Sukses Dengan Facebook Ads Tanpa Modal
Berdasarkan pengalaman spesial saya selama ini, saya menyimpulkan ada 4 kunci yang benar – benar perlu Anda kuasai kala ingin beriklan bersama dengan Facebook Ads.
Tanpa memahami arti 4 kunci ini, maka saya memadai percaya bahwa anda cuma dapat menyingkirkan lebih banyak duwit untuk beriklan tanpa hasil yang memuaskan
Lalu apa saja 4 kunci sukses beriklan di facebook..???
1. Pahami Karakter Target Audience Anda
2. Bagaimana Membuat Iklan Yang Menarik Untuk Target Audience
3. Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook Ads Yang Canggih
4. Bagaimana Cara Mengkonversi Yang Tepat
Saya dapat bahas satu persatu sehingga anda mendapatkan penjelasan yang lebih detail.
1. Pahami Karakter Target Audience Anda
Salah satu fitur istimewa berasal dari Facebook Ads adalah kemampuannya untuk membidik tujuan audience bersama dengan terlampau spesifik, berdasarkan demography, geography, timing, behaviour, dan connection.
* Demography: usia, tipe kelamin
* Geography: lokasi (negara, kota besar, jangkauan mil)
* Timing: hari dan jam berapa iklan anda aktif
* Behaviour: pengguna mobile, tablet, smartphone, wifi based, digital marketer, dsb
* Connection: membidik teman – temannya berasal dari fans anda / tidak membidiknya
Oleh dikarenakan itu, sebelum saat Anda jadi beriklan… pastikan pernah bahwa Anda sudah terlampau kenal cii-ciri berasal dari tujuan audience yang ingin Anda targetkan.
Apa yang dimaksud bersama dengan cii-ciri tujuan audience Anda?
Saya langsung berikan contoh ya sehingga lebih jelas, hehe…
Misalkan: saya ingin beriklan untuk jasa pembuatan jas pengantin pria untuk calon pengantin, harga pembuatan jas nya berkisar Rp 8 – 25 juta per set dan lokasi workshop saya ada di Jakarta dan Bandung.
Berdasarkan bisnis saya diatas, maka saya mampu membuat sebuah gambaran mengenai cii-ciri audience yang ingin saya bidik di Facebook sebagai berikut:
* Usia: 25 – 35 thn
* Gender: laki – laki
* Lokasi: Jakarta dan Bandung
* Interest: bridal, wedding, wedding magazine, wedding photography, wedding ring
* Connection: teman – teman nya berasal dari Fans Page Anda
* Behaviour: pengguna mobile, yang memakai smartphone berbasis IOS saja
Untuk mampu memahami lebih memahami layaknya apa cii-ciri tujuan audience ini, sesungguhnya seringkali Anda perlu lakukan riset terutama dahulu.
Biasanya yang saya lakukan adalah saya browsing ke website-website kompetitor untuk membaca konten-konten di dalamnya dan mengusahakan untuk mengetahui lebih didalam dunia tersebut.
Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya nampak di benak saya kala saya tengah lakukan riset tujuan audience adalah:
* Target audience kita itu umumnya tertariknya bersama dengan perihal apa saja ya?
* Secara umur dan tipe kelamin, mereka itu layaknya apa?
* Website apa saja yang sering mereka kunjungi kala tertarik bersama dengan product saya?
* Topik diskusi apa yang masih berhubungan erat bersama dengan product yang saya jual?
* Kebiasaan mereka sehari-harinya ngapain saja ya di online?
* Apa saja profesi / pekerjaan mereka?
* Barang apalagi yang mereka butuhkan sebagai pelengkap product saya?
Dari pertanyaan – pertanyaan diatas, Anda dapat mendapatkan gambaran lebih luas mengenai tujuan audience Anda sehingga kala memasang iklan, Anda mampu membidik jangkauan yang memadai spesifik. Hal ini mutlak untuk menghemat biaya beriklan Anda.
Lalu pertanyaan selanjutnya, apakah ada tool yang mampu Anda memakai untuk lakukan riset pada tujuan audience Anda? Kalau mampu gratis & handal hehehe…
Kabar baik untuk Anda adalah jawabannya ADA!!
Ada tool gratis dan handal yang mampu Anda memakai untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan audience ini yang dapat jelaskan selanjutnya ini.
Jadi kala ingin memahami cii-ciri audience yang ingin saya bidik, umumnya saya mengamati web kompetitor yang menjual product yang sama juga bersama dengan product yang saya jual.
Misalkan Anda ingin menjual barang-barang kebutuhan bayi, layaknya susu, botol susu, alat perlengkapan bayi, mainan edukasi bayi dan sesudah itu maka Anda perlu cari memahami web lain yang sudah terutama dahulu menggerakkan bisnis selanjutnya di online, seperti
Dengan memahami layaknya apa orang – orang yang mendatangi websiteBilna.com, maka Anda dapat mendapat gambaran lebih memahami mengenai cii-ciri tujuan audience yang sama juga bersama dengan yang dapat Anda bidik.
Salah satu cara mengetahuinya adalah bersama dengan memakai tool yang bernamaGoogle Display Planner (GDP). Tool ini mampu mengimbuhkan gambaran yang lebih memahami kepada kita mengenai cii-ciri orang-orang yang mendatangi sebuah web tertentu.
Walaupun hasil yang ditampilkan tidak mampu dijadikan pedoman 100% namun berasal dari sini Anda sudah mampu gambaran yang lebih spesifik dan mampu Anda jadikan salah satu acuan untuk membidik tujuan audience anda.
Untuk lebih jelasnya, saya berikan cara – langkahnya sebagai berikut:
Bagi Anda yang belum memiliki account adwords, silakan lakukan registrasi terutama dahulu layaknya biasa (gratis).
1. Klik menu “Tools” dan memilih “Display Planner”
1. Masukkan nama web kompetitor anda di kolom “Your kastemer are interested in”
1. Pilih lokasi “Indonesia” dan atur bahasanya ke “English & Indonesia” dikarenakan memadai banyak orang Indonesia yang memakai settingan Bahasa Inggris di account google nya
1. Lalu dapat nampak tampilan layaknya di gambar selanjutnya ini
Dari gambar diatas, Anda mampu mendapatkan banyak insight atau anjuran mengenai cii-ciri orang-orang yang mendatangi web kompetitor anda, didalam contoh ini adalah orang – orang yang mendatangi websitebilna.com
Anda mampu menyaksikan knowledge – knowledge jadi berasal dari grup usia, tipe kelamin dan juga darimana mereka umumnya terhubung web tersebut, sebagai contoh diatas umumnya adalah pria, umur 18 – 34 tahun dan lebih banyak terhubung via mobile dibandingkan desktop / PC.
Hal ini mungkin berbeda berasal dari apa yang di awalnya Anda hiraukan di mana kita umumnya berpikir bahwa yang terhubung web kebutuhan baby pastilah umumnya wanita.
Tapi bersama dengan menyaksikan knowledge diatas Anda menjadi mampu insight baru ternyata ada mungkin Anda mampu membidik pria juga yang bermakna suami – suami berasal dari istri yang memiliki anak ternyata juga terhubung web tersebut.
Selain demografi, Anda juga mampu menyaksikan knowledge lainnya layaknya web lain apalagi yang suka dikunjungi oleh orang – orang selanjutnya (klik menu “placements”) dan juga topik – topik apa saja yang masih berhubungan bersama dengan web selanjutnya (klik menu “topic”).
Memang knowledge diatas tidak 100% mampu dijadikan pedoman utama dikarenakan jika Anda perhatikan masih ada knowledge – knowledge yang statusnya “unknown” yaitu ada sejumlah knowledge yang belum didapatkan oleh google, dikarenakan knowledge yang diberikan oleh google ini adalah knowledge yang didapat kala seseorang browsing bersama dengan suasana account googlenya aktif (login ke gmail).
Setelah memahami cara memakai google display planner, mungkin sebagian berasal dari Anda bertanya:
> Pak… GDP itu kan dipakai kala saya sudah memahami nama web kompetitor nya kita apa, nah… bagaimana saya memahami apa saja web kompetitor di indonesia misalkan?
Cara yang paling gampang adalahAnda ketikkan saja kata kunci yang berhubungan bersama dengan product yang dapat anda menjual di google.co.iddan menyaksikan apa saja nama web yang nampak di halaman pertama.
Cara lainnya adalah Anda mampu memakai tool online (website based) bernama Anda masukkan salah satu nama web kompetitor (misalkanbilna.com) & tool ini dapat memberitahukan Anda apa saja nama – nama web lainnya yang sama juga bersama dengan nama web yang baru saja Anda masukkan.
Selain itu, tool ini mampu memberitakan interest berasal dari para pengunjung web selanjutnya juga layaknya gambar di bawah ini. Saya rekomendasikan Anda untuk praktik tool ini untuk mendapat gambaran lebih jelasnya.
2. Bagaimana Membuat Iklan Yang Menarik Untuk Target Audience
Memahami format iklan yang Anda bikin amatlah penting. Seperti yang Anda ketahui bahwa secara garis besar, format iklan yang kita pakai di facebook terdiri berasal dari 2 komponen utama, yaitu:
Dua komponen (teks dan gambar) inilah yang dapat paling nampak di facebook orang lain kala iklan Anda tayang dan ini terlampau memilih performa iklan Anda.
Bayangkan jika Anda beriklan cuma bersama dengan menuliskan kalimat biasa yang bersifat jualan dan gambar seadanya (mungkin dikarenakan Anda tidak dpat mengedit foto) nyaris mampu dipastikan respon berasal dari tujuan audience Anda dapat terlampau rendah dan inilah yang umumnya terjadi pada kenyataannya.
Oleh dikarenakan itu kalau Anda mampu membuat iklan yang powerfull (strategi gambar + teks), maka iklan Anda dapat dilihat & diklik oleh makin lama banyak orang yang melihatnya apalagi Anda mampu mendapatkan pengaruh viral berasal dari iklan selanjutnya jika Anda mampu mempadukan gabungan teks dan gambar yang terlampau menarik
Salah satu tool yang mampu Anda memakai untuk membuat gambar bersama dengan gampang adalah Silahkan anda registrasi gratis disana dan bereksplorasi bersama dengan fitur – fitur yang sudah di sajikan layaknya template – template gambar yang sudah ready.
3. Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook Ads Yang Canggih
Sejak berdiri hingga hari ini, Facebook selamanya mengalami pergantian dan terus memperbaiki semua fiturnya jadi berasal dari interface yang makin lama gampang digunakan, hingga bersama dengan fitur – fitur Facebook Ads yang makin lama canggih.
Seperti yang Anda ketahui bahwa salah satu sumber income terbesar facebook hingga selagi ini adalah lewat Facebook Advertising-nya. Hal ini pasti membuat Facebook secara terus menerus lakukan pengembangan untuk fitur advertising tersebut.
Fitur – fitur advertising paling baru berasal dari facebook, adalah:
Custom Audience
Apabila Anda memiliki database layaknya e-mail berasal dari kastemer Anda sebelumnya, maka bersama dengan memakai custom audience yaitu Anda mampu memasukkan list e-mail selanjutnya ke didalam Facebook dan Facebook dapat mendeteksi siapa saja berasal dari database selanjutnya yang memiliki account Facebook.
Sehingga perihal ini sangat mungkin Anda membidik tujuan audience mereka yang ada di list e-mail Anda dan aktif di facebook.
Retargeting
Anda sebagai advertiser atau pemasang iklan mampu membidik ulang orang – orang yang sudah mendatangi web Anda, sehingga sehabis mereka mendatangi web Anda dan masuk ke Facebook maka mereka dapat menyaksikan iklan Anda di facebook.
Fitur layaknya ini dinamakan retargeting. Itu sebabnya Anda pasti pernah jadi heran kenapa kok sehabis berkunjung ke web A, kok menjadi sering menyaksikan iklan perusahaan A. Itulah fitur Retargeting yang tengah bekerja
Conversion Tracking
Dengan fitur conversion tracking, Anda mampu memahami berapa banyak kuantitas orang yang membeli product Anda bersama dengan cara memasukannya ke keranjang membeli di web Anda.
Atau Anda senang memahami kuantitas orang yang mengisi formulir yang sudah di sajikan sehingga Anda memahami seberapa efisien iklan Anda. Inilah faedah fitur Conversion Tracking.
Lookalike Audience
Fitur paling baru ini mampu menciptakan tujuan audience baru yang memiliki kemiripan cii-ciri bersama dengan audience lama Anda.
Jadi misalkan Anda sudah memiliki knowledge layaknya list e-mail kastemer dan banyak fans di page Anda maka Anda mampu langsung menciptakan grup tujuan audience baru secara otomatis & menggunakannya sebagai tujuan audience di iklan baru Anda.
Jadi mampu Anda lihat, kalau Anda memahami faedah tiap-tiap fitur diatas dan langkah optimasinya, Anda dapat mendapatkan calon kastemer yang jauh lebih memiliki kwalitas di Facebook dan pasti saja menopang Anda untuk raih omset penjualan yang lebih tinggi.
4. Bagaimana Cara Mengkonversi Yang Tepat
Setelah iklan Anda berjalan, umumnya Anda jadi mendapatkan memadai banyak orang yang menyaksikan dan merespon iklan anda. Pada tahap ini Anda perlu memahamibagaimana cara sehingga orang – orang yang merespon iklan Anda ini pada akhirnya menjadi tertarik dan membeli product Anda.
Hal inilah yang saya namakan sebagai cara untuk “mengkonversi” calon kastemer menjadi kastemer loyal anda untuk seterusnya.
Sebagai contoh, saya memiliki pengalaman spesial di mana saya menjual product fisik bersama dengan mengandalkan FB Ads sebagai satu – satunya channel marketing.
Pada awalannya saya suka dikarenakan banyak orang yang menyaksikan iklan saya, masuk ke BBM / WA dan bertanya – bertanya mengenai harga, spek product dan sebagainya. Tapi terjadi 3 – 5 hari saya tambah menjadi frustasi dikarenakan yang bertanya itu banyak (add pin BBM 20 – 30 perhari) namun jika berkata penjualan itu nol besar.
Sejak selagi itu saya terus melacak memahami sesungguhnya kasus itu terletak di bagian mana dan ternyata kekuatan berasal dari staf CS yang kita pekerjakan memiliki pengaruh yang terlampau besar pada konversi penjualan. Untuk poin yang satu ini, banyak orang seringkali menganggap enteng. Mereka umumnya berpikir bahwa bersama dengan hire staf CS untuk membalas tiap tiap pertanyaan berasal dari kastemer saja sudah cukup.
Pada kenyataannya perihal itu masih jauh berasal dari memadai jika Anda benar – benar ingin mendapatkan penjualan yang luar biasa. Apalagi kala kita bandingkan antara online dan offline, ternyata staf CS untuk mengurus bisnis online itu jauh lebih kompleks daripada hire tenaga CS untuk mengurus bisnis offline.
Mengapa demikian?
Karena jika staf CS offline bekerja, kita sebagai pengawas mampu menyaksikan bersama dengan mata secara langsung kinerjanya di lapangan. Apakah ucapannya sopan, sudah pas atau ada yang kurang.
Tapi jika staf CS online tiap hari kerjanya adalah chatting di BBM / WA sehingga lebih susah memantau apa saja yang ditulis di bbm antara CS kita bersama dengan calon customer.
Oleh dikarenakan itu, saya coba mengimbuhkan sebagian tips kepada Anda sehingga penjualan Anda lebih optimal, yaitu:
Interview calon kastemer service (CS) yang tepat
Ketika Anda interview, pastikan Anda perhatikan lokasi tinggal si CS dan jarak tempuh berasal dari tempat tinggal dia ke kantor Anda. Stamina yang lemah terlampau mengganggu performa CS Anda di kantor seharian
Background pendidikan & pengalaman kerja perlu ditanyakan lebih jauh & minta sehingga dia mempraktekkan langsung cara melayani kastemer yang semestinya, untuk menyaksikan sejauh mana kekuatan si CS.
Lihat juga kepribadiannya CS, sebaiknya memilih CS yang suka berkata sehingga dia tidak jadi capek kala perlu banyak handle banyak customer.
Prioritaskan kastemer yang tepat
Ketika kastemer Anda sudah jadi banyak yang bertanya, Anda perlu mampu memprioritaskan calon kastemer yang pas sehingga mampu terjadi penjualan didalam selagi yang lebih cepat, tanpa perlu meningkatkan banyak – banyak CS lagi.
Kuasai product knowledge
Ini mutlak perlu dikuasai oleh CS Anda, oleh dikarenakan itu pastikan skill CS Anda cocok & lebih baik ulang jika sesungguhnya si CS ada passion bersama dengan product yang dapat dijualnya.
Inisiatif & cepat
Respon yang cepat dan memuaskan dapat terlampau menopang percepatan penjualan selagi ini dan untuk jangka panjang dikarenakan pada dasarnya kita sebagai kastemer terlampau suka diprioritaskan dan diperhatikan.
Disamping sebagian tips diatas, Anda juga perlu memahami bahwa Anda perlu lakukan testing pada tahap awal beriklan untuk menyaksikan tipe iklan layaknya apa yang ternyata bekerja bersama dengan baik pada tujuan audience kita.
Kebanyakan orang yang saya perhatikan, mereka menggerakkan Facebook Ads secara general targeting dan kala terjadi 3 – 5 hari tidak ada penjualan, maka mereka stop beriklan dan mengklaim bahwa Facebook tidak efisien untuk channel marketing. Hal layaknya ini pasti tidak pas kalau Anda ingin benar – benar mendapatkan hasil yang maksimal berasal dari Facebook Ads.
Jadi itulah kesimpulan 4 kunci sukses beriklan di FB Ads berasal dari pengalaman saya selama ini, yaitu:
1. Pahami Karakter Target Audience Anda
2. Bagaimana Membuat Iklan Yang Menarik Untuk Target Audience
3. Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook Ads Yang Canggih
4. Bagaimana Cara Mengkonversi Yang Tepat
Tentu saja masing – masing kunci diatas ada banyak detail yang perlu dipelajari dan diperdalam ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan terus berlatih dan berjalannya waktu, Anda dapat jadi mengetahui metode yang pas sasaran bersama dengan Facebook Ads.
Semoga bersama dengan ada artikel ini mampu mengimbuhkan Anda wawasan yang lebih terbuka dapat Facebook Ads, bahwabukan kasus Facebook itu channel yang efisien atau tidak efisien untuk beriklan namun justru lebih kepada apakah Anda memahami cara membuat iklan Facebook yang efisien atau tidak.
> “Everything Can Works When You Know How to Steering It”
Sebelum mengakhiri artikel ini, saya ingin sampaikan satu perihal penting. Berdasarkan pengalaman saya sebagai tim asistensi/mentoring banyak kali diworkshop MilyarderTokoOnline.com, saya sering mendapat pertanyaan berasal dari peserta di mana mereka ingin sekali memahami lebih didalam dan terperinci mengenai Facebook Ads ini.
Oleh dikarenakan itu, saya bersama dengan tim BBI memiliki rencana membuat sebuah materi video yang mengatakan mengenai Facebook Marketing bersama dengan lebih mendetail.
Jadi ada dua pertanyaan (anggap saja kuesioner) yang saya ingin feedback Anda yaitu:
Apakah Anda ingin memahami lebih banyak?Kalau iya, maka tolong tinggalkan komentar di bawah ini ya sehingga saya memahami seberapa banyak ketertarikan Anda bersama dengan Facebook Ads.
Atau apakah Anda mengalami ada problem selama beriklan di Facebook?Sampaikan saja di kolom komentar di bawah ini dan saya dapat mengusahakan menjawab pertanyaan Anda pada video yang dapat saya buatkan selanjutnya.
Akhir kata, terima kasih dikarenakan Anda sudah membaca hingga akhir artikel ini. Semoga artikel ini mengimbuhkan faedah yang besar bikin Anda.
Komentar
Posting Komentar