Strategi Digital Marketing Di Era Society 5 0 Bekal Bisnis Untuk Para Santriprenenur
Dewan Eksekutif Mahasantri (DEMA) Mahad Aly Annur II kembali menggelar agenda webinar sesi ke-2 “Santripreneur Series” untuk para Mahasantri dan Santri-santri pada umumnya. Kegiatan Training Bisnis ini ditunaikan pada Ahad (15/11/20) sore hari, di Perpustakaan Pesantren Wisata An-Nur II, melalui platform google meet.
Poster Webinar Landasan kesibukan ini lantaran pesantren sudahmenjadi salah satu institusi perlu di dalam melahirkan para wirausahawan muda, yang akan berkontribusi secara lebih nyata bagi kemajuan ekonomi negeri ini dan sekaligus ikut mengurangi bertambahnya jumlah pengangguran kaum terdidik, yang condong konsisten meningkat jumlahnya.
Topik yang dibahas kali ini lebih berkaitan bersama siasat usaha online dan tip-tip digital marketing di masa society 5.0. Webinar ini dipandu segera oleh Andhika Wijaya Kurniawan (Indonesia’s No.1 Digital Business Coach, World-class Entrepreneur Mentor & Successful Serial Entrepreneur). Kegiatan berjalan bersama penuh antusias dan kesungguhan dari para peserta baik luring ataupun daring.
Menurut Coach AWK, sapaan akrab Andhika Wijaya Kurniawan. Digital Marketing adalah kesibukan pemasaran (marketing) dan startegi pemasaran yang ditunaikan atau diterapkan di dalam industri digital atau memanfaatkan teknologi secara digital.
Sejalan bersama aksioma di atas, “Society 5.0” sendiri adalah rancangan masa depan yang digagas oleh pemerintah Jepang yang jadi diperkenalkan pada Januari 2019 sebagai respons pemerintah Jepang pada revolusi industri 4.0 sementara ini. Hadirnya masa revolusi industri 4.0 (the industrial revolution4.0.) yang tawarkan literasi baru yakni data,technology, dan human literation, sebagai sebuah tesis baru masa teknologi digital, sejak tahun 2018 terlihat anti tesis dari Jepang yang lebih menjunjung “manusia” di samping terjadinya revolusi knowledge dan teknologi.
“Kalau jualan online, kalian wajib observasi dahulu tujuan marketnya. Pertama adalah product (Desain, teknologi, branding, value, kemasan produk, mutu produk). Tahap ke-2 adalah place (lokasi, ritel, grosir, positioning market, chanel (saluran distribusi). Ketiga yakni price (strategi, asumsi, kompasarasi pasar, psikologi pelanggan, faktor inflasi, harga bahan baku).
Dilanjutkan bersama people (para karyawan, mitra strategis, budaya organisasi, costumer service after sales). Lalu promotions (Iklan, diskon, momentum, spesial, affers, giveaway, endorsement, sales canvassing, direct mailing). Keenam adalah process (biasanya berkaitan bersama service perusahaan, bagaimana menjamin kepuasan pelanggan “quality assurance” di dalam sistem bisnis). Dan yang paling akhir phyisical evidence (aset perusahaan, bangunan, kantor, fasilitas perusahaan, desain interior).” Terang Founder & Executife Chairman PT. Andhika Jaya Swakarsa.
Disamping mempresentasikan materinya. Coach AWK juga sempat menceritakan perjalanan karirnya jadi membangun bisnis. Pengalaman berbisnis dantrack-recorddalam kesibukan digital marketing memicu Coach AWK jadi salah satu ide bagi“Pengusaha Muda di Indonesia”yang pada tanggal 6 November 2014 mendapatkan Apresiasi “You Are The Inspirator” diberikan segera oleh bapakRudy Lim(Inspirator Muda No.1 Indonesia) dariRL Internationalmelalui program TV Show berjudulThe Inspirator. Lebih lengkapnya silakan merujuk alamat website Andhikawijayakurniawan.com
“Ada 4 fondasi basic digital marketing. Pertama, Search Engine Optimazation (SEO). Kedua, Buat Blog/Web. Ketiga, Email Marketing. Dan bagian paling akhir adalah Social Media.” Lanjutnya memastikan.
Tak jadi satu jam 1/2 Coach AWK memaparkan materinya. sampailah dipenghujung acara. Beliau membekali para peserta bersama satu pengakuan “Enterpreneur wajib dapat mengkalkulasi kegagalan bukan keuntungan.”
Sales Funnel, Panduan Untuk Pemula Digital Marketing
Sales Funnel menurut Coach AWK juga juga hal terutama di dalam Digital Marketing. Karenanya Sales funneladalah sistem perjalanan costumer di dalam suatu rangkaian pemasaran yang divisualisasikan di dalam wujud seperti corong bersama tujuan untuk menyadari banyaknya calon costumer yang kelanjutannya laksanakan pembelian.Sales funnelsendiri miliki lima bagian penyaringan, yakniawareness, interest, Decision, intent,danpurchase. Berikut adalah tahapan-tahapan dalamsales funnel.
Tahap 1:Awareness
Awarenessadalah salah situasi saat costumer dapat mengetahui dan mengingat sebuah merek, juga nama, gambar, logo, dan juga slogan-slogan spesifik yang digunakan oleh suatubrand.Pada bagian ini, Anda tawarkan solusi kepada calon costumer atas masalah atau kebutuhan yang sedang mereka hadapi.
Contoh, ada orang yang sedang idamkan bermain futsal, tapi ia belum miliki sepatu futsal. Kemudian orang selanjutnya memandang iklan Anda yang menjajakan sepatu futsal. Skenario yang diinginkan adalah orang selanjutnya akan mengingat brand Anda saat dia membeli sepatu futsal.
Tahap 2: Interest
Pada bagian ini, calon costumer menyatakan ketertarikan pada product atau jasa Anda. Mereka akan mem-followmedia sosial atau melakukansubscribeemail.Ketika telah menyatakan ketertarikan, Anda wajib ‘melatih’ calon costumer untuk konsisten mengunjungi konten yang Anda miliki. Untuk itu wajib memicu siasat marketing konten yang menarik sehingga mereka tetap berada padafunnel.
Jika calon costumer ‘diracuni’ konsisten menerus, mereka akan ingat dan konsisten terbayang bersama product yang ditawarkan, hingga kelanjutannya hingga ke bagian selanjutnya yaitudecision.
Tahap 3: Decision
Pada bagian ini, calon costumer memicu keputusan untuk mengambil alih keuntungan dari solusi yang ditawarkan. Mereka lebih mengkaji penawaran yang ada, juga pilihan-pilihan yang tersedia, hingga kelanjutannya menentukan untuk membeli.
Namun, memicu calon costumer hingga ke bagian ini tidaklah mudah. Selain membuatcopy writingyang menarik, Anda wajib miliki simak dan testimonial yang banyak dari pembeli. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk memicu orang menentukan untuk membeli. Orang tidak akan membeli tanpa melihatreviewdari costumer lain. Ketika meyakinkan product yang di tawarkan sangat bagus dan tepercaya, orang akan jadi percaya untuk memicu keputusan, bahkan kalau yang membuatreviewadalah orang populer dan berpengaruh.
Salah satu cara yang dapat ditunaikan adalah memicu video testimonial. Cara ini dipermudah bersama keberadaanInstagram. Sebagai salah satu fasilitas sosial paling efektif sementara ini, Instagram mempermudah pemilik usaha online untuk memasarkan product mereka. Mereka dapat melakukanendorsekepadainfluencerterkenal untuk mempromosikan product yang dimiliki melalui postingan difeedatau Instagram story. Seperti istilahnya, parainfluencerini miliki dampak luar biasa pada kesuksesan suatu bisnis. Jika seseorang melihatinfluenceryang mereka kagumi memanfaatkan product tertentu, para pengikutnya akan terpengaruh dan bisa saja mereka menentukan untuk membeli jadi besar. Penggunaan Instragram adalah salah satu contohfunnel marketingyang efektif.
Tahap 4:Intent
Dalam bagian ini, Anda telah miliki calon costumer yang telah sangat nyata-nyata untuk laksanakan pembelian. Beberapa dari costumer potensial ini bisa saja akan menghubungi Anda untuk menanyakan informasi spesifik yang tidak dapat mereka temukan diwebsiteAnda.
Jumlah costumer potensial di bagian ini juga jadi mengalami penurunan, sebaliknya, peluang untuk mendapatkan penjualan justru jadi meningkat pesat.
Tahap 5: Purchase
Konsumen telah menentukan product mana yang akan dibeli secaraonlinedi bagian paling akhir ini.Mereka biasanya akan melacak penawaran terbaik yang ada, baik itu gratis ongkir, diskon,cashback,atau lainnya.
Konsumen yang hingga pada bagian ini adalah mereka yang telah melewati 4 susunan sebelumnya dalamsales funnel.Ini juga merupakan peluang bagi Anda untuk menciptakan costumer yang loyal. Caranya bersama memberikan pertolongan atau jaminan sehabis pembelian, sekiranya garansi, fasilitas konsumen, 7 hari pengembalian, dan sebagainya.Dengan adanya fasilitas tersebut, mereka bisa saja tidak akan sangsi untuk merekomendasikan product Anda ke orang-orang terdekatnya atau di fasilitas sosial pribadinya.
Pewarta: Mohammad Iqbal Imami.
Penyunting: Muhammad Az-Zamami.
#fikihindustri #ngajisakkuliahe
Komentar
Posting Komentar