Tips Meningkatkan Posisi Website Pada Search Engine

 Search engine adalah salah satu sarana berarti dari internet untuk menjelajahi lautan informasi yang begitu luas. Bayangkan saja, cuma didalam sementara sebagian detik ia dapat menyuguhkan ribuan apalagi jutaan alamat situs (URL) yang memuat informasi perihal bersama dengan kata kunci (keyword) yang Anda cari. Bisa Anda bayangkan, berapa juta orang yang mengakses Google setiap harinya, dan berapa juta keyword yang harus dilayani selama 24 jam non stop. Setiap user terhadap kebanyakan bertujuan mencari informasi yang mereka butuhkan secepat mungkin. Jika Anda sementara ini sudah punya website, atau baru saja merampungkan sebuah situs sudah pasti ingin supaya informasi yang Anda sedia kan di situs ringan dicari orang. Sehingga yang harus Anda ketahui saat ini adalah bagaimana mengoptimalkan situs Anda supaya dapat terlisting dengan


baik terhadap search engine.


Cara Kerja Search Engine


Sebelum mendaftarkan situs ke search engine, ada baiknya kecuali Anda memahami sekilas berkenaan langkah kerjanya. Search engine merupakan sebuah proses database yang dirancang untuk meng-index alamat-alamat internet (URL, FTP, dll). Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine punya program khusus yang kebanyakan disebut spider, bot, atau crawler. Pada sementara Anda mendaftarkan sebuah alamat situs (URL), spider dari search engine dapat terima dan menganalisa URL tersebut. Dengan algoritma tertentu, spider dapat memutuskan apakah situs yang anda daftarkan layak diterima atau tidak. Jika layak, spider dapat memberi tambahan URL selanjutnya ke proses database mereka. Namun kecuali tidak, terpaksa Anda harus bersabar dan mengulangi pendaftaran didalam periode tertentu. Kecepatan crawler setiap search engine berbeda-beda. Jadi kecuali Anda mendaftarkan URL sekarang, barangkali baru dapat dilisting didalam 2 minggu sampai 2 bulan. Ini disebabkan karena ada ribuan URL baru yang mendaftar setiap harinya. Google.com dan AllTheWeb.com adalah dua search engine yang punya kapasitas crawler terbesar sementara ini.


Melakukan Pendaftaran (submission)


Bagaimana melaksanakan pendaftaran ? Gampang, Anda tinggal isikan form pendaftaran URL yang di sediakan masing-masing search engine. Misalnya untuk Google, form pendaftarannya ada di /addurl.html. Setelah itu menunggu sebagian minggu dan melaksanakan pemeriksaan apakah situs Anda sudah terlisting atau tidak. Caranya, masuk ke situs search engine yang perihal kemudian ketikkan domain Anda sebagai kata kunci, jikalau sevenmediateknologi.com. Jika URL Anda keluar terhadap hasil pencarian (search result), bermakna situs Anda sudah terdaftar. Bagaimana kecuali tidak keluar ? Ada dua barangkali penyebab. Pertama, karena crawler search engine sesungguhnya belum sempat mampir dan membaca isikan (content) dari situs Anda. Kedua, crawler sudah mampir tetapi tidak dapat membaca content karena suatu hal hal, jikalau terhadap sementara situs server Anda down atau berlebihan traffic. Pada masalah kedua, search engine kebanyakan dapat berusaha membaca kembali URL selanjutnya didalam jangka sementara tertentu, tetapi langkah paling baik adalah melaksanakan pendaftaran kembali jikalau situs Anda sudah


benar-benar siap. Sekarang kita asumsikan pendaftaran situs Anda sudah berhasil, apakah itu sudah lumayan ? Tentu saja tidak, Anda harus melaksanakan pengujian berikutnya. Coba ketikkan keyword atau frase umum yang terjalin bersama dengan isikan website. Misalnya kecuali situs Anda menawarkan produk furniture khas Indonesia, cobalah cari bersama dengan kata kunci "furniture indonesia" misalnya. Jika situs Anda keluar di halaman pertama atau kedua, itu sudah bagus. Namun kecuali situs Anda keluar di halaman-halaman belakang, janganlah meminta traffic terlampau banyak. Sangat kecil barangkali visitor dapat dapat menemukan URL Anda. Mau tidak mau, situs Anda harus berjuang memperebutkan posisi 20 besar dari ratusan apalagi jutaan situs pesaing. Teknik Optimalisasi Search Engine Dalam bhs Inggris disebut Search Engine Optimization (SEO), adalah langkah yang harus ditempuh jikalau situs Anda tidak berhasil menduduki posisi 20 besar untuk keyword yang diharapkan. Ada dua segi utama yang harus diperhatikan terhadap proses SEO, yakni :


• Faktor Internal (berhubungan bersama dengan penulisan content situs dan HTML)


• Faktor Eksternal (berhubungan bersama dengan link popularity)


1. Faktor Internal


Dalam pilih rangking, search engine terlampau menyimak content situs sebagai salah satu acuan untuk pilih tingkat relevansi. Halaman situs yang yang desainnya full image, cuma terdiri atas gambar dan flash dan juga tidak melampirkan teks biasa, terlampau sulit dibaca oleh search engine. Walaupun Google sementara ini sudah merasa menerapkan teknologi AI (Artificial Intelegence), senantiasa saja belum dapat membaca arti dari sebuah gambar. Maka dari itu content bersifat teks murni harus dipakai supaya situs Anda ringan dilisting. Dalam menyusun content teks, usahakan supaya kata kunci atau keyword yang Anda berharap terpakai terhadap kalimat-kalimat didalam teks tersebut. Anggap saja keyword selanjutnya merupakan topik utama. Dan kecuali Anda punya sedikit pengetahuan berkenaan HTML, letakkan keyword terhadap tag dan terhadap attribut ALT didalam tag . Penggunaan keyword yang dimaksud disini adalah pemakaian didalam batas yang lumrah bersama dengan catatan kalimat masih enak untuk dibaca. Bagaimana pilih keyword yang tepat untuk situs Anda ? Bagaimana kita dapat memahami sebuah keyword yang banyak dicari orang ?


Jika Anda mengoptimalkan situs untuk keyword salah dapat berakibat fatal. Meskipun situs Anda berada di posisi paling atas terhadap halaman pertama, senantiasa saja tidak bermanfaat karena keyword yang Anda optimalkan tidak dulu dicari orang. Salah satu langkah untuk mengatasi masalah ini bersama dengan gunakan alat bantu layaknya yang di sediakan WordTracker.com. WordTracker.com punya database keyword-keyword kondang berdasarkan knowledge dari sebagian search engine utama. Anda tinggal mengetikkan topik dari content situs Anda, dan didalam sebagian sementara WordTracker dapat memberi tambahan keyword-keyword yang terjalin bersama dengan topik tersebut. Sebagai contoh, penulis memasukkan kata MP3 dan WordTracker dapat memberi tambahan alternatif keyword layaknya ini :


- mp3


- free mp3 downloads


- free mp3


- free mp3 music download


- mp3 downloads


- mp3 players


- mp3 midi


- free mp3 music


- free mp3s


- mp3 player


...


Layanan dari WordTracker ini sesungguhnya tidak di sediakan gratis, tetapi Anda dapat gunakan Trial-nya. Faktor lain yang harus Anda menyimak adalah jangan sampai ada broken link atau javascript error terhadap situs Anda. Faktor ini terhitung dapat jadi pertimbangan search engine untuk pilih rangking.


2. Faktor Eksternal


Seperti yang penulis jelaskan sebelumnya, segi internal lebih perihal bersama dengan hal-hal yang ada didalam sebuah website. Faktor internal terlampau ringan dimanipulasi, supaya search engine tidak barangkali menggunakannya 100% sebagai acuan untuk membuahkan hasil pencarian yang berkualitas. Manipulasi yang dimaksud adalah spamming, layaknya penulisan content gunakan keyword yang diulang-ulang secara berlebihan, penulisan teks yang warnanya serupa bersama dengan warna background supaya pengunjung tidak dapat membacanya. Hal-hal semacam ini tujuannya tidak lain untuk mengecoh crawler. Untuk mengatasi masalah ini, search engine gunakan segi eksternal sebagai acuan relevansi antara content situs dan keyword. Faktor yang dimaksud adalah link popularity, yakni banyaknya link dari situs lain yang mengarah ke situs Anda. Kita ambil semisal situs sevenmediateknologi.com. Karena isinya yang menarik dan bermanfaat, maka banyak pemilik situs lain yang menempatkan link mengarah ke sevenmediateknologi.com, kita anggap saja jumlahnya 100 link. Karena 100 link ini berasal dari luar domain sevenmediateknologi.com, maka nilai link inilah yang diperhitungkan oleh search engine. Semakin banyak link dari luar,


berarti nilai link popularity-nya makin lama besar. Menurut anggapan search engine, makin lama banyak sebuah situs di-link, makin lama baik pula content yang dimiliki. Link popularity sudah umum dipakai acuan oleh search engine. Salah satu pelopornya adalah Google yang sementara ini menjangkau lebih dari 70% pengguna internet di seluruh dunia. Oleh Google, teknologi ini mereka sebut PageRank. Anda dapat menyaksikan nilai PageRank sebuah situs bersama dengan menginstall Google Toolbar yang ada di : (saat ini cuma untuk browser Internet Explorer). PageRank ditunjukkan oleh bar berwarna hijau


dengan nilai antara . Semakin besar nilai PageRank suatu situs, makin lama baik pula posisinya di Google.


Namun perhitungan link popularity tidak cuma menyaksikan kuantitas semata, melainkan mutu link terhitung terlampau diperhitungkan. Contohnya kecuali situs Anda di-link oleh Yahoo, nilai link popularity-nya dapat lebih besar daripada di-link oleh 100 situs pribadi. Dan sekali lagi, Google berpikiran link dari sebuah situs bersama dengan nilai PageRank 8 jauh lebih baik dari 5 situs yang cuma punya PageRank 1. Pertanyaannya sekarang, bagaimana langkah mengumpulkan link untuk situs Anda ?


Secara alami link dapat didapat kecuali situs Anda punya suatu hal yang bermanfaat bagi pengunjung. Jika kita hendak menempatkan link ke situs lain, tentu kita ingin menunjukkan suatu informasi untuk pengunjung situs kita. Tidak barangkali menempatkan link cuma untuk iseng, atau tanpa tujuan. Contohnya, kecuali Anda punya sebuah toko online bersama dengan produk kamera digital, hendaknya Anda tidak cuma menampilkan informasi berkenaan harga dan kapabilitas produk saja. Buatlah halaman khusus yang memuat tips & siasat untuk merawat kamera misalnya. Tentu informasi layaknya ini dapat terlampau bermanfaat bagi pengunjung Anda.


Cara ke dua bersama dengan melaksanakan barter link (link exchange) secara manual. Anda dapat menghubungi webmaster dari situs-situs yang punya informasi perihal bersama dengan situs Anda. Tawarkan kepada mereka kerjasama melalui barter link, dan terangkan apa keuntungan yang dapat mereka dapat. Jika Anda bingung mencari partner, Anda dapat gunakan Google untuk mencari link yang mengarah ke situs pesaing. Caranya ketik link: diikuti bersama dengan nama domain yang dicari. Contoh link: , maka Google dapat menampilkan link-link dari situs lain yang mengarah ke sevenmediateknologi.com. Masih perihal bersama dengan link, tidak seluruh jenis link dapat menaikkan link popularity. Link yang diperhitungkan adalah link standar bersama dengan gunakan tag .


Pada semisal diatas, kalimat "Situs Website Murah Indonesia" terhitung diperhitungkan, supaya didalam masalah ini situs sevenmediateknologi.com punya peluang besar untuk keyword "Website Murah" atau "Situs Website Murah Indonesia" dan terhitung "Situs Website Murah Indonesia".

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Web Developer Pengertian Jenis Dan Tips

Tutorial Google Adwords Google Ads Lengkap Untuk Pemula

Yuk Kita Belajar Seo On