Rencana Marketing Social Media

 Memikirkan strategi marketing untuk social fasilitas terhadap mulanya terlalu membingungkan.


Ibaratnya seperti Anda seseorang yang pemula dan melaksanakan kegiatan memanjat tebing untuk pertama kalinya.


Anda mungkin tidak mengerti apa yang kudu dilakukan. Anda dan kawan Anda masih terlalu newbie berkenaan tali-menali, rappelling, dan juga tehnik untuk memanjat tebing. Anda melihat orang lain sanggup melakukannya bersama dengan baik.


Dalam pikiran, Anda akan mulai terlalu senang kecuali sukses menggapai puncak berasal dari panjat tebing, tapi Anda tidak mengerti bagaimana langkah untuk mencapainya.


Hal ini serupa halnya bersama dengan strategi marketing untuk social media.


Jika Anda memulai berasal dari nol, akan mulai mendebarkan dan juga luar biasa.


Anda mengerti apa yang mengidamkan Anda melaksanakan dan kenapa. Anda sanggup melihat orang lain telah memanjat gunung social fasilitas dan Anda memiliki beberapa inspirasi bagaimana menuju ke sana sendiri.


Anda kudu yang namanya rencana.


Artikel kali ini akan mengajak Anda untuk mengerti langkah membawa dampak strategi marketing untuk social fasilitas yang pastinya akan mendukung Anda di dalam mengembangkan bisnis, khususnya bagi Anda yang mengidamkan mencoba berasal dari offline ke online.


Mari kita mulai pembahasannya.


Mulai berasal dari dasar hingga terhadap bagian membangun, selanjutnya ini adalah wujud keseluruhan berasal dari langkah membawa dampak konsep social fasilitas marketing.


Bentuk rencananya itu seperti perjalanan, mulailah bersama dengan mengarahkan diri Anda ke jalur yang benar, sesudah itu menentukan langkah Anda akan hingga di sana, check-in secara teratur untuk memastikan Anda berada di jalur, dan bersenang-senang sepanjang perjalanan.


Langkah 1 : Pilih jaringan sosial Anda


Langkah 2 : Isi seluruh profil Anda secara lengkap


Langkah 3 : Temukan voice dan tone Anda


Langkah 4 : Pilih strategi tulisan Anda


Langkah 5 : Analisis, tes, dan iterate


Langkah 6 : Mengotomatisasi, engage dan dengarkan


Langkah 1 : Pilih Jaringan Sosial Anda


Bagi Anda yang baru mengidamkan berubah berasal dari usaha offline ke online, mungkin diantara Anda telah memiliki knowledge base customer, sanggup bersifat alamat atau no telepon yang sanggup dihubungi. Data ini sanggup Anda keep dan kembangkan setelah Anda membaca artikel ini.


Untuk era peralihan berasal dari usaha offline ke online, Anda sanggup melaksanakan riset lebih lanjut berkenaan mereka. Caranya? Bisa di mulai bersama dengan menentukan social media.


Sekarang ini social fasilitas telah banyak sekali tipe jaringannya. Masing-masing jaringan memiliki keunikan, bersama dengan praktek terbaik, style sendiri, dan audiens sendiri.


Anda kudu menentukan jaringan sosial yang sesuai bersama dengan strategi dan goal mengidamkan Anda menggapai di social media.


Anda tidak kudu memakai seluruh jaringan sosial, menentukan yang menurut Anda paling mutlak dan sanggup membangun engagement bersama dengan audiens.


Ada beberapa yang kudu dipertimbangkan, supaya nantinya sanggup mendukung Anda bukan hanya menentukan jaringan sosial mana yang kudu dicoba tapi termasuk berapa kali Anda kudu mencobanya.


Waktu – Berapa banyak sementara yang sanggup Anda memberikan untuk jaringan sosial? Untuk di awal, Anda cukup sediakan sementara 1 jam / hari.


Sumber – Personil dan skill apa yang kudu Anda miliki? Jaringan sosial virtual seperti pinterest dan Instagram membutuhkan gambar dan foto. Jejaring sosial seperti Google+ mengedepankan kualitas konten. Apakah Anda memiliki sumber untuk menciptakan apa yang dibutuhkan?


Audiens – Dimana customer potensial Anda senang berkumpul? Jejaring sosial mana yang memiliki demografi yang tepat?


Untuk penutup berasal dari langkah pertama ini, Anda sanggup mereferensikan penelitian audiens dan demografi berasal dari survei seperti yang ditunaikan oleh Pew Research.


Misalnya, Pew memiliki knowledge lengkap, berasal dari demografi untuk Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan LinkedIn.


Langkah 2 : Isi Semua Profil Anda Secara Lengkap

Salah satu web site yang sering melaksanakan cek bulanan terhadap mengisi web site mereka adalah Buffer.


Ada yang bertugas untuk mendatangi masing-masing profil social fasilitas Buffer dan memastikan bahwa avatar, meliputi foto, bio, dan juga keterangan profil telah up-to-date dan lengkap.


Ini adalah bagian kunci untuk pemeriksaan social fasilitas mereka.


Profil yang diisi secara lengkap tunjukkan profesionalisme, melekatkan branding, dan sebagai sinyal kepada pengunjung bahwa Anda serius berkenaan enganging.


Untuk visual, Anda kudu menjadi lebih terus-menerus dan memfamiliarkan visual Anda bersama dengan visual yang akan memakai di social media.


Misalnya avatar Anda terhadap Twitter dicocokkan bersama dengan avatar terhadap Facebook. Cover foto Anda di Google+ sanggup dibuat serupa terhadap cover LinkedIn.


Untuk membawa dampak gambar-gambar ini, Anda kudu mengerti ukuran grafik gambar social fasilitas yang akan tunjukkan rincian tepat berasal dari dimensi untuk tiap-tiap foto terhadap tiap-tiap jaringan.


Anda sanggup memakai tool seperti Canva untuk memudahkan pembuatan dan juga menghemat waktu. Tool ini ditambah bersama dengan prebuilt template yang akan mengatur ukuran tepat untuk gambar Anda.


Untuk teks, daerah yang kudu Anda kustomasi adalah bagian bio/info. Membuat bio social fasilitas yang professional sanggup dipecah menjadi 6 aturan sederhana.


1. Tampilkan : kata-kata “Apa yang telah saya lakukan” bekerja jauh lebih baik berasal dari “Siapa saya”.

2. Menyesuaikan kata kunci bersama dengan audiens Anda.

3. Bahasa selalu fresh : menjauhi istilah-istilah.

4. Menjawab pertanyaan berasal dari follower potensial Anda : “Apa untungnya bagi saya?”

5. Jadilah lebih personal dan ramah.

6. Sering melaksanakan kunjungan lagi.


Langkah 3 : Temukan Voice dan Tone Anda


Anda mungkin terpengaruh untuk langsung terjun dan mulai berbagi. Hanya satu langkah lagi sebelum akan Anda melakukannya.


Terjun ke di dalam social fasilitas akan lebih fokus dan langsung kepada titik sasaran kecuali Anda memiliki voice dan tone untuk “memukul” konten Anda.


Untuk melakukannya, Anda sanggup menggunakan sementara bersama dengan melacak mengerti persona marketing dan memperdebatkan poin-poin mutlak berasal dari pengakuan misi Anda dan juga knowledge customer bersama dengan partner kerja Anda.


Hal itu memang bagus. Namun, konsep marketing social fasilitas Anda baru menjalankannya sistem ini berasal dari bawah, Anda sanggup membawa dampak sistem ini sedikit lebih mudah.


Mulai bersama dengan pertanyaan seperti ini :


Jika merek Anda adalah orang, seperti apa kepribadian yang ia miliki?


Jika merek Anda adalah orang, apa interaksi mereka ke konsumen? (sebagai coach, teman, guru, etc)


Jelaskan secara adjektif yang bukan termasuk berasal dari personality perusahaan Anda


Apakah ada perusahaan lain yang memiliki personality yang serupa bersama dengan perusahaan Anda? Pada bagian apa yang mirip?


Bagaimana Anda mengidamkan customer melihat perusahaan Anda?


Pada akhir pelatihan ini, Anda kudu sanggup memberikan secara adjektif yang mengartikan voice dan tone berasal dari marketing Anda.


Pertimbangkan perihal ini untuk memelihara supaya Anda selalu terhadap track : Voice adalah pengakuan misi, tetapi tone adalah pelaksanaan misi tersebut.


MailChimp telah membawa dampak sebuah web site web site mandiri hanya untuk voice dan tone. Berikut adalah semisal bagaimana mereka menerapkan kualitas ini di dalam komunikasi mereka :


Kembangkan voice yang mengasyikkan customer Anda, maka customer Anda akan senang untuk menyebarkan cerita berkenaan Anda.


Langkah 4 : Pilih Strategi Postingan Anda

Berapa banyak kuantitas post yang akan dipublikasikan perhari? Seberapa sering mestinya Anda mengepost? Kapan waktunya Anda kudu mengepost?


Jawaban berasal dari beraneka pertanyaan ini : Tergantung.


Kebanyakan, social fasilitas experience itu berkenaan audiens Anda secara individual dan niche.


Apa yang sanggup bekerja untuk Anda mungkin tidak bekerja untuk orang lain, dan Anda tidak pernah mengerti hingga Anda mencobanya sendiri.


Seperti yang pernah dikatakan, ada beberapa knowledge dan wawasan yang bagus di mana untuk memulainya.


Berikut ini ada beberapa perihal bagus yang kudu Anda perhatikan.


Apa yang Harusnya Anda Posting?


Gambar yang ideal


Ini lebih ke arah visual content. Saat Anda menelusuri Facebook dan Twitter, Anda akan cenderung melihat banyak gambar.


Postingan yang bersifat gambar cenderung akan dilihat, diklik, reshare, dan mendapat like yang lebih banyak dibandingkan bersama dengan tipe tulisan lainnya.


Di Facebook, foto beroleh 53% lebih banyak like, 104% lebih banyak terhadap komentar dan 84% akan lebih diklik (dibandingkan bersama dengan tulisan yang berbasis teks).


Hal ini termasuk berlaku terhadap Twitter. Dalam sebuah penelitian, lebih berasal dari 2 juta tweets berasal dari pengguna yang terverifikasi di sejumlah industri yang berbeda, Twitter menemukan bahwa orang akan cenderung untuk melaksanakan retweet kecuali sebuah post memuat foto.


* Foto akan mendapat 35% boost di dalam Retweets

* Video mendapat 28% boost

* Quotes mendapat 19% boost

* Nomor mendapat 17% boost

* Hastag mendapat 16% boost


Strategi 4:1


Sekarang Anda mengerti apa yang sanggup bekerja bersama dengan baik, Anda sanggup memasang beraneka tipe updatean yang tidak serupa ini ke di dalam strategi yang konsisten.


Begini langkah kerja sistemnya :


Mulailah bersama dengan 5 tipe dasar update yang akan Anda posting : Links, gambar, kutipan, reshare, updatean teks.


Pilih updatean “utama”, satu tipe yang akan banyak Anda share.


Buat rasio 4: 1 untuk berbagi : untuk tiap-tiap 4 updatean “utama”, publiskan 1 tipe yang tidak serupa untuk variasi.


Dengan langkah ini, follower Anda mengerti apa yang diinginkan berasal dari Anda, dan Anda sanggup mempertajam langkah berbagi Anda untuk tipe updatean tertentu, supaya akan menjadi lebih ringan untuk menyempurnakannya dan bereksperimen.


Catatan: Anda mungkin tidak mengidamkan memposting update yang serupa sama juga di tiap-tiap jaringan sosial Anda.


Pertimbangkan perihal ini. Tulislah updatean Anda bersama dengan langkah yang unik untuk tiap-tiap jaringan sosial.


Seberapa Sering Anda Harus Posting?


Ada banyak knowledge yang menarik di luar sana berkenaan seberapa sering untuk mengirimkan post ke social media.


Beberapa faktor mungkin akan mempengaruhi frekuensi berbagi Anda, termasuk industri Anda, jangkauan Anda, sumber, dan kualitas berasal dari updatean Anda.


Jika orang menyukai updatean Anda, Anda sanggup lebih sering melaksanakan postingan.


Kapan Anda Harus Posting?


Ada banyak tools yang sanggup mendukung Anda untuk mengerti sementara yang paling baik dikala Anda mengidamkan mengepost di jejaring sosial.


Tools ini akan melacak peristiwa follower dan peristiwa tulisan Anda untuk melihat kapan audiens Anda online dan kapan sementara yang paling baik untuk mensharing peristiwa tulisan Anda.


Jadi apa sanggup ditunaikan oleh orang yang baru menyentuh jaringan sosial, bersama dengan situasi ia tidak memiliki audiens dan histori?


Ini saatnya Anda untuk praktik. Berikut ada penelitian berkenaan saran kapan sementara yang tepat untuk mengepost.


* Facebook – hari kerja 1-4 pm dan 2-5 pm

* Twitter – hari kerja 1-3 pm

* LinkedIn – Selasa, Rabu, dan Kamis 7-8:30 am dan 5-6 pm

* Instagram – hari kerja 5-6 pm dan 8:00. Pada hari Senin bersama dengan spot paling baik di 6 pm

* Tumblr – hari kerja 7-10 pm dan terhadap hari Jumat 4 pm

* Pinterest – hari kerja 2-4 pm dan akhir pekan 8-11 pm (akhir pekan menjadi sementara yang paling baik)

* Google+ – hari kerja 9-11 am


Langkah 5 : Analisis, Tes, dan Iterate

Anda masih ingat berkenaan social fasilitas berbagi menjadi terlalu individu, dan kudu melaksanakan usaha tertentu?


Statistik Anda akan mempertegas perihal ini.


Semakin Anda melaksanakan posting, jadi Anda akan menemukan yang konten, waktu, dan frekuensi yang tepat untuk tulisan Anda berikutnya.


Bagaimana Anda akan tahu? Yang kudu Anda melaksanakan adalah beroleh reporting tool.


Sebagian besar jaringan sosial utama memiliki asumsi dasar yang membangun situs. Sedikit lebih ringan untuk melacak dan menemukan informasi ini berasal dari sebuah dashboard yang termasuk segala.


Anda sanggup memakai Google url shortener. Salah satu berasal dari tools yang disajikan Google ini bukan hanya sanggup mempersingkat link web site yang panjang, tapi termasuk Anda sanggup memantau secara cukup spesifik berapa orang yang klik.


Bukan hanya itu saja, Anda akan sanggup melihat secara spefisik berasal dari orang yang mengakses web site Anda.


Atau Anda termasuk sanggup memakai Google Analytics dan Google Tag Manager yang bukan hanya akan mendukung Anda untuk mengerti secara spesifik kuantitas orang yang berkunjung ke web site Anda tapi termasuk sanggup mentracking usaha Anda.


Untuk menganalis, selanjutnya langkah-langkah yang kudu Anda perhatikan.


Menetapkan Benchmark.


Setelah dua minggu atau satu bulan sharing, Anda sanggup mengecek statistik Anda dan menemukan umumnya kuantitas klik, share, like, dan komentar terhadap tiap-tiap post.


Ini akan menjadi patokan Anda ke depan. Anda sanggup lagi mengecek statistik dan memperbarui angka-angka ini tiap-tiap sementara Anda berkembang.


Uji Sesuatu yang Baru.


Jadilah terbuka dan jangan cemas mencoba suatu hal yang baru.


Biasanya DigitalMarketer.id akan melaksanakan pengecekan. Apakah cover di Facebook telah sesuai? Apakah kapitalisasi mutlak terhadap tiap-tiap post? DigitalMarketer.id termasuk siap untuk mendengar masukan-masukan inspirasi berasal dari para pengunjung web site atau member. Ide yang didapat sesudah itu disaring dan didiskusikan sesudah itu langsung akan dicoba.


Apa Itu Bekerja?


Cek statistik berasal dari test versus untuk statistik yang telah menjadi patokan Anda.


Jika tes perfomanya baik, maka Anda sanggup mengimplementasikan perubahan ke di dalam strategi yang reguler. Dan sekali tes selesai, coba tes suatu hal yang baru!


Langkah 6 : Mengotomatisasi, Engage dan Dengarkan

Bagian akhir berasal dari konsep marketing social fasilitas adalah memiliki sistem yang sanggup Anda ikuti untuk mendukung Anda selalu update dan terlibat bersama dengan komunitas Anda.


Mulai berasal dari mengotomatisasikan updatean Anda. Anda sanggup mencoba Infusionsoft untuk memudahkan Anda di dalam mengotomatisasi seluruh kegiatan manual yang biasa Anda lakukan.


Rencana Anda tidak berakhir hanya di bagian otomatisasi. Social fasilitas termasuk membutuhkan keterlibatan/engagement.


Ketika orang berkata bersama dengan Anda, tanggapilah mereka.


Sisihkan sementara siang hari Anda untuk turut di dalam sebuah percakapan yang berjalan di social media.


Lakukan percakapan bersama dengan customer potensial, referensi, teman, dan kolega. Mereka terlalu mutlak untuk diabaikan.


Salah satu langkah untuk selalu up terhadap seluruh percakapan yang berjalan di kira-kira Anda dan perusahaan Anda adalah untuk menciptakan sebuah sistem untuk mendengarkan.


Tool seperti Zendesk dan Zopim akan mendukung Anda untuk berinteraksi bersama dengan para customer potensial, referensi, teman, dan kolega.


Jadi Apa yang akan Anda Share?

Mempersiapkan diri bersama dengan membawa dampak konsep marketing adalah sebuah langkah besar sebelum akan Anda mulai terjun bebas ke di dalam dunia social media.


Setelah melihat blue-print di depan Anda, maka Anda termasuk telah beroleh gambaran ke depan berkenaan apa yang sanggup ditunaikan selanjutnya.


Bagi cerita dan pengalaman Anda berkenaan menjelajahi social fasilitas bersama dengan DMID dan para pembaca lainnya. Anda sanggup menuliskannya di kolom bawah ini!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Yuk Belajar Digital Marketing Dari Dasar Untuk Semua Bisnis

Wajib Tahu Ini Kunci Dasar Belajar Seo On Page