dan banyak meluangkan pas untuk mengolah konten top–funnel, namun tidak mempunyai konten yang bisa merawat ketertarikan atau minat audience pada mid–funnel maupun bottom–funnel.
Dengan menerapkan data driven marketing dan memberi tambahan animasi, video, infografik, atau bahkan podcast, Anda bisa mengakibatkan content marketing Anda menjadi lebih komprehensif.
Anda juga bisa coba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kerap diajukan oleh obyek audience melalui konten yang Anda buat.
Pada intinya, yang kudu Anda laksanakan adalah memastikan bahwa konten yang Anda mempunyai dan sampaikan pada channel marketing Anda sudah termasuk tiap tiap sales funnel dari usaha Anda.
3. Menyajikan konten interaktif
Konten interaktif seperti kuesioner, poling, kontes, atau puzzle pas ini makin kondang diterapkan gara-gara efektivitasnya dalam menarik perhatian audience secara instan.
Selain tawarkan nilai lebih untuk obyek audience, konten interaktif juga bisa Anda pakai sebagai alat eksperimen untuk menyadari perihal apa yang banyak diminati oleh obyek audience Anda.
4. Fokus untuk membangun network dan komunitas
Mungkin bagi usaha skala besar mengeluarkan budget untuk menggerakkan social sarana marketing untuk beroleh lebih banyak reach bukanlah sebuah masalah.
Namun tidak demikianlah pada usaha skala kecil yang bisa saja bakal sulit berkompetisi secara organik bersama account merek atau usaha besar di sarana sosial, sehingga seringkali dibutuhkan pengalokasian cost iklan.
Solusi dari tantangan digital marketing di atas adalah bersama pakai fitur yang ditawarkan oleh platform sarana sosial untuk membangun komunitas merek Anda sendiri. Contoh penerapannya seumpama bersama mengakibatkan komunitas studi digital marketing di Facebook group, atau LinkedIn group.
Dengan mengakibatkan grup, merek bisa berkomunikasi secara langsung bersama member mereka atau juga memanfaatkannya untuk menjawab pertanyaan atau panduan dari costumer mereka.
Strategi digital marketing ini lumayan efektif dalam membangun komitmen costumer gara-gara bakal memberi tambahan kesan eksklusifitas pada obyek audience Anda.
5. Berjualan di sarana sosial
Social commerce merupakan salah satu tren digital marketing yang juga diprediksi bakal mempunyai potensi besar ke depannya.
Hal ini juga di dukung bersama makin banyaknya sarana sosial yang meluncurkan fitur berbelanja di platform mereka, juga Facebook dan Instagram Shops yang baru saja diluncurkan tahun lalu.
Berjualan di sarana sosial bakal sangat untung gara-gara bakal mempersingkat costumer journey dari usaha Anda. Dengan begitu, potensi costumer untuk belanja produk bakal meningkat.
6. Membangun merek partnerships
Satu tahun belakangan ini, banyak merek yang memetik keberhasilan bersama menggerakkan campaign kolaborasi bersama merek lain. Mungkin Anda juga tetap ingat salah satu kolaborasi merek yang sukses viral di pertengahan tahun 2021 yaitu pada McDonald’s dan BTS. Di luar itu tetap banyak kolaborasi merek lainnya yang terbilang sangat sukses sepertiMcDonald’s dan Travis Scott, Adidas dan Allbirds, juga Adidas dan Lego.
Kerjasama merek yang unik seperti sebagian contoh di atas sangat efektif dalam menarik perhatian sarana dan menimbulkan social buzz bersama cakupan audience yang luas.
Kerjasama atau kolaborasi pun sebetulnya tidak kudu dijalankan bersama nama-nama atau merek besar. Anda juga bisa menjalin kolaborasi yang efektif bersama merek yang memilki produk-produk komplementer bersama produk dari merek Anda.
Kolaborasi ini juga bisa Anda terapkan pada kiat digital marketing Anda. Misalnya bersama mengakibatkan co–branded email yang pakai audience list dari merek lain untuk tawarkan produk Anda melalui email.
7. Memanfaatkan teknologi augmented reality
Munculnya pandemi sudah memacu para marketers untuk berkhayal cara yang unik dan kreatif untuk bisa senantiasa mengakses bersama costumer mereka yang sebagian besar waktunya diluangkan di rumah.
Augmented reality marketing, menjadi salah satu solusi yang bisa menopang obyek market untuk bisa coba produk tanpa kudu mampir ke toko fisik secara langsung.
Dengan teknologi augmented reality, calon costumer bisa coba perhiasan atau accessories di pergelangan tangan mereka, atau coba tempatkan sofa baru di area tamu mereka hanya melalui smartphone.
Konklusi
Tentu mengimplementasi semua kiat di atas secara seiring adalah nyaris tidak mungkin. Atas alasan efisiensi, Anda hanya kudu pilih sebagian kiat digital marketing yang sudah kami rekomendasikan di atas dan coba untuk menjalankannya.
Strategi digital marketing yang kudu dipilih bakal sepenuhnya bergantung pada obyek audience, goal bisnis, dan industri dari usaha Anda.
Sebagai alternatif, Anda juga bisa pakai jasa digital marketing agency untuk menopang sistem rencana dan pengimplementasian kiat digital marketing yang tepat dan paling efektif untuk usaha Anda.
Meson adalah digital marketing agency Jakarta yang sudah mempunyai banyak pengalaman dalam menangani kiat digital marketing dari usaha di bermacam industri.
Jika Anda mempunyai pertanyaan berkenaan perihal seputar kiat digital marketing dan penerapannya, Anda bisa menghubungi kami melalui halaman ini.
Related Articles :
Komentar
Posting Komentar