Strategi Digital Marketing Dengan 8 Langkah Contoh
Dalam dunia digital yang terus berubah, makin lama mutlak untuk mengerti dasar-dasar kiat digital marketing dan mengikuti tren baru. Tanpa melaksanakan perencanaan bersama baik, usaha Anda akan rentan gagal. Itulah sebabnya aku menyusun panduan mutlak untuk membangun kiat digital yang berhasil agar usaha Anda mempunyai efek yang maksimal.
Definisi kiat digital
Strategi digital merupakan lebih dari satu aksi yang dirancang terlebih dahulu untuk menggapai target bisnis melalui implementasi inisiatif digital marketing. Strategi digital marketing berfokus terhadap pemakaian teknologi untuk menaikkan kinerja bisnis, baik bersama menciptakan produk baru atau menata lagi proses yang ada selagi ini untuk mengikuti pertumbuhan teknologi untuk kepentingan pemasaran. Nah, bersama begini perusahaan mampu memilih arah yang akan disita untuk menciptakan keistimewaan kompetitif baru melalui teknologi, serta taktik yang akan digunakan untuk memengaruhi perubahan tersebut.
Mengapa melampirkan aspek digital didalam kiat marketing Anda?
Alasannya sungguh terlalu sederhana, yakni untuk beradaptasi bersama teknologi di masa informasi selagi ini dan untuk memanfaatkan sumber daya digital untuk menyebabkan rencana tindakan untuk menjangkau audiens dan pasar Anda agar mampu menggapai target bisnis.
Bagaimana beberapa langkah untuk menyebabkan kiat digital marketing?
Saya yakin baik Anda dan perusahaan besar yang ada selagi ini mengerti bahwa teknologi terlalu mutlak untuk bisnis Anda. Namun, terlalu disayangkan terhitung karena kebanyakan dari mereka tidak mempunyai rencana terintegrasi untuk mengembangkan dan melibatkan audiens mereka secara efektif. Jika bisnis Anda tidak mempunyai rencana, Anda akan kalah dari pesaing yang lebih mengerti digital.
Tanpa bicara panjang lebar, aku akan coba merangkum pengetahuan dasar aku berkenaan pengetahuan marketing simpel dan memadukannya bersama pertumbuhan teknologi selagi ini dan melampirkan misal di lebih dari satu bagian yang sedikit teknikal agar Anda tidak terlalu bingung. Berikut adalah 8 langkah dan misal untuk memilih kiat digital Anda sendiri.
1. Audit online presence Anda selagi ini
Apakah Anda pernah bertanya-tanya, mengapa audiens Anda tidak mampu menemukan Anda di mesin pencari layaknya Google? Mengapa web site web site Anda tidak mempunyai trafik layaknya yang Anda inginkan? Mengapa pesaing Anda terlihat di hasil pencarian untuk kata kunci yang Anda didambakan? Ini adalah lebih dari satu pertanyaan bagus yang harus Anda jawab.
Anda harus melaksanakan proses audit keberadaan online perusahaan Anda untuk mengerti di mana letak Anda tidak cukup berhasil. Jika Anda mengerti di mana Anda tidak cukup berhasil, Anda mampu menciptakan kiat lainnya untuk menaikkan keberadaan online (online presence) bisnis Anda. Beberapa perihal mutlak yang harus Anda audit contohnya adalah web site web site Anda, kampanye marketing yang ditunaikan secara online, profil sosial media, online direktori lokal, pemberitaan online berkenaan bisnis Anda, lihat bisnis Anda di halaman review, sampai Google Business.
Audit website
Anda harus memeriksa apakah web site Anda mempunyai penampilan mobile-friendly? Apa maksudnya? Apakah web site Anda tampilannya mampu disesuaikan secara otomatis bagi pengguna mobile phone selagi diakses? Apa penampilan mobilenya mengikuti ukuran desktop? Lalu periksa halaman utama atau homepage Anda dan halaman ‘tentang’ Anda untuk memandang apakah ada tag judul, teks gambar dan meta description?
Jika Anda belum mempunyai web site sebaiknya Anda membuatnya terlebih dahulu karena menyebabkan web site itu merupakan perihal yang harus untuk berkompetisi di masa digital ini.
Kampanye online
Apakah Anda pernah atau tengah melaksanakan kampanye pemasaran atau kampanye digital? Pemasaran dan kampanye digital terhitung harus menjadi bagian dari audit Anda. Setelah Anda mengerti sasaran atau target kampanye Anda sebelumnya, Anda mampu memeriksa apakah kampanye sudah menggapai sasaran dan target Anda atau tidak. Jika sehabis di check bahwa kampanye tidak berhasil, Anda mampu mengayalkan kiat digital marketing lainnya yang mampu Anda melaksanakan untuk menggapai tujuan.
Jika Anda mempunyai banyak saluran media sosial, Anda harus mencari semua profil online Anda. Caranya bersama memeriksa lebih dari satu perihal di bawah ini:
* Apakah nama pengguna Anda (username) untuk media sosial sudah dipilih bersama baik?
* Apa target komunikasi Anda untuk tiap-tiap saluran media sosial?
* Seberapa kerap Anda memposting untuk menopang target tersebut?
* Apa konten sosial media mempunyai kinerja yang baik sejauh ini?
* Informasi berkenaan audiens atau demografi Anda. (Biasanya, media sosial layaknya Facebook, LinkedIn, dan Instagram mempunyai fitur yang disebut ‘insights’ atau ‘analytic’ yang amat mungkin Anda mengerti audiens Anda).
Direktori lokal
Biasanya ada direktori web site web site lokal yang mampu menulis berkenaan bisnis Anda di halaman web site mereka. Pastikan mereka menampilkan deskripsi bisnis Anda sesuai bersama profil bisnis dan pesan yang memang menampilkan citra bisnis Anda.
Situs lihat atau web site ulasan
Memang Anda tidak begitu mampu mengubah lihat atau ulasan yang sudah dituliskan oleh audiens, akan tetapi selalulah memeriksa tiap-tiap ulasan selanjutnya (baik positif dan negatif). Meninjau ulasan audiens Anda di platform review, layaknya Facebook, Tripadvisor, Google Review dan lainnya mampu menopang Anda mengerti apa yang dikatakan orang berkenaan bisnis Anda.
Jika Anda mempunyai umpan balik positif, menandakan Anda sudah melaksanakan perihal yang lumayan baik. Tetapi katakanlah seseorang meninggalkan ulasan tidak baik berkenaan bisnis Anda, pastikan untuk menghubungi mereka dan menghendaki maaf. Biasanya semua lihat online, layaknya Google Review, Tripadvisor, dll. berikan kesempatan kepada pemilik bisnis untuk menanggapi ulasan. Prospek yang membaca ulasan tidak baik berkenaan bisnis Anda kemungkinan besar akan lebih mempercayai Anda dan lebih memperhitungkan bisnis Anda jika Anda merespons bersama suara yang pas dan secara profesional.
Jika Anda tidak mempunyai ulasan, bukan berarti orang-orang tidak menyukai bisnis Anda, tetapi itu mampu berarti Anda tidak lumayan berkesan di mata mereka. Nah, jika demikian, baiknya Anda memulai kiat WOM. kiat pemasaran dari mulut ke mulut yang mampu menopang menaikkan bisnis Anda secara online dan offline.
Google Bisnisku
Sudahkah Anda mendaftar di Google Bisnisku (Google My Business) untuk listing bisnis Anda? Jika belum, membuat pernah ya. Google sejauh ini merupakan mesin pencari yang paling populer, itulah mengapa mempunyai account Google bisnisku adalah perihal yang baik. Daftar ini berisi semua informasi mutlak berkenaan bisnis Anda, layaknya jam operasi, detail kontak, dan tautan ke web site web, serta mengimbuhkan kesempatan bagi pelanggan untuk meninggalkan komentar di listing bisnis Anda tersebut.
2. Analisis Kompetitor Anda
Analisis pesaing kebanyakan ditunaikan untuk mengidentifikasi kebolehan dan kelemahan, memilih posisi perusahaan Anda, menyoroti kesenjangan, dan memperkirakan potensi Anda. Menganalisis pesaing Anda di masa digital sedikit tidak serupa dari langkah berbisnis tradisional.
Untuk menganalisis pesaing Anda di masa digital, pastikan Anda mengerti siapa pesaing Anda. Kebanyakan perusahaan hanya mengenali pesaing langsung (direct competitor) mereka, tetapi tidak mengenali pesaing tidak langsung mereka (indirect competitor).
Analisis pesaing kebanyakan mencakup pesaing langsung dan tidak langsung. Pesaing tidak langsung adalah mereka yang mengimbuhkan solusi yang serupa (atau serupa) kepada audiens yang identik.
Sebagai contoh, jika bisnis Anda menjajakan produk perawatan rambut, pesaing langsung Anda adalah merek produk perawatan rambut sejenis. Tetapi pesaing tidak langsung Anda yang memang adalah web site web site industri, web site media sosial, platform e-commerce, dan kadang kala web site direktori. Anda tidak lagi berkompetisi bersama merek lain yang menjajakan produk perawatan rambut, Anda berkompetisi bersama SEMUA SITUS yang mencakup perawatan rambut, DIY, lihat produk yang mempunyai target audiens yang serupa dan yang mempunyai target untuk menyebabkan Anda membeli space ikaln di web site dan platform mereka untuk menjangkau audiens target Anda.
3. Tentukan target dan persona Anda
Selanjutnya, Anda harus memilih audiens target Anda. Audiens target Anda adalah pelanggan ideal yang idamkan Anda sasarkan ke produk atau sarana Anda melalui usaha pemasaran. Sedangkan persona adalah deskripsi detail seseorang yang mewakili audiens target Anda tersebut. Persona ini bukan identitas asli pelanggan Anda, melainkan sosok fiktif yang mewujudkan karakteristik pelanggan potensial paling baik bisnis Anda. Perusahaan besar kebanyakan mengimbuhkan persona mereka nama, demografis, minat, dan pembawaan perilaku agar lebih detail. Memiliki target audiens sampai persona secara detail ini mampu menopang Anda untuk mengerti tujuan, kelemahan, dan formalitas pelanggan Anda yang nyata.
Tetapi bagaimana jika Anda sudah menggerakkan bisnis Anda dan Anda tidak terlalu mengerti siapa target audiens Anda. Caranya mudah, lumayan menyebabkan survey dan mengirimkannyake database Anda. Isi survey hendaknya bertanya informasi berbentuk demografi, minat dan pembawaan perilaku pelanggan Anda yang sudah ada. Hasil survey nantinya akan menyebutkan siapa target audiens yang sudah Anda miliki. Dengan mengerti sifat, perilaku dan banyak perihal berkenaan audiens Anda, mampu menyebabkan Anda selangkah lebih di depan didalam merencanakan kiat digital Anda.
4. Tetapkan target Anda
Sangat mutlak untuk memutuskan target untuk bisnis Anda.Tapi, didalam praktiknya, kita condong menggeneralisasi target kita. Misalnya, tujuannya kemungkinan untuk “meningkatkan penjualan”. Tapi kemudian, pertanyaan yang terlihat adalah seberapa besar penjualan harus ditingkatkan? Dan kapan penjualan harus ditingkatkan? Saran saya, untuk memutuskan tujuan, cobalah menyebabkan target yang lebih spesifik, misalnya harus bersama nominal. Contohnya “meningkatkan penjualan sebesar 10% terhadap akhir Januari”.
Untuk menyebabkan target kiat digital Anda, ada rencana SMART yang mampu Anda contoh. Mari langsung kita bahas saja:
* Spesific: Buatlah target yang spesifik, mengerti dan detail. Bila harus ada angka tentu saja agar Anda dan tim mampu mengerti dan mempunyai tolak ukur yang jelas. Contohnya menaikkan penjualan sebesar 10% terhadap akhir November 2020.
* Measurable: Buatlah target yang mampu diukur di selagi evaluasi. Dalam misal “meningkatkan penjualan sebesar 10% terhadap akhir November 2021” ini, angka 10% tentu menjadi tolak ukur nantinya.
* Achievable: Sangat mutlak untuk memutuskan target yang masuk akal! Inti dari sebuah target adalah untuk menantang dan memotivasi diri Anda sendiri untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Jika Anda memutuskan target terlalu tinggi dan condong mengawang-awang, perihal itu mampu menyebabkan stres. Misalkan Anda mempunyai bisnis penginapan, mempunyai target “meningkatkan penjualan sebesar 10% terhadap akhir November 2020” memang masih mampu tercapai meski ada aspek krisis ekonomi selagi ini.
* Realistic: Hampir serupa bersama rencana achievable, target Anda seharusnya realistis adanya. Contohnya “Bisnis aku akan tumbuh menjadi bisnis berharga miliaran euro terhadap kuartal pertama th. 2020!” Mungkin terdengar terlalu ambisius, bahkan di masa wabah Covid-19 kali ini, jangan salah sangka, ambisius adalah ciri pembawaan pemimpin, tetapi kemungkinan akan lebih baik mulailah bersama sesuatu yang lebih realistis, ingatlah itu tidak semua entrepreneur berhasil didalam selagi semalam.
* Time-based: Ya, target Anda harus berbasis terhadap selagi dan mempunyai deadline yang jelas. Saat menggerakkan kampanye atau usaha pemasaran lainnya, yang paling baik adalah memutuskan tenggat selagi untuk tiap-tiap kegiatan. Terutama dikala Anda memimpin proyek besar, tenggat selagi harus menjadi sesuatu yang mutlak untuk direncanakan terlebih dahulu sebelum saat kesibukan dimulai. Untuk misal target “meningkatkan penjualan sebesar 10% terhadap akhir November 2020” menjadikan November 2020 sebagai tolak ukur selagi pencapaian. Apakah terhadap akhir November 2020, penjualan sudah meningkat 10% atau tidak?
5. Tentukan anggaran atau budget Anda
Membuat anggaran atau kesibukan budgeting mampu menjadi perihal yang lumayan sulit dan, terus terang, kadang kala terhitung sedikit rumit. Banyak bisnis terhadap praktiknya hanya memperkirakan atau mendasarkan anggaran mereka terhadap pengeluaran dari th. sebelumnya. Tetapi mempunyai ‘perkiraan’ berkenaan pengeluaran itu memang lebih baik daripada tidak serupa sekali. Selain mengacu dari pengeluaran th. sebelumnya, Anda terhitung mampu memanfaatkan patokan ROI (return of investment) untuk memilih total anggaran yang sesuai untuk kiat pemasaran digital Anda.
6. Pilih saluran pemasaran digital Anda
Ingat untuk selalu mencari saluran komunikasi yang relevan. Tidak semua platform harus Anda mempunyai untuk dijadikan saluran pemasaran digital Anda. Pilihlah platform digital di mana audiens Anda berada. Untuk memilih saluran yang pas dan prima untuk menjangkau audiens target dan persona Anda, Anda harus mencari mengerti platform apa yang mereka memanfaatkan untuk ‘nongkrong’ secara online, type konten apa yang menarik dan kesibukan online apa yang menarik bagi mereka.
Berikut adalah daftar saluran pemasaran digital yang selagi ini berguna bersama baik:
7. Kembangkan kiat konten Anda dan mempunyai kalender editorial
Strategi konten mengacu terhadap proses perencanaan dan pengelolaan konten (visual, audio, tertulis) untuk semua saluran pemasaran digital Anda. Strategi konten adalah bagian dari kiat digital Anda yang terus- menerus menyatakan siapa Anda dan keahlian yang Anda bawa di industri Anda tersebut.
Jika Anda tidak mempunyai konten yang cukup, Anda mampu coba melaksanakan penelitian topik dan kata kunci terlebih dahulu, lantas memutuskan perencanaan berkenaan siapa yang akan menulis artikel bersama topik tersebut, kapan harus diterbitkan, dan di mana konten selanjutnya harus dipublikasikan. Anda mampu merencanakan kiat konten Anda memanfaatkan kalender editorial yang sudah aku siapkan di sini.
8. Ukur kinerja Anda di website
Beberapa dari Anda kemungkinan sudah menginvestasikan banyak selagi dan duwit untuk menyebabkan web site web site Anda sendiri dan mengembangkannya untuk aspek “online presence” bisnis Anda. Beberapa dari Anda yang lain bahkan kemungkinan sudah menyewa tim untuk merancang web site dan bahkan rutin untuk menulis konten yang bagus. Semua langkah ini terlalu mutlak untuk memperoleh hasil maksimal dari web site web site Anda, menjadi jika Anda sudah melaksanakan semua perihal di atas, Anda memang sudah berinvestasi bersama bijak.
Langkah setelah itu didalam memaksimalkan ROI (laba atas investasi) web site web site Anda adalah bersama mengukur dan menganalisis indikator kinerja utamanya, atau KPI. Nah, KPI ini terkait terhadap industri dan type bisnis Anda sendiri.
Contohnya, terkandung dua perihal yang harus Anda cek, yakni konten dan analitik. Untuk konten, pastikan Anda mempunyai konten seputar isu yang membahas hal-hal industri Anda dan mempunyai CTA (call to action) untuk menopang mengarahkan audiens target Anda untuk langsung konversi. Untuk konten, setidaknya Anda harus mempunyai 300 sampai 400 kata di teras untuk kepentingan SEO. Kata-kata ini nantinya akan diindeks oleh Google.
Untuk analitik, pastikan Anda mempunyai Google Analytics dan Google Search Console yang berguna untuk memeriksa sumber trafik web site web site Anda, pengunjung, rasio bounce back, selagi sesi umumnya yang dihabiskan didalam datang ke website, rasio konversi, sampai ROI.
Bagaimana? Cukup mudah bukan? Demikian 8 langkah yang harus Anda melaksanakan selagi akan merencanakan kiat digital marketing untuk bisnis Anda. Jika Anda mempunyai panduan untuk menyebabkan kiat digital yang lebih baik, silakan bagikan di bagian komentar di bawah ini.
Alamat e mail Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang harus ditandai *
Komentar
Posting Komentar