Tips Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

 Masa pandemi COVID-19 yang belum kunjung usai membuat situasi perekonomian Indonesia jadi dekat ke jurang resesi. Resesi adalah penurunan ekonomi secara signifikan yang terjadi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Dampak resesi sanggup membuat banyak perusahaan melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) secara massal, menurunnya lapangan kerja, sampai membuat banyak pengangguran, dan juga inflasi yang rendah lantaran hilangnya kekuatan beli masyarakat. Tidak heran banyak penduduk yang jadi merambah ke dunia usaha atau membangun usaha sendiri untuk sanggup melalui situasi yang sedang tidak menentu layaknya ini. Peran pertumbuhan teknologi pun dimanfaatkan oleh sebagian dari mereka untuk melakukan pemasaran secara digital atau disebut dengan digital marketing. Namun, tidak sedikit yang belum tahu bagaimana langkah melakukannya dengan optimal, lebih-lebih buta dengan istilah tersebut.


Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah usaha melakukan kesibukan pemasaran dengan memakai perangkat elektronik dan jaringan internet yang disertai dengan beraneka kiat untuk menarik costumer dan membuahkan penjualan secara online. Sementara digital marketer adalah orang atau pelaku usaha yang mengelola kesibukan tersebut. Dalam usaha digital marketing seorang digital marketer sanggup memakai sebagian platform yang tersedia di internet layaknya media sosial, e-commerce, email, Google, sampai web untuk berkomunikasi dengan calon costumer di dalam memasarkan produk atau bisnisnya. Tujuan dari digital marketing adalah untuk menjangkau lebih banyak costumer yang sesuai dengan obyek usaha yang diinginkan. Cara kerja digital marketing tergantung dari kiat yang dimiliki oleh seorang digital marketer. Tugas digital marketer adalah untuk mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan supaya sanggup mengambil perhatian calon konsumen. Dalam digital marketing istilah ini disebut sebagai brand awareness. Selain itu, digital marketer juga bertanggung jawab untuk menghimpun information costumer atau disebut lead generation melalui sosial media, website, email, dan iklan berbayar.


Strategi Digital Marketing

Untuk raih obyek di dalam digital marketing, anda perlu punya kiat pemasaran digital yang tepat di dalam memasarkan bisnisnya. Dalam hal ini anda perlu punya rancangan yang tahu untuk melakukan digital campaign. Digital campaign adalah sebuah kampanye yang dilakukan secara digital untuk menarik perhatian calon costumer dan mengajak mereka untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Kamu sanggup membuat campaign secara gratis maupun berbayar. Contoh digital marketing di dalam campaign gratis atau organic adalah membuat serangkaian postingan di media sosial, membuat artikel di dalam sebuah blog, dan mengirim email marketing kepada calon konsumen. Sedangkan campaign berbayar sanggup dilakukan dengan menempatkan iklan atau memaksimalkan postingan yang udah dibikin di sosial media, sampai memakai Google untuk beriklan. Berikut strategi-strategi yang sanggup diterapkan di dalam melakukan kesibukan pemasaran digital.


SEO

Website merupakan salah satu media yang sanggup digunakan untuk melakukan pemasaran di internet. Oleh karena itu, dibutuhkan teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk membuat suatu web sanggup dengan mudah ditemukan oleh calon konsumen. Dengan SEO, anda sanggup mengoptimasi web supaya sanggup keluar di halaman pertama Google, supaya memudahkan costumer untuk melacak produk yang diinginkan.


SEM

Kalau SEO merupakan teknik untuk membuat web berada di halaman google secara organik. SEM (Search Engine Marketing) merupakan langkah untuk membuat web berada di halaman pertama Google secara berbayar. Tujuannya sama, yakni supaya costumer lebih mudah menemukan produk atau jasa yang dipasarkan.


Konten marketing

Memasarkan usaha secara digital perlu diiringi dengan konten marketing yang sanggup menarik perhatian costumer dan calon konsumen. Konten marketing sanggup berupa gambar, teks, maupun video. Cara membuat konten marketing yang baik adalah dengan mengatur situasi yang sedang relevan dan karakteristik dari obyek usaha yang diinginkan.


Menggunakan sosial media di dalam digital marketing juga perlu dibarengi dengan kiat untuk tingkatkan brand awareness atau mendapatkan banyak pertalian dari costumer maupun calon konsumen, sampai membuahkan penjualan. Kamu sanggup memaksimalkan sebagian sosial media layaknya Facebook, Instagram, dan Twitter untuk mengiklankan produk yang anda pasarkan supaya sanggup menjangkau lebih banyak costumer di internet.


PPC

Salah satu tren digital marketing di dalam beriklan adalah PPC (Pay Per Click). PPC adalah metode beriklan di mana anda cuma perlu membayar kalau tersedia yang klik iklannya. Dengan PPC, anda sanggup mendatangkan traffic ke web dari tiap-tiap klik yang didapat. PPC yang biasa digunakan adalah Google Adwords, yang memungkinkan anda membayar dan mendapatkan slot paling atas terhadap pencarian Google dari tiap-tiap klik. Berikut sebagian media lainnya yang sanggup digunakan untuk PPC.


Facebook Ads

Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fan Page yang menjadi media untuk memasarkan suatu produk atau jasa kepada pengguna Facebook. Dengan memakai Facebook Ads, anda sanggup menargetkan usaha sesuai dengan segmen yang diinginkan, jadi dari mendapatkan karakteristik dan ketertarikan calon konsumen, umur, sampai wilayah konsumen.


Promoted Tweet merupakan salah satu style iklan yang ditawarkan oleh Twitter untuk menjangkau penggunanya secara lebih luas. Setiap tweet yang diiklankan akan diberi label sebagai “Dipromosikan” waktu iklan berikut keluar di linimasa Twitter.


Sebagai platform atau sosial media spesifik dunia kerja, LinkedIn juga sedia kan fitur untuk beriklan dengan memakai Pesan Sponsor LinkedIn. Jenis iklan ini memungkinkan anda sanggup mengirim pesan berupa campaign yang sedang dilakukan kepada pengguna LinkedIn.


Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah sebuah style iklan yang memungkinkan anda sanggup mempromosikan penawaran atau sarana orang lain di situsmu sendiri. Cara memakai aplikasi Affiliate Marketing untuk beriklan adalah dengan hosting video ads dengan YouTube atau mengupload link Affiliate.


Native Ads

Native Ads merupakan iklan yang ditampilkan di dalam suatu platform sejalan dengan konten non berbayar lainnya. Salah satu contohnya adalah anjuran konten berbasis editorial dari beraneka platform periklanan. Native ads sanggup diaplikasikan untuk web versi desktop, mobile, dan aplikasi. Dibanding dengan iklan-iklan online konvensional lainnya, tampilan native ads jauh lebih menarik dan tidak mengganggu.


Manfaat Digital Marketing

Tidak layaknya melakukan pemasaran secara konvensional, dengan menerapkan digital marketing anda sanggup memandang hasil yang akurat dari siapa saja yang memandang iklan sampai tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Selain itu, dengan digital marketing anda sanggup mengukur ROI (Return on Investment) dari nyaris seluruh faktor usaha pemasaran yang dilakukan. ROI sendiri adalah ukuran atau besaran yang digunakan untuk mengevaluasi efisiensi sebuah investasi dibanding dengan cost dan modal awal yang dikeluarkan. Berikut faedah yang akan anda dapatkan dari digital marketing.


Mengukur Traffic Website

Kamu . Dengan begitu, anda akan sanggup tahu media mana yang lebih efisien dan efisien di dalam mendatangkan banyak traffic ke web sekaligus mengidentifikasi tren dan karakteristik calon costumer sebelum melakukan penjualan.


Mengumpulkan Lead

Tidak perlu lagi membagikan brosur kepada calon costumer supaya rela membeli produk yang anda tawarkan. Dengan digital marketing anda sanggup menghimpun banyak lead yang merupakan information calon costumer yang berpotensi membuahkan penjualan. Alhasil, mereka tidak cuma sanggup mengukur berapa banyak calon costumer yang tertarik dengan konten yang dibuat, tapi juga mendapatkan banyak lead yang berkualitas.


Tahap Digital Marketing

Dalam digital marketing tersedia tiga fase atau perjalanan calon costumer sampai menjadi konsumen. Berikut tiga style market dan konten apa saja yang sanggup digunakan di tiap-tiap tahap perjalanannya.


Cold Audience

Masuk di dalam fase awareness, cold audience adalah orang yang mirip sekali belum mengenal produk yang anda tawarkan. Cara mendapatkan cold audience adalah dengan memakai artikel di dalam blog, sampai konten-konten layaknya infografis dan video pendek.


Warm Audience

Masuk di dalam fase consideration atau pertimbangan, warm audience adalah costumer yang jadi mengenal produk yang anda pasarkan, tapi belum melakukan pembelian. Cara mendapatkan audience style ini, yakni dengan melakukan endorsement kepada orang-orang yang mereka kenal atau yakin supaya rela membeli produk yang anda tawarkan.


Hot Audience

Terakhir adalah hot audience yang masuk di dalam fase conversion, merupakan costumer yang udah mengenal produk anda dan udah membeli produk yang anda tawarkan. Untuk mendapatkan audience style ini, yakni dengan membuat konten berupa testimoni dari konsumen-konsumen yang udah membeli produkmu.


Digital marketing sanggup menjadi solusi bagi para pelaku usaha terutama UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk mengembangkan bisnisnya kendati di waktu situasi krisis akibat pandemi. Bagi pemula yang menghendaki belajar digital marketing, pasti terlalu direkomendasi untuk tahu fundamental di dalam melakukan pemasaran digital layaknya yang udah dijelaskan di atas. Tertarik untuk menjadi digital marketer dan membangun bisnismu sendiri?

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Fb Ads Terlengkap Benar Dan Tepat Sasaran

Tips Meningkatkan Posisi Website Pada Search Engine

Pakar Seo Indonesia Terbaik Spesialis Halaman 1 Google